First Ride New Honda Sonic 150R: Tarikan Bawah Ganas, Bro!

First Ride New Honda Sonic 150R – Hanya memandang foto dua unit motor sport terbaru lansiran Honda membuat Mas Sena lama-lama gerah juga. Tergiur ingin merasakan performa responsif yang konon katanya dimiliki oleh New Honda Sonic 150R serta All New Honda CB150R StreetFire membuat Mas Sena mencari-cari kesempatan yang pas untuk mencoba dua kuda besi lansiran pabrikan sayap mengepak tersebut.

first-ride-new-honda-sonic-150r-1

Di tengah pencarian Mas Sena akan waktu yang pas untuk menjajal keganasan Honda Sonic 150R dan juga CB150R StreetFire, akhirnya kesempatan tak terduga pun datang menghampiri. Bak mimpi jadi nyata, gayung pun bersambut kala salah satu main dealer Honda, yaitu Astra Motor Yogyakarta, menawarkan test ride alias uji coba Honda Sonic 150R serta CB150R StreetFire.

Advertisement

Tawaran test ride yang Mas Sena dapat ini merupakan bagian dari acara road show bertajuk Honda Speed Heroes yang diadakan oleh PT Astra Honda Motor. Bertempat di lapangan parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta yang telah disulap menjadi sirkuit mini, Mas Sena pun berkesempatan untuk mencoba kedua motor sport terbaru dari Honda tersebut pada Sabtu (5/9).

first-ride-new-honda-sonic-150r-3

Pada kesempatan test ride pertama, Mas Sena disodori ‘si ayam jago’ Honda Sonic 150R. Tanpa sungkan, Mas Sena pun menerima ajakan menggeber si bebek underbone tersebut. Hasilnya?

Sedikit terbatasi oleh jarak trek yang terlalu pendek, namun Mas Sena sudah bisa merasakan ‘keganasan’ Honda Sonic 150R. Seperti yang Mas Sena ungkapkan pada sesi review beberapa waktu yang lalu, Sonic 150R ini memang benar-benar galak di putaran bawah. Sekali tancap gas, mesin DOHC 4-Valve berkapasitas 149,16 cc pada Sonic 150R seolah tak malu-malu untuk langsung memberikan tarikan kencang di awal. Pada jarak 50 meter pertama, mesinnya tak ‘meronta’ meski Mas Sena menggeber sekuat tenaga.

first-ride-new-honda-sonic-150r-2

Selain ganas pada tarikan bawah, performa Honda Sonic 150R pun juga ciamik saat diajak bermanuver melibas tikungan. Berbekal body frame yang ringan namun kokoh, si ayam jago asal Jepang ini cukup mantap saat diajak ‘nikung’. Namun, kelemahan Sonic 150R pun juga langsung terasa di sini. Mungkin karena tak sanggup menyangga mesin yang kubikasinya cukup besar, Honda Sonic terasa sedikit ‘bergoyang’ saat selesai menikung kemudian kembali ke posisi tegak. Hal ini semakin menguatkan hipotesis bahwa Honda Sonic 150R memang lebih cocok untuk trek lurus.

first-ride-new-honda-sonic-150r-4

Overall, performa New Honda Sonic 150R ini memang cukup ganas untuk ukuran bebek sport 150 cc. Meski Mas Sena tak sanggup meraih top speed karena terhalang pendeknya trek sirkuit ‘dadakan’, namun test ride ini sudah cukup untuk memberikan gambaran mengenai seberapa gahar performa Honda Sonic 150R.

New Honda Sonic 150R sudah, lalu bagaimana dengan All New Honda CB150R StreetFire? Hmmm, penasaran kan? Ikuti hasil test ride Mas Sena pada episode berikutnya. Salam! Baca juga Mesin Sama, Honda Sonic 150R dan CB150R Tetap Beda dan Honda Sonic 150R dan New CB150R Streetfire Sudah Sesuai Standar Emisi Euro2 dan Euro3.

Top