Harga Benelli Motobi 152 : Review, Spesifikasi & Gambar November 2018

Harga Benelli Motobi 152 dan Spesifikasi – Pertengahan tahun 2018, tepatnya pada 25 Mei 2018 kemarin, BMI (Benelli Motor Indonesia) memperkenalkan motor klasik bergaya café racer, yaitu Benelli Motobi 152. Motor retro buatan pabrik asal Italia yang kini diakuisisi oleh perusahaan Qianjiang, Cina tersebut memang memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, meski dari segi merk tak setenar para kompetitornya, seperti Yamaha atau Honda namun tetap saja motor café racer yang satu ini mampu memikat hati para konsumen. Pasalnya, Benelli Motobi 152 yang secara perdana diperkenalkan pada ajang Jakarta Fair 2018 di JIExpo Kemayoran tersebut diketahui telah mencatat sebanyak 30 unit Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) hingga 31 November 2018 kemarin. Tentu, angka yang cukup membanggakan untuk standar motor baru yang dominasinya belum terlalu luas dan kuat di Indonesia. Apalagi, banyak yang mengklaim bahwa Benelli Motobi 152 ini akan menjadi pesaing kuat bagi Kawasaki W175 sehingga, membuat persaingan pun tak dapat terelakkan.

Benelli Motobi 152

Sementara itu, jika menilik atas keunggulan dan kecanggihan dari Benelli Motobi 152, sepertinya bukan menjadi rahasia mengingat pihak PT BMI sendiri sudah merilis spesifikasi maupun harganya. Secara tampilan desain, memang tampak jelas jika motor yang satu ini mengusung konsep desain motor café racer yang khas dengan nuansa sport-klasik. Tentu saja, hal ini yang membuat Benelli Motobi 152 memiliki daya tarik yang cukup memikat. Tak sampai di situ saja, untuk soal spesifikasi di sektor jantung pacunya pun juga lumayan mumpuni. Pasalnya, motor café racer asal Negeri Pizza ini akan membawa mesin berkapasitas 149 cc SOHC dengan silinder tunggal yang diklaim sanggup melepas power gahar hingga 8.4 kW per 8000 rpm dan torsi 11.1 Nm per 6000 rpm. Sedangkan di satu sisi, tak lupa juga bahwa Benelli Motobi 152 ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur handal dan tentunya fungsional guna menunjang keamanan/keselamatan serta kenyamanan dalam berkendara. Nah, untuk mengenal lebih jelas terkait keunggulan dari motor café racer ini, simak saja ulasan review lengkap mengenai spesifikasi dan harga Benelli Motobi 152 pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Benelli Motobi 152

Review Benelli Motobi 152

Desain

Motor Klasik Bergaya Café Racer yang Terkesan Begitu Elegan dan Sporty

Membahas soal spesifikasi Benelli Motobi 152, kali ini Mas Sena akan mengawalinya dari sisi eksterior atau tampilan fisiknya. Sebagaimana yang dijelaskan di atas, motor buatan Benelli yang satu ini memang hadir dengan membawa konsep café racer. Sehingga, tak heran apabila nuansa motor klasik pun tampak begitu terasa. Lihat saja, dari sisi depan pun sudah mulai tampak kesan klasiknya, terutama pada sisi headlamp yang dirancang membulat dengan lampu Halogen disertai lampu sein di samping kiri-kanannya. Sehingga, selain mampu memberikan penerangan yang cukup baik, tentu kesan garang khas Café Racer pun semakin kentara. Kemudian, pada bagian sisi atas headlamp juga telah dibekali speedometer yang dirancang dengan desain retro usung panel analog. Adapun untuk tangki bahan bakarnya sendiri pun juga terkesan begitu menarik dengan model tangki khas motor tentara Nazi Jerman yang mana sanggup menampung bahan bakar hingga 12.1 liter. Bahkan, di bawah tangki tersebut juga terlihat susunan blok mesin yang tersusun begitu rapi sehingga mampu menampilkan kesan gagah. Nah, sementara itu untuk soal joknya sendiri, Benelli Motobi 152 akan mengusung jok tunggal klasik yang dibuat memanjang ke belakang untuk menguatkan kesan retro yang ditampilkan motor ini. Tak sampai di situ, pada sisi buritannya terdapat headlamp minimalis khas Café Racer Series yang membuat tampilan dari spesifikasi Benelli Motobi 152 ini semakin menggoda.

