Harga BMW R 1200 RT 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga BMW R 1200 RT dan Spesifikasi – Tak hanya mobil saja, BMW juga dikenal sebagai produsen yang sering memproduksi kendaraan roda dua kelas premium, salah satunya yakni BMW R 1200 RT. Produk terbaru garapan pabrik asal Jerman tersebut merupakan salah satu motor touring yang bakal hadir dengan kemampuan tenaga yang sangat besar dan siap melibas segala medan jalan yang dilaluinya. Bahkan, motor touring kelas premium BMW R 1200 RT ini pun juga dikabarkan akan menjadi salah satu varian yang dihadirkan untuk memenuhi keinginan para konsumen yang menginginkan sebuah motor touring dengan performa mumpuni dan super tangguh. Maka dari itu, bisa dipastikan bahwa BMW R 1200 RT ini nantinya bakal dibekali dengan spesifikasi yang sangat tangguh. Tak hanya itu saja, beberapa fitur pun juga siap dihadirkan untuk melengkapi kecanggihannya sebagai motor touring kelas premium yang tak terkalahkan. Maka, sangat wajar jika harga untuk memboyong motor touring mewah buatan BMW ini tak akan dibanderol dengan harga yang murah. Lantas, apa saja sih yang menarik dari BMW R 1200 RT ini?

BMW R 1200 RT

BMW R 1200 RT

Secara lebih mendalam, tentu saja kemampuan spesifikasi yang diusung BMW R 1200 RT ini tak bisa dipandang sebelah mata, apalagi disepelekan dan diremehkan begitu saja. Pasalnya, BMW sebagai produsen pembuatnya memang membangun motor touring ini dengan konsep modern, baik dari segi desain eksterior, fitur maupun performa pada mesin pacu BMW R 1200 RT ini. Nah, terkait dari ketiga hal tersebut, motor touring nan gagah buatan pabrik Jerman ini memang sekilas tampak begitu gagah dan kokoh pada setiap sisi bodinya. Sehingga, kesan garang dan elegan pun tampak begitu kuat dari setiap posisi. Sementara itu, untuk perofrm dapur pacunya sendiri, BMW R 1200 RT juga turut mengandalkan mesin tangguh berupa Flat Twin with Balancer Shaft 4 langkah 4 katup per silinder dilengkapi dengan double overhead camshaft wet lubricants yang siap memberikan hasil daya yang sangat besar dan mumpuni sehingga mampu memberikan sokongan daya dari mesin BMW R 1200 RT ini. Kemudian, MW R 1200 RT ini juga bakal dilengkapi dengan beberapa fitur berteknologi canggih yang cukup menarik. Kira-kira apa saja ya keunggulan yang dimiliki motor touring hebat ini! Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga BMW R 1200 RT pada segmen di bawah ini!

