Harga Benelli TnT 135 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Benelli TnT 135 dan Spesifikasi – Sepertinya, persaingan pasar otomotif di segmen naked bike tak hanya diramaikan oleh produsen asal Jepang saja mengingat salah satu produk asal Italia bernama Benelli TnT 135 pada akhir tahun 2016 lalu resmi meluncur di Malaysia. Selain itu, gencatannya ke pasar otomotif global pun kini dikabarkan akan mulai merambah ke Amerika Serikat di akhir tahun 2017 dengan banderol yang terbilang tak terlalu mahal untuk sekelas naked bike. Di sisi lain, kehadiran Benelli TnT 135 ini secara global sebagai penantang langsung Honda MSX125 dan Kawasaki Z125 yang lebih dulu meluncur. Tentu saja, hal tersebut akan membuat persaingan di segmen naked bike semakin ketat. Di samping itu, kabar baiknya bahwa PT Benelli Motor Indonesia selaku agen tunggal penjualan produk motor Benelli di tanah Air pun rencananya juga akan memasarkan produk Benelli TnT 135 ini di pasar Indonesia, hanya saja waktu perilisannya di Tanah Air sampai saat ini masih belum diketahui. Yang jelas bahwa jika memang benar motor naked bike ini akan meluncur di Indonesia, tentu saja harus siap bersaing dengan beberapa produk asal Jepang yang sudah mendominasi pasar Indonesia. Lantas, apa yang membuat Benelli TnT 135 ini cukup percaya diri bersaing dengan pabrikan lain?

Benelli TnT 135

Benelli TnT 135

Apabila kita telisik secara lebih mendalam, Benelli TnT 135 memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan para kompetitornya. Bukan tanpa alasan mengingat naked bike buatan pabrik asal Negeri Pizza ini bakal mengusung konsep desain yang sangat gagah dan memiliki aura sporty nan begitu kuat. Hal tersebut bisa dilihat dengan jelas pada desain dari Benelli TnT 135 ini yang tampak lebih tegas dan berkombinasi dengan grafis menarik. Apalagi pada rangkanya yang berbentuk tralis dan mesinnya juga dibiarkan terbuka, sehingga menambah kesan gagah yang begitu kuat. Sementara itu, naked bike bernama Benelli TNT 135 ini juga menggendong mesin yang berkubikasi paling besar di kelasnya, yakni berkapasitas 135 cc yang nantinya akan berpadu dengan 5 percepatan manual. Sehingga, performa yang dihasilkannya pun bakal sangat gahar dan mumpuni di kelasnya. Tak sampai di situ saja, bahkan Benelli pun juga akan melengkapi motor naked buatannya ini dengan fitur-fitur modern dan fungsional guna menunjang kenyamanan maupun keselamatan saat berkendara. Cukup menarik bukan? Nah, tampaknya guna mengetahui spesifikasi dan harga Benelli TnT 135 secara lebih detail, kali ini Mas Sena akan menguraikannya secara lengkap pada segmen-segmen yang tersaji di bawah ini.

