Pakai Winglet Juga, Yamaha Jiplak Ducati?

Tim Movistar Yamaha Gunakan Winglet ala Ducati pada YZR-M1 – Ada pemandangan menarik saat sesi free practice hari kedua jelang GP San Marino pada Jumat (11/9) kemarin. Motor YZF-M1 yang ditunggangi rider Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, terlihat sedikit berbeda dari motor yang digunakan pada seri sebelumnya.

tim-movistar-yamaha-gunakan-winglet-ala-ducati-pada-yzr-m1

Pemandangan menarik dari motor YXF-M1 besutan X-Fuera adalah dengan adanya sayap aerodinamis yang disebut winglet. Seperti dilansir dari laman resmi MotoGP, pada bagian depan motor Jorge Lorenzo terdapat sayap tambahan yang persis sama seperti yang digunakan oleh tim Ducati Corse pada motor Desmosedici GP15.

Sayap aerodinamis yang terletak di bagian fairing depan itu nampak jelas tertangkap kamera saat motor Lorenzo diparkir di pit box tim Movistar Yamaha. Uniknya, ternyata yang menggunakan sayap winglet itu hanya motor milik Lorenzo saja. Sementara motor lain yang ditunggangi oleh Valention Rossi tak menggunakan sayap tambahan tersebut. Padahal kita tahu, Lorenzo dan Rossi merupakan rekan satu tim di bawah bendera tim Movistar Yamaha.

Meski belum ada keterangan resmi dari pihak Yamaha mengenai hal ini, sudah jelas bahwa penggunaan winglet pada otor YZF-M1 miliki Lorenzo merupakan adaptasi dari Desmosedici GP15 milik Ducati. Ducati sendiri memang menuai sukses dengan teknologi winglet yang sudah mulai mereka gunakan sejak seri pembuka di Losail, Qatar.

Lorenzo sendiri seperti mendapatkan ‘tuah’ dari penggunaan winglet yang berfungsi untuk menjaga aerodinamis motor sehingga mampu menambah kecepatan. Ya, pada sesi latihan bebas hari kedua Jumat (11/9) kemarin Lorenzo mampu tampil sebagai yang tercepat. Rider asal Spanyol itu mampu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 32,871 detik.

Di lain pihak, Ducati sendiri memang menjadi pionir dalam hal penggunaan winglet atau sayap tambahan. Sebelum dipasangkan pada motor Desmosedici GP15 miliki Andrea Dovizioso, winglet juga sudah terpasang pada motor Ducati besutan Casey Stoner pada tahun 2010 silam.

Tambahan sayap pada fairing motor tersebut diyakini dapat membuat hambatan udara berkurang sehingga motor menjadi lebih stabil serta akan membuat motor tetap menapak pada lintasan alias mengurangi wheelie. Ducati sendiri punya sejarah sukses saat mereka menggunakan winglet pada motornya dengan gelar juara dunia yang diraih Stoner bersama pabrikan asal Italia tersebut. So, apakah Jorge Lorenzo juga akan mengulang sejarah Ducati tersebut? Baca juga Komponen Winglet Pada Ducati Desmosedici GP 15 dan Rossi Menang di MotoGP Inggris.

  • ikhwanulfikri

    winglet ini bukannya milik h2r. hehe

    • Ryan S Agger

      Hheemmmm bener itu…

Top