Harga Ford Focus, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Ford Focus dan Spesifikasi – Bersamaan dengan diluncurkannya Ford All New Everest dan juga Ford New Ranger, Ford Motor Indonesia juga menelurkan satu lagi varian yang akan menemani New Ranger dan juga New Everest. Adalah unit hatchback Ford Focus yang juga ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu. Selama ini, Ford memang dikenal sebagai pabrikan yang selalu ‘adem ayem’, nyaris tanpa gembar-gembor jika merilis produk baru. Sebelum merilis Ford Focus ini, Ford pun juga sempat mengagetkan dunia otomotif Tanah Air ketika ‘tiba-tiba’ meluncurkan New Fiesta. Namun melalui ajang GIIAS 2015, Ford secara terbuka memperkenalkan varian baru sporty hatchback Ford Focus yang merupakan saudara kandung namun beda jenis dari sedan Ford Focus. Jika sedan Focus merupakan tunggangan elegan yang memancarkan aura eksklusifitas tingkat tinggi, maka Ford Focus ini tampil dengan selera khas anak muda yang sporty abis. Pernah membayangkan apa jadinya jika eksklusifitas sedan Ford Focus ‘bertubrukan’ dengan gaya stylish nan sporty ala hatchback New Focus? Ya, ramuan ajaib ala Ford itu menghasilkan sebuah unit kendaraan ‘banyak rasa’ seperti Ford Focus yang akan segera kita bahas ini.

ford focus

Secara fisik, mobil baru racikan Ford ini memiliki ukuran tubuh cukup rendah untuk ukuran hatchback, seukuran New Yaris lansiran Toyota. Namun justru disitulah kekuatan utama Ford Focus ini. Ford sendiri meracik New Focus dengan konsep sprty aerodinamic. Seperti yang Mas Sena singgung tadi, bodi stream ala sedan Focus memang diadaptasi untuk membangun hatchback Ford Focus ini. Selain mengusung desain bodi yang lebih elegan dan sporty, Ford pun membawa tenaga baru dalam diri New Focus versi hatchback ini. Adalah mesin berjenis Ti-VCT GDI i-4 yang merupakan mesin berbasis sama dengan generasi Ford Focus sebelumnya. Mesin berkapasutas 2.0L itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi Ford EcoBoost Engine yang merupakan teknologi terbaru dari Ford untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar minyak. Jadi, Ford Focus ini merupakan kombinasi sempurna antara nyamannya sedan Focus, performa tinggi mesin berteknologi EcoBoost, serta desain sporty khas Ford. Bagaimana, sudah tak sabar untuk semakin mengenal mobil baru lanisran pabrikan asal Negeri Paman Sam ini? Ya sudah, langsung aja simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Ford Focus pada segmen-segmen di bawah ini!

mobil ford focus

Review Ford Focus

Eksterior

Sporty Hatchback Dengan Konsep Desain Bodi Aerodinamis

Saat melihat tampilan luar dari spesifikasi Ford Focus ini, akan terlihat aura sporty yang sangat kentara. New Focus memiliki desain yang sangat aerodinamis dengan tampilan yang fresh dan lebih futuristik, jika dibandingkan dengan varian hatchback lainnya yang dipasarkan di Indonesia. Ford Focus sendiri adalah hatchback dengan model 5 pintu. Desain yang futuristik dari New Focus dapat dilihat dari headlamp berteknologi halogen yang sipit melebar ke belakang sehingga mampu menampilkan kesan tajam. Bagian grille depan Ford Focus juga berubah dari desain sebelumnya yang lebar, kali ini front grille New Focus terlihat lebih minimalis dan pas dibandingkan versi terdahulu. Front grille pada New Focus juga memiliki fungsi untuk memonitorisasi pasokan udara ke dalam kabin. Beralih ke bagian foglamp, Ford Focus menampilkan kesan minimalis dengan peletakan foglamp yang didesain mengikuti alur headlamp. Lalu, pada bagian bumper dibuat agak pendek dari jarak dengan tanah sehingga menampilkan kesan yang benar-benar sporty. Selain itu, terdapat juga aksen grill pada bumper Ford Focus untuk mempermanis fascia depan serta melindungi bagian radiator mobil. Beralih ke sektor samping, desain mungil khas hatchback juga terlihat pada New Focus ini. Di mana desain samping mobil ini memiliki lekukan aeorodinamis. Selanjutnya, pada kaca diberikan list berwarna krom dan dibuat berbentuk straight ke belakang. Beralih pada bagian stoplamp Ford Focus, bagian tersebut dibuat dengan bentuk sipit mengikuti bodi mobil secara keseluruhan dan diberi sentuhan sedikit smoke untuk mempercantik tampilan mobil dari belakang. Untuk menambah kesan sporty, New Focus dilengkapi dengan desain baru pada bagian belakang mobil berupa spoiler yang pas mengikuti bentuk tubuh mobil secara keseluruhan. Ada juga tambahan berupa printed antena pada bagian belakang Ford Focus yang memberikan kesan modern dan praktis. Terakhir, spion New Focus ini telah menggunakan model retractable mirror. Secara keseluruhan spesifikasi Ford Focus pada bagian fisik ini cocok untuk tipe pengendara yang mengedepankan model dan memiliki sifat dinamis.

