Harga Ducati Scrambler Full Throttle, Review, Spesifikasi & Gambar Juni 2019

Harga Ducati Scrambler Full Throttle dan Spesifikasi – Berdiri di atas PT Cakra Motor Sports selaku APM Ducati di Indonesia, 4 varian Scrambler Series secara resmi pun diluncurkan di Tanah Air. Antara lain Ducati Scrambler Icon, Dessert Sled, Full Throttle, dan Café Racer. Keempatnya hadir sebagai moge bergaya retro klasik modern. Namun, dalam pembahasan kali ini, Mas Sena tak akan mengulas kempat-empatnya, melainkan akan terfokus untuk membahas spesifikasi dan fitur dari Ducati Scrambler Full Throttle. Dimana varian yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bekalan spesifikasi yang sangat handal dengan pengembangan fitur yang jauh lebih fungsional. Tentu saja, tak heran jika nantinya moge varian ini akan mampu menarik perhatian para konsumen. Kira-kira apa saja ya kelebihan yang ditawarkan Ducati Scrambler Full Throttle ini?

Ducati Scrambler Full Throttle

Sebagaimana dengan beberapa kabar otomotif, disebutkan bahwa Ducati Scrambler Full Throttle ini merupakan varian ini terinspirasi dari Flat Track Scrambler yang dikendarai Frankie Garcia di 2018 American Super Hooligan Championship. Dengan warna tangki hitam kuning, bagian belakang yang serba baru dilengkapi kursi khusus dan plat nomor berbingkai putih. Di sisi lain, moge ini dikatakan memiliki nuansa Dirt Track yang sangat kental. Stang rendah – ringan dan ergonomis – spatbor depan kokoh dan knalpot dual-peredam, menambah nilai khas dari Ducati Scrambler Full Throttle. Belum lagi dengan bekalan mesinnya yang sangat handal dengan mengusung tipe L-Twin berkapasitas 803 cc. Apalagi, dilengkapi pula dengan berbagai macam fitur handal dan fungsional untuk menjamin kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Nah, untuk mengenal lebih jauh soal moge ini, berikut Mas Sena akan membeberkan review mengenai spesifikasi dan harga Ducati Scrambler Full Throttle pada segmen-segmen yang tersaji di bawah ini!

Motor Ducati Scrambler Full Throttle

Review Ducati Scrambler Full Throttle

Desain

Moge Klasik Premium dengan Konsep Retro-Modern yang Gagah dan Berwibawa

Di awal segmen ini, Mas Sena akan mengulas soal spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle pada bagian tampilan fisik eksteriornya. Dimana, kolaborasi konsep moge bergaya klasik dan modern tampak begitu menawan dan seimbang pada setiap sisi bodi fisiknya. Lihat saja pada bagian wajahnya yang terlihat sebuah lampu utama berteknologi LED dengan lensa kaca dan sudah dilengkapi Daytime Running Light. Selain itu, terlihat juga lampu indikator sein LED pun juga tampak anggun tersemat di bagian sisi samping kanan-kiri dari tempurung lampu utamanya. Tak hanya itu saja, bahkan Ducati Scrambler Full Throttle pun juga dibekali dengan sebuah tanki besar sedikit memanjang yang mana dibuat dengan garis putih sekaligus logo khusus ‘Scrambler Ducati” yang tampak begitu kentara kesan retronya. Kemudian, di bawah tangki bahan bakar yang berkapasitas 13.5 liter juga terdapat susunan blok mesin disertai pipa rangka baja Trellis yang begitu kokoh namun ringan. Di sisi lain, tampak juga tempat duduk yang dibuat lebih minimalis. Selain itu, moge ini juga sudah dilengkapi kursi khusus sekaligus pelat nomor berbingkai putih yang memberikan nuansa ‘dirt track’. Selain itu, ketinggian setang juga dibuat rendah, spatbor depan kokoh dan knalpot dual peredam Scrambler Full Throttle yang membuat motor ini memiliki ciri khas tersendiri. Lalu, di bagian belakang juga terdapat stop lamp yang dibuat begitu unik dan sangat modern. Sehingga, kesan elegan dan kemewahan dengan konsep sporty pada spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle ini bakal membuat motor gagah ini diminati oleh para calon konsumen.

Spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle

Speedometer

Speedometer Informatif dengan Panel Digital Bergaya Klasik

Selanjutnya, topik pembahasan mengenai spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle menyentuh pada bagian panel indikator atau speedometernya. Sebagaimana diketahui bahwa keberadaan panel indikator ini menjadi salah satu segmen yang diperlukan dan sangat penting sebagai media informasi soal kondisi motor. Dimana, dalam hal ini Ducati Scrambler Full Throttle sendiri akan mengandalkan speedometer kekinian full digital. Yang mana, uniknya speedometer ini dibuat membulat sehingga memberikan kesan yang cukup menarik. Nah, berkenaan dengan itu, pada panel indikator ini terdapat beberapa panel informasi yang canggih, seperti Indikator gigi dan level bahan bakar baru yang dipilih. Tak hanya itu saja, bahkan ada juga sistem kontrol sakelar stang baru. Tak hanya itu, bahkan disematkan pula kontrol kopling hidraulik dengan tuas yang dapat disesuaikan. Selain itu, panel full digital pada Ducati Scrambler Icon ini juga akan menampilkan informasi soal kecepatan Km/jam, jam digital, rpm x1000, lampu sein, lampu netral, lampu jarak jauh, dan indikator bahan bakar. Tentu saja, dengan ragam informasi digital pada panel indikator dari spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle tersebut akan semakin mempermudah pengguna dalam memahami kondisi motor saat dikendarai.

Spesifikasi Motor Ducati Scrambler Full Throttle

Dimensi

Keseimbangan Maksimal Berkat Rangka Tubular Steel Trellis nan Kokoh

Kemudian, dalam hal bodi dari spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle ini, pastinya tak bisa dilepaskan dari struktur bodi maupun dimensi pembentuknya. Karena sebagai rangka dan pembentuk bodi maka sangat penting untuk diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam meraba kekokohan rangka bodinya. Nah, berkenaan dengan itu, diketahui bahwa Ducati Scrambler Full Throttle tersebut bakal mengandalkan tipe rangka Tubular Steel Trellis Frame yang mana membentuk bodi begitu gagah dengan dimensi 2100-2165 mm x 855 mm x 1150 mm dengan wheelbase (jarak sumbu roda) 1445 mm. Sementara itu di sisi lain, model moge dengan kapasitas tangki bahan bakar 13.5 liter ini juga memiliki ketinggian tempat duduk antara 778 mm – 798 mm. Sehingga diperlukan postur tubuh yang cenderung tinggi guna menjaga keseimbangan ketika mengendarai moge ini. Tentu saja, dengan bekalan rangka handal dan canggih serta dimensi bodi yang begitu ideal pada spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle tersebut dipastikan bakal membawa kesan moge yang begitu gagah dengan bodi besar namun tetap ideal sesuai zaman now.

Review Ducati Scrambler Full Throttle

Suspensi

Kaki-Kaki nan Kokoh dan Gagah dengan Suspensi Handal

Selain soal dimensi bodinya, spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle ini juga akan dibekali dengan rangka kaki-kaki yang begitu mumpuni. Wajar, mengingat sebagai mode klasik berbobot besar, dibutuhkan kaki-kaki yang kuat sebagai penyangga bobot. Berkenaan dengan kaki-kaki, diketahui bahwa Ducati Scrambler Full Throttle ini akan dibekali dengan suspensi handal dari Kayaba. Dimana, untuk suspensi depan Ducati Scrambler Icon hadir dengan bekalan suspensi tipe Upside Down Kayaba berukuran 41 mm fork, sedangkan pada suspensi bagian belakang akan menggunakan tipe Kayaba Rear Shock dengan pengaturan yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Tentu saja, dengan berbekal kedua suspensi tersebut maka keseimbangan pun akan kian terjaga dan setiap goncangan atau getaran ketika Ducati Scrambler Full Throttle ini dibawa melewati jalanan bergeronjal pun akan teratasi mengingat kedua suspensi tersebut dikenal memiliki kemampuan daya redam yang sangat tinggi. Di samping itu, masih berkaitan dengan kaki-kaki, velg sporty 10-spoke in light alloy 3.00″ x 18″ yang terpasang pada bagan depan motor. Lalu, kedua velg tersebut juga nantinya akan terbalut dengan sebuah ban bermerk Pirelli MT60RS dengan ukuran 110/80 R18 di bagian depan. Sedangkan untuk ukuran pada bagian belakang, ban yang digunakan Ducati ini yaitu mengambil tipe Pirelli Diablo Roso II dengan ukuran 180/55 R17. Dengan begitu maka jelas sudah jika sektor kaki-kaki yang diusung spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle ini diklaim mampu menjaga keseimbangan ketika berkendara sekaligus memberikan kenyamanan maksimal.

