Harga BMW F850 GS, Review, Spesifikasi & Gambar Mei 2019

Harga BMW F850 GS dan Spesifikasi – Perbarui lini mogenya, BMW Motorrad Indonesia akhirnya meluncurkan varian terbaru, yakni BMW F850 GS. Perlu untuk diketahui bahwa big bike premium buatan pabrik asal Jerman ini merupakan varian pengganti dari versi F800 GS yang sudah melalang buana di pasar otomotif global, termasuk di Indonesia sejak tahun 2008 silam. Dimana, sebenarnya antara BMW F850 GS dan versi F800 GS ini tak banyak yang berbeda. Sebab, untuk varian terbarunya ini, BMW masih menawarkan karakter moge dengan sistem handling yang cukup ringan dan tentunya dibekali spesifikasi mumpuni untuk berpetualang sebagaimana generasi sebelumnya. Hanya saja, memang ada beberapa perbedaan yang mencirikan bahwa varian ini memiliki gaya khas tersendiri yang lebih mengedepankan fungsionalitas. Lantas, apa sih keunggulan dan kecanggihan dari BMW F850 GS ini? BMW F850 GS

Sebenarnya, apabila kita telisik secara lebih mendalam, memang BMW F850 GS ini memiliki banyak persamaan sebagaimana yang sudah Mas Sena singgung di atas. kalau diperhatikan, ada satu bagian perbedaan antara F800 GS dengan BMW F850 GS yang terlihat. Yaitu posisi tangki bensin yang sekarang pindah ke tengah, yang sebelumnya ada di belakang. Tak hanya itu, Selain pemindahan tangki, rangka tipe Twin-Spar baja pada varian F850 GS juga baru, yang dibuat dengan titik bebannya berada di mesin. Subframe belakang juga sekarang terpisah dengan rangka utamanya, sehingga akan memberikan handling yang lebih baik saat di medan off-road. Sementara itu, untuk soal performa, BMW F850 GS akan dibekali mesin berkapasitas 853 cc dengan 2 silinder Water Cooled yang dilengkapi sistem injeksi Electronic. Sehingga, moge ini diklaim mampu mencapai akselerasi kecepatan hingga 200 Km/jam. Sangat tangguh bukan? Lalu, berapa ya harganya? Nah, untuk mengenal secara lebih detail termasuk banderolnya, berikut Mas Sena sajikan informasi terkait spesifikasi dan harga BMW F850 GS per segmen di bawah ini!

Motor BMW F850 GS

Review BMW F850 GS

Desain

Big Bike Premium dengan Desain Elegan Khas Motor Adventure yang Gagah

Meraba pada sektor eksterior pada tampilan dari spesifikasi BMW F850 GS menjadi langkah pertama Mas Sena dalam ulasan review kali ini. Dimana, memang secara sekilas, apabila kita melihat sisi desain fisik moge ini tak banyak yang berbeda dengan varian F800 GS. Dari sisi depan, tampak sebuah headlamp dengan konsep yang anti-mainstream memiliki bentuk moncong yang lebih besar dan berteknologi LED. Bahkan, pada bagian depan, tepatnya di atas headlamp dari BMW F850 GS juga sudah dilengkapi dengan Windscreen yang ketinggiannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Sehingga, akan memberikan tampilan wajah dari moge ini terkesan begitu garang dan elegan. Di samping itu, BMW F850 GS kini memiliki tangki bahan bakar yang dibuat semakin besar disematkan di bagian tengah, yang sebelumnya ada di belakang. Pemindahan tangki itu agar titik berat motor berada di tengah. So, nantinya akan membuat sistem handling pada BMW F850 GS lebih presisi. Terutama saat dikendarai di medan off-road, yang kebanyakan mengharuskan rider berdiri, sembari menjepit tangki. Namun, konsekwensinya, kapasitas daya tampung bahan bakarnya turun 1 liter menjadi 15 liter. Meski begitu, namun bagi Mas Sena masih cukup besar sebagai bekal menampung bahan bakar untuk touring. Lalu, di sektor sampingnya, tampak BMW juga telah mengusung sub-frame yang kini terpisah dengan rangka utamanya guna memberikan sistem handling yang lebih handal, terutama saat melalui medan off-road. Di satu sisi, BMW F850 GS ini juga memiliki rantai penggerak yang kini ditempatkan di bagian kiri, tak lagi di bagian kanan sebagaimana dengan varian F800 GS. Sedangkan pada bagian joknya sendiri, big bike buatan Jerman ini mengusung konsep jok bertingkat namun menyatu antara jok pengemudi dan pengendara. Sehingga, akan memberikan posisi riding yang lebih nyaman. Menginjak pada bagian belakang, stop lamp berkonsep tajam dan berteknologi LED pun juga sudah turut disertakan pada moge ini untuk melengkapi kegagahan dari sisi eksterior pada spesifikasi BMW F850 GS.