Interior

Hi-Tech Interior Dengan Kabin Super Mewah

Mengusung segmen hatchback, di mana dalam segmen ini lebih mementingkan aspek kenyamanan bukan aspek kapasitas penumpang maka spesifikasi Ford Focus pun lebih mengedepankan sisi kenyamanan bagi pengendaranya. Bagian dashbard New Focus dirancang dengan mengikuti teknologi masa depan. Hal ini terlihat pada fitur komputerisasi pada panel-panel di dashboardnya. Pada dashboard Ford Focus ini juga disematkan teknologi-teknologi terbaru yang menunjang kebutuhan pengendara akan informasi. Selain itu, pada bagian setir kemudi juga dilengkapi dengan panel-panel yang sangat lengkap dan informatif, seperti misalnya speedometer yang juga sudah membawa teknologi komputer sehingga yang ditampilkan di cluster speedometer lebih menarik secara visual dan akurat. Untuk bagian kabin, Ford Focus menampilkan ruang kabin yang elegan di mana jok terlihat mewah dengan bahan full leather berkualitas tinggi dari Recaro. Perpaduan warna cerah di jok semakin menampilkan kesan fresh pada New Focus. Untuk menunjang kebutuhan hiburan, Ford Focus juga sudah dilengkapi dengan fitur audio double DIN dari Sony. Selain itu terdapat juga LCD pada bagian depan yang bisa menampilkan navigasi serta playlist audio dan juga memperkirakan suhu dan waktu bagi pengendara. Layar LCD pada Ford Focus juga sudah terintregrasi dengan teknologi SYNCTM yang bisa memudahkan kebutuhan multitasking anda. Untuk menambah kenyamanan, spesifikasi Ford Focus tentunya juga telah dilengkapi dengan AC Double Blower yang bisa jadi andalan disaat menghadapi cuaca panas di jalan raya.

spesifikasi ford focus

Dimensi

Dimensi Fisik yang Compact Didukung Suspensi Mantap

Sebagai kendaraan hatchback berkarakter sporty, spesifikasi Ford Focus di bagian dimensi fisik sudah sangat pas dan tepat. Dimensi mobil yang mungil merupakan ciri khas dari mobil berjenis hatchback, apalagi mobil jenis hatchback sangat jarang digunakan untuk mengangkut banyak penumpang. Secara fisik, Ford Focus memiliki ukuran panjang 4.354 mm, lebar 1.823mm, dan tinggi 1.484mm, serta wheelbase mencapai 2650 mm. Bobot yang dimiliki Ford Focus adalah seberat 1.470 kg. Dimensi ini memang cukup kecil bagi yang terbiasa mengendarai mobil berjenis SUV, namun sangat ideal untuk mobil berjenis hatchback. Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Ford Focus juga sudah disematkan suspensi Independent MacPherson strut-type yang dilengkapi dengan stabilizer bar pada bagian depan. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang, Ford menggunakan shock berjenis hidrolik yang sudah menggunakan teknologi Fully Independent Control Blade SLA. Suspensi belakang Ford Focus pun juga sudah menggunakan stabilizer bar untuk mendukung shock bertipe hidroliknya. Untuk bagian kaki-kaki, New Focus ini disokong oleh pilihan velg 17 inci berjenis painted aluminium yang dibalut oleh ban berukuran 215/50 R17. Pada sektor pengereman, spesifikasi Ford Focus juga sudah didukung teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) yang akan menambah kenyamanan New Focus serta membuat pengontrolan kendaraan akan lebih mudah.

