Harga Toyota Vellfire, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Toyota Vellfire dan Spesifikasi – Toyota Astra Motor secara resmi telah merilis unit mobil yang menyeser segmen MPV kelas atas, yaitu Toyota Vellfire tipe 2.5 G. Menurut rencana, Vellfire akan hadir di Indonesia berbarengan dengan waktu perilisan All New Toyota Alphard. Khusus untuk pasar otomotif Indonesia, varian Vellfire memang mendapat atensi khusus.Toyota Vellfire menjadi simbol gaya hidup modern yang memberikan kenyamanan ekstra tinggi serta tampilan luar yang mewah dan premium. Meski sempat ‘turun derajat’ karena dijadikan unit taksi, namun pamornya tak pernah pudar. Tak main-main, taksi menggunakan Toyota Vellfire pun tetap mengusung label taksi super premium, lebih dari sekadar mewah. Nah kali ini, Toyota menghadirkan versi baru dari Vellfire yang semakin mewah, semakin elegan, dan tentunya semakin istimewa. Hingga kini, varian Toyota Vellfire dan juga Alphard memang masih menjadi market leader di segmen premium MPV, mengalahkan Mazda Biante atau Nissan Elgrand. Sama seperti versi lamanya, New Toyota Vellfire ini tetap mengusung konsep desain eksterior khas premium MPV serta interior baru yang tentunya semakin nyaman dan mewah.

toyota vellfire

Label resmi yang disematkan pada Toyota Vellfire ini adalah ‘Firts Class MPV’. Ya, unit mobil MPV kelas satu. Artinya, Vellfire ini dibekali dengan segala hal yang pastinya ‘kelas satu’. Mulai dari desain eksterior, interior, hingga dapur pacu, semuanya menggunakan ramuan serba kelas satu. Penerapan velg alloy 18 inci yang dibalut dengan ban ukuran 235/50 kian membuat tampilan Toyota Vellfire dari luar menjadi tampak elegan. Ditambah bodi yang lebih bongsor dari pendahulunya, mobil MPV lansiran Toyota ini terlihat semakin memancarkan aura kemewahan. Untuk bagian interior, Vellfire versi baru ini dibekali balutan jok dengan kualitas kulit tingkat tinggi yang semakin mempermanis tampilan dalamnya. Selain itu, beragam fitur penambah kenyamanan juga sudah tersedia di dalam kabin Toyota Vellfire ini. Fitur-fitur tersebut antara lain AC digital, penahan kaki, audio-video panel hingga fitur sunroof yang kian membuat interior Toyota Vellfire semakin menawan. Untuk bagian mesinnya, Vellfire dibekali dengan mesin yang identik dengan Toyota Camry, sama-sama berkapasitas mesin 2.500 cc. Kapasitas mesin ini meningkat daripada varian terdahulu. Nah, untuk mengetahui kemewahan apa lagi yang dimiliki oleh first class MPV ini, berikut ini Mas Sena sajikan uraian mengenai spesifikasi dan harga Toyota Vellfire versi baru.

