Harga Honda CBR300R, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2017

Harga Honda CBR300R dan Spesifikasi – Salah satu jajaran produk motor sport buatan Honda yang mengusung nama Honda CBR300R tampaknya memang mampu memikat hati para calon konsumen. Bahkan, motor sport buatan pabrik asal Jepang yang resmi diperkenalkan sejak akhir tahun 2014 lalu itu pun sampai saat ini masih menjadi salah satu kendaraan sport kelas premium yang layak diperhitungkan dan patut diacungi jempol. Tak hanya itu saja, kehadiran Honda CBR300R yang bakal menjadi pesaing berat bagi Yamaha R3 dan Ninja 300 ini pun juga semakin memperkaya jajaran produk CBR Series buatan Honda yang dikenal selalu menawarkan keunggulan sangat mumpuni di kelasnya. Sehingga, sangat wajar apabila motor inipun akan menjadi salah satu pilihan yang sangat menarik bagi kawan-kawan yang sedang menginginkan Sport Bike. Di sisi lain, Honda CBR300R ini sebenarnya juga tak memiliki perbedaan dengan saudaranya dari CBR250R. Hanya saja, perbedaan yang cukup mencolok yaitu terletak pada kapasitas kubikasi di sektor ruang mesinnya yang memang memiliki kapasitas lebih besar. Kira-kira apa saja ya keunggulan atau kelebihan lain yang dimiliki Honda CBR300R ini?

Honda CBR 300R

Honda CBR 300R

Berbicara terkait dengan keunggulan atau kelebihan, tampaknya spesifikasi yang dibawa Honda CBR300R ini sangat menarik untuk ditelisik. Memang, meski sudah dirilis tahun 2014 lalu namun pihak Honda Indonesia tak menghadirkannya ke pasar otomotif Tanah Air. Banyak faktor yang melatar belakangi pihak Honda Indonesia tak membawanya ke Indonesia, antara lain karena harga Honda CBR300R yang terbilang cukup mahal untuk kalangan para pecinta motor sport. Sehingga secara tak langsung memaksa Honda untuk fokus menjual varian CBR250R yang memiliki banderol berada di bawahnya. Di sisi lain, CBR300R ini pun juga akan hadir dengan gaya desain sporty yang begitu menarik dan khas CBR Series. Di samping itu, dapur pacu yang dibawa Honda CBR300R juga dikenal sangat gahar dan mumpuni. Sebab, Honda sendiri telah membekali motor sport buatannya tersebut dengan mesin berkapasitas 286 cc tipe DOHC dengan 4 katup silinder tunggal. Bekalan mesin ini pun juga akan dilengkapi dengan sistem pembakaran PGM-FI yang dikenal mampu membuat konsumsi bahan bakar Honda CBR300R menjadi lebih irit. Tak cukup sampai di situ, beberapa fitur canggih juga turut dibenamkan pada motor sport besutan Honda ini untuk menunjang kenyamanan atau pun keselamatan. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki motor sport buatan Honda ini. Nah, untuk mengetahui secara lebih detail, yuk kita simak bersama ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda CBR300R!

Motor Honda CBR 300R

Review Honda CBR300R

Desain

Bodi Full Fairing Tampilkan Kesan Sporty

Untuk mengawali pembahasan kali ini, Mas Sena akan memulainya dengan mengulas sektor eksterior atau tampilan luar dari spesifikasi Honda CBR300R. Melihat dari segi fisiknya, tampaknya bodi dari motor sport yang diusung Honda ini memang tak beda jauh dengan beberapa motor sport pada umumnya di mana terdapat balutan bodi full fairing dan cukup aerodinamis yang semakin memperkuat pesona sporty. Hal itu bisa kita lihat kembali secara spesifik di mana dari depan Honda CBR300R tampak sebuah head lamp yang mengandalkan teknologi full digital lamp dengan mengusung konsep desain berbentuk sipit sehingga kesan garang dan tajam pun terlihat begitu kental dari sisi depan. Tak hanya itu saja, pada sisi samping, bisa dilihat bagaimana striping yang ada pada fairing tampak begitu tegas sehingga kesan sporty pun juga terlihat begitu kuat. Selain itu, tangki bahan bakar Honda CBR300R yang mampu menampung bahan bakar hingga 3.4 gallons atau 12.8 liter pun juga dibuat dengan desain yang begitu menarik di mana terdapat lekukan tegas plus logo kepakan sayap khas motor Honda yang tertempel manis pada tangkinya tersebut. Lalu, sedikit mundur ke belakang, jok dibuat meninggi dan sedikit meruncing ke belakang sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup nyaman khas motor sport. Nah, pada bagian belakang, Honda CBR300R ini akan mengandalkan sebuah stop lamp yang dibuat dengan desain menarik yang akan semakin memperlihatkan kesan sebagai motor sport berkelas. Tentu, dengan melihat seluruh sektor bodi motor pada spesifikasi Honda CBR300R tersebut dipastikan akan membuatnya semakin garang dan sporty.

