Harga BMW R Nine T Urban 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga BMW R Nine T Urban dan Spesifikasi – Setelah sebelumnya meluncurkan tipe Scrambler, Pure, dan Racer, kini BMW kembali merilis produk berupa motor penggaruk tanah bernama BMW R Nine T Urban. Motor gagah buatan pabrik asal Jerman yang satu ini merupakan generasi ke empat dari jajaran varian Roadster dengan desain yang mengedepankan gaya klasik. Selain itu, motor klasik bernama BMW R Nine T Urban yang begitu futuristik yang sebelumnya telah resmi diperkenalkan pada ajang Milan Motorcycle Show (EICMA) 2016 di Kota Milan, Italia tersebut, Mas Sena akui memang memiliki daya tarik yang cukup unik. Pasalnya, apabila kita bandingkan dengan edisi standarnya, BMW R Nine T Urban terbaru ini memiliki tampilan yang berbeda, bahkan beberapa sektor dari spesifikasi yang diusungnya pun juga turut berubah. Sehingga, tak heran jika motor penggaruk tanah buatan BMW ini bakal dicari-cari oleh para konsumennya. Tentu saja, sebanding dengan kegaharannya dalam urusan spesifikasi maupun harga dari BMW R Nine T Urban akan dibanderol dengan sangat mahal.

BMW R Nine T Urban

BMW R Nine T Urban

Di samping itu, kehadiran BMW R Nine T Urban sebagai varian baru dalam keluarga motor Heritage BMW ini pun juga diketahui akan menyandang konsep Enduro. Hal tersebut terpancar dari penggunaan ban besar, suspensi depan teleskopik, lampu utama yang dibalut oleh penghalang angin, spakbor tinggi dan panjang serta stang palang lebar. Di sisi lain, secara teknis mesin pacunya sendiri, BMW R Nine T Urban akan dibekali mesin berkapasitas 1.170 cc berpendingin udara dengan tipe mesin flat twin alias boxer. Dengan mesin tersebut, pihak BMW mengklaim bahwa jika mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga besar sebesar 110 hp. Sehingga, dipastikan bakal membuat laju BMW R Nine T Urban tersebut kian gahar dan gesit. Selain itu, beberapa fitur canggih dan lengkap pun juga turut tersematkan pada motor gagah buatan BMW tersebut. Untuk mengetahui secara lebih lengkap dan detail mengenai spesifikasi dan harga BMW R Nine T Urban, yuk kita simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini!

Motor BMW R Nine T Urban

Review BMW R Nine T Urban

Desain

Motor Off Road Berdesain Gagah dan Modern dengan Bentuk Bodi Bergaya Motor Klasik

Pertama-tama, pada pembahasan ini Mas Sena akan mengawalinya dengan mengulas sektor eksterior pada spesifikasi BMW R Nine T Urban. Memang, kehadiran motor buatan pabrik asal Negeri Panzer ini membawa tampilan desain yang unik di mana sentuhan enduro khas BMW Motorrad dikompakkan dengan gaya desain klasik yang begitu menawan nan gagah dengan balutan warna kombinasi unsur putih gradasi biru yang sangat mempesona. Pesona desain yang begitu menarik hati tersebut pun tampak pada setiap sisi bagian eksterior BMW R Nine T Urban ini. Pada bagian depan saja, tampak headlamp berbentuk bulat dan berteknologi LED dengan cover berbahan plastik yang menjulang sedikit ke atas yang berfungsi juga sebagai pelindung dari terpaan angin membuatnya semakin dikagumi. Kemudian, pada bagian samping pun bisa kita lihat bagaimana tangki bahan bakar besar berkapasitas 17 liter yang begitu dinamis sehingga mengesankan aura kegagahan dari BMW R Nine T Urban ini yang kian kuat. Apalagi, di bawah tangkinya juga tampak blok mesin dan rangka berlabur aksen hitam sehingga warna di bagian atasnya menjadi lebih menyala. Sedikit mundur ke belakang, tampak jok berkelir warna merah dengan pemasangan menyatu antara jok pengemudi dan penumpang untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. Sementara itu, di bagian belakangnya, BMW R Nine T Urban ini dibuat senada dengan desain bagian depan dan samping di mana BMW sendiri mengusung konsep bertema Enduro yang sangat kental dengan gaya klasik. Konsep tersebut pun tampak terlihat jelas juga dari gaya stop lamp yang berteknologi LED yang membuatnya seimbang antara kesan klasik dan modern. Nah, dengan begitu maka secara keseluruhan bisa kita pahami bahwa sisi eksterior pada spesifikasi BMW R Nine T Urban ini memang terbilang sangat sporty, gagah, dan modern khas motor Off Road.