Spesifikasi BMW F850 GS

Speedometer

Instrumen Indikator Full Digital dengan Tampilan Menu yang Informatif dan Elegan

Kemudian, menginjak pada pokok pembahasan selanjutnya, kini kita akan membahas instrumen indikator pada spesifikasi BMW F850 GS. Sebagai salah satu sektor yang cukup penting maka kali ini BMW pun dipastikan bakal mengusung konsep speedometer yang lebih mengedepankan aura elegan dan fungsionalitas pada menu-menu yang ditampilkan. Dimana, dalam hal ini BMW F850 GS akan mengusung sebuah panel full digital melalui layar LCD modern yang sangat tampak begitu atraktif. Pada layar indikator tersebut, akan menampilkan beberapa informasi yang penting, khususnya yang berkenaan dengan kondisi motor sewaktu dikendarai. Salah satu di antaranya yaitu kecepatan yang dihitung Km/jam, rpm, jarak tempuh yang telah dilalui, rpm x 1000, indikator posisi gear netral, jam digital, dan suhu mesin dalam hitungan Celcius. Tak hanya itu saja, bahkan BMW F850 GS pun juga akan melengkapi panel indikatornya tersebut dengan indikator bahan bakar, lampu utama/jarak jauh, dan lampu sein pada samping kanan kiri. Nah, jika melihat konsep yang begitu informatif pada sektor instrumen speedometer yang diusung spesifikasi BMW F850 GS tersebut maka akan membuat pengemudinya semakin paham mengenai kondisi motor yang sedang dikendarai.

Spesifikasi Motor BMW F850 GS

Dimensi

Rangka Andalkan Steel Shell Construction dengan Frame Bridge yang Kokoh dan Ringan

Kemudian, berbicara soal sisi dimensi pada spesifikasi BMW F850 GS, tentu akan berkenaan dengan struktur rangka dan ukuran bodi pada moge ini. Sebagai motor adventure kelas premium maka BMW Motorrad pun telah mengusung konsep dimensi yang kini dibuat lebih panjang dan bongsor. Dimana, kali ini BMW F850 GS mengandalkan frame tipe Bridge dengan rancangan konstruksi Steel Shell demi memberikan kestabilan motor saat dan memberikan daya tahan kokoh untuk menopang beban. Selain itu, pada big bike garapan pabrik asal Jerman ini juga telah dibangun dengan ukuran dimensi 2305 x 922 x 1356 mm dengan bobot total 229 Kg dan memiliki wheelbase 1593 mm. Tentu saja, melihat ukuran dimensi bodinya, kita bisa menilai bahwa moge ini memiliki bentuk desain yang cukup ideal untuk sekelas big bike adventure premium yang siap melibas setiap medan jalan off road. Sementara itu di satu sisi, motor yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 15 liter ini juga dibuat dengan ketinggian tempat duduk di kisaran 835 – 860 mm. Sehingga, tak bisa dipungkiri bahwa motor adventure garapan BMW Motorrad ini terbilang tinggi. Namun, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa dengan rangka yang kuat dan kokoh serta dimensi yang ideal tersebut maka akan membuat kestabilan pada spesifikasi BMW F850 GS ini lebih terjaga sehingga akan membuat posisi riding kian pas dan nyaman.

Review BMW F850 GS

Suspensi

Kaki-Kaki Dilengkapi Suspensi Premium nan Canggih dengan Pengereman Handal Berteknologi ABS

