Wow! Suzuki Siap Luncurkan Ciaz di Indonesia

Ciaz, Sedan Paling Irit Siap Meluncur di Indonesia – Pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show beberapa hari lalu, Suzuki perkenalkan mobil sedan bermesin bensin. Mobil sedan tersebut diketahui bernama Ciaz. Kabarnya, Ciaz akan segera meluncur di pasaran Indonesia dalam waktu dekat ini.

ciaz-sedan-paling-irit-siap-meluncur-di-indonesia

Mobil Suzuki Ciaz ini ternyata sudah populer di India, bahkan telah dilengkapi dengan mesin yang lebih canggih. Sehingga tidak heran apabila Suzuki bermaksud untuk memperkenalkannya terhadap pasaran Indonesia.

Dari kabar yang diterima dari Suzuki India, mereka telah meluncurkan sedan Ciaz dengan teknologi SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Dengan adanya teknologi SHVS, Ciaz kini memiliki fitur seperti teknologi star-stop, pemulihan energy proses pengereman, dan juga sistem Engine Power Assist.

Menurut Autocar India, dengan adanya sistem ini, Ciaz mencatat konsumsi BBM sebesar 28,09 km per liter. Sistem ini ternyata mampu menciptakan Ciaz menjadi mobil yang paling irit di India. Menurut keterangan, sistem yang dipergunakan Ciaz ini mengandalkan mesin 1.300 cc.

separator

Suzuki berencana, kedepannya seluruh mobil-mobil produksinya akan menerapkan teknologi SHVS. Untuk target waktu dekat ini, jenis mobil yang akan diterapkan sistem ini adalah Suzuki Ertiga.

Apabila diingat, Suzuki juga baru saja merilis mobil Ertiga terbarunya di Indonesia. Untuk pengembangan di India, mobil Ertiga terbaru ini sudah mengalami penambahan ayar 7 inci pada sistem infotainment SmartPlay.

Menurut laporan, Suzuki Ertiga bermesin diesel di India saat ini mencatatkan angka konsumsi BBM sebanyak 20,77 km per liter, namun dengan adanya penambahan teknologi SHVS diperkirakan akan mendekati mobilio yang mencapai 24,5 km per liter.  Angka ini termasuk ukuran yang sangat hemat untuk daya konsumsi BBM pada sebuah mobil.

Seperti yang dirangkum pada halaman viva.co.id, Donny menuturkan bahwa motivasi Suzuki menghadirkan Ciaz juga untuk mematahkan mitos yang mengatakan bahwa mobil sedan boros BBM.

Dzire juga dikabarkan sedang dalam masa percobaan menggunakan teknologi SHVS, bahkan apabila dilakukan upgrade dengan SHVS kemungkinan besar akan mengungguli catatan konsumsi BBM dari Ciaz yang mencatat angka 28,09 km per liter tersebut. Baca juga Eropa Luncurkan Dual Tone Ala Toyota Yaris dan Mercedes-Benz Makin Serius Garap Mobil Listrik

 

Top