Cara Bayar Pajak Motor Online Secara Lengkap!

Cara Bayar Pajak Motor Online – Saat ini, cara bayar pajak motor online sudah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa daerah yang sudah menerapkan proses pembayaran pajak kendaraan bermotor via online ini belum mencakup semua provinsi, hanya beberapa saja yang di antaranya Jawa Barat, Jatim, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Nangroe Aceh Darussalam. Meski belum merata di setiap provinsi namun tampaknya layanan ini akan diterapkan ke semua provinsi di Indonesia. Pasalnya, cara pembayaran pajak motor online ini dinilai cukup efektif dan praktis. Sehingga, dengan adanya layanan tersebut maka masyarakat yang akan membayar pajak motor pun tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor Samsat dan mengantri berjam-jam bahkan bisa menghindari calo yang menawarkan pengurusan STNK dengan meminta bayaran tinggi. Namun, sayangnya masih ada beberapa orang yang belum mengetahui prosedur pembayaran pajak motor via online ini karena terkendala informasi yang belum tersampaikan secara merata ke semua masyarakat. Tapi jangan khawatir sebab kali ini Mas Sena akan berbagi info terkait cara bayar pajak motor online.

Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara Bayar Pajak Motor Online

Tapi, sebelum Mas Sena jauh menginformasikan terkait dengan cara bayar pajak motor online, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pembayaran pajak motor yang ditawarkan pihak Samsat via online ini memiliki dua manfaat. Pertama, bagi pihak Samsat, cara membayar pajak motor dengan menggunakan online ini akan mempermudah pihak Samsat dalam menyajikan data yang lebih akurat dan terupdate. Sehingga, tak heran jika realisasi dan penerimaan per UPT PPD maupun secara keseluruhan pun bisa langsung diketahui. Manfaat yang ke dua yaitu bagi yang dikenai wajib pajak di mana dengan cara pembayaran pajak motor online ini proses pembayaran pajak kendaraan bermotor pun menjadi semakin mudah. Sebab, pembayaran pajak motor ini bisa dilakukan di kantor bersama Samsat manapun selama 1 provinsi. Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa pembayaran pajak melalui Samsat online ini hanya menyediakan layanan pembayaran pajak untuk kendaraan dalam kondisi tertentu saja mengingat tak semua kendaraan bermotor pajaknya bisa dibayarkan via online. Nah, oleh sebab itu, sebelum jauh membahas tentang bagaimana cara bayar pajak motor online, terlebih dahulu Mas Sena akan menginformasikan syarat-syarat pembayaran kendaraan bermotor yang bisa dilayani melalui online. Yuk, kita simak bersama ulasannya!

Cara Membayar Pajak Motor Online

Syarat Bayar Pajak Motor Online

Di bawah ini adalah beberapa syarat bayar pajak motor online yang bisa dilayani Samsat online:

  1. Untuk dapat melakukan pembayaran pajak online, kendaraan bermotor harus dalam keadaan pengesahan STNK penuh selama 1 tahun.
  2. Kendaraan bermotor sedang tidak dalam keadaan ganti STNK merupakan syarat bayar pajak motor online lain yang harus dipenuhi.
  3. Kendaraan bermotor harus disertai dengan surat lengkap, seperti BPKB, KTP pemilik asli, dan STNK.
  4. Kendaraan bermotor sedang tidak dalam keadaan terlambat lebih dari 1 tahun.
  5. Syarat bayar pajak motor online yang terakhir adalah Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka, dan tersangkut kriminal.

Jika kelima syarat bayar pajak motor online di atas sudah terpenuhi maka sobat pun bisa membayar pajak motor via online. Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa meski beberapa syarat pembayaran pajak motor melalui online tersebut sudah terpenuhi, namun sobat juga harus tahu beberapa ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor online yang harus dipenuhi oleh si wajib pajak.

