Harga Suzuki Smash FI 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Suzuki Smash FI dan Spesifikasi – Sejak produksinya dihentikan beberapa tahun lalu, kini Suzuki hadirkan kembali motor bebek bertajuk Suzuki Smash FI. Dihadirkannya kembali motor bebek yang sempat melegenda di tahun 2000an ini tentu tak lepas dari keinginan konsumen yang masih tinggi terhadap sebuah motor bebek yang gesit, kencang, tangguh, dan tentunya irit bahan bakar. Oleh sebab itu, Suzuki Smash FI ini pun diluncurkan kembali dengan performa handal serta disertai teknologi yang membuatnya menjadi irit bahan bakar. Selain itu, motor bebek buatan Suzuki ini memang difokuskan bagi mereka para konsumen yang berusia dewasa yang memiliki profesi sebagai karyawan maupun wirausaha dengan tingkat mobilitas tinggi. Selain itu, kabarnya Suzuki Smash FI ini juga memang ditujukan untuk daerah yang tingkat pembangunan dan perekonomiannya sedang meningkat seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian Timur. Nah, lalu kira-kira apakah teman-teman sudah pada tahu kelebihan maupun keunggulan yang dimiliki Suzuki Smash FI ini?

Suzuki Smash FI

Suzuki Smash FI

Terkait dengan keunggulan, tentu saja spesifikasi yang dibawa Suzuki Smash FI ini bakal hadir dengan kelebihan yang cukup mumpuni meski harus bersaing jenis motor matik yang saat ini diklaim paling digemari oleh konsumen Indonesia. Bukan tanpa alasan mengingat motor bebek ini memiliki sektor-sektor yang cukup menarik, seperti desain fisiknya, dimensi, performa mesin pacu hingga beberapa fitur yang disematkan. Dari sisi desain fisik, tampaknya Suzuki Smash FI ini memang tak ada perubahan dengan versi yang lama. Hanya saja, tampilannya sedikit lebih stylish dan gagah. Sementara itu, untuk performanya sendiri, motor bebek garapan Suzuki ini akan mengusung mesin berkapasitas 115 cc berteknologi LeAP di mana dengan teknologi tersebut Suzuki Smash FI ini akan menekan gesekan pada mesin sehingga mampu mengurangi kebisingan. Apalagi, pada sektor dapur pacu ini sudah dibekali pula dengan teknologi Fuel Injection yang sanggup menekan konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Di sisi lain, ragam fitur handal pun juga turut disematkan pada Suzuki Smash FI ini sebagai pelengkap kecanggihan yang diusung motor bebek ini. Di samping itu, masih ada lagi beberapa keunggulan maupun kelebihan yang dimilikinya. Apa saja itu? Yuk, kita simak bersama ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Smash FI yang akan Mas Sena sajikan pada penjelasan di segmen-segmen berikut ini!

Motor Suzuki Smash FI

Review Suzuki Smash FI

Desain

Motor Bebek Tangguh dengan Desain Modern Tampilkan Kesan yang Lebih Sylish

Berkaca pada versi sebelumnya, memang tak ada banyak perbedaan dengan tampilan fisik atau sektor eksterior dari spesifikasi Suzuki Smash FI terbaru ini. Hanya saja, Suzuki memang sedikit mengubah bentuk desainnya agar terlihat lebih modern dan stylish. Hal itu bisa dilihat dari detail desain tajam pada bagian depan. Pasalnya, di sektor depan tersebut terdapat dua pasang lampu sein baru dan headlamp bohlam atau lampu utama dari Suzuki Smash FI ini yang terpasang satu bagian bersamaan dengan setang kemudinya. Lalu, pada bagian samping, bisa kita lihat striping yang tampak tertulis sebuah tulisan “Suzuki” dan “SR”. Belum lagi dengan sisi samping di bagian bawah jok juga tampak dengan jelas tulisan Smash FI. Terkait dengan jok, Suzuki Smash FI akan dibekali dengan jok simple dengan bentuk yang menyatu antara jok pengemudi dan penumpangnya sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup nyaman. Di sisi lain, pada bagian jok juga terdapat sebuah bagasi yang cukup besar kapasitas 8 liter sehingga sangat fungsional untuk membawa beberapa barang bawaan agar lebih tertata dengan rapi dan aman. Sementara itu, pada bagian belakang Suzuki Smash FI tersebut juga terdapat sebuah stop lamp yang dibentuk dengan desain yang cukup menarik meskipun masih mengandalkan lampu bohlamp. Dengan demikian maka secara keseluruhan bisa dipastikan bahwa spesifikasi Suzuki Smash FI di sektor eksterior atau tampilan fisik memang dinilai cukup menarik dan menawan dengan gaya stylish.

