Harga Honda CB1000R, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Honda CB1000R dan Spesifikasi – Membawa konsep Neo Sport Café, akhirnya Honda resmi merilis motor street fighter barunya bertajuk Honda CB1000R. Motor gagah buatan Honda yang baru resmi diperkenalkan pada bulan November 2017 di ajang EICMA 2017 Italia ini hadir dengan mengusung desain baru yang memadukan antara konsep naked dan café racer. Tentu saja, dengan gabungan desain tersebut maka Honda CB1000R ini pun memiliki bentuk tampilan desain yang sangat garang dan modern namun tampak sedikit nuansa retro klasik. Di sisi lain, produk Honda yang satu ini pun diketahui merupakan versi streetfighter dari varian super sport CBR1000RR Fireblade. Dengan demikian maka tak heran jika sekilas, desain yang diusung Honda CB1000R ini pun sedikit banyak memiliki kemiripan dengan varian sport Fireblade tersebut. Di sisi lain, street fighter bergaya naked dan retro ini pun nantinya juga akan membawa keunggulan spesifikasi yang sangat mumpuni dan tentunya bakal dibanderol dengan harga yang cukup tinggi di kelasnya. Terlebih, Honda CB1000R ini memang diluncurkan untuk menyasar konsumen di kelas premium.

Honda CB1000R

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Honda CB1000R ini merupakan varian motor streetfighter kelas menengah ke atas yang memiliki banderol sangat tinggi. Tentu saja, hal tersebut juga diimbangi dengan keunggulan spesifikasi yang dibawanya. Selain itu, sisi menarik dari motor ini pun juga tampak dari gaya desain fisik dari Honda CB1000R tersebut yang dirancang begitu elegan dan terkesan sangat gagah dengan tampilan modern. Hal itu tampak dengan desain headlamp Multi Reflector dengan 7 LED Position Lght yang kian membuat motor  ini semakin mantap dan terkesan elegan. Di samping itu, performa dari sektor mesin pacunya pun juga tak bisa dipandang remeh mengingat Honda CB1000R ini akan dibekali mesin DOHC 4 silinder dengan kapasitas 998 cc. Pastinya, dengan berbekal mesin tersebut maka performa yang dihasilkannya pun tak bisa dianggap remeh. Di samping itu, motor Neo Cafe Racer Honda CB1000R pun juga memiliki ragam fitur canggih dan sangat fungsional guna menunjang kebutuhan pengemudi atau penumpang untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih terasa. Nah, sampai di sini, kita akan simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda CB1000R. Mari, kita ulas bersama!

Motor Honda CB1000R

Review Honda CB1000R

Desain

Streetfighter Berkonsep Neo Sport Café Tampilkan Desain Unik dan Elegan

Sebagai langkah awal dalam pembahasan mengenai spesifikasi Honda CB1000R, Mas Sena akan awali dengan mengulas wujud dari desain fisik yang dibawa motor streetfighter ini. Perlu diketahui bahwa kali ini, Honda akan menghadirkan motor ini dengan gaya desain Neo Sport Café. Yang mana, konsep desain yang dibawa Honda CB1000R tersebut juga merupakan versi “telanjang” dari CBR1000RR Fireblade dengan menanggalkan seluruh full fairingnya. Di sisi lain, jika kita teliti lebih detail, konsep desain yang dibawa motor ini pun memang tampak modern dan terkesan gagah dengan gaya retro klasiknya. Hal itu bisa dilihat dari wujud pada sektor depannya, di mana Honda telah melengkapi Honda CB1000R ini dengan headlamp berbentuk bulat dan dikonsep menyerupai model segitiga atau Triangle dengan teknologi Headlight Multi Reflector. Sehingga, selain sanggup memancarkan kesan retro, tentu dengan kecanggihan lampu depan tersebut akan membuat penerangan semakin maksimal. Tak hanya itu saja, bahkan pada bagian bawah headlamp Honda CB1000R tersebut pun juga telah dilengkapi dengan 7 lampu berteknologi LED yang semakin menambah kesan unik dan berbeda dari streetfighter buatan pabrik lain. Sementara itu, menginjak pada bagian samping, tampaknya Honda CB1000R memiliki desain bodi yang tak terlalu berbeda dengan versi full fairingnya. Hanya saja, pada bagian tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 16.2 liter tersebut dibuat lebih simpel minim grafis namun tetap terlihat gagah. Selain itu, jok dibuat sedikit lebih pendek dengan mengikuti alur dari tangki Honda CB1000R tersebut sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup aman dan nyaman, cocok untuk berpetualang. Sementara itu, bagian bawah tangkinya tersebut pun juga terlihat tatanan mesin berukuran besar yang disusun begitu rapi serta knalpot besar khas Café Racer yang semakin memperlihatkan kesan gagah dan elegan. Sedangkan pada bagian belakang Honda CB1000R tampaknya dibuat lebih simple namun tetap membawa stop lamp yang berteknologi Full LED guna menambah kesan modern. Tentu saja, dengan kemewahan yang terbalut kesan retro pada desain yang diusung spesifikasi Honda CB1000R tersebut maka akan membuat para calon konsumen kian kepincut untuk membelinya.