Motor BMW R 1200 RT

Review BMW R 1200 RT

Desain

Desain Bodi Super Elegan dan Sporty Khas Motor Touring

Nah, sebelum kita jauh menginjak segmen lain, pada awal segmen ini, Mas Sena akan mengupas sisi eksterior dari spesifikasi BMW R 1200 RT. Jika dilihat secara sekilas memang tampak dengan jelas bahwa motor gagah buatan BMW ini dibuat dengan konsep desain yang mengedepankan gaya touring eksklusif. Bagaimana tidak? Pasalnya, secara lebih mendetail, bisa kita lihat pada setiap sisi bodinya dibangun dengan desain elegan dan tampak maskulin. Hal itu bisa dilihat setiap bagian mulai dari depan BMW R 1200 RT tampak tiga buah headlamp besar yang dua dari ketiga headlamp tersebut dibentuk dengan desain membulat dan pada bagian tengahnya tampak lampu yang didesain memanjang ke bawah. Dengan begitu maka tentu saja akan menghasilkan pancaran cahaya yang cukup terang. Tak hanya itu saja, dengan hadirnya desain lampu utama pada BMW R 1200 RT yang besar tersebut membuat kesan motor touring ini juga seakan lebih elegan. Selain itu, pada bagian depan dari motor touring buatan BMW ini juga dilengkapi dengan windscreen khas moge yang akan melindungi pengemudi dari terpaan angin yang datang dari arah depan. Sementara itu, menginjak pada bagian samping, bisa kita lihat bagaimana BMW R 1200 RT ini dibuat dengan desain ergonomis. Gaya desain tersebut semakin diperkuat dengan adanya jok yang dibuat memanjang dan cukup lebar sesuai dengan tinggi setang kemudi. Tentu saja, dengan desain jok tersebut maka akan membuat posisi riding menjadi lebih ideal dan pengemudinya pun bakal merasa nyaman.  Lalu, tak ketinggalan juga tangki bahan bakar BMW R 1200 RT yang dibentuk dengan dimensi yang cukup besar di mana tangki tersebut mampu menampung hingga 25 liter bahan bakar. Sehingga, kawan-kawan tak perlu lagi merasa khawatir ketika mengendarai motor touring bergaya sport ini dalam jarak yang cukup jauh mengingat dengan besarnya kapasitas tangki BMW R 1200 RT tersebut, tentu akan mampu menyimpan banyak bahan bakar sebagai bekal. Nah, kemudian menginjak pada bagian belakang, terdapat dua box besar yang sangat efisien sebagai media dalam membawa barang bawaan. Selain itu, stop lamp pun dibuat unik dengan bentuk horisontal yang semakin mempertegas tampilan eksterior dari spesifikasi BMW R 1200 RT tersebut sebagai motor touring kelas premium.

Spesifikasi BMW R 1200 RT

Speedometer

Mengusung Panel Indikator Super Mewah dan Elegan dengan Tampilan Digital-Analog + layar LCD

Setelah kita mengulas pada bagian bodi fisiknya, kini waktunya kita untuk mengulas salah satu sektor yang cukup penting, yakni instrumen indikator dari spesifikasi BMW R 1200 RT. Terkait dengan panel indikator, tampaknya kali ini BMW ingin menampilkan kesan sebuah motor touring super elegan dan modern. Pasalnya, selain mengusung desain eksterior yang sangat menawan dan futuristik, instrumen indikator yang akan diusung BMW R 1200 RT ini pun juga mengandalkan panel digital berkolaborasi dengan panel analog. Menariknya, pada panel digital ini, akan hadir dengan dua informasi berbeda yang ditampilkan melalui layar LCD, yakni di bagian atas dan bawah. Untuk panel digital bagian atas akan menampilkan info mengenai navigasi atau peta lokasi. Sedangkan, untuk bagian bawah BMW R 1200 RT ini akan memberikan informasi beberapa menu terkait trip meter Km/jam, indikator bahan bakar, indikator oli, gigi transmisi, info menu, jam digital, dan mode berkendara. Sementara itu di sisi lain, untuk panel analog sendiri akan menampilkan kecepatan dalam hitungan km/jam dan tingkat rpm dari mesin. Nah, dengan perpaduan antara panel analog-digital LCD pada spesifikasi BMW R 1200 RT tersebut maka selain mampu memberikan tampilan elegan.

Spesifikasi Motor BMW R 1200 RT

Dimensi

Moge Touring Gagah dengan Dimensi yang Pas dan Ground Clearance Ideal

Kini saatnya kita beralih untuk membahas sektor dimensi dari spesifikasi BMW R 1200 RT. Sebagaimana yang sudah Mas Sena katakan di bagian desain, memang moge touring buatan BMW ini hadir dengan bentuk bodi yang tampak bongsor dan gagah. Hal itu tentu tak lepas dari ukuran dimensi pembentuknya di mana dalam hal ini, BMW R 1200 RT memiliki ukuran dimensi dengan panjang 2.222 mm, lebar 983 mm, dan tinggi 1.146 mm serta memiliki jarak sumbu roda hingga 1485 mm. Dengan ukuran yang cukup besar tersebut maka tak heran jika bobotnya mencapai 274 kg. Tentu saja, dengan bobot BMW R 1200 RT yang begitu berat tersebut, kemungkinan akan membuat pengemudi sedikit kesulitan dalam mengendalikan motor ini ketika dalam keadaan mesin mati. Namun, hal tersebut juga tak perlu dikhawatirkan mengingat dimensi yang diusung moge touring ini bakal mengusung tipe rangka tangguh dan ringan berupa Two-section frame consisting of front and rear sections, load bearing engine-gearbox unit. Di sisi lain, BMW R 1200 RT ini juga memiliki tinggi tempat duduk tertinggi antara 805 mm sampai 825 mm. Dengan demikian meski memiliki bentuk bodi bongsor namun dengan ketinggian tempat duduk yang ideal dan standar tersebut, tentu tak akan terlalu tinggi bagi pengguna dengan postur tubuh pas-pasan. Akan tetapi, cukup disayangkan bahwa untuk ground clearance pada spesifikasi BMW R 1200 RT ini masih belum diketahui namun dipastikan akan disesuaikan dengan dimensi dan ketinggian tempat duduknya.