mobil toyota vellfire

Review Toyota Vellfire

Eksterior

Luxury MPV dengan Konsep Desain Super Premium

Saat pertama kali melihat tampilan New Vellfire, kesan yang didapat adalah kesan MPV premium dengan desain yang menampilkan citra eksklusivitas dan elegan. Spesifikasi Toyota Vellfire memiliki bodi yang dinamis. Hal ini tampak pada desain depan, dimulai dengan penggunaan double headlamp yang kesemuanya berdesain sipit. Projector headlamp pada Toyota Vellfire disusun seperti terbelah menyesuaikan dengan front grill berformat bertingkat dan diberi aksen krom mengkilat. Pada bagian foglamp, tampilan desainnya juga disesuaikan dengan bumper depan yang memiliki desain frame tegas berwarna hitam. Beralih pada bagian samping Toyota Vellfire. Bodi samping pada mobil MPV ini menganut konsep aerodinamis dengan model kaca dibuat lebih sporty. Kesan luxury akan sangat kentara ketika membuka pintu mobil yang menganut sistem sliding door. Pada bagian belakang Toyota Vellfire, kesan mobil mewah akan segera Anda dapatkan lewat aksen krom yang berada di bawah kaca belakang mobil serta penggunaan efek smoke pada desain headlamp yang semakin membuat tampilan Toyota Vellfire terasa semakin elegan. Bagian belakang mobil ini juga semakin manis dengan hadirnya spoiler beraura sporty. Terakhir, spesifikasi Toyota Vellfire pada desain ditutup dengan penggunaan spion canggih berjenis retractable mirror.

Interior

First Class Interior dengan Kabin Ekstra Nyaman

Saatnya Mas Sena membahas pada bagian interior dari spesifikasi Toyota Vellfire ini. Sesuai segmentasinya, Vellfire dirancang untuk masyarakat kelas atas yang menginginkan mobil berkabin lapang serta memiliki fitur-fitur canggih di dalamnya. Pada bagian interior dari Toyota Vellfire ini sudah dikonsep oleh Toyota dengan sangat baik. Terlihat dari material dashboard yang didominasi warna hitam elegan, dan material kulit berkualitas, termasuk pada setirnya. Selain itu, panel-panel instrumen di dalam Toyota Vellfire ini juga terbuat dari bahan material berkualitas tinggi. Pada bagian dahboard sudah dilengkapi dengan majestic audio system yang sanggup menampilkan display dengan baik. Berpindah ke bagian kabin pada Toyota Vellfire, penutup joknya terbuat dari kulit kelas premium serta joknya didesain sama seperti kursi jok di mobil tipe supersport yang mewah dan nyaman. Ketika Anda duduk di dalam kabin akan terasa nyaman dan lega karena kabin Toyota Vellfire didesain dengan ukuran yang cukup besar untuk kelasnya. Hampir keseluruhan bagian interior didesain dengan tema hitam elegan. Selain itu, Toyota Vellfire juga memiliki kabin privasi yang dapat dilengkapi dengan tirai di kaca belakang. Kemudian, pada lampu luminasi di kabinnya dapat diatur warnanya sesuai dengan keinginan. Ada juga fitur penahan kaki yang disematkan di Toyota Vellfire ini untuk menambah kenyamanan penggunanya. Terakhir beberapa fitur penunjang yang canggih seperti pengaturan AC digital,audio-video hingga sunroof juga telah ada pada spesifikasi Toyota Vellfire di bagian interiornya. Bahkan, ada fitur pengisian baterai dengan model wireless yang bisa digunakan dengan cara cukup meletakkan handphone di tempat pengisian baterai maka otomatis baterai akan terisi.

spesifikasi toyota vellfire

Dimensi

Dimensi Fisik yang Bongsor Didukung Suspensi Kelas Atas

Pada spesifikasi Toyota Vellfire bagian dimensi, mobil baru dari Toyota ini memiliki ukuran tubuh yang lebih bongsor daripada Vellfire versi terdahulu. Generasi baru Toyota Vellfire ini memiliki panjang 4.930 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm serta ground clearance yang cukup rendah, yaitu 160 mm. Jika melihat dimensi tersebut, memang Vellfire versi baru ini terlihat lebih ‘ceper’ dari sebelumnya. Namun hal itu justru semakin memperkuat aura kemewahan yang dibawanya. Ukuran fisik Toyota Vellfire ini juga membuatnya tidak cocok digunakan untuk pelesiran ke luar kota yang kondisi jalannya tidak bersahabat mengingat ground clearance yang dimilikinya sangat pendek. Selanjutnya, untuk menambah kenyamanan pada pengemudi dan juga penumpangnya, Toyota Vellfire ini juga telah dibekali dengan sistem suspensi yang empuk dan stabil. Untuk suspensi depan, Toyota menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut yang dilengkapi dengan Torsion Bar. Sementara untuk bagian belakang, Toyota Vellfire menggunakan sistem suspensi jenis Double Wishbone yang telah dilengkapi dengan Torsion Bar juga. Lalu, pada bagian kaki-kaki dari spesifikasi Toyota Vellfire ini sudah dilengkapi dengan velg alloy 18 inci yang dipadukan dengan ban ukuran 235/50. Penggunaan velg dan ban ukuran tersebut sangat serasi dengan ukuran bodi Vellfire yang cukup besar.

