Harga Ducati Scrambler 1100, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2017

Harga Ducati Scrambler 1100 dan Spesifikasi – Salah satu big bike garapan pabrik Italia yang bernama Ducati Scrambler 1100, kabarnya siap meluncur di ajang EICMA 2017. Kabar peluncuran motor gagah bergaya Scrambler ini memang cukup mampu mencuri perhatian. Apalagi, meski ajang EICMA 2017 belum juga digelar namun sampai detik ini pun terdeteksi sudah banyak bocoran gambar mengenai motor gede Ducati Scrambler 1100 yang siap diluncurkan pada Maret 2018 mendatang tersebut. Maka dari itu, tak heran jika kini banyak para konglomerat pecinta motor Scrambler pun turut serta menantikan kehadiran big bike buatan pabrik Ducati tersebut. Belum lagi, menurut beberapa bocoran pun dikatakan bahwa Ducati Scrambler 1100 ini akan hadir dengan penawaran unggulan berupa mesin berkapasitas 1.079 cc L-twin dengan pendingin udara yang mana mesin tersebut juga turut dibenamkan pada seri Monster 1100 Evo. Di samping itu, Ducati juga akan memperkenalkan motor ini dengan tiga varian, yakni standar, spesial, dan sport yang sama memiliki keunggulan tersendiri. Lantas apa saja ya kelebihan dari Ducati Scrambler 1100 ini?

Ducati Scrambler 1100

Memang, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa meski ajang EIMCA 2017 belum digelar namun bocoran foto Ducati Scrambler 1100 versi 2018 ini justru sudah bertebaran di media sosial sehingga membuat wujud motor anyar garapan pabrik yang bermarkas di Borgo Panigale ini kian diketahui banyak orang. Terkait hal tersebut, dari sisi desainnya saja tampak bahwa motor ini pun juga akan mengusung gaya desain elegan dan dengan konsep moge ala Scrambler yang begitu gagah dan berwibawa. Tentu saja, hal ini akan menjadi perhatian dari Ducati Scrambler 1100 ini yang mampu menarik para calon konsumennya. Sementara itu, walaupun detail spesifikasi pada mesin pacunya masih belum diketahui secara jelas namun banyak yang berspekulasi bahwa kasta tertinggi dari model scrambler buatan pabrik Ducati ini akan menganut regulasi Euro 4 dan tenaga yang diusung Ducati Scrambler 1100 ini diperkirakan masih di bawah 100 Hp berkat mesin berkapasitas 1.079 cc L-twin. Nah, sampai di sini tentunya teman-teman sudah pada penasaran bukan ingin tahu lebih detail dari motor ini bukan? Untuk itu, simak saja ulasan spesifikasi dan harga Ducati Scrambler 1100 Mas Sena pada review yang tersaji di bawah ini!

Motor Ducati Scrambler 1100

Review Ducati Scrambler 1100

Desain

Big Bike Modern Bergaya Scrambler Tampilkan Kesan Gagah dan Elegan

Di awal ulasan kali ini, pertama-tama kita akan mengulas pada bagian terluarnya, atau lebih tepatnya di sektor eksterior fisik dari spesifikasi Ducati Scrambler 1100. Menurut beberapa bocoran yang beredar, tampilan fisik dari moge buatan Ducati ini memang sepintas mirip dengan versi Monster 1100 EVO yang sangat kental dengan konsep big bike bergaya Scrambler. Bahkan, kesan yang muncul dari tampilan motor Ducati Scrambler 1100 ini pun bisa dilihat dari setiap sisi bodi luarnya. Dari bagian depan saja sudah jelas di mana berdasarkan bocoran foto yang beredar, motor Scrambler buatan pabrik asal Negeri Pizza ini akan membawa desain headlamp Halogen with LED light guide bergaya retro-modern berbentuk bulat yang tentu akan mengesankan keganasan dari Ducati Scrambler 1100 itu sendiri. Di sektor lain, pada bagian bodi sampingnya pun tampak jelas membawa tangki bahan bakar khas motor Scrambler yang memiliki ruang kapasitas hingga 15 liter. Sehingga, dengan bekalan kapasitas tangki pada Ducati Scrambler tersebut maka pengendara Ducati Scrambler 1100 ini tak perlu bolak balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar mengingat kapasitas tersebut dirasa sudah cukup sebagai bekal untuk menempuh perjalanan jauh. Nah, selain tangki bahan bakar, sedikit mundur ke belakang terlihat bagaimana motor ini membawa desain jok retro klasik dengan bentuk yang menyatu dan memanjang antara jok pengemudi dan penumpangnya. Bahkan, menariknya di bagian bawah jok Ducati Scrambler 1100 ini terdapat dual knalpot bergaya khas café racer tipe 2-1-2 system with catalytic converter and 2 lambda probes yang siap menyemburkan dentuman suara yang begitu menggelegar dan mantap namun tak membuat berisik. Sementara itu, dua velg sporty Alloy Wheels berdiameter 18 inci dan 17 inci pun juga turut serta menghias penampilan Ducati Scrambler 1100 ini menjadi sangat memukau. Nah, beranjak ke sektor belakang, keunikan tampilan dari Ducati Scrambler kembali tampak jelas berkat stoplamp LED minimalis namun bergaya modern terhias dengan dua lampu sein dan dua lubang knalpot yang membuat penampilan pada sektor eksterior dari spesifikasi Ducati Scrambler 1100 ini menjadi kian tampak gagah dan garang.

