Harga Yamaha QBIX, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2017

Harga Yamaha QBIX dan Spesifikasi – Yamaha kembali merilis produk terbaru bernama Yamaha QBIX dengan memanfaatkan pameran otomotif Bangkok International Motor Show 2017 di Thailand. Skutik yang resmi dirilis pada 29 Maret 2017 lalu itu diketahui dari Muhammad Abidin selaku General Manager Aftersales Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang mengunggah sebuah gambar Yamaha QBIX ini di akun Instagram miliknya. Dengan diluncurkannya di Thailand, tentunya akan muncul pertanyaan apakah QBIX tersebut juga akan diboyong ke Indonesia? Terlepas dari benar atau tidaknya akan diluncurkan di Tanah Air namun yang jelas bahwa pihak YIMM saat ini masih melihat perkembangan skutik besutannya di pasar otomotif Indonesia. Di sisi lain, Yamaha QBIX yang bermesin 125cc Bluecore ini pun diketahui sebagai produk Yamaha yang bakal meramaikan pasar entry level dengan bekalan spesifikasi cukup mumpuni dan harga yang kompetitif. Sehingga, tak perlu kaget jika Yamaha QBIX akan menjadi salah satu skutik yang cukup diminati oleh para konsumen, terutama para konsumen pemula.

Yamaha Qbix

Yamaha Qbix

Berbincang mengenai spesifikasi yang diusung Yamaha QBIX, tampaknya skutik buatan pabrik berlogo garpu tala ini memang dihadirkan dengan gaya desain retro yang fashionable. Hal itu bisa dilihat dari sisi eksterior pada bodinya yang memang dibentuk kotak dengan polesan konsep bergaya modern sehingga mampu menampilkan kesan retro klasik pada Yamaha QBIX ini yang bertampang modern. Selain itu, kecanggihan mesin pacunya pun juga bisa diketahui dari bekalan permesinannya. Dimana skutik terbaru Yamaha ini akan dipersenjatai mesin berkapasitas 125 cc tipe SOHC yang didukung teknologi Blue Core ala Yamaha sehingga selain mampu menghasilkan power gahar, Yamaha QBIX juga tetap akan ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Tak sampai disitu saja, beberapa fitur canggih lainnya pun juga turut dibenamkan pada skutik ini guna menunjang kenyamanan maupun keselamatan si pengguna. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki skutik buatan Yamaha ini. Buat sobat yang ingin tahu lebih detail lagi, simak saja ulasan spesifikasi dan harga Yamaha QBIX secara lengkap yang akan Mas Sena rangkum dalam beberapa segmen di bawah ini!

Motor Yamaha Qbix

Review Yamaha QBIX

Desain

Skutik Modern dengan Desain Nyentrik dan Unik Khas Motor Retro

Sebagai awal perkenalan, Mas Sena akan mengajak sobat semua untuk mengulas sisi eksterior dari tampilan fisik pada spesifikasi Yamaha QBIX. Pada sektor tampilan eksteriornya ini, tampaknya model skutik yang baru saja diluncurkan Yamaha di Thailand ini memang dibuat dengan gaya yang berbeda dan unik. Pasalnya, bentuk desain dari skutik ini pun dibuat serba kotak layaknya kubus pada setiap sisi bodinya sehingga menampilkan kesan motor bergaya retro. Dari sisi depan Yamaha QBIX, bisa kita lihat head lamp yang sudah mengandalkan teknologi LED ini pun didesain menyesuaikan dengan bentuk bodinya di mana lampu utamanya dibuat persegi yang memanjang atas bawah yang siap memancarkan cahaya yang cukup terang. Di bawahnya terdapat logo garpu tala yang semakin memperkuat kesan sebagai skutik produk Yamaha. Selain itu, untuk lampu sein pada Yamaha QBIX ini pun terpasang secara unik di bagian sudut bawah kanan kiri pada bodi depan sehingga terlihat begitu berbeda dan menarik. Kemudian, kesan kotak seperti sebuah kubus yang fashionable pun juga semakin kuat terpampang pada sektor bodi samping Yamaha QBIX ini. Bisa dilihat bagaimana jok yang terbuat dari material yang berkualitas tinggi dibuat simple dan menyatu antara pengemudi dan penumpangnya. Di bawah jok tersebut juga terdapat sebuah bagasi yang berkapasitas 22.5 liter yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang bawaan Yamaha QBIX, bahkan 2 helm sekalipun. Tak sampai di situ saja, tampak juga pijakan kaki yang dinilai sudah cukup lebar yang akan membuat gerak kaki pengemudi menjadi lebih bebas. Lalu, menginjak pada bagian belakang, tail lamp LED pada spesifikasi Yamaha QBIX pun dibuat dengan desain unik dan dilengkapi lampu sein yang memang dibuat menyatu.