Spesifikasi Benelli Motobi 152

Speedometer

Dibekali Speedometer Klasik dengan Panel Analog yang Informatif

Beranjak pada sisi lain, tak lupa juga bahwa Mas Sena juga akan turut mengulas sisi speedometer pada spesifikasi Benelli Motobi 152. Sebagai salah satu motor bergaya klasik yang hadir di zaman modern seperti sekarang ini, tentu saja kesan retro pada kendaraan ini tak dihilangkan. Justru, hal tersebut memberikan efek refleksi yang begitu menarik dan memikat, terutama bagi kalangan pecinta motor klasik. Nah, salah satu bentuk penerapan konsep retro pada Benelli Motobi 152 tersebut juga bisa dilihat pada sisi speedometernya. Di mana, kali ini Benelli sendiri akan mengusung speedometer sederhana yang mengusung panel analog. Dalam panel analog tersebut akan menampilkan beberapa informasi terkait kondisi motor, seperti kecepatan km/jam, rpm, dan jarak tempuh yang dilalui. Selain itu, pada panel indikator dari Benelli Motobi 152 ini pun juga terdapat beberapa lampu indikator, seperti lampu netral, lampu sein, lampu utama/jarak jauh, dan yang terakhir indikator bahan bakar. Tentu saja, dengan berbagai macam informasi yang ditampilkan tersebut maka tak heran jika speedometer yang dibawa spesifikasi Benelli Motobi 152 ini terbilang sudah informatif.

Spesifikasi Motor Benelli Motobi 152

Dimensi

Café Racer Series dengan Bodi Gagah Usung Dimensi Ideal

Usung konsep Café Racer, pastinya dimensi yang dibawa spesifikasi Benelli Motobi 152 ini pun menjadi salah satu segmen yang mendapat perhatian tersendiri bagi para calon konsumen. Pasalnya, dimensi pada motor ini berpengaruh pada gaya desain yang diperlihatkannya mengingat berkenaan dengan struktur bodi. Dimana, kali ini Benelli Motobi 152 memang mengusung struktur rangka standar berupa Bassinet Type dengan ukuran panjang 1900 mm, lebarnya 786 mm, tinggi 1010 mm dan berbobot 124 Kg dengan jarak sumbu roda 1245 mm. Dengan dimensi dan bobotnya tersebut maka tak heran jika motor klasik bergaya retro ini akan mudah dikendarai atau dikendalikan. Apalagi, dengan ketinggian tempat duduknya hanya 770 mm yang akan membuat kaki pengemudi tak terlalu jauh menggapai tanah saat berhenti di lampu merah. Sementara itu, untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara di segala medan, motor cafe racer ini dibuat dengan ground clearance 160 mm. Tentu saja, dengan struktur dimensi pada spesifikasi Benelli Motobi 152 tersebut akan memberikan pengalaman berkendara motor klasik yang nyaman serasa mengemudikan motor klasik premium.

Review Benelli Motobi 152

Suspensi

Struktur Kaki-kaki Kokoh dengan Sokongan Suspensi Tangguh dan Dibekali Rem Mumpuni

Selain dimensi, pada spesifikasi Benelli Motobi 152 ini juga akan dibahas soal kaki-kakinya. Dimana, sektor kaki-kaki pada motor ini sangat berkaitan erat dengan dimensi mengingat sebagai penopang rangka bodinya. Nah, untuk menunjang hal tersebut maka dalam hal ini Benelli Motobi 152 akan mengusung suspensi handal, yakni suspensi Telescopic Forks pada bagian depan dan Suspensi Telescopic Coil Spring untuk bagian belakangnya. Tentu saja, dengan adanya kedua suspensi tersebut maka tak heran jika nantinya motor ini tetap terasa nyaman dikendarai meski melewati jalanan yang bergelombang atau bergeronjal. Di satu sisi, pada bagian kaki-kaki dari Benelli Motobi 152 ini pun juga akan mengusung velg klasik dengan ukuran diameter 17 inci, baik di bagian depan maupun belakang. Sementara itu, untuk ban depannya menggunakan ban berukuran 3.00-17, sedangkan untuk ban belakangnya 110/80-17. Tak sampai di situ saja, bahkan guna memberikan kemudahan dalam mengendalikan laju motor ini, pada spesifikasi Benelli Motobi 152 ini pun sudah dibekali rem Disc 220 mm (depan) dan rem Drum 130 mm (depan).

Harga Motor Benelli Motobi 152

Mesin

Performa Handal dan Mumpuni Usung Mesin SOHC Berkapasitas 149 cc

Di sisi lain, salah satu sektor yang sangat menarik untuk kita bahas pada spesifikasi Benelli Motobi 152 ini yaitu di bagian ruang pacunya. Pasalnya, sektor ini memegang peranan penting dalam memberikan performa tangguh. Dimana, diketahui bahwa pada jantung pacunya sendiri, Benelli Motobi 152 akan mengusung mesin SOHC silinder tunggal yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 149 cc. Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga cukup gahar dan mumpuni hingga 8.4 kW per 8000 rpm dan torsi 11.1 Nm per 6000 rpm. Tentu saja, tak heran apabila motor buatan Benelli ini mampu mencapai akselerasi yang terbilang lumayan. Sementara itu, untuk soal sistem transmisinya sendiri, motor retro buatan pabrik asal Negeri Menara Pisa ini akan mengusung sistem transmisi manual 5 percepatan. Di sisi lain, tak lupa juga bahwa Benelli Motobi 152 pun juga mengusung sistem Fuel Injection Carburator yang akan memiliki rasio kompresi sebesar 9.3:1. Dengan demikian maka tak heran apabila sektor dapur pacu pada spesifikasi Benelli Motobi 152 ini bisa dibilang cukup mumpuni dan ramah lingkungan.

