Harga Kawasaki KLR 650 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Kawasaki KLR 650 dan Spesifikasi – Kawasaki kembali akan mengguncang dunia otomotif di segmen kendaraan roda dua dengan meluncurkan Kawasaki KLR 650. Kendaraan besutan pabrik asal Jepang yang satu ini merupakan motor dual purpose yang memang sengaja dihadirkan untuk menunjang kebutuhan para konsumen secara lebih fleksibel. Di mana motor terbaru buatan Kawasaki yang bertajuk Kawasaki KLR 650 ini memiliki kelebihan unik, yaitu bisa dikendarai di 2 medan jalan sekaligus antara lain di medan off road maupun jalanan beraspal di perkotaan. Dengan keunggulannya tersebut maka tak heran apabila motor ini pun akan menjadi salah satu motor premium yang bakal digandrungi oleh banyak para calon konsumen, terutama para pecinta touring. Di sisi lain, kehadiran Kawasaki KLR 650 ini pun semakin memperkaya line up jajaran produk Kawasaki yang notabene memang sebagai produsen moge maupun motor sport. Bahkan, kemunculan motor ini pun digadang-gadang akan menjadi pesaing terberat bagi Honda XR650L yang akan membuat persaingan di antara kedua pabrik ini semakin ketat. Nah, kira-kira apa lagi ya kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh Kawasaki KLR 650 ini?

Kawasaki KLR 650

Kawasaki KLR 650

Apabila kita lihat secara lebih mendetail, tampaknya selain memiliki bentuk desain yang begitu menarik pada setiap sisi bodinya, spesifikasi yang diusung Kawasaki KLR 650 ini memang dibekali dengan kemampuan yang super tangguh. Tentunya bekalan kemampuannya yang begitu mumpuni tersebut tak lepas dari kegunaannya sebagai kendaraan yang memang ditujukan untuk menunjang para konsumen dalam melewati setiap medan jalan. Hal itu bisa dilihat dari segi komponen mesin pacu yang dibenamkan pada sektor permesinannya di mana Kawasaki KLR 650 sendiri akan dipersenjatai mesin berteknologi DOHC dengan kapasitas 651cc yang siap memberikan tenaga super gahar. Selain itu, sistem fuel injeksi Keihin CVK40 pun juga turut disematkan yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya semakin hemat dan efisien. Tentunya hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri bagi Kawasaki KLR 650 ini. Di sisi lain, beberapa fitur kenyamanan dan keselamatan dengan teknologi canggih pun juga turut melengkapi keunggulannya. Sehingga, bukan suatu hal yang mustahil apabila motor ini menjadi salah satu kendaraan yang laris manis di pasar motor touring kelas menengah. Selain itu, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki motor ini. Mau tahu? Yuk, simak bersama ulasan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KLR 650 yang akan diuraikan Mas Sena pada segmen berikut ini!

Motor Kawasaki KLR 650

Review Kawasaki KLR 650

Desain

Motor Traveling dengan Desain Gagah Tampilkan Kesan Elegan

Seperti biasa, di awal pembahasan ini Mas Sena akan mengawalinya dengan membahas pada sisi eksterior atau tampilan fisik pada spesifikasi Kawasaki KLR 650. Di sektor ini, kita bisa lihat bagaimana gagahnya bentuk bodi dari motor traveling buatan Kawasaki ini. Dari depan saja kegagahannya tersebut tampak dari penempatan-penempatan single headlamp yang berukuran besar dengan bentuk sedikit meruncing pada sisi atas kanan dan kiri dari Kawasaki KLR 650 ini. Sehingga, selain mampu memberikan pencahayaan yang maksimal, dengan bentuk desain seperti itu maka akan membuat tampilannya semakin tampak garang jika dilihat dari depan. Di samping itu, pada bagian depan di stang kemudi Kawasaki KLR 650 ini juga terpasang Windscreen berukuran cukup besar yang akan melindungi si pengendara dari terpaan angin dari depan. Kemudian, pada bagian stang kemudinya pun dibuat dengan penyesuaian pada jok dan tangki bahan bakarnya sehingga akan membuat pengendara merasa nyaman ketika mengemudikan motor travel ini. Selain itu, berkaitan dengan tangki bakar, Kawasaki KLR 650 akan dibekali juga dengan tangki bahan bakar yang berukuran cukup besar namun berdesain simple di mana mampu menampung bahan bakar hingga 6.1 gall atau sekitar 23 liter. Yang menarik, pada bagian tangki ini Kawasaki sendiri melengkapi sebuah cover dengan bentuk kotak, yang dapat membantu pendinginan mesin secara manual dengan mengandalkan terpaan angin dari depan. Lalu, sedikit mundur ke bagian belakang Kawasaki KLR 650, terdapat jok empuk memanjang dan sesuai dengan stang kemudinya sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup proporsional dan nyaman. Tak cukup sampai di situ, pada lini belakang, Kawasaki KLR 650 ini juga dilengkapi dengan stop lamp yang dibuat lebih minimalis dan sebuah Sturdy Cargo Rack yang berfungsi untuk membawa barang bawaan. Maka, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor tampilan desain pada spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini memang bisa dibilang memiliki desain simple namun tanpa menghilangkan kesan kegagahannya.