Motor Benelli TnT 135

Review Benelli TnT 135

Desain

Naked Bike Mini Usung Bodi Super Sporty dan Gagah yang Kian Menawan

Di penjelasan awal ini, kita akan bersama-sama mengulas secara detail terkait dengan bodi eksterior pada spesifikasi Benelli TnT 135. Sebenarnya, motor naked garapan Benelli ini mengusung bodi yang tak jauh berbeda dengan beberapa motor naked bike garapan pabrik lain. Hanya saja, ditelusuri secara spesifik memang ukuran bodinya terkesan lebih mungil dari para kompetitornya namun aura sporty dan kesan gagah tetap tampak jelas. Hal itu bisa dilihat dari setiap sektor bodi yang dibawa Benelli TnT 135 ini. Mulai pada bagian depan di mana Benelli bakal menyematkan sebuah headlamp yang dibuat dengan konsep berbentuk V nan tajam yang lebih stylish di mana pada lampu depannya tersebut sudah menggunakan teknologi lampu LED. Sehingga, selain tampak garang maka pencahayaan dari Benelli TnT 135 ketika digunakan berkendara di waktu malam hari pun menjadi lebih maksimal. Sedangkan pada bagian sampingnya pun juga tak kalah gagahnya dengan bagian depan. Sebab, naked bike ini akan dibekali dengan model tulang rangka yang tampak begitu jelas seolah membalut susunan mesin di yang terletak di bawah tangki bahan bakar Benelli TnT 135 ini yang cukup besar dengan kapasitas daya tampung 7.2 liter. Maka tak heran jika kesan garang pun kian terpancar jelas dari sisi sampingnya. Kemudian, berbicara soal kenyamanan, Benelli akan mengusung jok empuk berbahan material dengan kualitas terbaik yang dibuat sedikit mendatar namun terpisah, antara jok penumpang dengan jok pengemudi. Sehingga, akan memberikan posisi riding yang nyaman. Tak sampai di situ saja, di bagian belakang Benelli TnT 135 pun juga tampak begitu gagah dan menarik di mana bagian buritannya ini tampak stop lamp yang sangat stylish dengan teknologi LED sehingga akan memancarkan cahaya yang cukup terang namun tak membuat silau. Selain itu, bagian belakang dari motor naked bike Benelli TnT 135 ini pun juga dibuat dengan desain yang lebih meruncing tanpa disertai tail tidy melainkan justru menempatkan plat nomor pada spakbor yang dirancang dengan konsep menempel pada bagian arm yang juga sekaligus menjadi penangkal air tidak naik ke atas saat melewati genangan. Cukup menarik dan gagah bukan sektor bodi dari spesifikasi Benelli TnT 135?

Spesifikasi Benelli TnT 135

Speedometer

Usung Instrumen Indikator Informatif Memadukan Panel Digital-Analog

Beranjak ke sektor selanjutnya, kini waktunya kita untuk mengulas pada salah satu sektor yang cukup penting pada spesifikasi Benelli TnT 135, yakni instrumen indikator atau speedometer yang dibawanya. Sebagai salah satu naked bike modern yang ditujukan bagi para kawula muda, tentu saja Benelli tak meninggalkan sektor panel indikator mengingat fungsi atau kegunaannya dalam memberikan informasi mengenai kondisi motor kepada penggunanya. Maka dari itu, untuk menunjang hal tersebut maka Benelli TnT 135 pun telah dibekali dengan instrumen indikator modern dengan mengusung panel analog yang dikombinasikan dengan panel digital. Untuk panel analog sendiri akan menampilkan informasi mengenai rpm dengan penunjuk jarum jam berwarna merah menyala yang sangat jelas terletak di posisi kiri dari panel Benelli TnT 135 ini. Sementara itu, untuk posisi kanannya yaitu panel digital yang akan memperlihatkan informasi terkait dengan kecepatan Km/jam, Trip Meter, jarak yang sudah ditempuh, indikator bahan bakar, dan jam digital. Sedangkan di bagian atas panel digital terdapat beberapa lampu indikator, yakni lampu sein, lampu netral, lampu jarak jauh, dan indikator oli. Nah, dengan melihat secara keseluruhan pada instrumen indikator yang dibawa spesifikasi Benelli TnT 135 tersebut tentu saja akan membuat pengguna mudah dalam memahami kondisi motor yang sedang ditungganginya.

