Yamaha Vega Segera Berteknologi Injeksi

Agar Tak Tergerus Regulasi, Yamaha Vega Bakal Berinjeksi – Regulasi alias aturan mengenai kualifikasi kendaraan bermotor yang boleh beredar di Indonesia, memang semakin ketat. Para produsen pun tak ingin produknya menjadi tidak “aman”, dikarenakan terus berbenturan dengan regulasi. Bicara soal regulasi kendaraan bermotor, Bro and Sist pasti ingat betul pada kasus pensiunnya Kawasaki Ninja 150cc bermesin 2-tak, yang belum lama ini terjadi. Pemerintah memang telah menetapkan bahwa semua produk sepeda motor baru harus memenuhi standar uji emisi Euro3. Hal ini lah yang tak bisa dipenuhi oleh Ninja 2-tak. Mau tak mau, motor legendaris ini pun harus pensiun. Tak ingin merelakan satu produknya sekalipun karena terbentur regulasi, maka Yamaha akan segera melakukan perombakan pada salah satu produk legendarisnya.

Yamaha Vega Segera Berteknologi Injeksi

Adalah Yamaha Vega, yang akan segera mendapatkan perombakan dari pabrikannya. Seperti yang kita ketahui, hampir semua line up Yamaha Indonesia sudah dibekali dengan teknologi suplai bahan bakar injeksi. Namun ternyata, masih ada satu model yang tertinggal, yakni Yamaha Vega tipe RR dan RR dengan rem cakram. Senada dengan kasus Kawasaki, hal ini terkait dengan aturan berstandar emisi minimal Euro3. Standar emisi ini bisa dengan mudah dicapai jika para produsen kendaraan menggunakan teknologi suplai bahan bakar tak lagi menggunakan karburator.

”Kami godok Force supaya kompatibel dengan Euro3. Vega sama, dan masih kami matangkan,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM.

Bicara soal bebek injeksi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang sudah punya bebek injeksi bernama Force. Namun nyatanya, Force memang tidak begitu mendapatkan perhatian dari para konsumen. Sementara itu, Vega masih menjadi bebek laris andalan Yamaha. Hal itu jelas membuat Yamaha tak ingin “kehilangan” Vega karena terbentur regulasi. Maka injeksi adalah jalan terbaik. Meski begitu, Masykur masih tak mau membuka kapan Vega dan Force benar-benar akan dibenahi. Namun  jika mengacu pada deadline regulasi dari pemerintah, seharusnya Vega dan Force baru, akan diluncurkan bulan ini juga. Kita tunggu saja kabar baiknya dari Yamaha. Baca juga Yamaha R3 : Motor Besutan Indonesia yang Tak Dipasarkan di Negeri Sendiri dan PT Kawasaki Motor Indonesia Hentikan Produksi Ninja 2.

 

 

 

Top