Bagai Panglima Perang, Sentinel Tahan Tembak dan Ledakan

Range Rover Sentinel, SUV Kebal Tembak dan Ledakan – Setelah beberapa jenis mobil SUV diperkenalkan dengan berbagai macam kelebihannya masing-masing, kini brand otomotif asal Inggris berhasil menyulut rasa penasaran publik dengan kehadiran dari sebuah mobil SUV yang dikabarkan tahan terhadap tembak dan ledakan.

range-rover-sentinel-suv-kebal-tembak-dan-ledakan

Mobil yang diberi nama Range Rover Sentinel ini diciptakan selain mampu melibas jenis jalanan apa saja  juga memiliki kemampuan khusus yaitu mampu menahan serangan tembakan peluru serta ledakan sekalipun.

Hal ini tampaknya dibenarkan oleh jawaban dari Specail Vehicle Operations (SVO) Land Rover. Menurut kutipan dari otomotif.metronews (11/09/2015), dinyatakan bahwa divisi khusus dari brand otomotif asal Inggris yaitu Range Rover, mereka menyatakan telah meluncurkan tipe Sentinel dengan kemampuan yang khusus.

Mobil Sentinel ini diklaim mampu tahan terhadap serangan peluru senapan serta tahan dari ledakan hingga 15 kilogram TNT. Bukan hanya itu, bahkan pada bagian atap dan kolong pun sanggup bertahan dari ledakan granat DM51 yang menghasilkan ketahanan tetap baik.

separator

Mobil SUV Sentinel ini sendiri telah menggunakan basis dari model Range Rover Autobiography yang kemudian dilapisi dari baja untuk bagian bodinya, baja tersebut juga merupakan baja yang sudah memiliki sertifikasi VR8.

Sosoknya memang sama seperti mobil pada umumnya yang berukuran 4×4. Namun model terbaru ini nampak seperti panglima perang yang siap menghadang musuh. Pada saat diserbu dengan tembakan atau ledakan, Sentinel juga tetap mampu menjaga kenyamanan penumpang yang ada di dalamnya.

Perusahaan Oxfordshire Inggris, menuturkan bahwa kendaraan ini akan sangat cocok untuk para milyader serta negarawan yang banyak mengalami ancaman terhadap keselamatan karena SUV ini mampu memberikan tingkat perlindungan tertinggi terhadap berbagai jenis serangan.

Dengan bobotny yang sangat berat, Sentinel ternyata dibenami dengan mesin V6 3.000 cc yang memiliki transmisi otomatis sebanyak delapan percepatan. Mesin ini diperhitungan sanggup memberi hentakan tenaga yang setara hingga 335 daya kuda.

Sebagai keamanan, selain dilapisi dengan bahan baja yang sangat kuat, untuk kaca-kaca mobil juga menggunakan bahan kaca anti peluru yang dapat menahan tembakan senjata api kaliber 7.62 mm pada kecepatan tinggi.

Sentinel ini bisa didapatkan dengan harga EURO 400 ribu atau setara dengan Rp6,4 miliar. Mobil yang mirip panglima perang tersebut saat ini hanya dipasarkan di Eropa, Amerika Serikat, Afrika, serta Timur Tengah. Bagaimana dengan Indonesia? Baca juga Mobil Listrik Indonesia Akan Diakuisisi Malaysia dan Ciaz, Sedan Paling Irit Siap Meluncur di Indonesia

Top