Review BMW R 1200 RT

Suspensi

Kaki-Kaki Disokong Suspensi Kuat dan Handal

Sementara itu di sisi lain, tak ketinggalan pula bahwa selain memiliki dimensi yang besar maka untuk menyokong bobot beban moge ini, spesifikasi BMW R 1200 RT ini juga akan dilengkapi suspensi handal pada bagian kaki-kakinya. Pasalnya, dengan disematkannya kaki-kaki tersebut maka keseimbangan berkendara pun akan semakin kian terasa. Di mana, pada kaki-kaki tersebut, BWM akan menyematkan dua suspensi pada BMW R 1200 RT ini, yakni tipe BMW Motorrad Telelever yang memiliki diameter 37 mm, central spring strut pada bagian depan. Sedangkan, untuk bagian belakang, akan menggunakan tipe suspensi Cast Alumunium single-sided swing arm with BMW Motorrad paralever dengan WAD Strut dan Spring Pre-load Hydraulic Adjustable. Tentu saja, dengan berbekal kedua suspensi super tangguh dan kokoh pada BMW R 1200 RT tersebut maka akan membuat berkendara lebih nyaman meski melewati jalanan berlubang mengingat suspensi yang diusung motor touring buatan BMW tersebut sanggup menekan getaran ketika melewati jalanan tak rata. Sementara itu, untuk memperkuat kaki-kakinya maka BMW R 1200 RT pun juga akan mengandalkan jenis velg Cast Aluminium berdiameter 17 inci pada kedua bagan, yakni depan dan belakang. Namun, meski memiliki jenis velg sama, untuk ukuran bannya berbeda di mana pada bagian depan akan menggunakan ban berukuran 120/70 ZR17 dan untuk bagian belakang menggunakan ukuran 180/55 ZR17. Selain itu, untuk memudahkan pengemudi dalam mengendalikan laju motor maka BMW R 1200 RT ini dilengkapi rem cakram ganda dengan ukuran diameter 320 mm di bagian depan dan untuk rem belakang mengandalkan cakram tunggal dengan diameter 276 mm. Menariknya, sektor pengereman pada spesifikasi BMW R 1200 RT ini sudah dilengkapi teknologi ABS sehingga akan didapatkan kualitas rem yang mumpuni.

Harga Motor BMW R 1200 RT

Mesin

Dapur Pacu Super Handal dan Tangguh Berbekal Mesin Flat Twin with Balancer Shaft Berkapasitas 1170 cc