Spesifikasi Motor Benelli TnT 135

Dimensi

Motor Gagah dengan Dimensi Bodi Ideal

Berkaitan dengan konsep desainnya yang sangat gagah dan sporty, ternyata gaya desain yang ditampilkannya tersebut juga tak lepas dari struktur dimensi spesifikasi Benelli TnT 135. Bukan tanpa alasan mengingat sebagaimana dengan yang sudah diketahui bahwa rangka dan struktur dimensi merupakan pembentuk bodinya yang akan berpengaruh pada kesan atau gaya desain. Nah, berhubungan dengan dimensi dan rangka kali ini Benelli akan mengusung rangka Trestle in Steel Tubes yang dikenal sangat kuat dan cocok sebagai rangka motor sport. Selain rangka, Benelli TnT 135 pun juga diketahui memiliki bentuk tubuh dengan dimensi yang terbilang cukup ideal di mana kali ini naked bike buatan Benelli tersebut memiliki ukuran panjang 1750 mm, lebarnya 755 mm, tinggi 1025 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 1215 mm. Melihat ukuran dimensinya tersebut maka tak heran jika Benelli TnT 135 ini disebut juga sebagai street fighter mini dengan bentuk yang cukup gagah. Selain itu, bobotnya pun juga tak terlalu berat untuk motor sekelasnya mengingat hanya berbobot 121 Kg saja. Sedangkan di sisi lain, ground clearance yang dimiliki Benelli TnT 135 ini pun cukup tinggi dengan ukuran 160 mm dari permukaan tanah. Sehingga, berkendara pun akan terasa lebih aman dan nyaman, terutama ketika melewati jalanan yang penuh polisi tidur atau bebatuan tinggi mengingat dengan jarak terendahnya dengan tanah tersebut maka bagian bawah motor pun tak akan mudah tergesek. Dengan begitu, Mas Sena bisa simpulkan bahwa sektor dimensi bodi pada spesifikasi Benelli TnT 135 ini memang begitu gagah dan elegan dengan bentuk bodi yang sangat ideal.

Review Benelli TnT 135

Suspensi

Kenyamanan Berkendara Disokong Kaki-Kaki nan Kokoh dengan Pengereman Handal

Setelah kita tahu desain dan dimensinya, kali ini waktunya Mas Sena membahas soal kaki-kaki pada spesifikasi Benelli TnT 135. Terkait dengan sektor kaki-kaki maka tak akan lepas dari yang namanya suspensi. Nah menyoal sektor suspensi ini, Benelli diketahui akan mengusung dua tipe suspensi, yakni tipe Upside-down forks d.41 mm di bagian depan. Sedangkan, untuk suspensi bagian belakang akan mengandalkan tipe Rear Swing Arm with Lateral Shock Absorber with Spring Pre-Load Adjustment yang bisa diatur sesuai selera atau kebutuhan. Dengan adanya kedua suspensi yang dibawa Benelli TnT 135 tersebut maka keseimbangan dalam berkendara pun akan semakin terjaga. Bahkan, saat melewati jalanan bergeronjal pun pengguna akan tetap merasa nyaman mengingat goncangan akan diredam secara optimal. Sementara itu di sisi lain pada sektor kaki-kakinya, Benelli TnT 135 ini pun akan dilengkapi dengan velg Aluminium Alloy bergaya sporty yang sangat keren. Selain itu, nantinya velg yang dibawanya tersebut akan terbalut ban berukuran 120/70-ZR12 di bagian depan dan 130/70-ZR12 untuk bagian belakang. Di samping itu, Benelli TnT 135 pun juga akan mengandalkan pengereman handal berupa Steel Disc berdiameter 220 mm 2 Pistons Caliper yang terpasang di sektor depan dan Single Disc dengan diameter 190 mm Single Piston Caliper. Namun, pada bagian pengeremannya tersebut belum dilengkapi teknologi rem ABS. Akan tetapi, Mas Sena kira dengan bekalan kedua tipe rem Steel Disc yang terpasang di bagian depan maupun belakang pada spesifikasi Benelli TnT 135 tersebut sudah cukup untuk mengendalikan laju kecepatan dari motor street fighter buatan Benelli ini.