Spesifikasi Ducati Scrambler 1100

Speedometer

Membawa Speedometer Unik dan Bergaya Ala Motor Scrambler Series

Masih di sektor luarnya, kini Mas Sena akan mengulas bagian speedometer atau panel indikator dari spesifikasi Ducati Scrambler 1100. Sekilas, pada bagian speedometer yang dibawa big bike ini memang terlihat sangat unik dan menarik. Pasalnya, gaya speedometer yang disematkan pada moge buatan Ducati ini sangat kentara dengan konsep kemodernan. Di mana, kali ini dengan jelas terlihat bagaimana moge bertajuk Ducati Scrambler 1100 ini membawa desain speedometer berpanel full digital dengan dua tampilan panel di mana akan menampilkan beberapa informasi mengenai kondisi motor yang tengah dikendarai di jalanan. Beberapa informasi dari speedometer yang diusung motor tersebut pun antara lain seperti jarak tempuh/range, kecepatan, rpm, posisi gear, indikator bahan bakar, dan indikator oli. Sedangkan, pada panel yang terpasang manis di bagian kiri dari Ducati Scrambler 1100 atau tepian menu panel utama juga akan memperlihatkan informasi mengenai kecepatan tempuh, odometer, dan jam digital. Tentu saja, dengan segala fasilitas berupa fitur-fitur yang disematkan pada setiap lini spesifikasi Ducati Scrambler 1100 tersebut dipastikan akan membuatnya menjadi moge atau big bike modern.

Spesifikasi Motor Ducati Scrambler 1100

Dimensi

Dibangun Atas Rangka Kuat dan Dimensi yang Pas nan Kokoh

Secara bertahap, menginjak pada segmen kali ini Mas Sena akan mengupas bagian dimensi dari spesifikasi Ducati Scrambler 1100. Sebagaimana dengan yang sudah kita bahas di atas, memang jelas bahwa sisi eksterior pada moge buatan Ducati ini terkesan bongsor dan besar. Tampaknya kesan tersebut memang tak bisa lepas dari sisi dimensi yang diusung motor ini. Di mana, motor Scrambler asal Italia ini dibangun dengan struktur dimensi Tubullar Steel Trellis Frame yang berukuran 2190 mm, lebarnya 895 mm, tinggi 1330 mm, dengan jarak sumbu roda 1514 mm. Melihat ukuran dimensi dari Ducati Scrambler 1100 tersebut maka sudah jelas dan wajar jika moge ini memang terkesan bongsor dan besar. Namun, di sisi lain, motor ini sendiri akan menganut konsep dimensi yang ramah. Pasalnya, tinggi tempat duduk dari motor Ducati Scrambler 1100 ini sendiri dibuat setinggi 810 mm yang mana cukup pas untuk postur tubuh rata-rata konsumen. Hanya saja, bagi konsumen atau pengendara yang memiliki postur tubuh pas-pasan kemungkinan akan kesulitan untuk mengendalikan besarnya bodi dari motor ini, apalagi ketika berhenti di lampu merah atau saat akan parkir. Di sisi lain, motor gagah Ducati Scrambler 1100 ini pun juga telah membawa tangki bahan bakar yang berkapasitas 15 liter yang cukup dijadikan sebagai bekal untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa dimensi pada spesifikasi Ducati Scrambler 1100 ini terbilang sudah cukup ideal untuk sekelas motor scrambler.