Spesifikasi Honda CB1000R

Speedometer

Speedometer Canggih Membawa Konsep Full Digital

Hadir sebagai motor streetfighter berteknologi tinggi, tentu saja spesifikasi Honda CB1000R pun akan membawa speedometer yang cukup canggih pula. Bukan tanpa alasan mengingat jika melihat pada instrumen indikator yang dibawanya, motor ini memang mengusung panel Full Digital dengan layar LCD dengan background biru yang akan memperlihatkan beragam informasi mengenai kondisi Honda CB1000R tersebut kepada para pengendaranya. Nah, kaitannya dengan informasi, panel indikator yang diusung motor Neo Sport Cafe ini akan menampilkan beberapa informasi penting, di antaranya seperti indikator kecepatan, odometer, tachometer, suhu, dual trip meter, jam digital, MPG, dan indikator konsumsi bahan bakar. Tak sampai di situ saja, bahkan pada speedometer yang diusung Honda CB1000R ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator yang terletak di bawah panel digital yang berupa lampu netral, indikator lampu sein, lampu jarak jauh, dan indikator rem ABS. Tentu saja, dengan beberapa tampilan menu yang diperlihatkan pada panel instrumen yang diusung spesifikasi Honda CB1000R tersebut akan membuat tampilannya terkesan modern dan mempermudah pengendara dalam memahami kondisi motor saat dikendarai.

Spesifikasi Motor Honda CB1000R

Dimensi

Membawa Rangka Kuat dengan Ukuran Dimensi yang Pas

Selain itu, salah satu hal yang cukup penting untuk kita bahas yakni pada segmen dimensi maupun rangka yang diusung spesifikasi Honda CB1000R. Sebagaimana dengan yang sudah kita pahami bersama, motor streetfighter gagah garapan pabrik asal Jepang ini memang memiliki bentuk bodi yang cukup minimalis namun terkesan gagah. Tampaknya, kesan yang diperlihatkan oleh motor bernama Honda CB1000R tersebut tak lepas dari pembekalan rangka jenis Steel Mono Backbone yang sangat kuat namun lentur dan ringan dengan bobotnya mencapai 212 Kg. Di mana, rangka tersebut membentuk dimensi dengan panjang 2120 mm, lebar 789 mm, tinggi 1090 mm dan memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase berjarak 1455 mm. Jika kita telisik dimensi yang dibawa Honda CB1000R tersebut tampaknya sangat wajar jika motor ini tampil begitu gagah dan terkesan kokoh. Di sisi lain, motor bergaya Café Racer modern ini pun juga memiliki tinggi jok berukuran 830 mm yang dirasa cukup ideal bagi para pengendara. Namun, bagi konsumen Honda CB1000R yang berpostur tubuh dengan tinggi pas-pasan, tampaknya akan sedikit kesulitan mengendalikan motor ini, terutama ketika berhenti di lampu merah saat kondisi motor mati. Di sisi lain, streetfighter bergaya Café Racer bernama Honda CB1000R ini pun juga dibuat dengan ground clearance berukuran 135 mm yang Mas Sena rasa sudah cukup tinggi dan pas untuk sekelas motor café racer modern sehingga akan membuat berkendara lebih nyaman dan aman. Tentu saja dengan kegagahan struktur rangka dan idealnya dimensi yang dibawa spesifikasi Honda CB1000R tersebut maka akan membuat motor ini terkesan gagah dan kokoh.

