Mesin Sama, Tak Lantas Karakteristiknya Sama

Melihat Karakteristik yang Berbeda pada “Si Kembar” Besutan Honda –  PT Astra Honda Motor (AHM) menggebrag pasaran motor dengan mengaspalkan “Si Kembar” Honda CB150R StreetFire dan Honda Sonic 150R. Disebut “Si Kembar”, karena kedua jenis speda motor tersebut, diluncurkan dengan menggunakan kapasitas mesin yang sama. Duet sepeda motor sport itu, dibesut dengan mesin yang sama-sama berkapsitas 150 cc. Namun jangan salah sangka dulu, Bro and Sist..! “Si Kembar” ini ternyata memiliki karakteristik yang berbeda. Penasaran? Mas Sena punya ulasannya untuk Bro and Sist.

Mesin Sama Tak Lantas Karakteristiknya Sama

Honda CB150R StreetFire dan Honda Sonic 150R memang memiliki basis mesin yang sama, yakni 150 cc.  Namun dari segi performa, CB150R versi baru ini jelas mempunyai power yang lebih bertenaga. Keduanya memang diperuntukkan bagi kelas yang berbeda. Pantas saja karakteristiknya pun berbeda.

Mewakili perusahaan, Senior Manager Astra Honda Training Center menjelaskan hal tersebut pada awak media, pada sebuah pelatihan singkat.  Dijelaskan dalam pelatihan ini, Honda memang memiliki beberapa varian model, yang menggunakan mesin berkapasitas sama. Namun karakternya tetap berbeda.  Maka konsumen pun, menjadi punya beberapa opsi untuk dipilih. “Setiap produk itu dibuat dengan karakteristik masing-masing. Karena disetting secara elektonik, tiap model punya karakteristik yang berbeda,” jelas Handy Hariko, Senior Manager Astra Honda Training Center, Selasa (18/7/2015).

Selain mesin yang sama-sama berkapasitas 150 cc, ternyata masih ada spesifikasi mesin lainnya yang sama persis pada Honda CB150R StreetFire dan Honda Sonic 150R. Kubikasi mesin pada New CB150R ini sama dengan mesin Sonic 150R, yaitu 149,16cc. Rasio kompresinya pun juga sama, yaitu 11,3:1. Namun sekali lagi, performanya tetap akan berbeda.

separator

Bicara soal karakteristik motor, pastinya terdapat perbedaan yang cukup signifikan, andata motor jaman sekarang, dengan sepeda motor jaman dahulu. Pada motor “jadul”, mesinnya masih mengandalkan karburator. Saat menggunakan karburator, sepeda motor dengan mesin yang sama akan memiliki karakter yang hampir sama. Jelas berbeda dengan motor kekinian, yang menggunakan teknologi full injection. Jenis mesin ini bisa diatur settingannya, sehingga walaupun sepesifiksai mesinnya sama, namun settingan akan menentukan performanya. Hal ini nyata terjadi pada Honda CB150R StreetFire dan Honda Sonic 150R. Baca juga Yamaha Akan Siapkan Strategi Baru Pada Kelas Sport 150 cc dan Dua Event Motor Besar Sambangi Kota Gudeg.

 

Top