Harga Chevrolet Spark, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Chevrolet Spark dan Spesifikasi – Chevrolet tampaknya tak sabar ingin meluncurkan produk terbaru di pasar otomotif Indonesia pada awal tahun 2017 ini, salah satunya yaitu Chevrolet Spark. City car garapan pabrik asal Amerika ini resmi diluncurkan pada 23 Februari 2017 di Jakarta bersamaan dengan diluncurkannya pula Trax dan Trailblazer. Tapi, pada ulasan kali ini Mas Sena akan fokus pada pembahasan mengenai spesifikasi dari Chevrolet Spark. Mobil mungil ini memang dihadirkan di Indonesia untuk menunjang aktivitas pengguna di perkotaan yang padat, seperti di Jakarta. Selain itu, hatchback ini pun merupakan generasi penerus dari pendahulunya yang sebelumnya resmi dirilis pada tahun 2015 silam. Tentu, sebagai generasi terbaru maka Chevrolet telah membekali Chevrolet Spark ini dengan tampilan eksterior yang lebih memukau dan berbekal fitur-fitur yang lebih canggih. Maka, tak heran jika simungil ini pun nantinya bakal menjadi salah satu mobil andalan pabrik asal Negeri Paman Sam dalam bersaing di kancah pasar otomotif nasional. Bahkan, sepertinya harga jual Chevrolet Spark ini pun nantinya dibanderol dengan nominal yang cukup terjangkau. Semakin menarik bukan?

Chevrolet Spark

Chevrolet Spark

Berkaitan dengan spesifikasi yang dibawa oleh Chevrolet Spark, seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa mobil ini akan hadir dengan segudang keunggulan. Hal tersebut tak terelakkan mengingat mobil ini akan membawa fitur keselamatan terbaik, mesin yang responsif namun hemat bahan bakar, konektivitas terbaik, serta interior yang lapang dan fleksibel terbungkus dalam desain eksterior stylish yang ramping untuk gang atau tempat parkir yang sempit sekalipun. Desain Chevrolet Spark ini akan mengusung desain baru yang lebih aerodinamis dan memukau pada setiap sisi bodinya. Kemudian interiornya pun juga tak kalah menariknya di mana Chevrolet akan melengkapinya dengan beragam fitur unggulan yang begitu canggih dan fungsional. Di sektor mesin pacunya pun, Chevrolet Spark ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 1.4 liter Ecotec yang sudah tentu bakal mampu menyemburkan tenaga yang cukup mumpuni. Dengan kelebihan tersebut pastinya tak mustahil jika akan banyak konsumen yang kepincut dengan city car mungil ini. Nah, untuk tahu lebih jelasnya, kali ini kita akan mengulas spesifikasi dan harga Chevrolet Spark yang tersaji pada beberapa segmen di bawah ini. Yuk, kita simak ulasannya.

Mobil Chevrolet Spark

Review Chevrolet Spark

Eksterior

Hatchback Unik dengan Konsep Desain Aerodinamis yang Tampak Mewah dan Memukau

Sebagai langkah awal pada ulasan ini, Mas Sena akan memulainya dengan mengulas spesifikasi Chevrolet Spark ini dari sektor eksteriornya.  Mobil mungil ini memang hadir dengan desain yang baru lebih aerodinamis untuk memberikan kesan yang lebih elegan dan mewah sehingga mampu memikat para calon konsumen. Hal itu bisa dilihat dari sisi depan dimana tampak head lamp yang didesain berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu dengan bentuk yang tampak lebih menyipit bagaikan mata tajam yang memandang. Tak hanya itu saja, Chevrolet Spark ini pun juga akan dibekali dengan Projector Headlamp dan LED Daytime Running Lights serta desain single arc roofline yang memberikan kesan sporty dan dinamis. Selain itu, Dual Port Grille pun juga tampak lebih besar lengkap dengan fog lamp yang tersematkan pada bagian samping kanan kiri yang semakin membuat tampilan dari Chevrolet Spark ini begitu mewah dan elegan. Kemudian, pada sisi sampingnya pun juga tampak bodi yang dilengkapi beberapa lekukan atau garis tegas yang begitu berotot dengan handle door terbaru. Sehingga, selain mampu menampilkan kesan mewah, Chevrolet Spark ini pun juga tampak begitu sporty. Tak sampai di situ, pada bagian belakang pun juga tak kalah menarik di mana hatchback ini akan dibekali dengan stop lamp simple namun tampak mewah. Selain itu, stop lamp ini pun juga bakal mampu memberikan penerangan yang cukup baik kepada pengendaranya. Maka, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Chevrolet Spark pada bagian eksterior ini memang menyuguhkan tampilan yang begitu mewah dan memukau.

