Nilai Tukar Rupiah Melemah, Harga Motor Honda Bakal Naik

Harga Motor Honda Bakal Naik – Merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, membuat Honda berniat menaikkan harga motornya di Indonesia. Untuk saat ini nilai tukar rupiah saja sudah menembus angka Rp 14.200,00.

Rupiah Melemah Harga Motor Honda Bakal Naik

Namun Honda masih akan berhati-hati dalam upaya menaikkan harga, hal ini dilakukan Honda semata-mata agar tidak memberatkan pembeli motor Honda di tengah lesunya kondisi ekonomi di Indonesia.

“Kalau begini terus dampaknya harga motor naik. Soal waktunya kapan, itu bergantung. Kan menaikkan harga juga tidak semudah itu. Enggak bisa rupiah jadi Rp14 ribu terus kami naikkan begitu saja. Kami juga melihat situasi, melihat beberapa bulan lagi. Tapi kalau enggak turun-turun menjadi di bawah Rp14 ribu, pasti harus naik,” terang Margono, dikutip dari Okezone, Selasa (8/0/2015).

Dalam periode tahun 2015, PT AHM juga sudah mengalami penyesuaian harga sebanyak dua kali. Penyebabnya juga masih sama yaitu melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar. Meskipun tidak semua varian mengalami kenaikan harga.

separator

“Harga motor Honda, awal tahun kami naikkan. Terus di Juni ada tipe yang kami naikkan juga. Jadi, dua kali naik,” imbuh Margono.

Kenaikan harga yang terjadi pada Honda untuk kali pertama dilakukan pada awal tahun 2015, sekitar bulan Januari. Pada bulan Januari tersebut semua varian motor Honda mengalami kenaikan harga. Disusul kemudian pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juni 2015, terjadi lagi kenaikan harga. Namun untuk bulan Juni, kenaikan harga hanya terjadi untuk Honda Vario saja.

Sementara Honda juga terus mengupayakan cara lain selain menaikkan harga. Karena, jika terjadi kenaikan harga yang signifikan pada motor Honda, hal ini akan berpengaruh besar pada penjualan Honda yang akan semakin merosot.

“Kalau kita naikkan harga, semakin jatuh daya beli. Sehingga kita masih harus melihat apakah ada cara lain yang pastinya lebih baik,” ujar Ahmad Muhibbuddin selaku Deputy Head of Corporate Communication PT AHM, dikutip dari Viva.co.id, Selasa (8/9/2015).

Sebagai tambahan, PT AHM berhasil meraih penjualan tertinggi di dunia untuk pasar sepeda motor pada tahun 2014, dengan berhasil membukukan penjualan motor mencapai 5.051.100 unit dengan proporsi PT AHM berhasil menyumbang 64,2 % penjualan motor di dalam negeri. Honda Beat menjadi varian yang paling laku dengan total penjualan mencapai 2.117.948 dan di tempat kedua diraih oleh Honda Vario dengan total penjualan mencapai 1.456.685 unit.

Untuk varian bebek, Honda Supra menyumbang total penjualan sebesar 368.159 unit disusul Honda Revo dengan total penjualan sebesar 322.682 unit. Untuk segmen motor sport, penjualan Honda masih kalah dengan penjualan Yamaha, namun sudah cukup baik dengan total penjualan sebesar 196.622 unit untuk Honda CB150R, disusul Honda Verza 150 dengan total penjualan 132.514 unit, Honda MegaPro 33.249 unit dan sisanya adalah Honda CBR yang sanggup meraih total penjualan sebanyak 21.517 unit. Baca juga First Ride New Honda Sonic 150R dan Semua Varian Honda Vario Kini Sudah Didukung Teknologi eSP.

Top