Apa yang Harus Dilakukan Jika Rem Tangan Macet?

Bagaimana Jika Rem Tangan Macet? – Berani berkendara, sama dengan berani mengambil resiko. Hal itu dikarenakan berbagai hal bisa terjadi di jalanan selama anda berkendara. Salah satu yang sering terjadi adalah hambatan perjalanan karena kerusakan komponen pada kendaraan. Kadang hal ini tak bisa dihindari. Satu-satunya cara adalah dihadapi.

Bagaimana Jika Rem Tangan Macet

Bicara soal hambatan berkendara, mungkin anda pernah mengalami rem tangan yang tiba-tiba macet, saat mengendarai motor. Jika iya, tak perlu terlalu panik. Ada yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Rem tangan merupakan komponen penting pada setiap mobil, yang memiliki tombol pembebas yang berada di ujung tuas. Fungsinya adalah untuk membebaskan rem tangan. Untuk mengoperasikannya, cukup dengan cara sederhana.  Kita hanya perlu menekan tombol terlebih dahulu, kemudian menurunkan tuas rem tangannya. Sedangkan mekanisme tuas rem tangan ke kanvas rem belakang menggunakan kabel yang terhubung dengan rem belakang kiri dan kanan.  Jadi, saat rem tangan ditarik, maka kanvas rem belakang kiri dan kanan akan menahan roda belakang melalui kanvas rem yang menahan tromol rem (drum brake).

Advertisement

Komponen ini memiliki fungsi menahan laju mobil saat parkir, ketika mobil berhenti di tanjakan agar tidak mundur, juga dapat digunakan saat rem utama blong untuk mengurangi kecepatan mobil. Jadi cukup terbayang kan, ketika tiba-tiba rem tangan ngadat alias tak berfingsi? Apa sebenarnya faktor penyebab hal tersebut?

Astraworld menulis, salah satu masalah yang kemungkinan terjadi pada rem tangan adalah tuas rem tangan tidak dapat dikembalikan setelah ditarik. Hal ini disebabkan proses penarikan tuas rem tangan terlalu kuat sehingga melebihi batas maksimal gerigi mekanisme di bagian dalamnya. Untuk mengembalikan tuas rem tangan yang macet, tentu saja diperlukan tenaga ekstra. Sangat terbayang kan, jika sang pengemudi adalah seoarang perempuan.

Nah, untuk mengembalikan tuas rem tangan yang macet, tekanlah  tombol sambil mengangkat tuas rem dengan kuat. Kemudian dengan cepat turunkan tuas pedal remnya. Jika cara tersebut tidak berhasil, perlu dilakukan pembongkaran pada mekanisme bagian dalam rem tangan untuk mengembalikan posisinya. Agar hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi, perawatan rutin terhadap unit mobil anda, pastinya menjadi hal yang sangat diperlukan. Baca juga Dua Event Motor Besar Sambangi Kota Gudeg dan Produk Unik Cocoa Motors Benama WalkCar.

 

 

Top