Yamaha Akan Siapkan Strategi Baru Hadapi Jagoan Sport Honda 150 cc

Yamaha Akan Siapkan Strategi Baru Pada Kelas Sport 150 cc – Lahirnya motor sport 150 cc generasi terbaru andalan PT Astra Honda Motor (AHM) yakni All-New Honda CB150R Streetfire yang diluncurkan beberapa saat lalu mendapat respon dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sebab generasi terbaru Honda CB150R yang berubah begitu signifikan memang dapat mengancam penguasaan produk motor sport 150 cc andalan YIMM, Yamaha V-ixion yang telah menjadi raja motor sport dalam periode yang cukup lama.

Yamaha Akan Siapkan Strategi Baru Hadapi Jagoan Sport Honda 150 cc

Meskipun sama-sama mengusung perubahan facelift pada kedua motor sport tersebut. Dimana YIMM dengan Yamaha New V-ixion Advance dan AHM dengan All-New Honda CB150R Streetfire, diakui atau tidak akan terjadi pengaruh penjualan nantinya. Namun YIMM tetap optimis dapat melalui hadangan sang kompetitor tersebut dengan baik.

”Pengaruh pasti ada, tapi kami ada langkah antisipasi agar konsumen setia tidak berpaling ke lain hati,” ujar Mohammad Mayskur, selaku Asisten GM Pemasaran YIMM, seperti dilansir Kompas Otomotif, Minggu (16/8/2015).

Masykur mengakui bahwa saat ini pihaknya (YIMM) sedang menyusun strategi agar produk motor sport 150 cc andalan mereka yakni New V-ixion Advance tetap kompetitif di pasaran. Meskipun begitu ia belum mau mengatakan lebih lanjut mengenai strategi yang bakal digunakan oleh YIMM. Begitu juga dengan produk kompetitor yang belum ditelaah lebih nyata dan lebih jauh, sebab masih merupakan produk baru.

”Setelah melihat produk kompetitor nanti, dari situ kami bisa susun strateginya. Kalau dilihat dari harga, mereka setting lebih tinggi. Tapi biasanya itu spare buat diskon. Kita lihat nanti setelah battle sesungguhnya Agustus ini,” ucap Masykur.

Pada periode yang cukup lama, Yamaha Indonesia memang selalu menjadi penguasa produk motor sport 150 cc. Dengan hal tersebutlah membuat AHM penasaran mengapa sulit untuk merebut dari YIMM, yang akhirnya diluncurkanlah motor sport 150 cc terbaru mereka yang berubah sangat signifikan.

Sampai saat ini, YIMM pun masih percaya diri bahwa V-ixion masih akan menjadi pilihan utama motor sport 150 cc oleh masyarakat Indonesia. Hal dikarenakan sesuai dengan data penjualan wholesales dari AISI, yang mana model sport Yamaha tersebut dapat terjual sebanyak 144.972 unit sepanjang Januari sampai Juli 2015 lalu. Dimana rata-rata penjualan per bulannya mencapai 25.000 unit. Baca juga Agar Tak Tergerus Regulasi, Yamaha Vega Bakal Berinjeksi dan Yamaha R3 : Motor Besutan Indonesia yang Tak Dipasarkan di Negeri Sendiri.

Top