Spesifikasi Chevrolet Spark

Interior

Sektor Interior Berkelas Lengkap dengan Beragam Fitur Canggih

Setelah tahu sisi eksteriornya, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas sektor interior dari spesifikasi Chevrolet Spark. Tampaknya, pada bagian ini tak kalah menariknya juga dengan sektor eksteriornya. Hal itu bisa dilihat dari berbagai sektor yang tersematkan pada bagian ruang kabinnya ini. Pertama pada sektor dashboard yang mengusung desain mewah dengan sentuhan Piano Black accents dan Ice Blue Ambience Lighting yang semakin memperkuat kesan mewah pada sisi interior dari Chevrolet Spark ini. Selain itu, pada sektor dashboard tersebut juga dilengkapi dengan meter cluster dengan balutan krom khusus mudah dibaca. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur Multi Information Display yang akan mampu memberikan informasi terkait beragam status penting kendaraan bagi pengemudi. Kemudian, tak ketinggalan juga untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara maka Chevrolet Spark ini akan dibekali fitur canggih, yaitu fitur Chevrolet MyLink yang sudah terintegrasi dengan smartphone. Selain itu, 7″ MyLink Multimedia system with Screen Mirroring sehingga akan mempermudah pengguna dalam mengoperasikan beragam fitur yang ditampilkan pada layar tersebut. Selain itu, perjalanan pun akan terasa semakin menyenangkan dengan alunan Hi Quality sound system with 6-speakers (4-speakers + 2-tweeters) yang tersemat pada Chevrolet Spark sehingga akan memberikan suara yang super mantap. Tak sampai di situ saja, untuk joknya sendiri akan dihadirkan dengan balutan bahan fabric berkualitas tinggi dalam aksen hitam yang sporty dan mewah sehingga akan membuat setiap penumpang merasa nyaman ketika duduk. Bahkan, ruang kabinnya pun cukup luas sehingga mampu menampung kapasitas hingga 5 orang sekaligus. Dengan ruang kabin dari spesifikasi Chevrolet Spark yang cukup luas tersebut maka akan memberikan ruang gerak yang lebih lega kepada penggunanya.

Spesifikasi Mobil Chevrolet Spark

Dimensi

Dimensi Mungil dengan Sokongan Kaki-Kaki yang Kuat

separator

Menginjak pada pembahasan berikutnya ini, kita akan bersama-sama mengulas dimensi dan sektor kaki-kaki dari spesifikasi Chevrolet Spark. Dihadirkan sebagai kendaraan hatchback yang memiliki ketangguhan untuk menunjang aktivitas pengguna di perkotaan yang padat maka tak heran jika pada bagian fisiknya mobil ini memiliki dimensi yang pastinya cukup pas. Hal itu bisa dilihat dari ukuran dimensinya di mana Chevrolet Spark ini memiliki ukuran dengan panjang 3.636 mm, lebarnya 1/595 mm, dan tingginya 1.476 mm dengan jaran sumbu rodanya mencapai 2.385 mm. Dengan kita tahu ukuran dimensi tersebut maka wajar jika hatchback ini terbilang cukup mungil bahkan hanya berbobot 2.750 Kg saja untuk sekelas mobil hatchback. Tak sampai di situ saja, Chevrolet Spark ini juga akan dibekali kapasitas tangki bahan bakar hingga 32 liter yang bisa dijadikan bekal bahan bakar ketika akan dikendarai menempuh jarak jauh. Selain itu, untuk ground clearance memiliki ukuran setinggi 159 mm. Dengan ukuran ground clearance yang dimiliki Chevrolet Spark tersebut maka akan membuat pengemudi lebih mudah dalam mengendarai mobil ini di medan apapun. Tak sampai disitu saja, untuk mendukung keseimbangan maka Chevrolet telah membekali mobil buatannya ini dengan suspensi kokoh, yaitu McPherson strut with Coil Springs untuk bagian depan. Sementara itu, untuk bagian belakangnya Chevrolet Spark akan menggunakan suspensi tipe Compound Crank with Coil Springs. Nah, dengan adanya dua suspensi tersebut maka penumpang akan merasa lebih nyaman meski melewati jalan yang kurang rata atau bergelombang. Bahkan, untuk mendukung kaki-kakinya tersebut maka Chevrolet telah membekali mobil mungi bernama Chevrolet Spark ini dengan velg berdiameter 14 inci Alluminium Alloy. Kemudian, guna menunjang kontrol laju dari mobil ini maka Chevrolet telah membekalinya dengan pengereman cakram/disc pada bagian depan dan Disc/Drum di bagian belakang di mana keduanya akan mampu memberikan sistem pengereman yang sempurna pada spesifikasi Chevrolet Spark.