Masih sedikit berkenaan dengan dimensi dan rangka, kali ini ulasan spesifikasi BMW F850 GS akan terfokus pada sektor kaki-kaki pada motor ini. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa dimensi dari moge ini memang terbilang bongsor dan panjang dengan bobot besar sehingga selain wajib ditopang rangka yang kokoh, tentu diperlukan kaki-kaki handal guna menjaga keseimbangan moge. Nah, oleh karena itu, kali ini BMW F850 GS akan mengusung suspensi tipe Upside-down telescopic fork berukuran 43 mm di bagian depan dan suspensi Cast aluminium dual swing arm di bagian belakang. Menariknya, suspensi pada bagian belakang tersebut juga sudah dilengkapi pengaturan hydraulic dengan rebound damping adjustable yang sudah barang tentu mampu menjamin keseimbangan moge secara maksimal. Bahkan, sekalipun melewati medan berlubang dan ekstrim sekalipun, suspensi tersebut diklaim sanggup meredam goncangan secara efektif. Sehingga, akan membuat pengendaranya merasa nyaman dan tentunya aman. Tak sampai di situ saja, BMW F850 GS ini juga akan dibekali dengan velg tipe Cros Spoke Wheels yang memang secara khusus disematkan untuk menyesuaikan medan off road yang ekstrim. Selain itu, velg tersebut akan dibalut ban tebal dengan ukuran 90/90 R21 inci di sektor depan dan 150/70 R17 inci untuk bagian belakang. Tak hanya itu, pada bagian kaki-kaki dari BMW F850 GS ini pun juga sudah mengusung rem handal dan canggih berupa cakram ganda floating brake disc berdiameter 305 mm untuk sektor depan dan cakram tunggal 265 mm di bagian belakang. Menariknya, pada sektor pengereman dari spesifikasi BMW F850 GS ini sudah dilengkapi dengan teknologi BMW Motorrad ABS yang dipastikan mampu memberikan daya rem yang lebih sempurna dan aman.

Harga Motor BMW F850 GS

Mesin

Moge Premium dengan Bekalan Mesin 2 Silinder 4-Stroke Berkapasitas 853 cc

Nah, beranjak pada sektor selanjutnya, kini Mas Sena akan mengulas sisi dapur pacu pada spesifikasi BMW F850 GS. Sebagai salah satu big bike premium kelas menengah atas, tentu saja tak hanya tampilan dan rangkanya saja yang kokoh. Melainkan, pada sektor jantung pacunya pun juga dipastikan memiliki sejumlah komponen super handal. Dimana, kali ini BMW F850 GS akan dipersenjatai dengan mesin canggih 2 silinder 4 langkah dan memiliki kapasitas kubikasi mencapai 853 cc dilengkapi two overhead camshafts, dry sump lubrication. Tentu saja, dengan tipe dan kapasitas mesin tersebut maka tak heran jika big bike buatan BMW Motorrad ini mampu memberikan tenaga yang sangat handal. Apalagi, kali ini BMW F850 GS pun juga telah mengusung sistem transmisi tipe Constant mesh 6-speed gearbox integrated in crankcase. Yang mana, kolaborasi tersebut akan mampu menghasilkan output tenaga hingga 70 kW per 8250 rpm dan sanggup mencapai titik puncak torsi pada 92 Nm per 6250 rpm. Sangat gahar bukan? Tak sampai di situ saja, bahkan sektor permesinan pada BMW F850 GS ini juga dilengkapi dengan injeksi Electronic berbahan bakar Octane Number Min. 91 RON yang mana mengusung standar emisi EURO 4 dan memiliki kecepatan maksimum 200 Km/jam. Sehingga, tak heran jika moge premium asal Jerman ini mampu memberikan tenaga secara maksimal dengan perbandingan rasio 12.7:1. So, sangat handal dan bertenaga bukan dapur pacu yang diusung spesifikasi BMW F850 GS ini?

Fitur

Kenyamanan dan Keamanan Terjamin Berkat Fitur Handal nan Canggih

Sementara itu di satu sisi, fitur-fitur pada spesifikasi BMW F850 GS ini pun juga terbilang sangat canggih dan lengkap. Bahkan, bisa dibilang memiliki tingkat fungsionalitas tinggi. Hal tersebut juga tak bisa lepas dari kebutuhan dalam berkendara. Seperti fitur keamanan atau keselamatan pada sektor pengereman yang mana kali ini BMW F850 GS mengandalkan rem berstandar ABS. Sehingga, pengemudi akan lebih mudah dalam mengendalikan laju moge ini ketika digeber dengan kecepatan tinggi, bahkan saat pengereman mendadak sekalipun. Selain itu, panel indikator full digital dengan layar LCD pun juga turut serta disematkan sebagai fitur speedometer yang menampilkan berbagai macam menu indikator secara informatif. Tak sampai di situ saja, frame Bridge dengan konstruksi Steel Shell pun juga menjadi fitur utama dalam memberikan keseimbangan berkendara. Di sisi lain, suspensi Upside-down Telescopic 43 mm dan Cast Aluminium Dual Swing Arm Pre-load Hydraulic, juga turut menjadi kelengkapan yang semakin memperkuat kecanggihan dan kehandalan spesifikasi BMW F850 GS ini.