Spesifikasi Suzuki Smash FI

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator Analog dengan Desain Simple Namun Informatif

Menginjak pada segmen berikutnya, kali ini kita akan bersama-sama mengulas instrumen indikator dari spesifikasi Suzuki Smash FI. Jika melihat pada bagian instrumen indikatornya ini, maka bisa dilihat bagaimana Suzuki merancang sebuah panel indikator yang cukup simple namun tetap mempertahankan gaya stylish. Pasalnya, kali ini motor bebek buatan pabrik asal Jepang tersebut bakal mengandalkan panel analog di mana panel dari Suzuki Smash FI tersebut akan menampilkan beberapa informasi, yakni kecepatan yang ditampilkan dengan jarum penunjuk angka dalam hitungan Km/jam, indikator bahan bakar, inaidkator FI, high beam, lampu sein dan tak ketinggalan lampu indikator gigi. Dari beberapa panel indikator yang ditampilkan oleh Suzuki Smash FI tersebut, tampaknya akan cukup mudah untuk dipahami bagi para konsumen. Sehingga, pengguna akan lebih cepat mengetahui kondisi motor yang sedang dikendarainya tersebut. Tentu, dengan bekalan panel indikator yang informatif dan berdesain simpel ini tetap membuat daya tarik dari spesifikasi Suzuki Smash FI tak berkurang sedikit pun.

Spesifikasi Motor Suzuki Smash FI

Dimensi

Posisi Riding Nyaman Berkat Ukuran Dimensi yang Ideal

Nah, setelah kita tahu sisi eksterior dan panel indikatornya, kini pada sesi kali ini Mas Sena akan hadirkan informasi mengenai dimensi dan rangka dari spesifikasi Suzuki Smash FI. Berkaitan dengan rangka, motor bebek garapan Suzuki ini memang telah dibekali dengan rangka berbahan material kuat namun ringan sehingga beban motor pun akan sanggup ditopang dengan kuat. Selain itu, untuk dimensinya sendiri, Suzuki Smash FI ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1910 mm, lebarnya 690 mm, tinggi 1085 mm, dengan bobot antara 93 Kg dan 94 Kg. Mengetahui ukuran dimensi tersebut maka bisa dipastikan bahwa nantinya akan memberikan posisi riding yang cukup nyaman kepada para penggunanya. Selan itu, motor bebek bernama Suzuki Smash FI ini pun juga akan hadir dengan ground clearance standar, yakni setinggi 145 mm sehingga akan sangat aman ketika dikendarai di medan apapun. Tentu saja, jika melihat rangka dan dimensi tersebut, dipastikan akan menjadikan spesifikasi Suzuki Smash FI ini semakin sempurna dan memberikan posisi riding yang nyaman serta tetap terasa kokoh dan ringan.

Review Suzuki Smash FI

Suspensi

Keseimbangan Terjaga Berkat Bekalan Suspensi Tangguh dan Pengereman Handal

Tak cukup hanya dimensinya saja, spesifikasi Suzuki Smash FI ini juga dilengkapi dengan sektor kaki-kaki kokoh dan kuat. Di mana, kaki-kaki tersebut akan ditopang oleh suspensi handal dan tangguh. Pasalnya, kali ini Suzuki akan mengandalkan tipe suspensi Telescopic pada bagian depan. Sedangkan, untuk suspensi belakang Suzuki Smash FI ini akan menggunakan tipe Lengan Ayun. Keduanya suspensi tersebut juga akan dilengkapi dengan pegas ulir dan bantalan oli sehingga keseimbangan pun lebih terjaga dan goncangan ketika melewati jalan bergeronjal pun bisa ditekan seminimal mungkin. Tak cukup sampai di situ saja, untuk menyokong kaki-kaki Suzuki Smash FI ini agar lebih kuat dan kokoh maka dilengkapi dengan velg berdiameter 17 inci tipe Spoke (varian R) dan tipe Cast Wheel (tipe SR). Velg tersebut nantinya akan dibungkus ban berukuran 70/90-17 M/C 38 P untuk roda depan. Sementara untuk roda belakang akan menggunakan ban berukuran 80/90-17 M/C 44 P. Di sisi lain, sektor kaki-kaki Suzuki Smash FI ini juga bakal dilengkapi dengan pengereman cukup handal dan tangguh, yakni rem cakram di bagian depan dan Tromol pada bagian belakang yang dinilai mampu mengendalikan laju motor ketika dikendarai pada kecepatan tinggi. Meski belum dilengkapi teknologi rem ABS namun dengan bekalan pengereman yang diusung spesifikasi Suzuki Smash FI tersebut dinilai sudah cukup handal.

