Pecahkan Rekor, Ferrari Ini Laku Rp 17 Milyar

Ferrari F40 Ini Laku Rp 17 Milyar – Apa yang ada di pikiran anda soal mobil-mobil besutan Ferrari? Harga yang setinggi langit? Ya…! Ferrari memang merupakan merk premium dengan harga yang tak main-main. Namun hal itu menjadi sangat wajar, karena spesifikasi yang ditawarkan pun begitu mumpuni untuk menebus harga yang tinggi. Bicara soal harga yang tinggi, Sebuah mobil Ferrari F40 produksi tahun 1992, baru-baru ini terjual dengan harga yang fantastis.

Ferrari Ini Laku Rp 17 Milyar

Mobil legendaris yang masih terjaga keasliannya itu, bahkan baru saja memecahkan rekor penjualan tertinggi. F40 tersebut terjual dengan harga US$ 1,22 juta atau sekira Rp 16,8 miliar (Kurs: Rp 13.829/US$). Hampir menyentuh angka Rp 17 milyar. Pemecahan rekor ini terjadi di lelang Coys di Nurburgring, Jerman pada 8 Agustus lalu. Mobil yang awalnya dimiliki oleh sebuah keluarga asal Italia itu, memecahkan rekor saat dibeli oleh miliarder asal Jerman. Pembeli asal Jerman ini diharapkan akan menggunakan F40 ini sebagaimana mobil pada umumnya, bukan hanya dipajang dan dijadikan investasi saja. Dengan harga yang fantastis itu, F40 ini menjadi mobil termahal yang pernah diproduksi oleh pabrikan yang didirikan oleh Enzo Ferrari.

Advertisement

Disebut sangat legendaris, karena tipe F40 sendiri, memiliki nilai historis yang tinggi. Ferrari F40 adalah mobil besutan Ferrari tercanggihdan tercepat dari tahun 1987–1992. F40 adalah penerus dari Ferrari 288 GTO. Tipe ini menjadi salah satu mobil  legendaris Ferrari dan paling ikonis sepanjang sejarah. Hal ini dikarenakan F40 adalah mobil terakhir sebelum meninggalnya sang pembuat dan pendiri—Enzo Ferrari.  Dalam catatan sejarah tomotif dunia, Enzo Ferrari meninggal pada 14 Agustus 1988 pada usia 90 tahun dan sempat menyaksikan balapan F40 sesaat sebelum kematiannya. Enzo berkata bahwa F40 adalah mobil terbaik yang pernah ia buat setelah 40 tahun membuat mobil-mobil super Ferrari berperforma tinggi dan ia sempat berkata tidak ada mobil yang lebih hebat dari F40 sebelum ia tiada.

Pada masa kejayaannya, Ferrari F40 hanya diproduksi sebanyak 1.311 unit. Mobil legendaris ini dibesut dengan mesin V8 berkapasitas 2,9 liter. Hasilnya, Ferrari F40 mampu semburkan tenaga hingga 471 Tk dan mencapai kecepatan maksimal 324 km/jam. Pilihan transmisi hanya satu, yaitu manual 5 percepatan Setelah berhenti berproduksi, Ferrari kemudian menggantikan F40 dengan suksesornya, F50. Baca juga Ferrari Segera Rilis 488 Sypder Bermaterial Full Alumunium dan Ferrari F12 Speciale Bakal Muncul Maret Tahun Depan dengan Harga Selangit.

 

Top