Mesin

Teknologi Mesin Ti-VCT I-4 Flex Fuel Hasilkan Performa Tinggi

Saatnya membedah spesifikasi Ford Focus di ruang dapur pacunya. New Focus kali ini dijejali dengan mesin 2.0L Ti-VCT i-4 Flex Fuel (optional PZEV states) yang telah mengusung teknologi Powertrain Control Module. Dengan kapasitas 2.000 liter, Ford Focus sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 180 PS pada 6.000 rpm, dan torsi sebesar 240 Nm pada 5.000 rpm. Selain itu, pada Ford Focus juga dibenamkan mesin berteknologi EcoBoost System yang akan membantu meningkatkan efisiensi pembakaran karena langsung terintegrasi dengan fitur Turbocharging. Mesin EcoBoost ini diklaim dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada Ford Focus hingga mencapai 20 persen dan akan membantu mengurangi emisi gas buang CO2. New Focus dioperasikan dengan model transmisi 6-speed automatic. Di Indonesia, spesifikasi Ford Focus hanya dihadirkan dalam tipe 2.0L GDI Sport yang menggunakan transmisi otomatis.

spesifikasi mobil ford focus

Fitur

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Khas Hatchback Mewah

Sekarang Mas Sena akan mengajak anda untuk melihat spesifikasi Ford Focus pada bagian fitur-fitur pendukungnya. Sebagai unit hatchback modern, fitur keamanan dan juga fitur penunjang kenyamanan yang ada di New Focus ini terbilang sangat lengkap. Untuk fitur kelengkapan kemudi ada teknologi Torque Vectoring Control, yaitu teknologi pada Ford Focus yang memungkinkan kontrol lebih lanjut pada pengereman dan keseimbangan roda mobil. Selain itu, mobil baru ini juga dibangun dengan struktur kerangka mobil yang bernama Boron Steel Safety Cage yang memiliki kekuatan untuk menopang berat berlebih pada mobil. Fitur-fitur standar pada umumnya seperti ABS dengan EBD pada sektor pengereman juga telah dibenamkan pada Ford Focus ini. Salah satu fitur yang paling terbaru dari Ford adalah teknologi SYNC di mana pengendara bisa memngintegrasikan handphone dengan mobil, namun fitur ini harus digunakan sesuai dengan standar keselamatan berlalu-lintas. Kestabilan Ford Focus juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah didukung oleh teknologi ESC (Electronic Stability Control) untuk menjaga stabilitas mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Selain itu, ada juga fitur Rear Parking Sensors Camera untuk membantu pengendara ketika hendak memarkir mobil. Ada juga fitur Cruise Control yang dirancang Ford untuk meminimalisir kecelakaan lewat kontrol otomatis. Fitur yang terakhir yang melengkapi spesifikasi Ford Focus kali ini adalah Keyless Entry and Push Button Start yang bisa menghindarkan Ford Focus dari tindakan pencurian.

Spesifikasi Ford Focus

Mesin
Tipe Mesin Hatchback Sport 2.0L AT – S/Ti-VCT GDI I-4 2.0L
Diameter x Langkah (mm x mm) 87.5 x 83.1
Kapasitas (cc) 1999
Sistem Injeksi Bahan Bakar Electric Injection
Kapasitas Tangki BBM (L) 55
Tenaga Maksimal (PS/rpm) 170 / 6600
Torsi Maksimal (Nm/rpm) 202 / 4450
Dimensi
Panjang (mm) 4358
Lebar (mm) 1823
Tinggi (mm) 1483
Jarak Sumbu Roda (mm) 2648
Radius Putar (m) 5.4
Jarak Tertinggi dengan Tanah (mm) 108
Berat Isi (kg) 1337
Berat Maksimum (kg) 1900
Suspensi dan Kaki-kaki
Rem Depan discs
Rem Belakang discs
Suspensi Depan Strut MacPherson type with coil spring
Suspensi Belakang Twist Beam with Coil Spring
Shock Absorber Telescopic double acting, hydraulic
Stabilizer System Torsion bar
Ban dan Velg 215 / 50 R17
Transmisi
Tipe Transmisi 6-Speed Automatic