Mesin

Teknologi Mesin 2AR-FE Hasilkan Performa Maksimal

Saatnya kita membedah spesifikasi Toyota Vellfire pada jantung dapur pacunya untuk mengetahui performanya. Seperti yang sudah Mas Sena ungkapkan pada bagian awal tadi, platform New Vellfire ini mengusung basis mesin yang sama dengan Toyota Camry. Itu artinya, Toyota Vellfire akan memiliki karakter mesin yang halus, namun tetap powerful. Untuk mobil MPV premium yang satu ini, Toyota mengusung mesin tipe DOHC 16 Silinder segaris 14 katup yang memiliki kapasitas 2.494 cc. Mesin berkode 2AR-FE itu juga diperkuat dengan teknologi Dual VVT-i yang akan membantu meningkatkan performanya. Mesin pada Toyota Vellfire ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 180 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm. Power yang dimiliki oleh Vellfire ini membuatnya menjadi salah satu tipe MPV dengan power mesin paling besar. Untuk torsinya, mesin 2.500 cc pada Toyota Vellfire ini mampu memuntahkan torsi sebesar 23,9 Kgm pada 4.100 rpm. Pada mesin Vellfire ini, Toyota juga menggunakan teknologi sistem pemasukan bahan bakar EFI (Econo Fuel Injection) yang akan meningkatkan efisiensi pembakaran. Mesin yang menjadi bagian dari spesifikasi Toyota Vellfire ini digerakkan oleh transmisi otomatis 6 percepatan.

spesifikasi mobil toyota vellfire

Fitur

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Khas MPV Kelas Atas

Sekarang tiba saatnya Mas Sena akan membahas tentang spesifikasi Toyota Vellfire di bagian fitur-fitur pendukungnya. Sebagai luxury MPV, sudah semestinya Vellfire didukung dengan fitur-fitur kenyamanan tingkat tinggi serta keamanan yang harus mumpuni. Fitur penunjang yang terdapat di Toyota Vellfire sudah cukup komplit. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah fitur step illumination serta keyless entry yang dirancang dengan konsep elegant wireless entry. Selain itu juga terdapat fitur panoramic view monitor yang terdiri dari 4 kamera, yakni kamera depan, belakang, samping kanan dan kiri, yang bisa digunakan untuk memantau kondisi di sekitar. Kamera-kamera yang terpasang pada Toyota Vellfire ini sangat membantu sebagai asisten ketika ingin memarkirkan mobil. Kemudian, pada mobil ini juga terdapat majestic audio system yang bisa digunakan untuk kebutuhan entertainment dengan kualitas layar HD touchscreen. Layar itu juga dapat berfungsi sebagai DVD player serta panel navigasi. Spesifikasi Toyota Vellfire pada bagian fitur pelengkap juga sudah dibekali dengan perangkat input suara musik yang sudah terintegrasi dengan 17 speaker berkualitas.