Spesifikasi Honda CBR 300R

Speedometer

Instrumen Indikator Andalkan Kombinasi Panel Analog dan Digital

Beralih pada segmen berikutnya, kali ini Mas Sena akan membicarakan tentang instrumen indikator pada spesifikasi Honda CBR300R. Jika sebelumnya sudah kita ketahui betapa kesan sporty kian tampak kuat pada desain fisiknya, tampaknya kesan modern pun juga tak luput tersematkan pada panel indiaktornya. Sebab, motor ini akan menawarkan desain panel indikator yang mengusung kombinasi panel analog dan digital. Tentu sangat menarik bukan? Sesuai dengan gaya modern pada instrumen indikator yang dibawa Honda CBR300R tersebut maka kedua gabungan panel, yakni digital maupun analog akan menampilkan informasi yang cukup simple namun saling berhubungan. Pasalnya, pada panel analognya diketahui akan memperlihatkan informasi mengenai kecepatan atau rpm beserta indikator lampu netral dengan background warna hitam yang membuatnya semakin tampak elegan. Sementara itu, pada panel digitalnya sendiri, Honda CBR300R ini akan menampilkan kecepatan dalam angka digit, kapasitas oli, kapasitas bahan bakar, penunjuk waktu atau jam digital, jarak yang telah ditempuh. Tentu, dengan informasi tersebut maka akan membuat pengemudi lebih mudah memahami kondisi motor Honda CBR300R yang tengah ditungganginya. Selain itu, pada bagian bawah dari panel digital akan menampilkan beberapa panel lampu, seperti lampu tembak dan lampu sein yang terpasang pada sisi kanan maupun kiri. Dengan begitu maka bisa disimpulkan bahwa panel indikator dari spesifikasi Honda CBR300R ini memang dibuat begitu modern dan sangat informatif.

Spesifikasi Motor Honda CBR 300R

Dimensi

Motor Sport Premium dengan Dimensi yang Pas dan Nyaman Dikendarai

Pada segmen ini, kita akan bersama-sama menilik secara lebih detail mengenai dimensi yang dimiliki spesifikasi Honda CBR300R. Berkaitan dengan dimensi, tampaknya motor sport buatan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini bakal mengusung ukuran dimensi yang pas dan sesuai dengan segmentasinya. Sebab, dalam kaitannya dengan dimensi ini, Honda akan menggunakan dimensi kuat dan kokoh pada Honda CBR300R di mana memiliki panjang 2.035 mm, lebar 720 mm dan Tinggi 1120 mm serta memiliki jarak sumbu roda 1379 mm. Dimensi dengan ukuran tersebut sepertinya memang sudah cukup pas untuk sebuah motor sport. Apalagi di sisi lain juga, motor ini juga memiliki tinggi jok hingga 725 mm. Sehingga, dengan ukuran dimensi ketinggian jok Honda CBR300R tersebut maka akan membuat posisi riding pun kian nyaman dan pas serta akan mempermudah pengemudinya dalam menjangkah atau mengendalikan keseimbangan motor, terutama ketika berhenti di lampu merah. Akan tetapi, di sisi lain untuk ukuran ground clearance yang dibawa pada motor Honda CBR300R ini masih belum diketahui berapa pastinya. Yang jelas bahwa motor sport garapan pabrik asal Jepang ini akan mampu bermanuver dengan mudah di jalanan perkotaan. Tetapi, jika melihat secara keseluruhan tampaknya dimensi yang diusung spesifikasi Honda CBR300R ini memang bisa dibilang sudah cukup pas dan sepadan.