Cara Bayar Pajak Motor Online Dengan Benar

Ketentuan Penggunaan Pembayaran Pajak Motor Online

Di bawah ini penjelasan terkait beberapa ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor online yang harus dipenuhi oleh wajib pajak:

  1. Ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor online yang pertama yakni wajib pajak dengan data kepemilikan kendaraan yang sesuai dengan data di server Samsat daerah provinsi tertentu.
  2. Kendaraan tidak dalam status blokir atau blokir data kepemilikan.
  3. Wajib pajak wajib memiliki nomor telepon aktif yang bisa dihubungi.
  4. Wajib pajak harus memiliki nomor rekening tabungan maupun kartu ATM pada bank yang ditunjuk (setiap Samsat menunjuk bank berbeda-beda). Jika Anda tidak memiliki nomor rekening tabungan bank yang ditunjuk maka Anda dianggap tidak memenuhi ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor online.
  5. Kendaraan yang bisa didaftar ulang yaitu kendaraan yang NIK/Nomor KTP pemiliknya sama dengan yang terdaftar di server Samsat dan di rekening pada bank yang ditunjuk.
  6. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 tahun
  7. Tak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 tahun.
  8. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo
  9. Ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor online yang terakhir yakni wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan/badan sosial.

Ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor online di atas merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap wajib pajak jika akan membayar via online. Maka dari itu, cek dahulu kelengkapan data kepemilikan kendaraan bermotor kawan-kawan, apakah sudah memenuhi ketentuan di atas atau belum. Jika memang ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor online sudah terpenuhi, maka pembayaran pajak motor via online pun bisa sobat lakukan dengan beberapa tahapan cara bayar pajak motor online.

Cara Bayar Pajak Motor Online Dengan Mudah

Cara Bayar Pajak Motor Online

Nah, jika syarat dan ketentuan kendaraan maupun wajib pajak sudah terpenuhi maka selanjutnya kita akan bersama-sama mengulas bagaimana cara bayar pajak motor online. Berikut tahapan prosedurnya:

  1. Buka Situs e-Samsat

Nah, langkah pertama cara bayar pajak motor online yaitu sobat harus membuka situs e-samsat pada setiap provinsi. Di bawah ini daftar situs e-Samsat tiap-tiap provinsi:

  • Nangroe Aceh Darusalam dengan alamat: http://esamsataceh.com
  • DKI Jakarta dengan alamat : http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  • Jawa Barat dengan alamat : http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  • Jawa Tengah dengan alamat : http://dppad.jatengprov.go.id/
  • Jawa Timur dengan alamat : http://www.esamsat.jatimprov.go.id/

Namun, perlu diketahui juga bahwa layanan ini tidak berlaku untuk antar provinsi, misalkan anda tinggal di Surabaya dengan plat nomor Jakarta, sobat tentunya tidak bisa menggunakan layanan ini karena hanya melayani kota dalam provinsi tersebut.

  1. Isi Data Kendaraan

Jika sudah maka sobat hanya perlu mengisi data kendaraan.

  • Kota : Pilih kota kendaraan anda, jika plat motor anda Kediri, maka pilih Kediri.
  • Samsat : Setiap kota biasanya memiliki beberapa kantor samsat, pilih di samsat mana kendaraan anda dulu diurus.
  • Nopol : Masukkan nopol kendaraan anda (Nomor Plat Motor).
  • Kode : Tulis ulang kode captcha yang ada di kotak.
  • Terakhir kemudian sobat hanya tinggal klik “Cari”.

Pada tahapan cara bayar pajak motor online ini, perhatikan dan cermatlah dalam mengisi data. Apabila data yang dimasukkan benar maka sobat akan masuk halaman baru berupa data kendaraan yang sobat miliki, jumlah pajak yang harus dibayar dan denda misalkan pembayaran tersebut sudah melewati jatuh tempo pembayaran. Cek kembali data yang telah diisi. Nah, jika seluruh data sudah dirasa benar dan sesuai maka sobat akan menemukan kalimat, “Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?”. Klik kalimat tersebut.