Spesifikasi Yamaha Qbix

Speedometer

Berbekal Instrumen Indikator LCD Full Digital Modern dengan Desain Fashionable dan Informatif

Setelah tahu bagaimana desain eksterior tampilan luarnya, kini saatnya Mas Sena untuk mengulas panel indikator pada spesifikasi Yamaha QBIX. Meski mengusung gaya retro khas motor klasik namun skuter ini akan dilengkapi dengan panel indikator full digital modern yang begitu apik dan elegan. Bagaimana tidak? Pada instrumen indikator yang dibawanya ini pun hadir dengan tampilan layar LCD persegi panjang layaknya ponsel pintar dengan background berwarna biru dan beberapa tampilan panel digital yang begitu jelas. Sehingga, selain elegan dan modern, kesan sporty Yamaha QBIX pun sedikit melekat pada sektor instrumen indikatornya tersebut. Selain itu, beberapa informasi terkait kondisi motor yang sedang ditungganginya pun akan ditampilkan dalam bentuk angka digital, seperti kecepatan yang dihitung Km/jam, mode ECO, jam, jarak tempuh dan kapasitas bahan bakar. Seluruh panel info Yamaha QBIX tersebut berpadu dan saling berkombinasi dalam satu rangkaian dalam panel digital. Selain itu, panel indikator pada motor ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator, antara lain seperti indikator lampu sein, lampu netral, dan lampu tembak/jarak jauh. Dengan demikian, panel indikator pada spesifikasi Yamaha QBIX ini memang terbilang lengkap, informatif, dan memiliki desain yang mengesankan gaya modern.

Spesifikasi Motor Yamaha Qbix

Dimensi

Memiliki Ukuran Dimensi Mungil dan Disokong Rangka Underbone yang Kokoh

Apabila kita melihat sisi eksteriornya, bentuk desain khas retro yang cenderung sedikit kecil dan terlihat kokoh tersebut tentunya tak lepas dari dimensi pada spesifikasi Yamaha QBIX. Mengapa demikian? Bukan tanpa sebab mengingat ukuran dimensi dan rangka menjadi pembentuk bodinya sehingga mampu memperlihatkan tampilan eksteriornya. Untuk rangkanya sendiri, skuter QBIX akan mengandalkan frame Underbone (tulang punggung) yang terkenal kuat dan kokoh namun ringan sehingga akan memudahkan pengemudi dalam mengendalikan Yamaha QBIX ini. Nah, terkait dengan dimensi, skuter matik ini memiliki dimensi dengan panjang 1.860 mm, lebarnya 715 mm, dan tingginya mencapai ukuran 1.115 mm berbobot 103 Kg. Dimensi beserta bobot ini untuk tipe standar, sedangkan untuk tipe QBIX S dan Yamaha QBIX ABS memiliki dimensi yang lebih lebar 740 mm d dengan bobot yang berbeda pula, yakni untuk QBIX S 106 Kg sedangkan untuk QBIX ABS a08 Kg. Meski berbeda namun lebar dan bobot dari ketiga varian tersebut tak terlalu berpengaruh mengingat hanya selisih sedikit antara satu tipe dengan tipe yang lain. Akan tetap yang jelas bahwa dengan dimensi Yamaha QBIX tersebut maka dinilai sudah pas dan sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia, bahkan bagi orang yang bertubuh pendek sekalipun. Hal tersebut tentu tak lepas juga dari ketinggian tempat duduknya yang mencapai ukuran 775 mm. Selain itu, skutik garapan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memiliki jarak terendah dengan tanah atau ground clearance setinggi 135 mm di mana dengan dimensi pada spesifikasi Yamaha QBIX tersebut maka akan dinilai sudah cukup pas untuk dikendarai di medan perkotaan yang padat.

