Harga Honda CB1100 RS 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Honda CB1100 RS dan Spesifikasi – Setelah resmi diperkenalkan pada ajang EICMA di Kota Milan, Italia pada November 2016 lalu, kini akhirnya Honda CB1100 RS pun resmi hadir di pasar otomotif kawasan Asia Tenggara, tepatnya pada bulan Maret 2017 kemarin. Hanya saja, sasaran pasar tersebut masih belum meluas di seluruh negara yang tergabung dalam ASEAN melainkan baru di Vietnam saja. Meskipun baru di Vietnam saja, namun banyak yang memprediksi bahwa Honda CB1100 RS pun tetap bakal dihadirkan juga di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Yang jelas bahwa kemunculannya di pasar otomotif Asia Tenggara ini bakal membuat para konsumen kepincut, terutama para penggemar Honda CB Series. Pasalnya, model terbaru Honda CB1100 RS ini merupakan hasil dari pengembangan generasi CB Series terbaru yang diproduksi langsung di pabrik Kumamoto Honda. Di mana, pada tahun 2013 silam model CB1100 ini menjadi model paling laris di pasar otomotif Jepang sampai ke Benua Biru. Tentu saja, hal tersebut bakal memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Selain itu, dipastikan juga bahwa Honda CB1100 RS ini akan membawa sejumlah keunggulan dengan kehandalan spesifikasi maupun kecanggihan fitur yang dibawanya.

Honda CB1100 RS

Honda CB1100 RS

Sementara itu, model terbaru dari keluarga CB Series yang bertajuk Honda CB1100 RS ini memang menjadi model klasik dengan bekalan mesin cukup tangguh dan berkapasitas besar. Sedangkan jika kita meraba pada sisi bodi fisiknya, mobil ini hadir dengan membawa tampilan desain klasik khas motor retro namun tetap mengesankan gaya sporty. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu hal yang cukup menarik dari Honda CB1100 RS. Sementara itu di sisi lain, performanya pun juga dipastikan bakal sangat mumpuni mengingat Honda akan membekalinya dengan mesin DOHC 4 silinder berkapasitas 1.140 cc. Tak sampai di situ saja, bahkan motor ini pun kabarnya juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang kenyamanan maupun keselamatan si pengguna Honda CB1100 RS tersebut saat berkendara. Dengan begitu maka tak heran jika motor klasik bergaya sporty modern buatan Honda ini bakal diburu oleh penggemarnya. Nah, terkait dengan kehadirannya di Asia Tenggara, kali ini Mas Sena akan menguraikan review lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda CB1100 RS yang tersaji pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Honda CB1100 RS

Review Honda CB1100 RS

Desain

Motor Klasik Bergaya Retro Namun Tetap Tampilkan Kesan Modern dan Sporty

Menapak di awal pembahasan ini, Mas Sena akan mengulas sisi bodi eksterior atau bagian fisik dari spesifikasi Honda CB1100 RS. Hadir sebagai model motor sport bergaya retro klasik tentunya Honda telah merancang model terbarunya ini dengan gaya desain yang disesuaikan zaman namun tetap membawa ciri khas tersendiri dari motor tersebut. Di mana, dalam hal ini motor klasik garapan pabrik asal Jepang tersebut bakal hadir dengan mengusung tampilan menawan bergaya klasik dan terkesan modern. Secara lebih detail, kesan tersebut bisa kita raba dari setiap sektor bodi yang dibawa Honda CB1100 RS ini. Mulai dari bagian depan, desain headlamp dibuat berbentuk bulat yang mengesankan gaya retro. Namun, menariknya headlamp tersebut sudah dilengkapi teknologi lampu LED sehingga kesan modern pun juga turut disematkannya. Di sisi lain, pada bagian samping dari Honda CB1100 RS ini tampak sebuah tangki bahan bakar yang berkapasitas 16.8 liter sehingga wajar jika tangki bahan bakarnya tampak besar dengan sedikit beberapa lekukan yang semakin mempertegas kesan gagahnya. Menariknya, pada bagian bawah tangki Honda CB1100 RS tersebut terlihat dengan jelas bagaimana Honda telah menempatkan susunan mesin yang mengesankan ketangguhan dan kegagahannya. Kemudian, sedikit mundur ke belakang, tampak jok klasik dibuat mendatar dan menyatu antara jok depan dan belakang sehingga akan memberikan posisi riding yang dirasa pas khas motor retro. Nah, menginjak pada bagian belakang, Honda CB1100 RS akan dilengkapi stoplamp bergaya klasik dan berteknologi LED sebagaimana dengan headlamp yang ada di sektor depan. Tentu saja, dengan melihat secara menyeluruh tampilan fisik yang dibawa motor tersebut, nyata dan jelas bahwa motor ini memang hadir dengan mengkombinasikan desain retro klasik yang dibalut konsep futuristik khas moge zaman modern. Hal tersebut membuat spesifikasi Honda CB1100 RS pada sektor tampilan terluarnya tampak begitu menarik.

