Porsche Pun Mencoba Bertahan Sekuat Tenaga

Porsche Mencoba Bertahan Sekuat Tenaga – Ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang sedang dilanda kesulitan karena nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing khususnya dollar AS. Banyak pabrikan otomotif dunia yang hadir di Indonesia bimbang akan pemasaran produk mereka di tanah air. Hal tersebut dikarenakan harga jual berbagai produk otomotif di tanah air terus melonjak yang mana dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi para konsumen. Ternyata selain pengaruh nilai tukar kurs juga terdapat faktor lain yakni biaya impor dan pajak PPnBM. Nah, salah satu pabrikan otomotif yang terkena dampak tersebut adalah Porsche, yang mana Porsche Indonesia mencoba bertahan sekuat tenaga pada pasar otomotif nasional meski kondisi perekonomian Indonesia belum membaik.

Porsche Pun Mencoba Bertahan Sekuat Tenaga

Meskipun nilai tukar rupiah sedang terpuruk, yang mana mencapai level Rp14 ribu. Namun Porsche Indonesia memiliki strategi dalam menjual mobil Porsche di tanah air, yakni dengan cara menahan harga jual yang masih sama seperti periode sebelumnya agar minat konsumen tetap tinggi atau sama.

Advertisement

Ha itu pun diungkapkan langsung oleh Christoper Choi, selaku Managing Director Porsche Indonesia yang menjelaskan bahwa berubahnya harga jual sebenarnya tidak selalu karena faktor nilai tukar kurs. Tetapi ada juga faktor lainnya seperti impor duty (Biaya Bea Masuk), PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) dan lain sebagainya.

“Pada intinya kita berusaha untuk tidak menaikkan harga sekuat mungkin dan tetap mengikuti regulasi dari pemerintah,” jelas Choi, seperti dilansir Kompas Otomotif, Rabu (26/08/2015).

Faktor PPBnBM yang berlaku di Indonesia, dimana beberapa saat lalu baru saja naik juga memberikan dampak pada harga jual mobil Porsche di tanah air. Bahkan dengan berlakunya kenaikan pajak penjualan atas barang mewah beberapa saat lalu membuat pabrikan mobil sport asal Jerman harus mengerek semua model mobil Porsche dengan harga jual yang meningkat hingga 10 persen.

Tentunya setiap pabrikan otomotif pun memiliki strateginya masing-masing demi mendapatkan target yang telah ditentukan. Untuk Porsche sendiri, strateginya adalah mengikuti pameran otomotif besar seperti GIIAS 2015 yang sedang berlangsung pada pekan ini, serta mengadakan test drive. Kemudahan dalam membeli mobil Porsche secara kredit pun diberikan oleh Porsche Indonesia yang telah bekerjasama dengan pihak leasing. Baca juga Toyota Siapkan Compact SUV Penantang Nissan Juke dan Honda HR-V dan PT Kramayudha Tiga Berlian Motors Tampilkan Mitsubishi Outlander PHEV di Arena GIIAS 2015.

Top