BMW Kembangkan Sasis Motor Berserat Karbon

BMW Kembangkan Sasis Motor Berserat Karbon –  Pabrikan otomotif asal Jerman, BMW Motorrad berniat untuk mendaftarkan paten terbarunya yang berisikan dua desain kerangka sepeda motor dengan material serat karbon.

BMW Kembangkan Sasis Motor Berserat Karbon

BMW Motorrad saat ini tengah mengembangkan sasis motor yang terbuat dari serat karbon untuk motor produksi massal. Tentunya jika hal ini sukses, ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah roda dua di dunia, ada motor produksi massal yang bersasis serat karbon. Serat karbon merupakan material yang kuat, bahkan lebih kuat dari baja namun memiliki bobot yang ringan.

Desain menggunakan serat karbon untuk pertama kalinya akan digunakan untuk motor BMW Motorrad bersegmen motor sport, seperti BMW S1000 RR untuk generasi yang akan datang. Kemudian BMW Motorrad juga menyiapkan desain dengan tipe teralis frame yang direncanakan untuk motor keluaran BMW Motorrad yang lebih umum. Dengan digunakannya sasis motor berserat karbon, motor keluaran terbaru BMW Motorrad akan lebih memiliki bobot ringan tanpa harus mengorbankan desain. Hal itu dikarenakan, untuk bobot dari serat karbon lebih ringan 40% dari material berbahan logam.

BMW Motorrad memiliki sejarah panjang karena mampu menjadi pionir perkembangan teknologi otomotif roda dua di dunia, seperti teknologi rem ABS yang kini mulai populer di motor-motor produksi massal. Dan ketika mengenalkan teknolgi terbarunya BMW Motorrad selalu memulainya dari varian termahalnya.

Sebelumnya, BMW sudah memiliki pengalaman membuat kerangka mobil di BMW i3 dan BMW i8 yang telah menggunakan frame berserat karbon. Hasilnya kedua varian tersebut cukup mendapatkan apresiasi yang baik dari konsumen, karena sejauh ini belum ditemukan kendala yang berarti. Karena kesuksesan tersebut BMW Motorrad semakin yakin bahwa produksi motor dengan sasis karbon akan sukses di pasaran. Namun yang akan menjadi kendala untuk BMW Motorrad adalah harga material yang terhitung mahal, dan BMW Motorrad berharap jika harga material akan segera turun karena skala ekonomi saat ini semakin besar.

Penggunaan motor dengan sasis serat karbon sebenarnya saat ini sudah diaplikasikan pada motor balap di motoGP, bukan tidak mungkin nantinya motor-motor mainstream di pasaran akan memiliki rangka dari serat karbon. Baca juga BMW Mottorad dan Loncin Siapkan Motor Skuter Baru dan BMW Kerjasama dengan TVS Garap Skuter Matik 300 cc.

 

Top