Spesifikasi Toyota Vellfire

Mesin
Tipe Mesin 2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 2,494 cc
Diameter x Langkah 90.0 x 98.0
Daya Maksimum 180 Ps / 6,000 rpm
Torsi Maksimum 23.9 kgm /4,100 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Bensin
Kapasitas Tangki 75
Dimensi
P x L x T 4930 x 1850 x 1895 mm
Jarak Poros Roda 3000 mm
Sasis
Transmisi CVT
Suspensi Depan MacPherson Strut with Torsion Bar
Suspensi Belakang Double Wishbone with Torsion Bar
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Ventilated Disc
Sistem Rem Tambahan
Steering Gear Rack and Pinion with EPS
Ukuran Ban 235/50/R18

Harga Toyota Vellfire

Setelah Mas Sena mengajak Anda menengok spesifikasi Vellfire dari sisi eksterior hingga interior, sekarang saatnya kita membahas kisaran harga Toyota Vellfire ini. Namun sebelum berbicara lebih jauh mengenai harganya, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan dari apa yang sudah kita bahas pada segmen spesifikasi di atas tadi. Tak bisa dipungkiri, dari luar saja Toyota Vellfire ini sudah nampak aura kemewahannya. Lewat bodi bongsor yang disertai dengan front grile lebih mewah, terlihat bahwa Vellfire versi baru ini semakin memancarkan kesan premium MPV yang dimilikinya. Selain desain eksterior super mewah yang menjadi andalannya, harga Toyota Vellfire pun juga dipengaruhi oleh performa tangguh yang ditawarkan oleh mesinnya. Tak seperti kebanyakan mobil MPV yang hanya dibekali mesin berkekuatan standar, kali ini Toyota menyematkan mesin DOHC 2.500 cc yang memang sudah terbukti tangguh dan powerful. Hal ini jugalah yang membuat New Vellfire menjadi salah satu MPV paling bertenaga di kelasnya. Dengan segudang kemewahan yang dibawanya, lalu berapakah harga Toyota Vellfire ini?

harga toyota vellfire

harga toyota vellfire terbaru

Berdasarkan informasi dari laman resmi Toyota Indonesia, harga Toyota Vellfire ini berkisar pada nominal Rp 989,6 jutaan. Wow, sebuah harga yang sangat fantastis! Namun bagi Anda yang selalu mengikuti perkembangan varian premium MPV, maka harga Toyota Vellfire yang selangit ini pastinya tak akan mengagetkan. Berbekal spesifikasi kelas premium di semua sektornya, wajar saja bila akhirnya MPV premium besutan Toyota ini dibenderol dengan harga yang sangat mahal. Bahkan, harga Toyota Vellfire ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kedua pesaingnya, yaitu Mazda Biante atau Nissan Elgrand. Sebagai contoh, New Mazda Biante dibanderol dengan harga mulai dari Rp 428,9 jutaan. Jika dibandingkan dengan harga Toyota Vellfire versi baru, harga Biante tersebut memang terpaut sangat jauh, hampir setengahnya.

Harga Toyota Vellfire

Rp. 989.600.000,00
Daftar Harga Mobil Toyota

Harga Toyota Vellfire ini memang tergolong ‘sangat mahal sekali’. Hal ini memang wajar. Tentu kita tak bisa menafikan bahwa seri Vellfire dan juga Alphard memang ‘raja’ untuk segmen premium MPV. Nissan Elgrand yang menawarkan kemewahan mendekati Vellfire pun tak mampu menandingi dominasi Vellfire dan Alphard. Padahal, harga Elgrand saat ini lebih murah jika dibandingkan dengan harga Toyota Vellfire. Kata ‘mewah’ dan ‘berkelas’ memang tak bisa dilepaskan dari Vellfire. Selain akan merasakan performa mesin tangguh, servis interior kelas premium pastinya juga menjadi nilai jual utama yang ditawarkan oleh Toyota Vellfire ini. Namun, satu yang perlu Mas Sena sampaikan. Bahwa harga Toyota Vellfire di atas merupakan harga OTR untuk kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk penjualan di daerah, ada kemungkinan harga Vellfire mengalami sedikit perubahan. Baca juga ulasan Mas Sena tentang Mazda Biante dan Honda BR-V.

Top