Harga Motor Suzuki Smash FI

Mesin

Motor Bebek Tangguh Berbekal Mesin Berkapasitas 113 cc Silinder Tunggal Berteknologi LEaP Fuel injection

Usai kita mengulas bagian struktur rangka maupun suspensinya maka pada segmen kali ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas ruang pacu dari spesifikasi Suzuki Smash FI. Untuk sektor permesinan pada motor bebek buatan Suzuki ini, tampaknya tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, Suzuki akan menghadirkan motor ini dengan mesin berkapasitas 115 cc 4 langkah dengan silinder tunggal. Mesin yang dibekalkan pada Suzuki Smash FI tersebut pun diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga yang cukup tangguh dan handal. Di mana, semburan tenaga tersebut akan dikolaborasikan dengan sistem transmisi 4 percepatan konstan. Di sisi lain, kolaborasi mesin dan sistem transmisi pada Suzuki Smash FI tersebut pun juga diketahui mampu menghasilkan daya power maksimal hingga 9.3 Ps per putaran ke 8000 dan torsi maksimum hingga 9.1 Nm pada 6000 rpm. Maka, sangat wajar apabila motor bebek ini mampu berakselerasi dengan cukup kencang. Di sisi lain, tak ketinggalan juga bahwa pada sektor dapur pacu dari Suzuki Smash FI ini juga akan dilengkapi teknologi LEaP Light, Efficient and Powerful) yang minim gesekan dan tingkat kebisingan rendah, dipadukan dengan teknologi fuel injection yang dikendalikan oleh ECM (Electronic Control Module) Suzuki yang sudah teruji dan diketahui sanggup menghasilkan tenaga dahsyat namun tetap minim mengkonsumsi bahan bakar. Dengan begitu maka sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki Smash FI tersebut dinilai sudah cukup handal dan canggih serta tentunya ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi Fitur Fungsional yang Kian Melengkapi Kehandalannya

Sepertinya, tak akan lengkap jika pembahasan kali ini tak turut mengulas fitur-fitur yang dibawa spesifikasi Suzuki Smash FI. Nah, terkait dengan beberapa fitur yang digunakan, Suzuki pun memang memfokuskan pada kenyamanan dan keamanan maupun keselamatan. Salah satu fitur yang diusungnya yakni Safety Shutter Key menjamin keamanan lubang kunci dari tindak kejahatan dengan penutup magnetik. Sasis dan rangka Suzuki Smash FI ini dibuat dengan material yang kuat dan telah teruji. Selain itu, untuk menekan konsumsi bahan bakar maka pada motor bebek buatan Suzuki ini sudah dilengkapi dengan fitur berteknologi Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Sementara itu di sisi lain, untuk menunjang keselamatan maka Suzuki Smash FI dilengkapi pula rem cakram dan tromol. Meski belum dilengkapi teknologi ABS namun dengan kedua ream tersebut dirasa sudah cukup untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Dengan mengetahui keunggulan pada spesifikasi Suzuki Smash FI yang sangat bersahabat tersebut, tampaknya memang bakal dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Spesifikasi Suzuki Smash FI

Type SR R
Mesin
Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC, 2 Katup Berpendingin Udara
Kapasitas 113 cc
Diameter Langkah 55,4 mm
Sistem Starter Engkol & Listrik
Transmisi Manual, 4 percepatan konstan
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Dimensi
Panjang 1,910 mm
Lebar 690 mm
Tinggi 1,085 mm
Jarak Sumbu Roda 1,220 mm
Jarak Pijak 145 mm
Berat 94 kg 93 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Teleskopik, pegas ulir, bantalan oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, pegas ulir, bantalan oli
Ban Depan 70/90-17M/C 38P
Ban Belakang 70/90-17M/C 44P
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Velg Cast Wheel Jari-jari