Spesifikasi Honda CB1100 RS

Speedometer

Berbekal Instrumen Indikator Lebih Simpel dan Bergaya Retro Namun Tetap Informatif

Menginjak pada segmen selanjutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas bagaimana instrumen indikator yang diusung spesifikasi Honda CB1100 RS. Sekilas memang speedometer yang dibawa moge buatan pabrik asal negeri Sakura ini tampak begitu terkesan klasik. Hal itu tentunya tak lepas dari konsep retro yang disandangnya. Di mana, dalam hal ini terlihat Honda akan melengkapinya dengan instrumen indikator yang mengkombinasikan panel analog dan panel digital. Untuk panel analog pada Honda CB1100 RS ini sendiri terbagi menjadi dua bagian kanan-kiri dengan bentuk membulat di mana pada sisi kanan akan menampilkan rpm. Sedangkan di sisi kiri akan menampilkan kecepatan Km/jam. Nah, sementara itu pada panel digital yang dibawa Honda CB1100 RS sendiri akan memberikan informasi terkait indikator oli, jam digital, posisi gear, dan indikator bahan bakar yang semuanya tersebut disusun sedemikian rupa sehingga sanggup memberikan informasi yang lebih informatif terkait kondisi motor saat ditungganginya. Dengan tampilan panel indikator yang dibawa spesifikasi Honda CB1100 RS tersebut tentunya akan membuat pengguna lebih mudah dalam memahami kondisi motor yang tengah ditungganginya.

Spesifikasi Motor Honda CB1100 RS

Dimensi

Mengusung Struktur Rangka Double Steel Cradle dengan Ukuran Dimensi Ideal

Selain memiliki tampilan desain eksterior yang sangat memikat, tampaknya kita perlu mengetahui struktur rangka maupun dimensi yang diusung spesifikasi Honda CB1100 RS. Pasalnya, kesan desain eksterior yang begitu menawan dan terkesan sporty tersebut juga tak lepas dari struktur rangka dimensi pembentuknya. Di mana, dalam kaitannya dengan dimensi, motor ini sendiri telah mengandalkan tipe rangka Double Steel Cradle yang sangat kuat dan kokoh meski terbilang sedikit berat. Namun, dengan rangka yang kokoh dan kuat tersebut maka moge klasik Honda CB1100 RS ini dipastikan akan memiliki tingkat keseimbangan yang sangat optimal dan tak mudah goyah. Sedangkan di sisi lain, untuk ukuran dimensinya sendiri, motor retro modern ini memiliki panjang 2180 mm, lebarnya 800 mm, dan tinggi 1100 mm serta memiliki jarak sumbu roda 1485 mm. Dengan mengetahui struktur rangka dan dimensi bodinya tersebut maka sangat wajar jika moge klasik-modern bertajuk Honda CB1100 RS ini memiliki bentuk bodi yang tampil sangat gagah dan terkesan ideal. Selain itu, terkait dengan dimensinya, Honda sendiri telah membangun moge buatannya ini dengan posisi jok yang cukup tinggi di mana dalam hal ini, ukuran ketinggian tempat duduknya berukuran 795 mm dan berbobot 252 Kg. Tentunya ketinggian jok dari Honda CB1100 RS tersebut dirasa cukup pas, hanya saja bagi sebagian konsumen yang berpostur tubuh pas-pasan, tampaknya akan terasa sulit ketika mengendalikan motor ini, terutama saat kondisi mesin mati mengingat ukuran tempat duduknya yang cukup tinggi dan bobotnya yang cukup berat. Akan tetapi, untuk ukuran ground clearance pada Honda CB1100 RS justru dirasa sangat pas dengan ukuran 130 mm. Sehingga, dengan ukuran jarak terendah ke tanah yang cukup ideal tersebut maka moge ini cocok untuk dikendarai di berbagai medan. Tentu saja, dengan keunggulan pada sektor dimensi dan rangka yang dibawa spesifikasi Honda CB1100 RS tersebut, pastinya menjadi sebuah keunggulan tersendiri baginya.

