Harga Honda CRF150L, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Honda CRF150L dan Spesifikasi – Tampaknya, salah satu produk buatan pabrik Jepang yang bernama Honda CRF150L bakal menjadi salah satu kendaraan roda dua yang siap melengkapi pasar otomotif Indonesia di segmen motor adventure. Kemunculan kendaraan adventure tersebut pun telah nampak semenjak beberapa waktu lalu ketika pihak PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan teaser motor ini melalui channel resminya dengan judul “New On-Off Sport Honda. Coming Soon!”. Tak hanya itu saja, kehadiran Honda CRF150L ini juga semakin jelas ketika pihak PT AHM membuka inden untuk motor adventure tersebut mulai 15 Oktober 2017. Hanya saja, pemesanan resmi untuk motor ini baru bisa dimulai pada 1 November 2017. Dan akhirnya, PT Astra Honda Motor pun resmi merilis motor bernama Honda CRF150L tersebut ke publik pada tanggal 9 November 2017. Motor ini diklaim bakal menjadi pesaing ketat KLX 150 garapan Kawasaki yang sebelumnya sudah melegenda bermain di kelas motor adventure 150 cc di Tanah Air. Selain itu, motor ini pun juga diklaim memiliki spesifikasi yang unggul dengan harga yang terbilang cukup pas di kantong. Semakin penasaran dengan Honda CRF150L ini bukan?

Honda CRF150L

Nah, ketika menyinggung soal spesifikasi yang dimiliki Honda CRF150L, tentu saja pihak pabrikan telah melengkapinya dengan ragam keunggulan spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan, jika dilihat secara detail, memang dari segi tampilan desainnya pun terlihat begitu sporty dan menggoda di mana motor off road yang satu ini dibuat dengan konsep yang begitu menantang. Di samping itu, Honda CRF150L pun sangat cocok bagi kawan-kawan yang suka berpetualang di medan off road. Pasalnya, dari sektor komponen pacunya pun juga tak bisa dipandang sepele di mana kali ini Honda akan mengusung SOHC dengan kapasitas mesin 149 cc. Sehingga dipastikan bahwa Honda CRF150L ini akan memiliki performa yang sangat handal. Tak sampai di situ saja, bahkan dengan beberapa fitur pun turut disematkan pada motor trail yang satu ini sebagai penunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Nah, untuk mengetahuinya secara lebih detail dan lengkap, yuk kita simak ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda CRF150L yang akan kita bahas bersama-sama pada segmen di bawah ini!

Motor Honda CRF150L

Review Honda CRF150L

Desain

Mengusung Desain Sporty nan Garang Khas Motor Off Road

Di babak pertama pada pembahasan ini, ulasan akan kita mulai dari sisi eksterior atau tampilan desain fisik yang diusung spesifikasi Honda CRF150L. Sebagaimana dengan segmentasinya maka motor trail buatan Honda yang satu ini memang memiliki tampang yang cukup menawan dan sangat kental dengan aura khas motor adventure. Hal itu pun bisa dilihat dari beberapa sektor yang dibawanya di mana mulai dari depan dari Honda CRF150L ini, tampak konsep tanpa headlamp dengan posisi spakbor yang lebih tinggi sehingga memancarkan tampang yang sangat garang. Di sisi lain, jika melihat pada bagian sisi sampingnya pada bodi eksterior motor ini, Mas Sena pastikan kawan-kawan bakal terpikat. Sebab, pada bagian sisi kanan maupun kiri dari Honda CRF150L ini terlihat sebuah mini fairing yang dibuat cenderung agak kaku dengan alur mengikuti desain tangki bahan bakarnya yang diketahui sanggup menampung kapasitas bahan bakar hingga 7.2 liter. Maka, wajar jika kesan tampang garang bergaya off road pun tampak seimbang. Apalagi dengan blok mesin terbuka atau tanpa penutup yang semakin memperlihatkan aura kegaharan dari motor Honda CRF150L tersebut. Belum lagi dengan bentuk knalpot yang dibuat begitu besar dan semakin membuatnya kian terlihat gang. Sementara itu, motor ini pun juga akan mengusung jok membentuk huruf “V” memanjang sedikit ke belakang sehingga akan memberikan posisi berkendara atau riding yang pas nan nyaman. Sedangkan di sisi lain, berbeda dengan versi diluar negeri yang tidak dilengkapi lampu, Honda CRF150L di Indonesia ini justru dilengkapi stoplamp dan headlamp. Hal ini tidak lepas dari fungsi dari motor ini yang memang ditujukan untuk dapat berjalan di medan off road dan juga on road. Hal tersebut berbedda dengan di luar negeri yang memang ditujukan hanya untuk kepentingan off road, sehingga tidak memerlukan stoplamp dan headlamp. Yang jelas bahwa sisi eksterior yang diusung spesifikasi Honda CRF150L ini terbilang sudah tampil begitu sporty dan garang yang sangat khas dengan konsep desain bergaya motor off road.