Review Ducati Scrambler 1100

Suspensi

Disokong Suspensi Gagah dengan Rem ABS Handal

Masih berkaitan dengan dimensi, tak lupa juga bahwa pada spesifikasi Ducati Scrambler 1100 juga dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh. Bukan tanpa alasan mengingat kaki-kaki yang diusung motor ini akan mengandalkan suspensi tangguh di kedua sisi, baik sisi depan maupun belakang. Di mana, untuk sisi depan, Ducati Scrambler 1100 akan mengandalkan tipe suspensi Marzocchi fully adjustable Ø45 mm USD fork. Sedangkan, pada sisi belakang menggunakan tipe suspensi Kayaba monoshock, pre-load and rebound adjustable. Sehingga, dipastikan keseimbangan dalam berkendara pun akan terasa. Tak hanya itu saja, Ducati Scrambler 1100 akan dibekali dengan velg Light Alloy 17 inci di bagian belakang dan 18 inci untuk bagian depan. Menariknya, kedua velg yang dibawa motor scrambler tersebut akan terbalut ban Pirelli MT 60 RS yang memiliki kualitas unggul, terutama daya cengkraman ke medan jalan yang kuat sehingga tak mudah terpeleset. Di sisi lain, Ducati Scrambler 1100 pun juga dilengkapi dengan rem Brembo Monobloc Axial Pump 320 mm untuk bagian depan dan rem belakang berupa Disc 245 mm 1 Piston Floating Calliper. Menariknya, keduanya sudah dilengkapi dengan teknologi rem ABS System yang dipastikan bakal membuat pengereman menjadi lebih maksimal. Tentu saja, bisa dipastikan bahwa sektor kaki-kaki pada spesifikasi Ducati Scrambler 1100 ini terbilang sudah cukup mumpuni.

Harga Motor Ducati Scrambler 1100

Mesin

Dipersenjatai Mesin L-Twin 1079 cc Hasilkan Performa Handal dan Mumpuni

Nah, kini waktunya kita mengulas sektor dapur pacu pada spesifikasi Ducati Scrambler 1100. Oke, langsung saja bahwa moge garapan pabrik yang bermarkas di Negeri Pizza ini memang bakal dibekali dengan permesinan tangguh dan super canggih. Benar saja, diketahui bahwa motor ini akan dibekali dengan mesin tipe L-Twin 2 silinder yang berkapasitas berpendingin udara dan berkapasitas 1079 cc. Di mana, dengan bekalan mesin tersebut, Ducati Scrambler 1100 ini diklaim sanggup menyemburkan power maksimal hingga 86 Hp per 7500 rpm dan torsi maksimum hingga 88 Nm per 4750 rpm. Tenaga yang besar yang dihasilkan sektor ruang pacunya tersebut juga tak lepas dari sistem transmisi 6 percepatan dengan kopling hidrolik. Dengan begitu maka hasilan power pun akan membuat motor Scrambler ini mampu melaju dengan kencang. Apalagi sektor mesin dari Ducati Scrambler 1100 ini sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic fuel injection, Ø55 mm throttle body with full Ride by Wire (RbW) yang akan menghemat bahan bakar dengan rasio kompresi 11.0:1. Dengan begitu maka tak heran jika sektor dapur pacu pada spesifikasi Ducati Scrambler 1100 ini menjadi salah satu bagian yang diunggulkan.

Fitur

Moge Tangguh dengan Fitur Unggulan nan Canggih

Selain memiliki performa handal, nyatanya pada spesifikasi Ducati Scrambler 1100 ini juga telah dibekali dengan berbagai macam fitur menarik. Beberapa di antaranya seperti pengereman ABS yang siap memberikan kualitas pengereman lebih optimal dan aman. Selain itu, fitur canggih yang diusung oleh Ducati Scrambler 1100 ini yaitu beberapa mode berkendara, yakni Activam journey dan city dengan fitur Ducati Traction Control. Sehingga, pengendara bisa menyesuaikan mode berkendara sesuai kebutuhan. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan motor ini pun juga telah dilengkapi dengan speedometer full digital yang begitu informatif dalam menampilkan beberapa informasi seputar kondisi kendaraan. Tak cukup sampai di situ saja, pada sektor ruang pacu dari Ducati Scrambler 1100 ini pun juga sudah dipersenjatai dengan sistem injeksi yang berupa Electronic fuel injection, Ø55 mm throttle body with full Ride by Wire (RbW). Di mana, sistem ini dipastikan bakal memberikan hasil konsumsi bahan bakar yang lebih efektif dan efisien. Pastinya, dengan segala kecanggihan fitur-fitur yang diusung spesifikasi Ducati Scrambler 1100 tersebut maka tak heran apabila harga jualnya tak akan dibanderol dengan harga yang murah.