Spesifikasi BMW R Nine T Urban

Speedometer

Membawa Instrumen Indikator Mini Namun Canggih dan Informatif

Sebagaimana dengan konsep klasik yang diusung spesifikasi BMW R Nine T Urban, tampaknya pihak pabrikan pun juga melengkapi panel indikatornya dengan konsep desain klasik modern yang begitu anggun. Bukan tanpa alasan mengingat pada instrumen indikator yang dibawa motor gagah bernama BMW R Nine T Urban ini akan mengkombinasikan antara panel analog dan digital yang terbalut dalam satu posisi membulat. Di mana, untuk panel indikator analog akan memperlihatkan informasi terkait dengan kecepatan Mph, disertai lampu indikator berupa ABS system dan indikator oli. Sedangkan, untuk panel digitalnya, BMW R Nine T Urban ini akan menampilkan info mengenai odometer. Meski terbilang sangat minim info namun beberapa informasi yang ditampilkan dari instrumen indikator tersebut memang hanya menampilkan info yang paling penting dan diperlukan. Sehingga, bisa dikatakan bahwa secara keseluruhan instrumen indikator yang diusung spesifikasi BMW R Nine T Urban ini terbilang sudah cukup memadai dan informatif walau tampak minimalis.

Spesifikasi Motor BMW R Nine T Urban

Dimensi

Mengusung Struktur Dimensi Besar dan Gagah

Berlanjut pada sesi selanjutnya, kini Mas Sena akan mengulas sektor dimensi dari spesifikasi BMW R Nine T Urban. Secara umum, kaitannya dengan dimensi tentunya tak akan lepas juga dengan bentuk bodinya mengingat bodi eksterior terbentuk dari struktur rangka pembangun dan ukuran dimensinya. Nah, berhubungan dengan dimensi, BMW R Nine T Urban akan mengusung rangka dengan model Load-Bearing Engine Gear Box yang membuatnya memiliki dua bagian rangka, 1 rangka di depan dan dua rangka di bagian belakang yang membuatnya semakin kuat nan seimbang. Sementara itu, untuk ukuran dimensinya sendiri, BMW R Nine T Urban memiliki panjang 2175 mm, lebar 870 mm, tinggi 1330 mm, jarak sumbu rodanya 1527 mm dengan bobot kosong 209 Kg. Tentu saja, dengan dimensi dan bobotnya tersebut maka akan membuat pengemudi harus ekstra kuat dalam mengendalikannya. Apalagi, tinggi joknya berukuran 850 mm yang dirasa cukup tinggi untuk ukuran orang Asia sehingga tampaknya bagi pengguna dengan postur tubuh pas-pasan akan terasa sulit mengendalikan besarnya bodi yang diusung BMW R Nine T Urban ini. Sementara itu, untuk ground clearance sementara ini belum diketahui secara pasti namun hanya saja jika melihat dari foto yang beredar, tampak jarak terendahnya dengan tanah (ground clearance) cukup tinggi sehingga dipastikan akan aman dan nyaman sewaktu dikendarai di berbagai medan sekaligus. Dengan begitu maka unsur dimensi dan struktur rangka yang dibawa spesifikasi BMW R Nine T Urban ini bisa dibilang sudah cukup pas dan ideal.

Review BMW R Nine T Urban

Suspensi

Motor Gagah Berbekal Kaki-Kaki Kuat Berkat Suspensi Kokoh

Selain memiliki struktur rangka kokoh dan dimensi yang besar maka untuk mengimbanginya, pada spesifikasi BMW R Nine T Urban pun juga akan dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh. Hal tersebut diperlukan untuk menopang bobot motor serta sebagai media untuk menjaga keseimbangan saat berkendara. Di mana dalam kaitannya dengan kaki-kaki, BMW akan membekali motor terbaru bernama BMW R Nine T Urban ini dengan suspensi tipe Telescopic forks, 43 mm fixed-tube diameter di sektor depan dan tipe Cast aluminium single swinging arm with BMW Motorrad Paralever, central spring strut. di mana dengan bekalan kedua suspensi tersebut maka keseimbangan pun akan tetap terjaga. Bahkan, ketika melewati jalanan yang penuh lubang atau bergeronjal pun berkendara bakal tetap terasa nyaman mengingat kemampuan daya redam dari suspensi yang dibawa BMW R Nine T Urban tersebut. Selain itu, pada sektor kaki-kakinya juga akan mengusung roda kuat dengan mengusung velg Cast Wheels yang berdiameter 19 inci (depan) dan 17 inci (belakang). Bahkan, kedua velg modern tersebut akan dibungkus ban berukuran 120/70 R19 untuk ban depan. Sedangkan, di bagian belakang akan menggunakan ban berukuran 170/60 R17. Tak sampai di situ saja, di bagian kaki-kaki dari BMW R Nine T Urban ini pun juga akan dilengkapi dengan pengereman handal berupa Twin-disc brakes, diameter 320 mm, 4-piston calipers di sektor depan, sementara untuk rem belakang akan menggunakan rem Single disc brake, diameter 265 mm, double-piston floating caliper. Uniknya, pada sektor pengereman dari spesifikasi BMW R Nine T Urban tersebut akan dilengkapi pula teknologi ABS yang dipastikan bakal memberikan kualitas pengereman yang lebih sempurna.