Review Honda CB1000R

Suspensi

Suspensi Kuat dengan Rem Handal Berteknologi ABS

Menginjak ke segmen berikutnya, kita akan ulas sektor kaki-kaki pada spesifikasi Honda CB1000R. Berkaitan dengan kaki-kaki maka tak akan lepas dari suspensi yang diusung motor gagah buatan Honda ini sebagai topangan. Di mana, kali ini Honda diketahui akan membekali motor terbaru bernama Honda CB1000R ini dengan suspensi tipe Showa SFF-BP USD Fork yang terpasang di bagian depan. Sedangkan, untuk suspensi sektor belakangnya akan mengandalkan tipe Pressurised Seperation Type. Tentunya dengan adanya dua suspensi tangguh dan unik tersebut maka akan membuat keseimbangan motor lebih terjaga. Bahkan, saat Honda CB1000R ini dikendarai di jalan berlubang atau bergeronjal pun pengemudinya akan merasa nyaman mengingat kedua suspensi tersebut sanggup meredam setiap goncangan saat melalui jalan yang tak rata. Sementara itu, tak ketinggalan pula velg Cast Aluminum dengan ukuran 17 inci pun dihadirkan pada Honda CB1000R ini dengan balutan ban berukuran 120/70 ZR17 (depan) dan ban berukuran 190/55 ZR17 di bagian belakang. Nah, tak hanya itu saja, bahkan pada sektor pengereman pun pada Honda CB1000R ini juga dilengkapi dengan rem cakram double berdiameter 310 mm untuk bagian depannya dan untuk rem belakang menggunakan tipe cakram tunggal juga dengan ukuran 256 mm. Menariknya, sektor kaki-kaki pada spesifikasi Honda CB1000R ini terbilang sudah sangat handal dan mumpuni untuk menopang bobot dari motor gagah buatan Honda ini.

Harga Motor Honda CB1000R

Mesin

Dibekali Mesin DOHC 4 silinder Berkapasitas 998 cc yang Akan Menghasilkan Performa Super Handal

Nah, beranjak ke segmen yang tak kalah menariknya untuk dibahas, kali ini Mas Sena akan menilik sektor permesinan yang diusung spesifikasi Honda CB1000R. Tampaknya, streetfighter bergaya Café Racer buatan Honda ini memang akan dibekali dengan mesin yang tak berbeda jauh dengan versi CB1000RR Fireblade. Di mana, motor tersebut akan dipersenjatai dengan mesin DOHC In-line 4 silinder berpendingin cari yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 998 cc. Mesin yang diusung motor gagah bertajuk Honda CB1000R tersebut pun juga nantinya akan dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan Wet Multiplate Clutch. Sehingga, tenaga yang sanggup dihasilkan dari kolaborasi antara mesin dan transmisi yang dibawa Honda CB1000R tersebut sanggup mencapai power maksimal hingga 107 kW per putaran 10.500 rpm dan torsi puncak hingga titik 104 Nm per 8.250 rpm. Sebuah power yang Mas Sena rasa sangat handal dan gahar untuk sekelas motor sport, wajar mengingat kapasitas mesinnya juga terbilang sangat besar. Di sisi lain, Honda CB1000R pun diketahui juga telah mengusung teknologi injeksi berupa PGM-FI yang sanggup menghemat bahan bakar dengan kompresi antara 11.6:1. Tentu saja, fakta tersebut menjadikan sektor mesin atau dapur pacu yang diusung spesifikasi Honda CB1000R tersebut kian gahar, handal, dan responsif dengan akselerasi 17.2 Km/jam dan tentunya ramah lingkungan.

Fitur

Fitur-Fitur Turut Hadir Kian Melengkapi Kecanggihannya

Sementara itu, tak lepas juga bahwa pada spesifikasi Honda CB1000R ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur cukup handal dan canggih. Hal itu tentunya tak lepas dari segmentasinya sebagai motor streetfighter premium dengan teknologi canggih. Oleh sebab itu, untuk memperkuat kesan modern dan canggih tersebut maka Honda CB1000R pun dilengkapi dengan ragam fitur canggih, sebut saja seperti rem ABS sebagai fitur keselamatan yang memiliki kemampuan untuk mencegah ban terselip/terkunci sehingga kecelakaan pun bisa dihindari. Selain itu, fitur yang diusung Honda CB1000R pun juga mencakup pada panel indikatornya yang dibuat dengan tampilan full digital melalui layar LCD yang sangat informatif. Tak sampai di situ saja, teknologi PGM-FI pada mesin pacunya pun juga merupakan salah satu fitur yang dibawa Honda CB1000R sebagai penunjang konsumsi bahan bakar agar lebih efektif dan efisien. Belum lagi dengan lampu berteknologi LED, baik pada headlamp maupun tali light yang dibawanya sehingga semakin melengkapi sisi kemewahan pada streetfighter buatan Honda ini. Dengan kelengkapan fitur yang dibawa spesifikasi Honda CB1000R tersebut, kira-kira berapa ya harganya?