Review Chevrolet Spark

Mesin

City Car Berbekal Mesin Ecotec 1.4 Liter Berikan Tenaga yang Handal

Nah, kini waktunya Mas Sena beralih pada bagian dalam, tepatnya pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Chevrolet Spark. Adapun untuk mesin yang digunakan adalah tipe mesin ECOTEC 1.4 Liter dengan 4 Silinder 16 katup. Mesin ini dinilai cukup responsif untuk setiap pijakan pada pedal. Sementara itu, untuk tenaga yang dihasilkannya juga terbilang gahar, di mana mesin yang disematkan pada Chevrolet Spark ini bisa menghasilkan power sampai 98 Ps per putaran 6.200 rpm dan maksimum torsi hingga 124 Nm pada putaran ke 4.400 rpm. Jika melihat hasilkan tenaga tersebut, tampaknya semburan tenaga dari mesin tersebut cukup gahar dan handal. Sementara itu di sisi lain, untuk memberikan suplai bahan bakar maka Chevrolet mengusung teknologi Multi Point Fuel Injection yang mampu hasilkan efisensi bahan bakar untuk Chevrolet Spark ini menjadi lebih irit dengan perbandingan kompresi 10.5 : 1. Di sisi lain, tenaga dari mesin tersebut kan dikawinkan melalui sistem transmisi Continuously Variable Transmission with Auxiliary Gearbox yang akan membuat perpindahan giginya menjadi lebih terasa lembut dan optimal. Maka, wajar jika spesifikasi Chevrolet Spark pada mesin pacunya ini bakal menjadi salah satu sektor yang diandalkan.

Harga Mobil Chevrolet Spark

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih

Selain memiliki keunggulan dalam mesin, spesifikasi Chevrolet Spark ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih berteknologi tinggi. Beberapa fitur tersebut tentunya ditujukan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Pertama, untuk keselamatan para penumpang dan pengemudinya mobil ini mengandalkan SRS Airbags pada sektor Driver dan Front Passenger. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara maka Chevrolet Spark pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, antara lain Audio System MyLink Multimedia System yang terintegrasi pada layar touchscreen 7 inci. Tak sampai disitu saja, pada sistem audio yang tersemat pada Chevrolet Spark tersebut juga sudah terintegrasi dengan smartphone Android Auto dan Apple CarPlay sehingga pengguna pun bisa memainkan musik kesukaan, MP3 melalui smartphone. Kemudian, untuk memberikan kemudahan dalam kontrol laju kecepatan dari mobil ini maka hatchback ini pun akan dibekali dengan sistem pengereman Disc dan Drum. Meski belum menggunakan ABS namun kedua rem yang disematkan pada spesifikasi Chevrolet Spark tersebut dirasa sudah cukup untuk memberikan hasil pengereman yang sempurna.

Video Chevrolet Spark

Berikut ini adalah official video Chevrolet Spark yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Chevrolet ini:

Spesifikasi Chevrolet Spark

Mesin
Tipe 1.4 L, DOHC, 16 valve, 4 CYL
Kapasitas 1,399 cc
Diameter x Langkah 74 x 81.3 mm
Rasio Kompresi 10.5 : 1
Tenaga Maksimal 98 PS / 6,200 rpm
Torsi Maksimal 124 Nm / 4,400 rpm
Suplai Bahan Bakar Multi Point Injection
Transmisi Continuously Variable Transmission with Auxiliary Gearbox
Dimensi
P x L x T 3,636 x 1,595 x 1,476 mm
Jarak Sumbu Roda 2,385 mm
Front Overhang 730 mm
Rear Overhang  520 mm
Jarak Terendah 159 mm
Berat  2,023 kg
Kapasitas Tangki  32 l
Kaki-kaki
Suspensi Depan McPherson strut with Coil Springs
Suspensi Belakang Compound Crank with Coil Springs
Rem Depan  Disc
Rem Belakang Drum
Velg 14″ Alluminum Alloy
Fitur
Keamanan & Keselamatan • 3 Points ELR, Load Limiter Front Seat Belt
• 3 Points ELR x 3 Rear Seat Belt
• ISOFIX
• Driver + Front Passenger SRS Airbags
• Electronic Stability
• Immobilizer
• Hill Start Assist
Kenyamanan • Fabric Seat Material
• Manual Air Conditioner with Cabin Filter
• Steering Wheel with Audio & Phone Controls
• 7″ MyLink Multimedia system with Screen Mirroring Audio System
• Android Auto & Apple CarPlay ready
• Bluetooth
• USB/AUX
• Sliding and Reclining Driver Seat
• Sliding and Reclining Co-Driver Seat
• 60/40 Flat folding 2nd Row Seat
• Auto up/down on drivers Power Windows
• Advanced MID