Fitur

Berbekal Fitur Handal dan Fungsional

Beranjak pada segmen berikutnya, Mas Sena juga akan meraba fitur yang diusung spesifikasi Benelli Motobi 152. Tak berbeda jauh dengan motor café racer buatan pabrik lain, model garapan Benelli ini pun juga akan dibekali dengan ragam fitur menarik dan cukup handal. Pertama, fitur keselamatan/keamanan dalam berkendara yang berupa rem cakram (Disc) dan Drum yang mana keduanya terbilang sudah cukup mumpuni untuk mengendalikan laju motor. Selain itu, suspensi belakang tipe tabung (Telescopic Coil Spring) pun akan semakin menambah kesan sporty dan memberikan kenyamanan maksimal ketika melewati berbagai medan jalan. Bahkan, panel indikator yang diusung Benelli Motobi 152 pun menjadi salah satu fitur menarik. Sebab, selain memiliki tampilan retro yang unik, speedometer pada motor ini pun juga mampu memberikan informasi kondisi motor secara akurat dan informatif. Dari segala keunggulan fitur-fiturnya tersebut, tentunya akan semakin melengkapi kehandalan spesifikasi Benelli Motobi 152.

Spesifikasi Benelli Motobi 152

Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, 2 Katup
Kapasitas 149 cc
Tenaga Maksimal 8.4 kW @8.000 rpm
Torsi Maksimal 11,1 Nm @6000 rpm
Diameter x Langkah 62.0 x 49.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Jenis Bahan Bakar Bensin
Starter Elektrik & Kick Starter
Transmisi Manual, 5 Kecepatan
Dimensi
Panjang 1.900 mm
Lebar 786 mm
Tinggi 1.010 mm
Berat 124 kg
Jarak Sumbu Roda 1.245 mm
Kapasitas Bahan Bakar 12,1 liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Tipe Bassinet
Rem Depan Cakram Hidrolik 220mm
Rem Belakang Drum 130mm
Ban Depan 300-17
Ban Belakang 110/80-17
Suspensi Depan Teleskopik, Travel 110mm
Suspensi Belakang Teleskoptik Coil Spring Oil Damped,Travel 60mm

Harga Benelli Motobi 152

Di satu sisi, satu aspek yang juga penting dalam pembahasan ini yaitu harga Benelli Motobi 152. Pastinya, tak dapat dipungkiri jika informasi mengenai harga menjadi topik yang membuat banyak orang penasaran. Namun, sebelumnya perlu dipahami kembali bahwa motor baru buatan Benelli tersebut merupakan tipe retro/café racer yang hadir dengan konsep klasik masa kini. Sehingga, memiliki penampilan bodi yang unik dan menarik. Di satu sisi, Benelli Motobi 152 pun juga sudah dibekali dengan mesin SOHC berkapasitas 149 cc sehingga diklaim sanggup memberikan sokongan power yang begitu maksimal dan gahar. Bahkan, ragam fitur-fitur pun juga turut serta disematkan guna memberikan kenyamanan maupun menjamin keselamatan para pengendaranya. Lantas, kira-kira berapa sih harga Benelli Motobi 152 ini?

Harga Benelli Motobi 152

Harga Benelli Motobi 152 Terbaru

Mengenai soal biaya yang harus dikeluarkan, tentunya kita harus tahu harga Benelli Motobi 152. Nah, berkaitan dengan banderol, kali ini tak perlu bingung. Bukan tanpa alasan mengingat pihak PT BMI sendiri sudah resmi memperkenalkan motor ini sekaligus mengumumkan harganya. Dimana, berdasarkan atas pantauan Mas Sena, harga Benelli Motobi 152 akan dibanderol Rp 18.8 juta. Harga yang sangat terjangkau untuk sekelas motor café racer mengingat angka tersebut tak terlalu jauh dengan banderol dari Honda Scoopy. Tentu saja, dengan informasi terkait banderol harga Benelli Motobi 152 tersebut maka tak heran jika motor ini menjadi incaran para konsumen di Indonesia.

Harga Benelli Motobi 152
Rp. 18.800.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Benelli Motobi 152 diatas merupakan harga yang berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Harga Benelli Motobi 152 mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Di sisi lain, perlu untuk diketahui juga bahwa harga Benelli Motobi 152 di atas masih berstatus OTR JABODETABEK. Sehingga, harganya akan berbeda jika dijual di daerah lain di luar OTR tersebut. Sebut saja di beberapa wilayah sekitar, seperti Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor, Benelli Motobi 152 dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal, yakni Rp 19,8 juta. Yang pasti bahwa dengan banderol yang begitu bersahabat tersebut maka sangat wajar jika bakal banyak konsumen yang melirik motor retro ini. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Benelli Motobi 152. Baca juga review motor menarik lainnya dari Mas Sena seperti Benelli Motobi 200 EVOKawasaki W175 dan Yamaha SR400.

Top