Setelah membahas kaki-kakinya, menginjak pada segmen ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas bagian ruang pacu dari spesifikasi BMW R 1200 RT. Sebagai salah satu moge touring yang gagah dan berbobot besar, tentu saja BMW tak akan serta merta membekali sektor dapur pacunya dengan mesin sembarangan. Oleh sebab itu, maka pabrik asal Jerman akan membekali motor BMW R 1200 RT ini dengan tipe mesin canggih Flat Twin with Balancer Shaft di mana memiliki 4 katup setiap silinder dengan double overhead camshaft dan memiliki kapasitas mesin hingga 1170 cc. Dilihat dari tipe atau teknologi dan kapasitas mesinnya saja, sudah bisa dibayangkan bagaimana power yang bakal dihasilkannya. Apalagi, power dari BMW R 1200 RT ini yang dijamin super gahar tersebut nantinya bakal disalurkan melalui sebuah sistem transmisi Constant-mesh 6-speed gearbox with helical cut gears. Dengan kombinasi mesin dan transmisi yang diusungnya tersebut maka dipastikan bahwa BMW R 1200 RT ini akan sanggup menghasilkan tenaga maksimal hingga 125 Hp per putaran 7750 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 125 Nm pada 6500 rpm. Tentu saja dengan hasil semburan power dan capaian torsi puncak tersebut dijamin akan membuat laju moge ini kian membahana, bahkan bisa mencapai kecepatan maksimum 200 Km/jam. Selain itu, pada bagian ruang pacunya ini, BMW juga melengkapi BMW R 1200 RT ini dengan teknologi Fuel Injection yang dipastikan penggunaan bahan bakarnya akan lebih irit dan efisien. Bahkan, berdasarkan catatan akurat dari laman resmi BMW, moge touring ini diklaim hanya membutuhkan 3.9 liter untuk menempuh jarak 100 km dengan kecepatan konstan di 90 km/jam dan 5.3 liter dengan jarak tempuh sama namun dengan kecepatan 120 km/jam. Hal tersebut pun semakin menyempurnakan spesifikasi BMW R 1200 RT.

Fitur

Moge Premium dengan Fitur Modern dan Futuristik

Tak hanya performa dapur pacunya saja yang handal, bahkan spesifikasi BMW R 1200 RT pun juga akan dilengkapi dengan fitur-fitur modern yang sangat fungsional. Hal itu bisa dilihat dari beberapa fitur yang disematkan, di antaranya yakni fitur keselamatan yang berupa penggunaan rem ABS sistem sehingga akan membuat pengereman pada BMW R 1200 RT menjadi lebih berkualitas dan sanggup mencegah terjadinya kecelakaan ketika terjadi pengereman mendadak. Selain itu, untuk menunjang kenyamanan maka motor ini pun dilengkapi dengan panel elegan dan eksklusif berupa panel analog-digital yang ditampilkan melalui dua layar LCD di mana kedua panel BMW R 1200 RT tersebut menampilkan peta lokasi dan speedometer. Sehingga, pengguna akan lebih mudah dalam memahami kondisi motor yang dikendarai. Di sisi lain, bagasi berupa box besar di bagian belakang pun juga turut menjadi fitur fungsional yang bisa digunakan untuk membawa bawaan yang lebih banyak. Nah, dengan keunggulan pada spesifikasi BMW R 1200 RT tersebut, apakah kawan-kawan sudah bisa menbak harganya?

Video BMW R 1200 RT

Berikut ini adalah official video BMW R 1200 RT yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor BMW ini:

Spesifikasi BMW R 1200 RT

Mesin
Tipe Mesin Air/liquid-cooled 4-stroke flat twin engine with balancer shaft, four valves per cylinder, double overhead camshaft, wet sump lubrication
Kapasitas 1,170 cc
Bore x stroke 101 mm x 73 mm
Rasio kompresi 12.5 : 1
Power 125 hp (92 kW) at 7,750 rpm
Torque 92 lb-ft (125 Nm) at 6,500 rpm
Suplai Bahan Bakar Electronic fuel injection with ride-by-wire throttle system
Kontrol Emisi Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standard EU-3
Kecepatan Maksimum Lebih Dari 125 mph
Transmisi Constant-mesh 6-speed gearbox with helical cut gears
Dimensi
Panjang 2,222 mm
Lebar 983 – 985 mm
Tinggi 1,416 mm
Jarak Sumbu Roda 1,485 mm
Tinggi Jok 760 – 850 mm
Berat 495 kg
Kapasitas Tangki 25 l
Kaki-kaki
Tipe Rangka Two-section frame consisting of front and rear sections, load bearing engine-gearbox unit
Suspensi Depan BMW Telelever, Ø 37 mm, central spring strut
Suspensi Belakang Cast aluminum single-sided swing arm with BMW EVO Paralever; WAD strut (travel-related damping), spring pre-load hydraulically adjustable (continuously variable) via handwheel, rebound damping adjustable via handwheel
Rem Depan Dual floating disc brakes, 4-piston fixed calipers, diameter 320 mm
Rem Belakang Single disc brake, diameter 276 mm, dual-piston floating caliper
Ban Depan 120/70 ZR 17
Ban Belakang 180/55 ZR 17