Harga Motor BMW R Nine T Urban

Mesin

Sektor Dapur Pacu Andalkan Mesin Berkapasitas 1000 cc dengan Standar Emisi Euro 4

Beralih ke sesi berikutnya, kali ini saatnya bagi Mas Sena untuk mendalami lebih jauh spesifikasi BMW R Nine T Urban di mana pada segmen ini kita akan mengulas sektor permesinan yang diusung motor buatan pabrik asal Jerman tersebut. Apabila mengaitkan dengan segmentasinya sebagai motor kelas premium, tentu saja sektor dapur pacu yang diusung BMW R Nine T Urban ini juga akan berkelas premium pula. Fakta tersebut pun terbukti dengan diketahuinya beberapa komponen pada dapur pacunya di mana kali ini motor Off Road gagah garapan BMW ini akan dibekali mesin konstruksi 2 silinder berpendingin udara yang memiliki kapasitas mesin hingga 1170 cc. Mesin yang dibawa BMW R Nine T Urban tersebut pun nantinya akan disalurkan ke bagian roda penggerak dengan sistem transmisi Claw Shifted 6 percepatan yang sudah dilengkapi dengan teknologi Helical-Cut Splines. Dengan demikian maka bisa dipastikan akan membuat akselerasinya semakin super gesit. Di mana, dari kombinasi antara mesin dan transmisi yang dibawanya tersebut maka BMW R Nine T Urban ini sanggup menyemburkan power maksimal hingga 81 kW per putaran 7750 rpm dan torsi maksimal hingga 116 Nm per putaran 6000 rpm. Tak sampai di situ saja, bahkan pada ruang pacu pada motor Off Road buatan BMW ini sudah lulus uji emisi EURO 4 yang dipastikan bakal membuatnya semakin irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Dengan begitu maka sudah bisa dipastikan bahwa sektor permesinan yang diusung spesifikasi BMW R Nine T Urban ini menjadi salah satu sektor yang cukup diunggulkan untuk bersaing dengan para kompetitornya.

Fitur

Memiliki Fitur Fungsional yang Canggih dan Modern

Sepertinya, tak cukup hanya desain, dimensi, dan mesinnya saja melainkan spesifikasi BMW R Nine T Urban pun juga memiliki segudang fitur nan menarik dan canggih. Bukan tanpa alasan, sebab secara segmen saja menyandang sebagai motor kelas premium tentunya bekalan fitur yang dibawanya pun juga sangat kompleks. Sebut saja, pada bagian pengereman BMW R Nine T Urban ini sudah mengandalkan sistem ABS yang dipastikan bakal membuat pengereman menjadi lebih stabil dan maksimal, terutama ketika terjadi pengereman mendadak. Selain itu, suspensi Telescopic Forks dan Cast Aluminium Single Swinging Arm yang disematkan pada motor BMW R Nine T Urban ini bakal semakin membuat berkendara terasa nyaman. Sedangkan pada sektor dapur pacunya pun juga sudah lulus uji emisi dan mendapat sertifikat EURO 4 sehingga bisa disimpulkan bahwa motor buatan BMW yang satu ini bakal irit bahan bakar dan menjadi produk ramah lingkungan. Dengan beberapa fitur canggih yang dibawa pada spesifikasi BMW R Nine T Urban tersebut, kira-kira berapa ya harganya?

