Jelang MotoGP Ceko, Lorenzo dan Marquez Gantian Kuasai Tes Bebas Hari Pertama

Lorenzo dan Marquez Gantian Kuasai Tes Bebas Hari Pertama MotoGP Brno, Ceko – Ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP musim 2015 ini telah memasuki seri ke-11 yang digelar di sirkuit Automotodrom Brno, Ceko. Dimana pada hari, Jumat (14/8/2015) kemarin para pembalap dari berbagai kelas mulai dari Moto3 sampai MotoGP telah memulai dengan sesi tes bebas resmi yang dibagi atas dua sesi. Tercatat nama Jorge Lorenzo yang merupakan pembalap andalan Movistar Yamaha MotoGP (MYM) dan Marc Marquez yang merupakan pembalap andalan Honda Racing Corporation (HRC) bergantian mengisi tempat puncak di sesi tes bebas hari pertama tersebut.

Jelang MotoGP Ceko, Lorenzo dan Marquez Gantian Kuasai Tes Bebas Hari Pertama

Pada sesi tes bebas pertama (FP1), Jorge Lorenzo lebih dahulu mencatatkan namanya sebagai pembalap tercepat di kelas para raja. Dimana “X-Fuera mencatatkan waktu tercepat 1 menit 56,499 detik, baru kemudian disusul oleh Marc Marquez ditempat kedua dengan waktu 0.151 lebih lambat dibandingkan dengan Lorenzo. Menariknya Marquez sendiri sempat terjatuh pada sesi tes bebas pertama namun tetap dapat melanjutkan sesi tes bebas pertama tersebut. Ditempat ketiga sendiri diisi oleh rekan setim Marquez, Dani Pedrosa. Lalu diikuti oleh duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone ditempat berikutnya. Sayangnya performa impresif Lorenzo tidak ikuti oleh rekan setimnya, Valentino Rossi yang mampu mencatatkan posisi tercepat ke 6. Selanjutnya diisi oleh Bradley Smith, Aleix Espargaro, Marverick Vinasales, Cal Crutchlow dan lain sebagainya.

Advertisement

Masih pada hari yang sama, di sesi tes bebas selanjutnya yang kedua (FP2) giliran Marquez yang unjuk gigi. The Baby Alien mencatatkan waktu tercepat dengan torehan 1 menit 56,513 detik. Pada sesi tes bebas kedua ini sebenarnya tidak berjalan mulus seperti sesi sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan insiden terjatuhnya Dani Pedrosa yang tengah memulai sesi ini membuat lokasi terjatuh pembalap lain andalan HRC tersebut tercecer oli dari RC213V milik Pedrosa. Akibatnya pembalap lain seperti Valentino Rossi bahkan rekan setimnya Marc Marquez terjatuh akibat lintasan licin tersebut. Namun Lorenzo dapat membuntuti Marquez dengan waktu 0.076 lebih lambat dibandingkan Marquez. Lalu ditemapt selanjutnya diisi oleh Andrea Iannone, Valentino Rossi, Pol Espargaro dan lain-lain.

Meskipun Lorenzo dan Marquez bergantian saling mendominasi pada sesi tersebut namun diprediksi persaingan pada sesi tes bebas hari ini nanti akan tetap berlangsung sengit. Dimana waktu lap diperkirakan akan semakin cepat. Sesi balap resmi pada hari, Minggu (16/8/2015) pun diprediksi akan ada kejutan. Nah, kita nantikan saja perkembangan selanjutnya MotoGP Brno, Ceko ini. Baca juga Tak Sabar Mengaspal di Brno, Ini Strategi Suzuki dan Jelang MotoGP Ceko 2015, Lorenzo Ogah Kalah Lagi.

Top