Harga BMW R 1200 RT

Oke, kini sampailah kita pada segmen paling akhir di mana di sesi terakhir ini Mas Sena akan mencari tahu informasi mengenai harga BMW R 1200 RT. Pastinya, jika berhubungan dengan banderol, tentu akan bersinggungan dengan spesifikasinya bukan? Dengan begitu, maka bukan hal yang salah jika sebelum jauh mengulas harga, Mas Sena akan memberikan sedikit ringkasan mengenai spesifikasi moge touring ini sebagai bahan pertimbangan. Pertama, sebagaimana yang sudah dikatakan di atas bahwa BMW R 1200 RT ini hadir dengan desain elegan dan mewah pada setiap sisinya dengan tampilan yang lebih eksklusif sehingga mampu memikat hati para konsumen. Selain itu, performa dapur pacunya pun juga super handal berkat mesin berkapasitas 1170 cc yang dilengkapi dengan sistem fuel injection sehingga selain mampu menyemburkan tenaga powerful, dengan harga BMW R 1200 RT yang akan dibanderol cukup mahal, sektor dapur pacu pada moge buatan BMW ini juga bakal irit bahan bakar. Selain itu, ada beberapa fitur yang disematkan guna menunjang keselamatan maupun kenyamanan berkendara. Nah, dengan kelebihan dan keunggulan yang dibawanya tersebut, berapa sih sebenarnya harga BMW R 1200 RT ini?

Harga BMW R 1200 RT

Harga BMW R 1200 RT Terbaru

Seperti yang sudah Mas Sena singgung sebelumnya, sudah bisa dipastikan bahwa harga BMW R 1200 RT ini akan dibanderol dengan angka yang sangat tinggi. Dan hal itu benar saja mengingat berdasarkan informasi yang Mas Sena kutip langsung dari laman resmi BMW Motorcycles menyatakan bahwa harga BMW R 1200 RT ini akan dibanderol dengan 3 kategori, yakni harga dasar yang dibanderol $17.250 (Rp 229 juta), harga standar $18.195 (Rp 241 Juta), dan harga premium yang dibanderol $20.640 (Rp 274 juta). Wow! Sebuah banderol yang sangat tinggi bukan. Bahkan, dengan harga jual BMW R 1200 RT ini yang tinggi tersebut pun justru sanggup digunakan untuk membeli Small SUV. Cukup mahal bukan? Tentu saja, dengan harga nya yang sangat mahal tersebut maka dipastikan hanya kalangan tertentu saja yang memilikinya. Nah, apakah kawan-kawan juga termasuk yang berminat dan berniat untuk membelinya? Dengan harga BMW R 1200 RT tersebut kawan tentu harus menyiapkan budget yang cukup.

Harga BMW R 1200 RT
Tipe Harga
 BMW R 1200 RT Dasar  Rp 229.000.000,-
 BMW R 1200 RT Standar  Rp 241.000.000,-
 BMW R 1200 RT Premium  Rp 274.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor BMW R 1200 RT diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga BMW R 1200 RT

Selain itu, perlu untuk diketahui juga bahwa harga BMW R 1200 RT di atas masih berstatus OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta. Sehingga, sudah pasti bahwa nantinya harga dari moge ini akan semakin mahal. Di sisi lain, jika menilik pada spesifikasinya, tampaknya banderol tersebut dinilai sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibawa BMW R 1200 RT ini. Di sisi lain, dengan kisaran banderolnya yang mahal tersebut, tentu motor ini tak hanya akan menjadi kendaraan saja namun juga menjadi sebuah kebanggaan. Pasalnya harga BMW R 1200 RT yang setara dengan sebuah MPV tentu sudah dapat dipastikan pemiliknya merupakan kelas atas. Nah, demikian ulasan yang dapat Mas Sena berikan untuk kawan-kawan secara lengkap. Semoga ulasan yang Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga BMW R 1200 RT ini dapat berguna. Jangan lupa baca juga mengenai Ducati Monster 1200 dan Honda Rebel 500.

Top