Harga Suzuki Smash FI

Ulasan mengenai spesifikasi motor bebek buatan pabrik Jepang ini sudah selesai dan kini waktunya kita untuk mencari tahu soal harga Suzuki Smash FI. Berhubungan dengan banderol, tentunya akan bersesuaian dengan spesifikasi maupun segmentasinya. Di mana, jika dikaitkan dengan spesifikasinya, motor bebek ini memang hadir dengan desain yang lebih stylish dan simple yang cukup menarik. Kemudian, untuk sektor dapur pacu dari Suzuki Smash FI ini pun juga bisa dibilang cukup handal berkat mesin berkapasitas 115 cc silinder tunggal yang mampu memuntahkan tenaga begitu besar. Selain itu, dengan teknologi LEaP yang dibawanya pun mampu menekan kebisingan suara mesin. Bahkan, dengan kisaran harga Suzuki Smash FI yang cukup terjangkau, konsumsi bahan bakar pun bisa ditekan secara efisien berikat teknologi Fuel Injection. Selain itu, beberapa fitur lain pun juga turut disematkan untuk melengkapi kenyamanan dan keselamatan pengguna. Nah, dengan spesifikasinya tersebut, berapa sih harga Suzuki Smash FI terbaru?

Harga Suzuki Smash FI

Harga Suzuki Smash FI Terbaru

Seperti dengan yang sudah disinggung di atas, bahwa harga Suzuki Smash FI ini akan dibanderol dengan nominal cukup terjangkau di mana disesuaikan dengan segmentasi maupun spesifikasinya. Di mana, untuk harga motor bebek terbaru Suzuki ini akan dibanderol dengan dua varian harga tergantung tipenya, yakni untuk harga Suzuki Smash FI tipe SR akan dibanderol Rp 13.650.000,-. Sedangkan untuk tipe R sendiri akan dibanderol dengan harga Rp 12.850.000,-. Cukup terjangkau bukan harganya? Tentu saja, dengan banderol tersebut, nantinya motor bebek buatan Suzuki bernama Suzuki Smash FI ini kembali mampu mencuri perhatian para pengunjung. Di sisi lain, sepertinya dengan banderol tersebut, rasanya memang akan menjadikan motor bebek ini sanggup bersaing secara kompetitif dengan skutik yang saat ini sedang marak. Nah, Dengan kisaran banderol harga Suzuki Smash FI yang cukup terjangkau tersebut, sudah siapkah sobat untuk memboyongnya?

Harga Honda Supra X 125 FI
Tipe Harga
Suzuki Smash FI SR Rp 13.650.000,-
Suzuki Smash FI R  Rp 12.850.000,-
Daftar Harga Motor Suzuki

Catatan :

  • Harga motor Suzuki Smash FI diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki Smash FI

Di samping itu, perlu untuk dibahas kembali bahwa harga Suzuki Smash FI di atas merupakan harga yang masih berstatus OTR Jakarta. Maka, sangat wajar jika dibeli di luar wilayah Jakarta, harga jualnya akan sedikit lebih mahal. Sementara itu, membandingkan antara spesifikasi dan harganya tersebut, sepertinya sudah dirasa cukup ideal dan sepadan. Sementara itu, Suzuki Smash FI ini pun juga akan menawarkan beberapa pilihan warna, yakni Pearl Frash Green – Brilliant White, Candy Summer Red – Titan Black, dan Titan Black di mana ketiganya bisa dipilih sesuai selera. Pilihan warna tersebut diketahui tidak akan berpengaruh pada fluktuasi harga Suzuki Smash FI ini. Hal tersebut tentu akan cukup menjadi nilai tambah baginya untuk dapat menggaet calon konsumen. Disisi lain, keberadaan motor bebek yang saat ini memang kian sedikit tampaknya juga menjadi kesempatan besar bagi motor ini untuk dapat menguasai pasaran. Nah, sampai di sini dulu pertemuan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Smash FI. Jangan lupa baca juga mengenai Supra X 125 FI dan Honda Supra 150.

Top