Harga Motor Ducati Scrambler Full Throttle

Mesin

Mesin Handal dengan Tipe L-Twin yang Berkapasitas Kubikasi Mencapai 803 cc

Melangkah ke segmen selanjutnya, kini Mas Sena akan mengulas bagian dapur pacu dari spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle. Sebagaimana yang kita pahami bahwa dapur pacu memang memegang peranan penting dalam mengolah komponen mesin untuk memberikan hasil performa kendaraan yang maksimal. Berkenaan dengan itu, diketahui bahwa kali ini Ducati Scrambler Full Throttle akan mengandalkan mesin tipe L-Twin model Desmodromic Distribution 2 katup yang mana memiliki kapasitas kubikasi yang mencapai 803 cc. Mesin tersebut nantinya diklaim mampu memberikan semburan tenaga super gahar dengan titip power maksimal mencapai 54 kW (73 Hp) per 8250 rpm dan torsi puncak 67 Nm per 5750 rpm. Selain itu, nantinya tenaga yang dihasilkan dapur pacu pada moge buatan Ducati ini bakal disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan manual dengan sistem kopling Hydraulically controlled slipper dan self-servo wet multiplate clutch. Dengan begitu maka selain gahar dan stabil tentu saja akselerasi yang dihasilkan jauh lebih galak. Tak hanya itu, pada sektor mesin yang diusung spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle ini juga sudah bersertifikasi EURO 4 sehingga dipastikan mampu menjadi moge gagah namun tetap ramah lingkungan.

Fitur

Berbekal Fitur-Fitur yang Canggih dan Modern

Nah, menginjak pada segmen paling akhir dari pembahasan spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle ini, kita akan menyentuh bagian fitur-fitur apa saja yang disematkan. Soal fitur di sini sangat perlu untuk diketahui mengingat keberadaannya sangat penting sebagai penunjang keselamatan sekaligus kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya bahwa Ducati Scrambler Full Throttle akan mengusung fitur rem berteknologi ABS yang nantinya akan memberikan kualitas rem mumpuni dan mencegah terjadinya ban terselip, khususnya ketika terjadi rem dadakan. Selain itu, Ducati juga diketahui telah mengusung panel indikator full digital bergaya retro-klasik yang sangat informatif. Belum lagi dengan lampu LED pada bagian lampu utama yang akan memastikan pencahayaan maksimal sekaligus lebih efisien. Di sisi lain, tak lupa juga bahwa permesinan moge ini juga sudah bersetifikasi EURO 4 yang menjamin kualitas performa yang ramah lingkungan. So, tak heran jika beberapa fitur-fitur utama pada spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle tersebut akan semakin menambah nilai jualnya.