Review Yamaha Qbix

Suspensi

Sokongan Kuat Berkat Suspensi Handal dan Pengereman yang Oke Punya

Tak cukup pada sektor dimensinya saja, kali ini kita juga akan membahas sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha QBIX. Pentingnya sebuah kaki-kaki terletak pada fungsinya sebagai penjaga kestabilan kendaraan ketika dikendarai. Berbicara mengenai kaki-kaki, tentu tak akan lepas dari yang namanya suspensi. Nah, untuk sektor kaki-kaki pada skutik buatan Negeri Matahari ini akan disokong dua suspensi handal di mana untuk suspensi depan menggunakan Telescopic dan untuk suspensi belakang Yamaha QBIX akan mengandalkan tipe Swing Unit. Keduanya akan saling bekerjasama dalam menjaga keseimbangan ketika dikendarai. Selain itu, dengan kehadiran kedua suspensi tersebut, pengendaranya pun akan merasa nyaman ketika melewati berbagai medan, bahkan di jalan yang berlubang sekalipun mengingat kedua suspensi dari Yamaha QBIX tersebut sanggup menahan atau meredam setiap goncangan ketika berkendara dengan sempurna. Sementara itu, untuk menambah daya kuat dan keseimbangan kaki-kakinya maka skuter ini akan dilengkapi dengan velg yang terbalut ban. Untuk sektor depan, akan dilengkapi velg berukuran 100/90-12 59 dan 110/90-12 64 L untuk Yamaha QBIX tipe standar. Sementara itu, untuk tipe QBIX S dan QBIX ABS, velg depan akan menggunakan ukuran 130/70-12 56L dan untuk bagian belakang 140/70-12 60L. Seluruh velg tersebut nantinya akan terbalut ban yang berkualitas tinggi. Di sisi lain, tak lupa juga untuk menunjang keselamatan, QBIX ini juga akan dilengkapi rem Single Disc Brake di bagian depan dan DRUM Brakes di bagian belakang di mana pengereman pada spesifikasi Yamaha QBIX ini juga akan menawarkan varian dengan teknologi ABS sistem.

Harga Motor Yamaha Qbix

Mesin

Performa Handal dan Efisien Berbekal Mesin 125 cc Berteknologi Blue Core

Menginjak pada segmen berikutnya, kali ini Mas Sena akan menilik sektor permesinan atau dapur pacu dari spesifikasi Yamaha QBIX. Tampaknya, meski tampilannya tampak unik dan cenderung mungil namun untuk tenaga mesin yang dihasilkan sektor dapur pacunya tak semungil yang dibayangkan. Pasalnya, QBIX sendiri akan mengandalkan mesin 4 langkah dengan silinder tunggal tipe SOHC. Mesin yang disematkan pada Yamaha QBIX ini juga memiliki kapasitas 125 cc yang juga dilengkapi 2 air cooling valve sebagai pengatur suhu mesin. Komponen mesin pacu tersebut pun mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 9,5 HP pada putaran ke 8.000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi 9,6 Nm setiap putaran 5.500 rpm. Tentu, dengan semburan tenaga dari mesin Yamaha QBIX ini akan membuat laju skutik ini kian gesit dan memiliki akselerasi yang terasa lebih enteng. Kegesitan daya laju dan kegaharan dalam berakselerasi tersebut tentu tak lepas dari komponen penyalur tenaga mesinnya yang berupa transmisi di mana skutik ini menggunakan sistem transmisi V-Belt automatic. Tak cukup sampai di situ saja, departemen permesinan pada Yamaha QBIX ini juga mengandalkan teknologi Bluecore yang dikenal akan mampu membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien dengan perbandingan kompresi 9.5 : 1. Sehingga, bisa dikatakan bahwa sektor meisn pada spesifikasi Yamaha QBIX ini memang terbilang cukup handal di kelasnya dan juga tetap ramah lingkungan.

Fitur

Didukung Fitur Handal Tunjang Kenyamanan dan Keselamatan Berkendara

Tampaknya, tak hanya desain, dimensi, dan mesinnya saja, spesifikasi Yamaha QBIX ini juga akan dilengkapi beberapa fitur fungsional yang canggih. Pertama, yang cukup menari dari skutik buatan Yamaha ini yaitu disediakannya bagasi luas berkapasitas 22.5 liter yang sanggup menampung beberapa barang bawaan. Selain itu, pada instrumen indikatornya pun Yamaha QBIX sudah menggunakan panel digital yang ditampilkan dalam layar LCD sehingga kesan modern pun kian melengkapi skutik bergaya retro ini. Tak cukup sampai di situ saja, skuter ini juga akan dilengkapi fitur soket USB Charger dalam sebuah console bagasi yang terletak di bagian depan Yamaha QBIX, fitur Answer Back system yang terintegrasi dengan Smart Key dilengkapi keyless ignition. Nah, untuk menunjang keselamatan dan mencegah terjadinya kecelakaan ketika mengerem dadakan maka pada varian tertinggi Yamaha QBIX sudah mengandalkan teknologi pengereman ABS System yang selain siap memberikan pengereman sempurna, juga kan mencegah ban anti selip. Nah, dari segala keunggulan yang dimiliki spesifikasi Yamaha QBIX tersebut, menurut sobat kira-kira berapa ya harganya?