Review Honda CB1100 RS

Suspensi

Dibekali Kaki-Kaki Super Kokoh dan Rem Canggih

Untuk menunjang keseimbangan yang lebih stabil maka tak ketinggalan pula bahwa pada spesifikasi Honda CB1100 RS tersebut akan dibekali kaki-kaki yang sangat kokoh dan kuat. Di mana, pada sektor kaki-kaki tersebut pun akan mengusung dua jenis suspensi handal yang tersematkan di sisi depan dan belakang. Dimulai dari bagian depan, moge klasik ini akan mengandalkan tipe suspensi Conventional Fork (SDBV) yang berukuran 43 mm with Adjustable Spring Preload yang mana daya redamnya bisa diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Sedangkan di bagian belakang, Honda CB1100 RS ini akan menggunakan tipe suspensi Twin Shocks with Adjustable Spring Preload yang juga memiliki pengaturan daya redam manual. Tentu, dengan ketangguhan dari kedua suspensi tersebut maka keseimbangan dalam berkendara pun kian terasa meski Honda CB1100 RS ini dibawa melewati jalanan yang berlubang atau bergeronjal mengingat kedua suspensi tersebut sangat tangguh dalam meredam setiap goncangan ketika melalui medan jalan tersebut. Sementara itu di sisi lain, untuk memperkuat sekaligus melengkapi kaki-kakinya maka Honda CB1100 RS pun akan dilengkapi velg sporty nan gagah model palang ring yang berukuran 17 inci di mana pada velg bagian depan akan terbalut ban berukuran 120/70 R17 dan untuk bagian belakangnya sendiri bakal dilapisi ban berukuran lebih besar, yaitu 180/55 R17. Sementara itu, untuk pengeremannya sendiri Honda CB1100 RS akan mengandalkan rem piringan cakram berkaliper tipe radial buatan Tokico. Meski belum dilengkapi dengan teknologi ABS namun Mas Sena yakin dengan rem tersebut tentu sudah cukup handal dalam menjaga maupun mengendalikan laju motor. Selain itu, secara keseluruhan spesifikasi Honda CB1100 RS pada bagian keki-kakinya ini juga sudah terbilang sempurna.

Harga Motor Honda CB1100 RS

Mesin

Sektor Permesinan Andalkan Mesin DOHC 4 Silinder Berkapasitas 1.140 cc

Nah, pada segmen kali ini, kita saatnya bersama-sama menelisik sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Honda CB1100 RS. Sebagai moge klasik bergaya modern, Honda telah membekali moge garapannya ini dengan komponen mesin pacu yang terbilang sangat tangguh di kelasnya. Pasalnya, diketahui bahwa moge retro modern ini akan dipersenjatai mesin tipe DOHC Inline dengan 4 silinder dan memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.140 cc. Mesin yang diusung Honda CB1100 RS tersebut pun nantinya akan dikawinkan dengan sistem transmisi manual tipe Wet Multiplate 6-percepatan. Di mana, dengan kombinasi antara komponen mesin dan sistem transmisi tersebut dipastikan akan sanggup menyemburkan power maksimum 66 kW per putaran 7500 rpm dan torsi maksimal hingga 91 Nm per putaran 5500 rpm. Tentu saja dengan besaran power dan capaian torsi tersebut membuat Honda CB1100 RS ini terbilang berperforma gahar di kelasnya. Tak hanya itu saja, sektor permesinan yang diusungmoge Honda ini pun juga sudah mengandalkan sistem karburasi berupa PGM-FI Fuel Injection yang akan membuat konsumsi bahan bakar dari Honda CB1100 RS tersebut menjadi lebih efektif dan efisien sehingga menjadikan moge ini menjadi irit bahan bakar dengan perbandingan kompresi 9.5 : 1. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa selain memiliki performa yang sangat tangguh, sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Honda CB1100 RS ini pun juga terbilang ramah lingkungan.

Fitur

Membawa Sejumlah Fitur Modern yang Cukup Fungsional

Sebagai motor yang memiliki perfoma serta spesifikasi mesin yang tangguh, mestinya spesifikasi Honda CB1100 RS ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang bisa menunjang keselamatan maupun keamanan berkendara bagi para pengemudinya. Terkait dengan fitur yang dibawanya, untuk menunjang keselamatan dan mempermudah pengemudi dalam mengendalikan laju Honda CB1100 RS ini maka Honda pun melengkapi moge buatannya ini dengan rem cakram dual Disc dan Single Disc dengan kaliper tipe radial garapan Tokico yang terbilang cukup handal dalam urusan pengereman. Selain itu, fitur yang cukup modern nan canggih yang dibawa Honda CB1100 RS ini pun terletak pada sistem indikatornya yang futuristik dan informatif. Bahkan, teknologi PGM-FI pada sistem mesin pacunya pun turut menjadi fitur yang sangat efektif dalam urusan efisiensi konsumsi bahan bakar. Tentu saja, dengan seluruh keunggulan fitur maupun spesifikasi Honda CB1100 RS tersebut, dipastikan akan membuat harganya cenderung mahal.