Spesifikasi Honda CB1000R

Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled DOHC In-line 4 cylinder
Silinder 4
Kapasitas 998cc
Diameter x Langkah 75mm x 56.5mm
Rasio Kompresi 11.6:1
Tenaga Maksimal 107kW @ 10,500rpm
Torsi Maksimal 104Nm @ 8,250rpm
Karburasi PGM-FI
Tingkat Konsumsi BBM 17.2km/liter
Kapasitas Bahan Bakar 16.2 liter
Transmisi 6-speed
Dimensi
Panjang 2120 mm
Lebar 789 mm
Tinggi 1090 mm
Jarak Sumbu Roda 1455 mm
Tinggi Jok 830 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat 212 kg
Kaki-kaki
Tipe Rangka Steel mono backbone
Suspensi Depan Showa SFF-BP USD fork
Suspensi Belakang Pressurised Seperation Type
Ban Depan 120/70 ZR17
Ban Belakang 190/55 ZR17
Rem Depan 310mm double disc
Rem Belakang 256mm single disc

Harga Honda CB1000R

Kini, beranjak pada segmen paling akhir ini kita akan bahas soal harga Honda CB1000R. Memang, motor buatan Honda yang satu ini merupakan streetfighter yang membawa konsep Neo Café Racer dengan tampilan yang sangat gagah dan kokoh namun terkesan sedikit retro. Tentu, hal tersebut menjadi ciri kahs dari Honda CB1000R yang kian menawan. Sementara itu, untuk soal performa sepertinya tak perlu diragukan lagi kehandalannya mengingat dari namanya saja, sudah pasti bahwa motor ini akan dibekali mesin super handal. Tentu, hal tersebut bakal membuat harga Honda CB1000R ini semakin mahal. Apalagi, motor gagah dan elegan garapan Honda ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang siap memberikan rasa nyaman dan aman kepada para konsumen. Nah, sampai di sini, kira-kira berapa sih harga Honda CB1000R ini?

Harga Honda CB1000R

Harga Honda CB1000R Terbaru

Berkaitan dengan harga Honda CB1000R, sepertinya teman-teman semua wajib untuk bersabar. Mengapa? Sebab, tampaknya banderol dari motor street fighter yang dibuat oleh pihak Honda ini baru meluncur di pasar luar negeri dan belum resmi dirilis di Indonesia. Di mana, berdasarkan atas informasi yang telah didapat, harga Honda CB1000R ini akan dibanderol senilai Rp 200 jutaan ke atas. Sebuah perkiraan banderol yang cukup mahal namun Mas Sena rasa sudah cukup ideal untuk sekelas motor sport. Di sisi lain, prediksi harga jual dari Honda CB1000R yang cukup mahal tersebut juga tak lepas dari segmentasinya sebagai motor streetfighter kelas premium yang memang menyasar para konsumen kelas menengah atas. Kira-kira, apakah teman-teman sudah siap merogoh kocek dalam-dalam untuk membelinya? Dengan harga Honda CB1000R yang mahal tersebut sudah setara dengan kisaran harga sebuah MPV pemula.

Harga Honda CB125R
Sekitar Rp 200.000.000,- (perkiraan)
Daftar Harga Motor Honda

Catatan : 

  • Harga motor CB1000R di atas merupakan harga perkiraan semata
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CB1000R

Sekali lagi bahwa informasi harga Honda CB1000R di atas masih berupa prediksi semata. Bukan tak ada sebab mengingat produk baru garapan Honda yang satu ini belum resmi dirilis di pasar otomotif Tanah Air. Namun hanya saja jika kita membandingkan antara spesifikasi dan juga kisaran harga Honda CB1000R, tampaknya Mas Sena rasa sudah cukup pas dan cukup bersesuaian. Apalagi, segmen yang dituju oleh motor ini memang dihadirkan bagi para konglomerat yang hobi dengan moge-moge kelas mewah. Tentu saja dengan kisaran harga jual Honda CB1000R dan spesifikasinya yang menawan tersebut sangat cocok bagi motor ini untuk digunakan para kalangan konglomerat yang gemar touring dengan motor gede. Nah, kiranya sampai di sini dulu kawan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda CB1000R. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Honda CB1100 RS dan Honda CB125R.

Top