Harga Chevrolet Spark

Setelah kita puas mengulas spesifikasinya, pada segmen berikutnya ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas harga Chevrolet Spark. Tapi tunggu dulu, sebelum jauh mengetahui berapa nominal angka untuk memboyong mobil ini, Mas Sena akan terlebih dahulu menyimpulkan mengenai spesifikasi yang dibawanya yang sudah di terangka di beberapa segmen diatas. Perlu diketahui bahwa Chevrolet Spark ini merupakan city car yang dihadirkan dengan tampilan eksterior lebih baru dan menawan pada setiap sisi bodinya. Begitu pula dengan sektor interiornya yang dilengkapi dengan beragam fitur unggulan serta jok berbahan fabric yang akan semakin membuat setiap penumpang semakin betah tinggal di dalam ruang kabin. Namun, segala fitur tersebut tidak akan membuat harga Chevrolet Spark ini menjadi setinggi langit. Pada dapur pacunya pun juga tak perlu dipertanyakan kegaharannya di mana dengan berbekal mesin berkapasitas 1.4 Liter dan berteknologi ECOTEC tentu bakal mampu menyemburkan tenaga yang begitu maksimal. Tak sampai di situ, fitur-fitur lain pun juga turut disematkan untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan. Nah, dengan kelebihan tersebut kira-kira berapa ya harga Chevrolet Spark ini?

Harga Chevrolet Spark

Harga Chevrolet Spark Terbaru

Nah, berkaitan dengan harga Chevrolet Spark, tampaknya untuk memboyong mobil hatchback mungil ini bakal dibanderol dengan nominal angka yang cukup terjangkau. Pasalnya, bersamaan dengan peluncurannya pada 23 Februari 2017 lalu, Generals Motors (GM) Indonesia selaku pemegang merk dan distribusi Chevrolet di Indonesia mengatakan bahwa harga Chevrolet Spark akan dibanderol seharga Rp 196 juta. Selain itu, mobil mungil ini juga akan ditawarkan dengan 7 warna berbeda yang bisa dipilih sesuai selera, antara lain Pull Me Over Red, Black Meer Kettle Metallic, Summit White, Switchblade Silver Metallic, Splash Blue Metallic, Mint My Mind, dan Mystic Violet Metallic. Dari seluruh warna yang ditawarkan Chevrolet Spark tersebut, diketahui tak akan mempengaruhi fluktuasi harganya. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri baginya untuk menggaet calon konsumennya. Apalagi banyaknya varian warna yang ditawarkan tersebut dapat dipilih sesuai selera konsumen. Nah dengan harga Chevrolet Spark yang cukup terjangkau, siapkah sobat untuk memboyongnya?

Harga Chevrolet Spark
Rp. 196.000.000,- (OTR Jakarta)

Catatan : 

  • Harga mobil Chevrolet Spark diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Chevrolet Spark

Namun, hal yang perlu untuk diketahui bahwa harga Chevrolet Spark di atas berstatus On The Road (OTR) untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, beda daerah maka harganya pun juga akan berbeda dengan nominal angka yang sedikit lebih mahal dari OTR di Jakarta. Terlepas dari itu, kehadiran Chevrolet Spark ini pun diklaim bakal menjadi salah satu pesaing berat bagi beberapa mobil besutan produsen lain, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Mazda 2, Kia Rio dan Hyundai i20. Tentunya persaingan di segmen hatchback akan semakin ketat. Tetapi, semua tergantung dari pilihan dan selera konsumen masing-masing. Namun dengan harga Chevrolet Spark yang tergolong terjangkau tersebut, bukan tidak mungkin jika nantinya mobil mungil ini mampu untuk bersaing dengan para kompetitornya tersebut di segmen yang sama. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Chevrolet Spark yang telah Mas Sena sampaikan di atas. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa. Jangan lupa baca juga ulasan mengenai Chevrolet Trax dan Toyota Yaris.

Top