Harga Ford Focus

Bagaimana, puas mengubek-ubek spesifikasi New Focus dari luar hingga bagian terdalamnya? Nah sekarang kita akan membahas kisaran harga Ford Focus yang kabarnya hanya akan dirilis dalam satu versi saja, yaitu versi hatchback 2.0L A/T. Berbicara mengenai banderol harga Ford Focus ini, tentunya kita harus berkaca pada spesifikasi eksterior dan juga interiornya. Dari luar, wajah baru New Focus ini memang akan langsung membuat anda jatuh cinta. Perpaduan antara konsep elegan dan sporty memang terpancar dari eksterior Ford Focus ini. Dari fascia depan hingga bagian buritan, seolah-olah lekuk bodi New Focus ini memang dirancang sesempurna mungkin. Eksterior menawan pun diimbangi dengan teknologi canggih pada ruang dapur pacu dan juga interior kabinnya. Hal inilah yang akhirnya mempengaruhi kisaran harga Ford Focus di pasaran. Masih mengandalkan mesin berkapasitas 2.000 cc, performa New Focus juga akan semakin meningkat setelah Ford membenamkan teknologi EcoBoost di ruang dapur pacunya. Sementara itu, interior New Focus didukung oleh panel-panel multifungsi yang mengusung teknologi mutakhir. Dengan segala pembaruan yang dibawanya, kira-kira harga Ford Focus ini berapa ya?

harga ford focus

harga ford focus terbaru

Berdasarkan rilis laman Ford Indonesia, banderol harga Ford Focus yang mengusung mesin 2.0L GDI Sport A/T ini adalah sekitar Rp 418 jutaan. Untuk segmen hatchback di Indonesia, banderol harga Ford Focus ini akan membuatnya menjadi salah satu varian mobil tipe hatchback dengan banderol paling mahal. Harga jual Ford Focus yang menyentuh angka lebih dari Rp 400 jutaan ini memang didasarkan oleh teknologi canggih yang ada di dalam interiornya, serta tentunya konsep desain eksterior yang begitu menawan. Selain itu, banderol harga Ford Focus ini memang terasa wajar keran segmentasinya adalah kelas hatchback premium. Dan jika dibandingkan dengan harga Ford Focus versi sedan, harga dari Ford Focus versi hatchback ini juga memiliki angka yang sama dengan versi sedannya.

Harga Ford Focus

Rp 418.000.000,-

Jika dibandingkan dengan harga Toyota New Yaris 2015, banderol harga Ford Focus ini memang jauh lebih mahal. Toyota membanderol New Yaris dengan harga tertinggi sekitar Rp 268 jutaan. Meski menempati segmen yang sama, yaitu hatchback, namun kali ini Ford Focus hadir dengan level yang lebih tinggi. Wajar bila akhirnya harga Ford Focus jauh lebih tinggi dari salah satu kompetitornya tersebut. Selain itu, jika dibandingkan dengan Honda All New Jazz, harga Ford Focus ini pun juga jauh lebih mahal. Sedikit berpendapat, Mas Sena lebih sreg jika New Focus ini lebih pantas untuk bersaing dengan model sedan premium macam Mazda6. Tambahan info, banderol harga New Focus di atas adalah harga OTR untuk area DKI Jakarta. Untuk penjualan di daerah, ada kemungkinan penyesuaian harga yang cukup siginifikan. Baca juga ulasan lengkap Mas Sena mengenai Toyota Yaris dan Honda Jazz.

  • Mr-Dell

    mangstaabbsss

Top