Spesifikasi Honda CRF150L

Dimensi

Motor Trail Garang dengan Dimensi Slim dan Rangka Kokoh

Memiliki gaya desain fisik yang tampak macho dan gagah, tentunya hal itu tak lepas dari rangka maupun ukuran dimensi yang dimiliki spesifikasi Honda CRF150L. Hal tersebut juga sangat berkaitan erat dengan segmentasinya di mana sebagai motor adventure yang siap melibas jalanan off road yang berkarakter keras pastinya Honda akan menggunakan rangka Semi Double Steel Cube yang berstruktur kuat namun terbilang lentur sehingga akan membuat kemudahan dalam mengendalikannya. Selain rangka, dimensi yang diusung Honda CRF150L pun dinilai cukup pas dengan panjang 2119 mm, lebarnya 793 mm, tinggi 1153 mm, dan jarak sumbu rodanya 1375 mm serta berbobot 122 Kg. Menilik dari bentuk dimensinya, tampaknya motor adventure ini sengaja dibuat lebih slim untuk mempermudah pengendara dalam menerjang segala medan, terutama jalan off road yang ganas. Di sisi lain, tak ketinggalan juga bahwa untuk mendukung segmentasi dari Honda CRF150L ini sebagai motor adventure maka Honda pun telah merancang dimensinya pula dengan ukuran ground clearance cukup tinggi, yakni 285 mm sehingga dipastikan pengemudinya tak perlu khawatir ketika melalui jalan off road dengan banyak bebatuan besar. Sementara itu di lain sisi, dimensi dari Honda CRF150L ini juga memiliki ketinggian tempat duduk 869 mm yang Mas Sena rasa cukup tinggi sehingga kemungkinan bagi pengguna berpostur pas-pasan akan terasa kesulitan ketika mengendalikan keseimbangan di saat kondisi motor berhenti. Dengan begitu maka secara keseluruhan bisa Mas Sena pastikan bahwa struktur rangka maupun dimensi dari spesifikasi Honda CRF150L ini terbilang cukup sesuai dengan segmentasinya sebagai motor adventure.

Spesifikasi Motor Honda CRF150L

Suspensi

Dipersenjatai Suspensi Kokoh dan Handal serta Rem Canggih

Tak ketinggalan pula bahwa dalam spesifikasi Honda CRF150L, pihak pabrikan juga telah mengusung kaki-kaki penunjang yang sangat kokoh. Bukan tanpa alasan mengingat sektor kaki-kaki dari motor trail yang satu ini merupakan suatu kebutuhan penunjang guna menjaga keseimbangan dan rasa nyaman saat berkendara. Nah, kaitannya dengan kaki-kaki tersebut, kali ini Honda CRF150L akan mengusung dua suspensi handal yang disematkan pada kedua sisi, baik depan maupun belakang. Untuk bagian depan, Honda akan mengandalkan Inverted Telescopic Front Suspension, sedangkan suspensi belakangnya, Honda CRF150L ini akan menggunakan Monosuspension with Pro-Link Suspension System berukuran 207 mm travel. Dengan penggunaan kedua suspensi tersebut maka keseimbangan pun bakal kian terjaga, bahkan akan membuat pengendara pun merasa nyaman meski melewati jalanan bergelombang. Di lain sisi, pihak pabrik asal Negeri Bunga Sakura tersebut juga akan melengkapi Honda CRF150L yang memiliki roda bergaya off road dengan velg 21 inci di bagian depan dan 18 inci di bagian belakang. Di mana, keduanya akan dibalut ban berulir besar yang berukuran 120 di bagian depan. Sementara itu, untuk sektor ban depan, akan menggunakan ban berukuran 160. Tak hanya itu saja, Honda CRF150L pun kabarnya akan dilengkapi dengan rem Hydraulic Disc berukuran 240 mm pada bagian depan. Nah, sementara untuk rem belakang akan menggunakan jenis rem Hydraulic Disc juga, namun dengan ukuran yang lebih kecil yakni 220 mm. Namun, saat ini belum diketahui apakah motor trail ini akan menggunakan teknologi ABS atau tidak pada sektor remnya. Namun, yang jelas spesifikasi Honda CRF150L pada sektor ini dinilai sudah sangat tangguh untuk menjaga keseimbangan maupun kenyamanan berkendara.