Review Honda CBR 300R

Suspensi

Disokong Sektor Kaki-Kaki yang Kokoh dan Berbekal Pengereman Modern

Selain memiliki dimensi yang pas, tampaknya spesifikasi Honda CBR300R ini juga akan dilengkapi dengan sektor kaki-kaki yang begitu kokoh tak tertandingi. Hal ini, tentu salah satu bentuk upaya Honda dalam menunjang kenyamanan pengguna dalam mengendarai motor sport buatannya tersebut. Nah, untuk kaki-kakinya ini, Honda CBR300R akan mengandalkan suspensi tangguh yang tersematkan pada kedua sisi, yaitu isi depan maupun belakang. Untuk sektor depan, Honda akan mengandalkan suspensi berukuran 37mm fork dengan ukuran travel 4.65 inci. Sementara itu di sisi lain, pada bagian belakangnya Honda CBR300R akan menggunakan suspensi tipe Pro-Link Single Shock with five positions of spring preload adjustability berukuran 4.07 inci. Dengan disematkannya suspensi pada bagian depan maupun belakang tersebut, tentu perjalanan pengguna ketika mengendarai motor sport ini akan terasa lebih nyaman dan aman. Pasalnya, kedua suspensi dari Honda CBR300R tersebut, terutama pada bagian belakang diklaim bakal mampu memberikan daya redam goncangan yang cukup optimal meski melewati jalanan yang berlubang sekalipun. Di sisi lain, untuk menambah daya kokoh kaki-kakinya maka Honda CBR300R ini akan mengandalkan velg racing dengan ukuran 17 inci, baik pada srktor depan maupun belakang. Velg yang dibawa motor sport tersebut akan terbalut dengan sebuah ban modern yang memiliki diameter 110/70 di bagian depan dan 140/70 pada bagian belakang. Sementara itu, tak ketinggalan juga bahwa sektor kaki-kaki yang dibawa motor sport buatan pabrik asal negeri Matahari yang bertajuk Honda CBR300R ini pun juga akan dilengkapi pengereman tangguh. Pertama, pada bagian depan, Honda akan menggunakan pengereman cakram tunggal dengan piringan yang berdiameter 296 mm. Sedangkan untuk bagian belakang mengandalkan cakram tunggal juga namun dengan diameter yang berbeda, yaitu seluas 220 mm. Yang menarik, pada sektor pengereman tersebut, Honda juga akan melengkapi Honda CBR300R ini dengan teknologi pengereman ABS di mana dengan dibenamkannya teknologi itu maka pengemudi akan lebih mudah dalam melakukan pengereman dan mampu mengontrol laju kecepatan secara sempurna serta mampu mencegah ban anti selip ketika pengereman mendadak dilakukan. Nah, dengan bekalan spesifikasi Honda CBR300R yang begitu canggih dan unggul tersebut maka dipastikan kenyamanan maupun keamanan berkendara pun akan lebih terjamin.