Spesifikasi BMW R Nine T Urban

Mesin
Tipe Mesin Air/oil-cooled 4-stroke flat twin engine with balancer shaft, four valves per cylinder, double overhead camshaft, wet sump lubrication
Diameter x Langkah 101 mm x 73 mm
Kapasitas Silinder 1170 cc
Rasio Kompresi 12.0:1
Tenaga Max 110 hp (81kW) at 7,750 rpm
Torsi Max 86 lb-ft (116 Nm) at 6,000 rpm
Kecepatan Max 200 Km/h
Engine Management Electronic intake pipe injection
Emisi EURO 4
Sistem Pendinginan Liquid
Dimensi
Panjang 2.175 mm
Lebar 870 mm
Tinggi 1.330 mm
Jarak Sumbu Roda 1.890  mm
Tinggi tempat duduk 850 mm
Berat 209 kg
Kapasitas Tangki 17 liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka three-part frame concept with front frame and two-part rear frame, load-bearing enginegearbox
unit, rear-set frame removeable for one-up riding
Suspensi Depan Telescopic forks, 43 mm fixed-tube diameter
Suspensi Belakang Cast aluminium single swinging arm with BMW Motorrad Paralever; central spring strut,
spring preload fully adjustable by hook wrench, adjustable rebound-stage damping
Rem Depan Twin-disc brakes, diameter 320 mm, 4-piston callipers
Rem Belakang Single disc brake, diameter 265 mm, double-piston floating caliper
Fitur Pengereman ABS
Ban Depan 120/70 R 19
Ban Belakang 170/60 R 17

Harga BMW R Nine T Urban

Setelah kita melangkah jauh melewati beberapa segmen terkait penjelasan spesifikasinya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk membahas mengenai harga BMW R Nine T Urban. Memang, jika mengulas soal banderol, pasti akan sangat berkaitan dengan spesifikasi yang dibawanya. Di mana sekali lagi Mas Sena tegaskan bahwa BMW R Nine T Urban ini merupakan motor klasik-modern yang diluncurkan di segmen kelas premium. Di samping itu, produk baru buatan BMW ini juga akan dibekali kemampuan performa yang sangat mumpuni mengingat motor ini dipersenjatai mesin 1000 cc dan telah lulus uji emisi EURO 4. Tentu saja, kemampuan yang diusung di sektor permesinannya tersebut bakal berpengaruh pada harga BMW R Nine T Urban. Apalagi fitur-fitur canggih yang dibawanya, seperti rem ABS yang dipastikan akan lebih menjamin keselamatan pengguna. Lantas, dengan ragam kecanggihan dan keunggulan yang ditawarkannya tersebut, berapa ya harga BMW R Nine T Urban ini? Semakin penasaran ya?

Harga BMW R Nine T Urban

Harga BMW R Nine T Urban Terbaru

Meskipun belum diluncurkan di Indonesia, namun diketahui bahwa harga BMW R Nine T Urban memang sudah bisa dipastikan akan dibanderol dengan angka yang sangat tinggi. Tak sekedar alibi semata melainkan jika mendasarkan atas fakta yang ada, di Malaysia sendiri harga BMW R Nine T Urban ini akan dibanderol dengan nilai Rp 277 jutaan. Banderol yang Mas Sena rasa sangat mahal untuk sekelas kendaraan roda dua. Pasalnya, dengan banderol menginjak angka ratusan juta tersebut, membuat motor BMW R Nine T Urban ini sudah setara dengan satu unit mobil LMPV. Namun apa mau di kata, harga tersebut merupakan harga jualnya yang dirilis di Malaysia, sedangkan di Indonesia kemungkinan tak akan berbeda jauh dengan banderol yang ditetapkan di Negeri Jiran tersebut. Nah, bagaimana dengan kisaran banderol harga BMW R Nine T Urban tersebut, apakah kawan-kawan tertarik memilikinya?

Harga BMW R Nine T Urba
Sekitar Rp 277.000.000,- (Malaysia)

Catatan : 

  • Harga motor BMW R Nine T Urban diatas merupakan harga jual di Malaysia
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga BMW R Nine T Urban

Selain itu, sekali lagi perlu untuk kawan ketahui bahwa informasi harga BMW R Nine T Urban tersebut merupakan banderol untuk Negeri tetangga kita. Sehingga, tak bisa secara serta merta dijadikan patokan, apalagi pihak BMW Motorrad Indonesia belum resmi merilisnya di Indonesia. Di sisi lain, jika dikaitkan antara harga BMW R Nine T Urban tersebut dan spesifikasinya, tampaknya menurut Mas Sena sudah bersesuaian meski terbilang mahal untuk sebagian besar konsumen di Indonesia. Dengan begitu maka tak heran jika motor buatan BMW yang satu ini hanya akan sanggup diboyong oleh beberapa konsumen berdempet tebal. Di sisi lain, dimensi BMW R Nine T Urban yang terbilang cukup besar juga membuatnya kurang cocok untuk digunakan sebagai motor harian. Jadi sekali lagi Mas Sena sampaikan memang motor ini hanya akan diboyong oleh mereka yang gemar melakukan touring dengan menggunakan motor besar. Sekian ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga BMW R Nine T Urban. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua. Jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai BMW R 1200 RT dan Yamaha Maxam 250.

Top