Review Honda CRF150L

Mesin

Berbekal Mesin SOHC dengan Kapasitas Kubikasi 149 cc Hasilkan Performa Handal

Nah, saatnya kita mengulas soal sektor permesinan dari spesifikasi Honda CRF150L. Seperti yang sudah Mas Sena perbincangkan di atas, motor adventure bergaya off road ini memang akan mengusung mesin yang sangat tangguh di kelasnya. Pasalnya, diketahui secara pasti bahwa nantinya Honda akan membekali motor bernama Honda CRF150L ini menggunakan mesin tipe SOHC 4 langkah yang mana memiliki kapasitas 149 cc silinder tunggal dan berpendingin cair. Mesin tangguh tersebut pun nantinya juga akan dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. Tentu, dengan bekalan mesin tersebut motor ini memiliki pergforma tenaga yang mumpuni. Dan benar saja, Honda CRF150L ini diklaim sanggup menghasilkan power maksimal hingga 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm dan torsi maksimum 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm. Selain itu, nantinya sektor dapur pacu pada Honda CRF150L ini juga akan dilengkapi pula dengan sistem karburasi 22 mm Piston-Valve dengan pembakaran DC-CDI sehingga akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih maksimal. Nah, jika menilik pada ruang pacunya tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Honda CRF150L ini bisa dibilang bakal sangat gahar dan mumpuni di kelasnya.

Harga Motor Honda CRF150L

Fitur

Kenyamanan dan Keselamatan Ditunjang Fitur-Fitur Fungsional

Sejenak beralih pada pembahasan lain, ternyata pada spesifikasi Honda CRF150L ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang begitu fungsional. Keberadaan beberapa fitur tersebut pun juga termasuk salah satu keunggulan atau kelebihan tersendiri yang dimiliki motor adventure garapan Honda ini. Nah, kaitannya dengan hal tersebut maka Honda CRF150L pun akan dilengkapi dengan beberapa fitur fungsional, seperti rem tipe Hydraulic Disc dan Leading Drum yang dipastikan bakal siap menunjang keselamatan kawan-kawan guna mengendalikan laju motor adventure ini secara lebih optimal. Selain itu, Honda CRF150L pun juga akan dilengkapi dengan suspensi handal dari Showa yang siap membuat kenyamanan pengguna saat berkendara menjadi lebih terasa. Tentu saja, dengan ragam fitur yang dibawanya tersebut maka tak heran jika pengguna pun bakal merasa nyaman dan keselamatan pun menjadi lebih terjamin. Nah dengan spesifikasi Honda CRF150L tersebut, tentu kawan-kawan penasaran dengan harganya bukan?

Spesifikasi Honda CRF150L

Mesin
Tipe Mesin Liquid cooled, 4 Stroke, 4 Valve SOHC
Kapasitas 149cc
Rasio Kompresi 9.5:1
Karburasi 22mm piston-valve
Diameter x Langkah 57.3 x 57.8mm
Tenaga Maksimal 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm
Torsi Maksimal 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Starter Electric
Transmisi 5-speed
Dimensi
Panjang 2.119 mm
Lebar 793 mm
Tinggi 1.153 mm
Jarak Sumbu Roda 1.375 mm
Jarak Terendah 285 mm
Tinggi Jok 869 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 7.2 liter
Berat 122 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm)
Suspensi Belakang Monosuspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm)
Ban Depan 2.75 – 21 45P (Ban Dalam)
Ban Belakang 4.1 – 18 59P (Ban Dalam)
Rem Depan Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)
RemBelakang Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)