Spesifikasi Ducati Scrambler 1100

Mesin
Tipe Mesin L-Twin, Desmodromic distribution, 2 valves per cylinder, air cooled
Kapasitas 1079 cc
Tenaga Maksimal 86 HP @ 7500 rpm
Torsi Maksimal 88 Nm @ 4750 rpm
Suplai Bahan Bakar Electronic fuel injection, Ø55 mm throttle body with full Ride by Wire (RbW)
Rasio Kompresi 11.0:1
Clutch Light action, wet, multiplate clutch with hydraulic control. Self-servo action on drive, slipper action on over-run
Transmisi Manual 6 Percepatan
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Dimensi
Panjang 2190 mm
Lebar 895 mm
Tinggi 1330 mm
Tinggi Jok 810 mm
Jarak Sumbu Roda  1514 mm
Berat 189 kg
Kapasitas Tangki  15 liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Tubular steel Trellis frame
Suspensi Depan Marzocchi fully adjustable Ø45 mm USD fork
Suspensi Belakang Kayaba monoshock, pre-load and rebound adjustable
Rem Depan 2 x Ø320 mm semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobloc M4.32 callipers, 4-piston, axial pump with Bosch Cornering ABS
Rem Belakang Ø245 mm disc, 1-piston floating calliper with Bosch Cornering ABS
Ban Depan Pirelli MT 60 RS 120/80 ZR18
Ban Belakang Pirelli MT 60 RS 180/55 ZR17

Harga Ducati Scrambler 1100

Selesai sudah ulasan mengenai keunggulan pada spesifikasinya dan sekarang waktunya kita untuk menyoal harga Ducati Scrambler 1100. Sebagaimana dengan penjelasan di atas, memang jelas sudah bahwa motor scrambler ini memang diluncurkan sebagai salah satu bentuk penyempurnaan dari Scrambler Series sehingga tak heran jika spesifikasi yang dibawanya terbilang sangat mumpuni. Apalagi, pada bagian ruang pacunya pun Ducati Scrambler 1100 juga sudah dibekali dengan mesin 1079 cc L-Twin yang siap memberikan hasil semburan power maksimum. Tentu saja, hal tersebut bakal berdampak pada harga Ducati Scrambler 1100 ini. Di samping itu, beberapa fitur canggih pun juga sudah disematkan pada moge ini sebagai pelengkap untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Pastinya, pada segmen ini teman-teman sudah pada bertanya-tanya, kira-kira berapa sih kisaran banderol harga Ducati Scrambler 1100 ini?

Harga Ducati Scrambler 1100

Harga Ducati Scrambler 1100 Terbaru

Mengacu atas sumber terpercaya, dikatakan bahwa soal harga Ducati Scrambler 1100 tampaknya masih menjadi misteri. Bukan tanpa alasan mengingat pihak pabrikan sendiri masih membeberkan berapa banderol untuk memboyong motor ini. Namun, yang jelas dan sudah pasti diketahui bahwa kisaran harga Ducati Scrambler 1100 akan diperkirakan mencapai Rp 100 jutaan. Di mana, angka untuk memboyong moge khas Scrambler tersebut terbilang sangat fantastis dan mewajibkan para calon konsumen untuk merogoh kocek dalam-dalam saat ingin membeli di perawatan peluncuran resminya nanti. Dengan demikian maka tak heran jika harga Ducati Scrambler 1100 ini bakal dibanderol dengan angka yang cukup fantastis.

Harga Ducati Scrambler 1100
Rp. 100.000.000,- (Perkiraan)

Catatan : 

  • Harga motor Ducati Scrambler 1100 di atas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Ducati Scrambler 1100

Nah, tak berbeda jauh dengan penjelasan di atas, memang harga Ducati Scrambler 1100 tersebut masih merupakan banderol prediksi semata. Sehingga, saat peluncurannya nanti, harga dari moge gagah ini bisa lebih mahal atau bahkan bisa jadi lebih terjangkau. Di sisi lain, apabila kita membandingkan antara harga Ducati Scrambler 1100 dan spesifikasi di atas, tentunya bisa dikatakan bahwa motor Scrambler ini memang dihadirkan untuk menunjang keinginan para konsumen akan sebuah motor gagah khas retro-modern. Di sisi lain, kehadiran motor ini juga seolah menjawab keinginan pecinta otomotif saat ini yang cenderung menginginkan motor-motor bergaya seperti Ducati Scrambler 1100 tersebut. Sepertinya sampai di sini dulu perjumpaan kita ya kawan. Semoga, ulasan review mengenai spesifikasi dan harga Ducati Scrambler 1100 di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai Kawasaki W175 dan Triumph Bonneville T100.

Top