  1. Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak Motor Online

Nah, sebelum sobat jauh membayar melalui mandiri internet banking, pada cara bayar pajak motor online tahapan ini sobat nantinya harus mengisi form kembali. Perlu diketahui bahwa form ini nantinya akan digunakan sebagai bukti untuk pengambilan nota pajak yang diserahkan ke Samsat kota di mana sobat tinggal. Berikut di bawah ini beberapa data yang harus sobat masukkan:

  • Kota : Masukkan kota di mana anda ingin mengambil nota pajak. Dalam kasus saya, karena saya sekarang tinggal di Surabaya, jadi saya masukkan kota Surabaya
  • Samsat : Pilih samsat terdekat dengan tempat tinggal anda
  • Bank : Pilih bank apa yang hendak kita gunakan untuk melakukan pembayaran
  • Layanan : Jika sobat menggunakan layanan internet banking, maka pilih internet banking
  • Kode Bayar : Untuk mendapatkan kode bayar, anda hanya perlu mengklik Pengajuan “Kode Bayar” yang terletak di sebelahnya. Apabila kode bayar sudah muncul, klik print.
  • Apabila sudah selesai nantinya kawan-kawan akan melihat kode bayar, jumlah uang yang wajib dibayarkan, dan alamat Samsat di mana nantinya sebagai tempat untuk mengambil nota pajaknya.
  1. Lakukan Proses Pembayaran Pajak Motor Online

Menginjak pada tahapan selanjutnya, sobat tinggal membayar besaran pajak melalui internet banking atau ATM maupun M Banking. Nah, menginjak pada tahapan dari cara bayar pajak motor online ini cukup mudah:

  • Pertama, buka menu Bayar > Multi Payment > Pilih Samsat yang sesuai dengan tempat tinggal sobat.
  • Selain itu, selalu ingat untuk memasukkan kode pembayaran di kolom bawah yang sudah sobat dapatkan dari pendaftaran web e-Samsat sebelumnya.
  • Kemudian klik ‘Lanjutkan” guna melakukan proses pembayaran. Sampai pada langkah ini nantinya akan ada bukti yang menunjukkan bahwa sobat telah melakukan proses pembayaran menggunakan internet banking.
  • Print out bukti pembayaran tersebut yang nantinya sebagai bukti sah untuk ditukar dengan nota pajak kendaraan anda yang baru.

Perlu diketahui bahwa batas waktu penukaran nota pajak ini hanya sampai 7 hari sejak print out bukti pembayaran. Maka, dalam cara bayar pajak motor online ini Mas Sena sangat menyarankan setelah print out maka hari itu juga sebaiknya sesegera mungkin ke kantor Samsat untuk mengambil nota pajaknya.

  1. Pengambilan Nota Pajak di Samsat

Menginjak langkah terakhir dari panduan cara bayar pajak motor online, kawan-kawan harus mengambil nota pajak di Samsat yang sudah Anda daftarkan di awal proses pembayaran sebelumnya. Perlu diingat bahwa pada tahapan ini, sobat harus membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran. Sampai di sini, panduan cara membayar pajak motor online sudah selesai. Cukup mudah bukan? Tanpa calo pun, kawan-kawan bisa membayar pajak motor online secara mandiri tanpa mengantri lama.

Lima cara bayar pajak motor online di atas harus sobat lakukan secara urut mengingat kelima langkah-langkah tersebut merupakan prosedur dalam proses pembayaran pajak motor via online. Namun, dari semua tahapan di atas, yang perlu diperhatikan yaitu pada langkah ke 2 sampai ke 4 dimana sobat harus mengisi form data dan proses pembayarannya. Lakukan dengan cermat dan hati-hati agar proses pembayaran kendaraan motor online ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Lengkap Bayar Pajak Motor Online

Bagaimana sob? Dengan kita tahu bagaimana prosedur cara bayar pajak motor online yang telah diuraikan di atas tentunya kawan-kawan Mas Sena tak perlu repot-repot mengantri untuk membayar pajak motor. Sayangnya, semua provinsi di Indonesia belum menerapkan prosedur pembayaran pajak online ini, hanya beberapa provinsi saja yang mayoritas berada di Pulau Jawa. Namun, bagi sobat yang tinggal di daerah atau provinsi yang sudah menerapkan pembayaran pajak motor via online maka langkah-langkah di atas bisa sobat jadikan panduan. Nah, sampai di sini dulu perjumpaan kita ya sob. Mudah-mudahan informasi mengenai cara bayar pajak motor online beserta syarat-syarat maupun ketentuannya tersebut bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Membuat Knalpot Standar Menjadi Racing dan Cara Menghilangkan Kerak pada Motor.

Top