Harga Motor Benelli TnT 135

Mesin

Naked Bike Mini dengan Performa Gahar Usung Mesin 135 cc SOHC dan Bersertifikat Euro 4

Nah, kini waktunya Mas Sena untuk menilik lebih jauh lebih dalam di sektor dapur pacu pada spesifikasi Benelli TnT 135. Tampaknya, tak hanya desainnya yang gagah dan kaki-kakinya yang kokoh melainkan sektor dapur pacunya pun bakal sanggup menyemburkan tenaga yang mumpuni. Hal itu tak lepas dari bekalan beberapa komponen mesin yang dibawanya. Di mana motor ini akan dipersenjatai mesin SOHC Single Silinder 4 langkah tipe SOHC yang memiliki kapasitas mesin hingga 134.7 cc. Mesin yang dibawa naked bike Benelli TnT 135 tersebut nantinya akan dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan tipe Wet Clutch. Sehingga, dipastikan akan sanggup menyemburkan power maksimal hingga 9.5 kW per 9000 rpm dan torsi maksimum 10.8 Nm per 7000 rpm. Sangat gahar bukan? Bahkan, sektor permesinan yang dibawa Benelli TnT 135 ini pun sudah dilengkapi dengan sistem Fuel Supply Electronic Injection with Throttle body d.28 yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Tak hanya itu saja, bahkan mesin pacu yang diusung motor gagah buatan Benelli ini pun sudah lulus uji sertifikasi Euro 4 yang dipastikan akan membuatnya menjadi motor gahar namun tetap ramah lingkungan. Tentu saja, sektor permesinan pada spesifikasi Benelli TnT 135 tersebut menjadi salah satu sektor yang diunggulkan mengingat kecanggihan yang ditawarkannya.

Fitur

Dilengkapi Ragam Fitur Canggih nan Fungsional

Tak hanya memiliki performa gahar saja melainkan spesifikasi Benelli TnT 135 pun juga memiliki ragam macam fitur canggih yang modern. Keberadaan fitur-fitur pada motor gagah ini pun tak lepas dari usaha pabrik Benelli dalam menunjang kenyamanan maupun keselamatan pengguna. Oleh sebab itu, naked bike bernama Benelli TnT 135 ini pun akan dilengkapi fitur canggih, sebut saja seperti rem Steel Disc yang Mas Sena rasa sudah cukup handal dalam mengendalikan laju kecepatan motor meski tak dilengkapi teknologi ABS. Dengan begitu maka keselamatan dalam berkendara pun akan terjamin. Selain itu, Benelli pun juga akan melengkapi motor Benelli TnT 135 tersebut dengan fitur canggih seperti kombinasi panel indikator digital-analog yang sangat informatif, suspensi kokoh nan canggih di sektor kaki-kakinya, dan teknologi Electronic Fuel Supply serta sertifikasi EURO 4 yang membuatnya menjadi salah satu motor modern yang bakal ramah lingkungan. Dengan begitu maka bisa dikatakan bahwa ragam fitur yang disematkan pada spesifikasi Benelli TnT 135 tersebut sudah cukup untuk membuatnya menjadi motor gagah yang sanggup memberikan kenyamanan maupun menjamin keselamatan pengguna.

Spesifikasi Benelli TNT 135

Mesin
Tipe Mesin SOHC 4-Valve
Diameter x Langkah 54 x 58.8 mm
Kapasitas Silinder 135 cc
Rasio Kompresi 9.8 : 1
Tenaga Max 9,5 kW (13 Hp) @ 9000 rpm
Torsi Max 10,8 Nm (1,0 kgm) @ 7000 rpm
Sistem Starter Electric
Transmisi 5-speed
Sistem Pelumasan Pressure splash lubrication
Sistem Pendinginan Oil Cooled
Dimensi
Panjang 1780 mm
Lebar 755 mm
Tinggi 1025 mm
Jarak Sumbu Roda 1223 mm
Jarak Terendah 153 mm
Berat 121 KG
Kapasitas Tangki 7,2 L
Kaki-kaki
Tipe Rangka Arc Bar Truk
Suspensi Depan Upside-down forks d.41 mm
Suspensi Belakang Swing Arm with Lateral Shock Absorber with Spring Pre-Load Adjustment
Rem Depan Steel Disc
Rem Belakang Single Disc
Ban Depan 120/70-12
Ban Belakang 130/70-12