Harga Motor Honda CBR 300R

Mesin

Berbekal Mesin Tangguh Berkapasitas 286 cc Tipe DOHC dengan 4 Katup

Nah, menginjak pada segmen ini, saatnya Mas Sena untuk membedah sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Honda CBR300R. Sebagai motor sport yang menyasar untuk meramaikan pasar kelas premium maka sudah sepantasnya jika Honda membekali motor sport buatannya ini dengan bekalan spesifikasi hardware canggih. Dan hal tersebut memang dilakukan oleh pabrik pembuatnya. Pasalnya, jika menilik pada sektor dapur pacunya ini, kawan-kawan akan melihat bagaimana Honda CBR300R ini memiliki mesin yang tangguh di mana dibekali tipe mesin yang memiliki kapasitas 286cc dengan teknologi DOHC 4 katup dan silinder tunggal yang dibenamkan pada bagian permesinannya. Tentu, dengan bekalan mesin tersebut maka dipastikan bahwa Honda CBR300R ini akan mampu memberikan tenaga yang sangat gahar dan mumpuni. Sebab, mesin yang dibawanya tersebut diketahui mampu menghasilkan semburan tenaga maksimal hingga 22,7 kW setiap putaran 8.500 rpm. Hasilan Power yang dinilai cukup besar tersebut pun juga akan terimbangi dengan torehan torsi Honda CBR300R yang mampu mencapai titik puncak torsi hingga 27 Nm pada putaran mesin 7.2 rpm. Melihat hasil tenaga yang disemburkannya tersebut maka tak diragukan lagi kehandalan teknologi mesin yang dibawa Honda ini. Nah, power mesin yang dihasilkan tersebut pun juga nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Uniknya, meski mampu memberikan tenaga super namun Honda CBR300R juga tetap akan dilengkapi dengan teknologi pembakaran PGM-FI yang dikenal mampu menekan konsumsi bahan bakar menjadi lebih dan efisien hingga memiliki perbandingan kompresi hingga 10.7: 1. Sehingga, selain irit bahan bakar tentu dengan bekalan teknologi tersebut maka dipastikan bahwa motor sport bernama Honda CBR300R ini tetap sebagai motor sport yang ramah lingkungan. Di sisi lain, sistem Liquid Cooled pun juga turut dihadirkan sebagai salah satu pengontrol suhu mesin sehingga akan mencegah mesin cepat panas. Dengan demikian, bisa diketahui bahwa sektor mesin pada dapur pacu dari spesifikasi Honda CBR300R ini memang handal dan mumpuni namun tetap irit bahan bakar.

Fitur

Memiliki Segudang Fitur Unggulan yang Canggih

Setelah kita mengulas desain, dapur pacu, dan beberapa sektor yang dibawanya, kini waktunya kita untuk mencari tahu apa saja fitur-fitur yang disematkan pada spesifikasi Honda CBR300R. Bekalan fitur yang dibawa motor sport ini pun tak tanggung-tanggung guna menunjang jaminan rasa nyaman dalam berkendara maupun keselamatannya. Pertama, dari segi kenyamanan sendiri, motor ini akan mengandalkan dua suspensi pada bagian depan dan belakang yang siap menahan setiap goncangan ketika melewati jalanan berlubang. Kemudian, fitur instrumen indikator Honda CBR300R pun juga dihadirkan dengan tampilan kombinasi analog-digital yang begitu stylish dan informatif sehingga pengguna pun akan mudah dalam memahami kondisi motor yang dikendarainya. Sementara itu untuk menunjang keselamatan maka pastinya Honda CBR300R ini akan mengandalkan pengereman handal guna mempermudah pengendara dalam mengontrol laju kecepatan motor secara maksimal untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Bahkan pengereman tersebut juga sudah dibekali dengan teknologi ABS yang siap mencegah ban anti selip ketika pengereman dadakan dilakukan. Nah, dengan keunggulan pada spesifikasi Honda CBR300R yang dibawanya tersebut, apakah sobat tertarik untuk mengetahui harganya?

Video Honda CBR300R

Berikut ini adalah official video Honda CBR300R yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Honda ini:

Spesifikasi Honda CBR300R

Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, DOHC, 4-Katup Silinder Tunggal
Kapasitas Mesin 286 cc
Diameter x Langkah 76 x 63 mm
Perbandingan Kompresi 10,7 : 1
Daya Maksimum 22,7 kW -8.500 rpm
Torsi Maksimum 27 Nm – 7.2 rpm
Starter Starter Elektrik
Sistem Pelumasan Basah
Tipe Kopling Wet Multiplate with Coil Springs
Transmisi 6 kecepatan
Sistem Suplay bahan Bakar PGM-FI
Sistem Pengapian Full Transisterized
Battery MF 12V – 6 Ah
Dimensi
PxLxT 2.035 x 720 x 1120 mm
Berat 164 Kg
Tinggi Tempat Duduk 725 mm
Jarak Sumbu Roda 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah 137 mm
Kapasitas tangki 13 Liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Diamond (Truss) Frame
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Suspensi Tunggal dengan Sistem Suspensi Pro-Link
Ban Depan 110/70 – 17 52P [Tubeless]
Ban Belakang 140/70 – 17 62P [Tubeless]
Sistem Pengereman ABS
Rem Depan 296 mm single hydraulic disc with 2 pistin calipers and sistered metal pads
Rem Belakang 220 mm single hydraulic disc with 2 pistin calipers and sistered metal pads

