Sabet Podium di Race Basah MotoGP Inggris, Rossi Enggan Jumawa

Rossi Menang di MotoGP Inggris – Pembalap kawakan Movistar Yamaha, Valentino Rossi berhasil meraih kemenangan yang keempat kalinya di musim ini. Pada lanjutan race MotoGP Inggris yang diadakan di Sirkuit Silverstone, pada Minggu (30/8/2015).

Race basah Rossi menang

Yang turut mengejutkan, dalam balapan yang diguyur hujan tersebut menempatkan pembalap dari tim Octo Pramac Ducati, Danilo Prucci, serta mantan pembalap Repsol Honda yang kini membela tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso pada posisi kedua dan ketiga. Sementara Jorge Lorenzo yang pada race MotoGP sebelumnya menempati podium pertama hanya mampu membuntuti dengan finish di nomor empat, diikuti pembalap dari Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Rossi yang sebelumnya memiliki poin yang sama dengan pembalap yang juga rekan setimnya Jorge Lorenzo, kini kembali menjauhi Lorenzo berkat kemenangannya di Silverstone, Inggris. Dengan tambahan 25 poin dari race MotoGP Silverstone, Rossi berhasil mengungguli rekan satu tim-nya tersebut dengan selisih 12 poin. Sementara Lorenzo yang hanya berhasil finish ke empat, hanya mampu meraup 13 poin di Silverstone. Kini jumlah poin yang berhasil dikumpulkan Rossi adalah 236 poin.

Namun, meski sudah berada di atas Lorenzo, Rossi enggan jumawa. Bagi Rossi keunggulan 12 poin masih bisa disalip oleh pembalap lain yang ada di bawahnya.

“Sayangnya itu tidak penting (secara psikologis), nol, karena Jorge juga sedang bagus. Jadi, ini adalah 12 poin yang penting. Namun, sebuah keuntungan psikologis — sayangnya tidak banyak,” ucap Rossi dikutip dari Detik Sport, (31/08/2015).

“Tentu saja penting tetap berada di puncak klasemen. Karena saya selalu berada di posisi pertama sejak balapan pertama dan Jorge tertinggal satu poin di belakang saya setelah Barcelona. Dia kemudian menurun, lalu dia menyamai poin saya setelah Brno. Namun, dia tak pernah di depan saya. Tak pernah satu poin pun di depan saya,” tambahnya.

“Jadi, bisa kembali membuat jarak adalah hal yang fantastis karena di atas kertas ini adalah trek di mana Jorge bisa mengalahkan saya. Namun, ini saja. 12 poin, enam balapan tersisa, dan banyak trek di mana Jorge sangat, sangat tangguh. Jadi, ini masih sangat terbuka,” tutur Rossi menambahkan.

Sementara kekecewaan tengah melanda tim Repsol Honda, pasalnya pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez malah gagal finish di Silverstone, akibat terjatuh. Dengan gagalnya Marquez finish di race Silverstone mengakibatkan semakin lebarnya jarak pembalap asal Spanyol tersebut dengan Rossi, yakni selisih 77 poin.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2015 setelah race Silverstone, Inggris :

  1. Valentino ROSSI – Yamaha – 236 poin
  2. Jorge LORENZO – Yamaha – 224 poin
  3. Marc MARQUEZ – Honda – 159 poin
  4. Andrea IANNONE – Ducati – 150 poin
  5. Andrea DOVIZIOSO – Ducati – 120 poin
  6. Bradley SMITH – Yamaha – 115 poin
  7. Dani PEDROSA – Honda – 102 poin
  8. Danilo PETRUCCI – Ducati – 83 poin
  9. Pol ESPARGARO – Yamaha – 81 poin
  10. Cal CRUTCHLOW – Honda – 74 poin
  11. Maverick VIÑALES – Suzuki – 67 poin
  12. Aleix ESPARGARO – Suzuki – 60 poin
  13. Scott REDDING – Honda – 47 poin
  14. Yonny HERNANDEZ – Ducati – 41 poin
  15. Hector BARBERA – Ducati – 23 poin
  16. Alvaro BAUTISTA – Aprilia – 22 poin
  17. Loris BAZ – Yamaha Forward – 15 poin
  18. Nicky HAYDEN – Honda – 12 poin
  19. Jack MILLER – Honda – 12 poin
  20. Stefan BRADL – Aprilia – 11 poin
  21. Michele PIRRO – Ducati – 8 poin
  22. Eugene LAVERTY – Honda – 7 poin
  23. Hiroshi AOYAMA – Honda – 5 poin
  24. Mike DI MEGLIO – Ducati – 4 poin
  25. Alex DE ANGELIS – ART – 2 poin

Baca juga Royal Enfield Resmi Masuk Indonesia dan Yamaha Segera Produksi Naked Bike MT-03.

Top