Spesifikasi Ducati Scrambler Full Throttle

Mesin
Tipe Mesin L-Twin, Desmodromic distribution, 2 valves per cylinder, air cooled
Kapasitas Silinder 803 cc
Rasio Kompresi 11:01
Diameter x Langkah 80 x 66 mm
Tenaga Maksimal 54 kW (73 hp) @ 8,250 rpm
Torsi Maksimal 67 Nm (49 lb-ft) @ 5,750 rpm
Suplai Bahan Bakar Injeksi bahan bakar elektronik, body throttle 50 mm
Kopling APTC wet multiplate with mechanical control
Transmisi 6 percepatan
Dimensi
Panjang 1.150 mm
Lebar 855 mm
Tinggi 2.100 – 2.165 mm
Jarak Sumbu Roda 1.445 mm
Tinggi Jok 798 mm
Berat Kosong 189 kg
Kapasitas Tangki 13,5 L
Kaki-kaki
Tipe Rangka Tubular steel Trellis frame
Suspensi Depan Upside down Kayaba 41 mm fork
Suspensi Belakang Kayaba rear shock with fully adjustable preload
Rem Depan Disk 330 mm, kaliper radial 4-piston dengan Bosch Cornering ABS sebagai perlengkapan standar
Rem Belakang Disk 245 mm, kaliper mengambang 1-piston dengan Bosch Cornering ABS sebagai perlengkapan standar
Ban Depan Pirelli MT 60 RS 110/80 R18
Ban Belakang Pirelli MT 60 RS 180/55 R17
Roda Depan 10-spoke in light alloy, 3.00″ x 18″
Roda Belakang 10-spoke in light alloy, 5.50″ x 17″

Harga Ducati Scrambler Full Throttle

Setelah kita memahami soal spesifikasinya, saatnya Mas Sena mengulas soal harga Ducati Scrambler Full Throttle. Dimana, sebelum kita melangkah pada penentuan banderol, ada baiknya kita pahami keunggulan utama dari spesifikasi moge retro ini. Nah, pertama dari sisi desain fisiknya yang memang dihadirkan dengan konsep retro-klasik modern yang berbekal rangka Trellis nan handal. Di sisi lain, Ducati Scrambler Full Throttle sendiri juga dibekali mesin L-Twin berkapasitas 803 cc dengan sistem pendingin cairan yang mana dipastikan mampu menjamin kinerja operasional mesin yang lebih handal untuk memacu akselerasi super kencang. Di samping itu, tak lupa juga beberapa fitur pun turut disematkan sebagai penunjang keselamatan, kenyamanan, dan keamanan dalam berkendara. Nah, dengan berbagai spesifikasi tersebut, apakah kawan-kawan sudah tahu berapa harga Ducati Scrambler Full Throttle ini?

Harga Ducati Scrambler Full Throttle

Harga Ducati Scrambler Full Throttle Terbaru

Sebenarnya, tanpa menebak-nebak pun harga Ducati Scrambler Full Throttle ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Pasalnya, melalui PT Cakra Motor Motors selaku APM Ducati di Indonesia, saat peluncuran moge ini menyebut jika nantinya harga Ducati Scrambler Full Throttle ini akan mencapai angka Rp 429 jutaan. Kisaran angka yang menurut Mas Sena sangat mahal, bahkan setara dengan sebuah unit mobil sedan premium. Tentu saja, dengan informasi banderol atau harga Ducati Scrambler Full Throttle tersebut, diperlukan pertimbangan matang dari kawan-kawan sebelum membelinya.

Harga Ducati Scrambler Full Throttle
Sekitar Rp. 429.000.000,- (Off The Road)

Catatan : 

  • Harga Ducati Scrambler Full Throttle diatas merupakan harga off the road
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga motor Ducati Scrambler Full Throttle

Satu lagi yang penting dan perlu diketahui bahwa informasi soal harga Ducati Scrambler Full Throttle di atas, sebenarnya masih berstatus Off The Road. Itu artinya, angka yang disebut di atas belum termasuk denga biaya pajak maupun administrasi lain. Maka, kemungkinan perbedaan harga moge ini sangat besar. Meskipun demikian, Mas Sena memprediksi bahwa harga motor ini nantinya juga tak akan jauh berbeda dengan nominal yang disebutkan di atas. Nah, demikian sudah ulasan review mengenai spesifikasi dan harga Ducati Scrambler Full Throttle. Baca juga review Motor Scrambler lainnya seperti Ducati Scrambler Icon, Ducati Scrambler Desert Sled, dan Ducati Scrambler Cafe Racer.

Top