Harga Honda CRF150L

Sekilas sudah uraian secara detail mengenai spesifikasi yang diusung motor adventure buatan Honda ini diungkap, kini waktunya bagi kita untuk mengulas terkait dengan harga Honda CRF150L. Sebelum jauh mengulas banderol, perlu untuk kawan pahami lagi bahwa motor off road garapan pabrik asal Negeri Matahari ini bakal dibekali beberapa keunggulan yang cukup menarik pada beberapa sektor. Sebut saja dari segi desain di mana Honda CRF150L akan hadir dengan mengusung konsep desain simpel namun tetap tampak garang khas motor off road. Sedangkan untuk performanya sendiri pun juga terbilang sangat mumpuni berkat mesin SOHC berkapasitas 149 cc yang dipastikan akan menghasilkan power yang sangat maksimal. Tentu hal tersebut akan membuat harga Honda CRF150L ini dibanderol dengan angka yang tidak murah. Namun, melihat segmentasinya yang nantinya akan bersaing dengan KLX 150, tentu saja honda pun tidak akan membanderolnya dengan angka yang terlalu mahal. Dengan begitu maka dipastikan bahwa nantinya harga Honda CRF150L ini dibanderol dengan angka yang relatif sedang.

Harga Honda CRF150L

Harga Honda CRF150L Terbaru

Nah, kaitannya dengan harga Honda CRF150L, tampaknya menjadi salah satu segmen yang paling ditunggu. Oleh sebab itu, dalam pembahasan mengenai harganya, tampaknya cukup banyak yang menganggap motor ini akan sangat mengancam KLX 150. Hal itu sangat wajar mengingat pihak Honda membanderolnya lebih murah. Di mana, jika mendasarkan atas informasi mengenai harga Honda CRF150L ini dari beberapa sumber dengan tingkat kredibilitas tinggi, menyatakan bahwa Honda membanderol motor trailnya ini senilai Rp 31.8 jutaan. Tentu saja, dengan banderolnya yang lebih murah tersebut maka dipastikan motor trail bernama Honda CRF150L ini bakal mampu mencuri perhatian para konsumen untuk membelinya. Di sisi lain dengan kisaran harga tersebut, tentu akan cukup membuat Kawasaki untuk waspada. Mengingat, hadirnya motor terbaru Honda ini memang akan menjadi pesaing KLX 150 miliknya, meskipun Honda mengatakan jika motor ini tidak ditujukan untuk menyaingi KLX. Nah dengan kisaran harga Honda CRF150L tersebut, apakah kawan-kawan sudah cukup tertarik memilikinya?

Harga Honda CRF150L
Sekitar Rp 31.800.000,- (OTR)
Daftar Harga Motor Honda

Catatan : 

  • Harga Honda CRF150L diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CRF150L

Di sisi lain, perlu dipahami juga bahwa info terkait dengan harga Honda CRF150L di atas merupakan harga untuk on the road Jakarta. Sehingga, jika kawan-kawan membelinya di luar harga OTR tersebut, dipastikan harganya akan berbeda. Akan tetapi, meskipun akan memiliki perbedaan dari harga OTR tersebut, namun tentu selisih dari harga Honda CRF150L ini tidak akan terlalu jauh dengan kisaran harga OTR tersebut di atas. Di samping itu, dengan nama besar Honda yang saat ini masih menjadi salah satu raja motor di Tanah Air, tentu bukan hal yang sulit baginya untuk bersaing dengan KLX 150 dari Kawasaki. Selain itu, dengan segmentasi yang diincarnya yang masih terbilang jarang pesaing, Honda CRF150L pun juga digadang-gadang menjadi salah satu motor unggulan Honda yang siap merajai segmen trail 150 cc. Nah, bagaimana ulasan yang Mas Sena berikan sudah cukup menarik perhatian kawan-kawan bukan? Demikian ulasan lengkap yang dapat Mas Sena berikan. Semoga informasi mengenai spesifikasi dan harga Honda CRF150L di atas bisa menjadi referensi awal bagi teman-teman. Jangan lupa baca juga informasi menarik lainnya mengenai KLX 150 BF dan KLX 150.

Top