Tembus 5 Juta Unit, Fiat-Chrysler Sempurnakan V6 Pentastar

Tembus 5 Juta Unit, Fiat-Chrysler Sempurnakan V6 Pentastar –  Setelah dikabarkan berhasil menembus angka produksi hingga 5 juta unit, kini Fiat-Chrysler Automobil (FCA) melakukan penyempurnaan lagi terhadap mesin V6 Pentastarnya. Hasilnya, angka efisiensi bahan bakar meningkat sebanyak 6 persen, sedangkan untuk torsi meningkat sebanyak 15 persen.

tembus-5-juta-unit-fiat-chrysler-sempurnakan-v6-pentastar

Seperti yang dilaporkan Autoevolution, keunggulan lain juga ditawarkan oleh Fiat-Chyrsler dengan V6 Pentastar penyempurnaan itu adalah bobot yang semakin ringan. Bahkan kekuatan tenaganya juga ikut terdongkrak.

Mesin V6 dengan formasi 60 derajat ini masih menggunakan bahan dari alumunium. Dari kabar yang beredar, mesin terbaru itu juga akan digunakan oleh Jeep Grand Cherokee versi anyar yang diluncurkan pada akhir tahun ini. Mesin baru tersebut diklaim akan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 290-295 hp. Menariknya lagi, kinerja tinggi tersebut ternyata sama sekali tidak menggunakan sistem asupan bahan bakar pada mesin dengan sistem injeksi langsung.

Pada awalnya, injeksi langsung terpikir bakal menjadi solusi yang paling tepat untuk mendongkrak tenaga serta efisiensi bahan bakar. Namun ternyata, teknologi tersebut dinilai akan memberikan dampak jangka panjang pada kendaraan.

separator

Banyak fakta yang telah membuktikan, bahwa mobil yang menggunakan teknologi injeksi tersebut mengalami beberapa masalah diantaranya yaitu banyaknya residu yang muncul pada katupnya. Sedangkan dampak itu tidak terjadi pada pembakaran secara alami. Juga, mesin dengan teknologi injeksi langsung, akan menyebabkan semua partikel bahan bakar yang telah melewati proses pembakaran akan menghasilkan partikel abrasive yang mampu masuk pada semua tempat. Seperti melewati oli mesin.

FCA meminta kepada para insinyurnya untuk menciptakan mesin yang lebih efisien dan membuat peran penting terhadap katup. Nah, pada bagian inilah mesin Pentastar menggunakan vitur baru Variable Valve Timing, yaitu fitur terbaru yang diaktifkan phasers cam.

VVT ini baru tidak akan dioperasikan bukan sampai angka 50 derajat seperti yang ada sekarang namun pada  angka 70 derajat . Dengan begitu, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit hingga 2,7 persen juga meningkatnya efisiensi konsumsi bahan bakar yang terjadi karena mengalami gesekan komponen mesin yang lebih rendah. Baca juga Eropa Luncurkan Dual Tone Ala Toyota Yaris dan Mercedes-Benz Makin Serius Garap Mobil Listrik

 

 

 

Top