Spesifikasi Honda CB1100 RS

Mesin
Tipe Mesin Inline four-cylinder, air and oil-cooled, DOHC
Kapasitas 1140 cc
Rasio Kompresi 9.5:1
Karburasi PGM-FI electronic fuel injection
Diameter x Langkah 73.5 x 67.2 mm
Tenaga Maksimal 66kW/7,500rpm
Torsi Maksimal 91Nm/5,500rpm
Kapasitas Oli 4.9l/4.4l
Starter Electric
Transmisi 6-speed
Dimensi
Panjang 2180 mm
Lebar 800 mm
Tinggi 1100 mm
Jarak Sumbu Roda 1485 mm
Jarak Terendah 130 mm
Tinggi Jok 795 mm
Berat 252 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 16.8 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan 43mm conventional fork (SDBV) with adjustable spring preload
Suspensi Belakang Twin shocks with adjustable spring preload
Ban Depan 120/70 R17
Ban Belakang 180/55 R17
Roda Depan 17in x 3.50MT 10-spoke diecast aluminium
Roda Belakang 17in x 5.50MT 10-spoke diecast aluminium

Harga Honda CB1100 RS

Tampaknya, pembahasan mengenai review spesifikasi dari moge buatan Honda ini terasa kurang lengkap tanpa mengulas harga Honda CB1100 RS. Meraba soal banderol, memang moge besutan pabrik asal Negeri Matahari ini akan dibanderol cukup mahal mengingat ketangguhan spesifikasi maupun fitur canggih yang dibawanya. Dari segi desain saja sudah sangat menarik dan tampak elegan dengan memadukan desain retro-modern. Sementara itu, performa yang dimiliki Honda CB1100 RS ini pun juga sangat canggih berkat mesin berkapasitas 1.410 cc yang dilengkapi teknologi PGM-FI sebagai fitur injeksinya yang akan membuatnya berperforma tangguh namun tetap irit bahan bakar. Tentu saja, hal tersebut akan membuat harga Honda CB1100 RS cenderung tinggi. Belum lagi dengan fitur-fitur canggih nan fungsional yang dibawanya sehingga kenyamanan maupun keselamatan pun lebih terjamin. Nah, jika melihat kemampuan atau keunggulan spesifikasinya tersebut, kira-kira berapa ya kisaran banderol harga Honda CB1100 RS ini?

Harga Honda CB1100 RS

Harga Honda CB1100 RS Terbaru

Seperti dengan yang sudah disinggung di atas, harga Honda CB1100 RS akan dibanderol dengan nominal yang cukup tinggi. Bukan pendapat Mas Sena semata mengingat dengan mendasarkan atas informasi yang dikutip dari situs resmi Honda UK, pabrikan asal Jepang tersebut dikabarkan akan membanderol moge bernama Honda CB1100 RS ini seharga £11 139 atau apabila dirupiahkan akan setara dengan Rp 198 jutaan. Wow, sebuah banderol yang menyamai satu unit MPV bukan? Tentu saja, dengan banderol yang begitu mahal tersebut dipastikan hanya akan beberapa konsumen yang berdompet tebal saja yang akan membelinya. Dengan harga Honda CB1100 RS yang sangat mahal tersebut, membuat motor ini menjadi salah satu motor dari Honda termahal yang ada di pasaran. Namun meskipun demikian, harganya yang mahal tersebut memang dinilai sebanding dengan segala fitur, desain ataupun spesifikasi yang dibawanya. Nah, apakah dengan harga Honda CB1100 RS yang begitu mahal itu, kawan-kawan salah satu di antara konsumen yang berniat untuk memboyongnya?

Harga Honda CB1100 RS
Rp 198.000.000,-
Daftar Harga Motor Honda

Catatan : 

  • Harga motor Honda CB1100 RS diatas merupakan harga di Inggris
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CB1100 RS

Di sisi lain, informasi terkait dengan harga Honda CB1100 RS tersebut merupakan info yang Mas Sena kutip dari situs resmi Honda UK yang ada di Inggris. Mengingat, hingga saat ini motor ini memang belum menginjakan bannya ke Indonesia. Meski terbilang mahal namun tampaknya seperti yang Mas Sena telah katakan di atas, tingginya kisaran banderol harga Honda CB1100 RS tersebut sudah sesuai dan pas mengingat spesifikasi yang diusung moge ini juga terbilang tak main-main. Selain itu, harganya yang sangat mahal tersebut juga tak lepas dari segmentasinya sebagai moge kelas premium yang ditujukan bagi para konsumen kelas menengah ke atas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Honda CB1100 RS ini nantinya akan menjadi pesaing bagi moge-moge lain dengan harga yang juga selangit layaknya Harley Davidson, Triumph dan beberapa merek lain. Sepertinya, sampai di sini dulu ya kawan perjumpaan kita. Semoga, ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda CB1100 RS di atas bisa menjadi sumber referensi terpercaya buat kawan-kawan semua. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lain mengenai Ducati Scrambler Cafe Racer dan Honda CMX500 Rebel.

Top