Harga Benelli TnT 135

Rasanya, review kali ini tak akan lengkap tanpa kita membahas harga Benelli TnT 135. Oleh sebab itu, pada segmen paling akhir dari segala segmen di atas, waktunya Mas Sena untuk mencari tahu soal banderol dari motor naked bike buatan pabrik asal Italia ini. Tapi tunggu dulu kawan, sebelum membahas tentang harga Benelli TnT 135 secara mendalam, mari kita simpulkan dulu penjelasan di atas. Pertama, dari segi tampilan yang diusung motor street fighter mini tersebut memang terlihat lebih gagah dari pada milik kompetitor, seperti punya Kawasaki dengan Z125 dan Honda dengan MSX125. Tak hanya itu saja, bahkan dengan tampilannya yang tampak lebih sporty tersebut, motor bernama Benelli TnT 135 ini juga sudah dipersenjatai dengan mesin 135 cc satu silinder berpendingin udara dan bersertifikasi EURO 4 sehingga akan membuatnya menjadi naked bike yang ramah lingkungan. Lalu, dengan tawaran kecanggihan di atas, apakah kawan dapat memperkirakan berapa harga Benelli TnT 135 ini?

Harga Benelli TnT 135

Harga Benelli TnT 135 Terbaru

Terkait dengan banderol, memang untuk harga Benelli TnT 135 di Indonesia sendiri meskipun belum resmi dirilis di Tanah Air, namun dari situs resmi Benelli Indonesia telah mengumumkan harga jualnya. Di mana dari situs resmi benelli Indonesia, diketahui jika motor ini dibanderol dengan harga Rp 26.500.000,-. Sebuah banderol yang terbilang cukup murah jika melihat spesifikasi dan tampilan Benelli TnT 135 tersebut. Apalagi dengan ragam teknologi yang dibawanya, seperti sertifikasi EURO 4 pada sektor mesin pacunya. Tentu hal tersebut akan membuatnya cukup percaya diri untuk dapat bersaing dengan berbagai produk dari pabrikan lain di Indonesia. Harga Benelli TnT 135 yang masih berada dikisran Rp 20 jutaan tersebut juga membuatnya memiliki kepercayaan diri tinggi untuk bersaing dengan naked bike lain buatan Jepang yang memang kebanyak dibanderol dengan harga kisaran tersebut. Pastinya, dengan kisaran banderol harga Benelli TnT 135 tersebut, kawan-kawan cukup tertarik untuk membelinya bukan?

Harga Benelli TnT 135
Rp 26.500.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Benelli TnT 135 di atas merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Benelli TnT 135

Di lain sisi, perlu Mas Sena tegaskan kembali bahwa informasi harga Benelli TnT 135 di atas merupakan harga untuk OTR Jakarta. Sehingga jika nanti motor ini dijual diluar Jakarta besar kemungkinan harganya akan berbeda. Meskipun perbedaan harga tersebut tidak akan terlalu jauh dari harga OTR tersebut. Tentu saja dengan banderol harga Benelli TnT 135 yang terbilang murah untuk sekelas motor Italia, akan membuatnya cukup diburu para pcinta otomotif. Apalagi jika melihat desainnya yang tampak begitu gagah dan tangguh, tentu akan menjadikan daya tarik tersendiri baginya untuk menggaet calon konsumen. Selain itu, meskipun Benelli TnT 135 ini memiliki harga yang terbilang kompetitif dengan produk Jepang, namun sepertinya bukan hal mudah untuk dapat bersaing dengan motor sekelas Yamaha Vixion ataupun Honda CBR. Nah, setelah pembahasan soal banderol, tentu ini waktunya Mas Sena untuk berpamitan. Semoga informasi mengenai spesifikasi dan harga Benelli TnT 135 di atas bisa dijadikan referensi buat teman-teman semua. Jangan lupa baca juga mengenai Suzuki GSX-S150 Touring Edition dan Honda CB150R ExMotion.

Top