Spesifikasi BMW F850 GS

Mesin
Tipe Mesin Air-cooled 4-stroke in-line, 2 silinder mesin, 4 katup per silinder
Kapasitas 853 cc
Tenaga Maksimal 70 kW (95 hp) pada 8.250 rpm
Torsi Maksimal 13,9 Nm / 6000 r / mnt
Diameter x Langkah 84 mm x 77 mm
Rasio Kompresi 12.7 : 1
Sistem Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar Elektronik
Jenis Bahan Bakar Bensin
Starter Elektrik & Kick Starter
Jumlah Transmisi 6 Percepatan
Dimensi
Panjang 2,305 mm
Lebar 922 mm
Tinggi 1,356 mm
Jarak Antar Roda 1,593 mm
Berat Kosong 229 kg
Ketinggian Kursi 860 mm
Kapasitas Bahan Bakar 15 liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Konstruksi baja shell
Rem Depan Rem cakram ganda 305 mm
Rem Belakang Rem cakram tunggal 265 mm
Ban Depan 90/90 21
Ban Belakang 150/70 R17
Suspensi Depan Upside-down telescopic fork
Suspensi Belakang Cast aluminium dual swing arm

Harga BMW F850 GS

Akhirnya, dari segmen per segmen, kini waktu yang tepat untuk mengulas soal harga BMW F850 GS. Perlu untuk diketahui bahwa sebelum membahas harga, Mas Sena ingin menyampaikan beberapa poin terkait dengan spesifikasi unggulan dari big bike buatan BMW Motorrad ini. Oke, sebagaimana pada penjelasan di atas, moge adventure ini merupakan salah satu big bike yang mengedepankan konsep bergaya petualang dengan desain baru yang lebih fungsional demi memberikan kenyamanan kepada para riding. Bahkan, performa dari BMW F850 GS pun juga sangat mumpuni berkat mesin 2 silinder 4 langkah dengan kapasitas 853 cc yang diklaim sanggup memberikan tenaga handal serta mampu berakselerasi hingga 200 Km/jam. Selain itu, big bike asal Jerman ini pun juga sudah bersertifikat EURO 4 dengan kualitas minimum bahan bakar 91 RON. Sehingga, selain gahar tentunya motor ini bakal menajdi kendaraan yang ramah lingkungan. Di samping itu, BMW F850 GS pun juga sudah dibekali beberapa fitur andalan, seperti rem ABS, panel indikator full digital, dan suspensi handal yang siap menjamin kenyamanan maupun keselamatan pengemudi. So, kira-kira berapa ya banderol atau harga BMW F850 GS ini?

Harga BMW F850 GS

Harga BMW F850 GS Terbaru

Jika kita menelusuri segmentasinya, harga BMW F850 GS ini memang menjadi salah satu pokok bahasan yang sudah barang tentu membuat publik penasaran, khususnya di kalangan kelas menengah. Oke, tak perlu banyak basa-basi, untuk soal banderol harga BMW F850 GS, diketahui akan dipatok Rp 549 juta. Dimana, informasi tersebut diketahui saat perkenalannya di ajang GIIAS 2018 lalu. Di satu sisi, apabila melihat angkanya sendiri, tampaknya moge adventure ini akan menjadi salah satu kendaraan favorit bagi kalangan elite penggemar moge adventure. Tentu, dengan harga BMW F850 GS tersebut maka para calon konsumen harus rela merogoh kocek dalam-dalam.

Harga BMW F850 GS
Rp. 549.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor BMW F850 GS diatas merupakan harga Off The Road untuk wilayah Indonesia
  • Harga BMW F850 GS mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Di satu sisi, perlu untuk dipahami bahwa harga BMW F850 GS di atas masih berstatus Off The Road. Dengan kata lain, belum termasuk biaya lain-lain, seperti pajak dan administrasi yang berkaitan dengan pembelian. Itu artinya, sangat dimungkinkan bahwa harga dari BMW F850 GS ini akan lebih dari angka yang telah Mas Sena sebutkan di atas. Di sisi lain, untuk soal pengiriman untuk sampai ke tangan konsumen, kemungkinan besar bisa diterima pada akhir Mei 2019. So, itulah ketangguhan dari spesifikasi dan harga BMW F850 GS. Sampai jumpa.

Top