Harga Honda CBR300R

Seusai kita mengupas tuntas dan membedah setiap sektor pada spesifikasinya tersebut, kini waktunya Mas Sena untuk mengetahui berapa harga Honda CBR300R ini. Terkait dengan banderol, umumnya disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya. Maka dari itu, tak salah juga sebelum jauh mengulas harga CBR300R ini, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan mengenai spesifikasinya. Pertama, dari segi desain pun Honda CBR300R sudah terlihat dan tak diragukan kembali daya tariknya di mana konsep sporty-modern pun tampak jelas merangkup pada sisi eksteriornya. Sementara itu, tak ketinggalan juga mesin berkapasitas 286 cc dengan teknologi DOHC 4 katup silinder tunggal pun juga siap menghasilkan kinerja yang begitu mumpuni dan super handal. Tak heran jika harga Honda CBR300R memang dibanderol dengan angka yang cukup tinggi. Apalagi, di sisi lain beberapa fitur kenyamanan maupun keselamatan pun juga disematkan pada motor sport buatan Honda ini yang akan semakin memanjakan pengemudi maupun penumpangnya saat riding dijalanan. Lalu, kira-kira berapa sih harga Honda CBR300R ini?

Harga Honda CBR 300R

Harga Honda CBR 300R Terbaru

Jika mendasarkan atas beberapa informasi yang telah Mas Sena kutip, tampaknya harga Honda CBR300R ini memang akan dipatok cukup mahal. Bahkan, banderolnya pun juga akan ditawarkan dengan dua varian berbeda, yakni CBR300R standar dan CBR300R ABS. Nah, untuk harga Honda CBR 300R, akan dibanderol dengan harga $4.399 atau sekitar Rp 58.5 juta. Sedangkan untuk harga Honda CBR300R versi ABS, akan dipatok seharga $4.899 di mana jika dikonversikan ke nilai tukar rupiah akan setara dengan Rp 65.2 juta. Apabila kita melihat harga motor sport Honda CBR300R ini, tampaknya memang benar-benar cukup mahal untuk sekelas motor sport premium. Sehingga, sangat dimungkinkan hanya beberapa kalangan menengah saja yang sanggup membelinya. Dengan harga Honda CBR300R tersebut, bagaimana dengan sobat? Apakah juga siap membelinya?

Harga Honda CBR300R

Tipe Harga
Honda CBR300R Rp 58.500.000,-
Honda CBR300R ABS Rp 65.200.000,-
 Daftar Harga Motor Honda

Catatan : 

  • Harga motor Honda CBR300R diatas merupakan harga di luar negeri
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CBR300R

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu untuk sobat ketahui bahwa harga Honda CBR300R jika dibandingkan dengan keunggulan pada spesifikasi yang dibawanya, memang sangat mahal. Namun jika ditelisik lebih mendalam lagi, sepertinya sudah pas atau sepadan untuk motor sport kelas 300cc. Di sisi lain, meski bakal menjadi primadona sebagai motor sport sekelas 300cc tampaknya Honda CBR300R ini harus berhadapan dengan Yamaha R3 dan Ninja 300 yang memang mengincar pada segmen yang sama. Namun, semua itu tetap dikembalikan kepada calon konsumen mengingat selera konsumen itu berbeda-beda. Harga Honda CBR300R yang cukup bersaing pun tentunya akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi para calon konsumennya. Apalagi dengan merek Honda yang sudah menjadi salah satu legenda motor di Indonesia. Yang terpenting, semoga ulasan spesifikasi dan harga Honda CBR300R ini bisa menjadi referensi buat sobat semua. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lain mengenai Suzuki GSX R1000R dan Kawasaki Ninja 300.

Top