Spesifikasi Yamaha Qbix

Mesin
Tipe 4-stroke silinder tunggal SOHC 2-katup berpendingin udara.
Kapasitas 125cc
Rasio Kompresi 9,5: 1
Diameter x Langkah  52,4 x 57,9 mm.
Jenis Busi NGK / CR6HSA
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Pengapian TCI
Kopling Kering-jenis kopling sentrifugal otomatis.
Transimisi Automatic V-belt (V-Belt).
Dimensi
P x L x T 715 x 1,860 x 1,115 mm
Tipe Rangka Underbone
Jarak Terendah 135 mm
Jarak Sumbu Roda 1,280 mm
Tinggi Jok 775 mm
Berat 103 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telekomico
Suspensi Belakang Swing unit
Rem Depan Single disc brake piston
Rem Belakang Drum brakes
Roda Depan 100 / 90-12 59J
Roda Belakang 110 / 90-12 64L

Harga Yamaha QBIX

Usai sudah ulasan terkait spesifikasi dari skutik buatan pabrik berlogo garpu tala ini dan kini waktunya Mas Sena untuk mengulas harga Yamaha QBIX. Menyinggung soal banderol, tentu tak akan lepas dari spesifikasi yang dibawanya. Nah, sekedar mengingatkan kembali, sebelumnya Mas Sena ingin sedikit memberikan kesimpulan mengenai spesifikasi yang diusung skutik besutan Yamaha ini. Tak berbeda jauh dengan yang sudah dijelaskan di atas, Yamaha QBIX ini memang skutik unik, nyentrik, dan menarik di mana memiliki desain bodi yang bergaya retro namun tetap mampu menampilkan kesan modern. Sektor ini lah yang diklaim bakal membuat QBIX ini cukup diminati oleh konsumen. Selain itu, dengan harga Yamaha QBIX yang cukup terjangkau mesin berkapasitas 125 cc dan berteknologi Bluecore pun tampaknya menjadi penjelas sekaligus memperkuat daya tariknya terhadap para pecinta skutik. Bahkan, beragam fitur modern berteknologi tinggi pun juga dibenamkan sebagai pelengkap kecanggihan dari skutik buatan Yamaha ini. Nah, kira-kira berapa ya harga Yamaha QBIX ini?

Harga Yamaha Qbix

Harga Yamaha Qbix Terbaru

Jika mengacu dari kabar yang beredar, diketahui bahwa harga Yamaha QBIX ini akan dibanderol dengan angka yang tak terlalu tinggi. Sebab, mendasarkan atas informasi yang Mas Sena kutip langsung dari Yamaha Thailand, QBIX ini akan dibanderol dengan tiga varian berbeda, yaitu untuk harga Yamaha QBIX Standar, dibanderol 53.500 Baht atau setara dengan Rp 20 jutaan. Sementara itu, untuk harga QBIX tipe S akan dipatok dengan harga 56.000 Baht atau Rp 21 jutaan dan untuk harga varian ABS akan berbanderol 59.900 Baht yang jika dikonversikan ke dalam nilai rupiah setara dengan Rp 23 jutaan. Dengan ketiga varian Yamaha QBIX tersebut, tentunya sobat sudah bisa memilih mana tipe yang sesuai selera atau kebutuhan. Dengan banderol yang terbilang cukup terjangkau tersebut, siapkah sobat untuk memboyong skutik buatan Yamaha ini? Dengan spesifikasi dan desain yang begitu menawan harga Yamaha QBIX tersebut memang tergolong murah.

Harga Yamaha QBIX

Tipe Harga
Yamaha QBIX Rp 20.000.000,-
Yamaha QBIX S Rp 21.000.000,-
Yamaha QBIX ABS Rp 23.000.000,-
Daftar Harga Motor Yamaha

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha QBIX diatas merupakan harga di Thailand
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha QBIX

Sobat perlu tahu juga bahwa harga Yamaha QBIX di atas merupakan harga jual di Thailand mengingat pihak Yamaha Indonesia masih belum memboyong skutik unik ini. Selain itu, dengan membandingkan antara spesifikasi dan harga Yamaha QBIX di atas, tampaknya dinilai sudah sepadan dan bahkan terbilang cukup kompetitif. Namun, dikarenakan PT YIMM masih belum memberikan konfirmasi apakah akan memboyong skutik ini ke pasar otomotif Indonesia atau tidak maka harga jual dari Yamaha QBIX ini belum diketahui secara pasti. Tetapi yang jelas bahwa jika benar skutik ini diboyong langsung dari Negeri Gajah Putih ke Indonesia maka banderolnya akan cenderung sedikit lebih mahal mengingat ada biaya tambahan seperti pajak import. Nah, semoga ulasan spesifikasi dan harga Yamaha QBIX di atas bermanfaat buat sobat semua. Jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai Vespa GTS 300 dan Yamaha Fino Grande.

Top