Spesifikasi Kawasaki KLR 650

Speedometer

Dilengkapi Instrumen Indikator Analog yang Informatif

Di segmen ini, Mas Sena akan mengulas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Kawasaki KLR 650. Kelengkapan instrumen indikator pada sebuah kendaraan memang bisa dibilang cukup penting. Sebab, dengan adanya instrumen indikator maka pengemudinya pun bisa mengetahui keadaan motor yang dikendarainya. Begitu juga dengan Kawasaki KLR 650 di mana motor travel buatan pabrik asal Negeri Sakura ini akan dilengkapi dengan panel indikator analog yang dibentuk membulat dengan latar/background warna hitam. Pada sektor indikator ini, Kawasaki sendiri akan membagi panel analog ini menjadi 3 bagian, yaitu sisi kiri, tengah, dan kanan. Nah, untuk sisi kiri, akan memperlihatkan info mengenai rpm. Sementara itu, pada bagian tengah panel dari Kawasaki KLR 650 akan memperlihatkan informasi terkait kecepatan dalam hitungan Km/jam maupun Mph dan jarak tempuhnya. Di sisi lain, untuk indikator sebelah kanan akan memberikan informasi mengenai indikator bahan bakar. Selain itu, sektor panel indikator pada Kawasaki KLR 650 ini juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator, seperti indikator lampu netral, indikator lampu tembak/jarak jauh, dan indikator lampu sein. Tak ketinggalan juga jam digital pun juga turut disematkan pada instrumen indikator pada dari spesifikasi Kawasaki KLR 650.

Spesifikasi Motor Kawasaki KLR 650

Dimensi

Memiliki Dimensi yang Pas dan Berbekal Rangka Semi Double Cradle High Tensile Steel Kokoh

Selain memiliki tampilan fisik yang begitu gagah, spesifikasi Kawasaki KLR 650 juga akan disokong dimensi pas dan rangka yang kokoh. Pertama, untuk ukuran dimensinya sendiri, motor traveling buatan Kawasaki ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 2.296 mm, lebarnya 960 mm, tinggi 1.348 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.480 mm. Setelah kita mengetahui ukuran dimsneinya tersebut maka tak heran jika bentuk bodi dari Kawasaki KLR 650 ini memiliki bodi yang cukup besar. Namun, meski memiliki bodi yang besar, keseimbangannya pun tetap terjaga. Sebab, Kawasaki mengandalkan tipe rangka Semi-double cradle High Tensile Steel yang dikenal kokoh namun ringan sehingga sangat cocok untuk menopang dimensi dan bobot dari Kawasaki KLR 650 ini. Di sisi lain, motor traveling ini juga memiliki jarak tempat duduk setinggi 889 mm yang dirasa sudah cukup pas dengan postur atau tinggi tubuh para konsumen di Indonesia. Namun, nampaknya bagi pengguna yang bertubuh kurang tinggi kemungkinan kan sedikit kesulitan dalam mengendalikan motor traveling besutan Kawasaki ini, terutama ketika dalam posisi berhenti. Tak sampai di situ saja, Kawasaki KLR 650 ini juga memiliki ground clearance yang sangat sesuai dan pas yaitu setinggi 210 mm. Sehingga, pengemudi tak perlu khawatir ketika melewati jalanan penuh bebatuan tinggi karena dengan ketinggian ground clearance tersebut, bagian bawah motor tak akan mudah tergesek. Nah, dengan melihat dimensi dan rangka bodi pada spesifikasi Kawasaki KLR 650 tersebut maka tak heran jika motor ini akan sangat nyaman dikendarai di medan jalan apa pun.

Review Kawasaki KLR 650

Suspensi

Kenyamanan Berkendara Terjamin Berkat Sokongan Suspensi Kokoh dan Pengereman Canggih

Tak hanya pada dimensi dan rangkanya saja, nampaknya spesifikasi Kawasaki KLR 650 pada bagian kaki-kakinya pun juga turut mendapatkan perhatian dari pabrik pembuatnya. Bagaimana tidak? Kawasaki sendiri diketahui telah melengkapi sektor kaki-kakinya tersebut dengan sokongan suspensi yang kuat dan kokoh yang terpasang pada sektor depan dan belakang. Di mana, untuk bagian depan Kawasaki KLR 650 menggunakan tipe suspensi 41 mm Telescopic Fork 7.9 inci atau 200 mm. Sementara itu, untuk suspensi bagian belakang sendiri akan menggunakan tipe Uni-Trak Single Shock System berukuran 7.3 inci atau 185 mm yang tingkat peredamannya bisa diatur sesuai kebutuhan hingga 5 kali pengaturan. Tentu, dengan disematkannya kedua suspensi tersebut pada Kawasaki KLR 650 maka kenyamanan dalam berkendara pun akan kian terasa mengingat kedua suspensi tersebut dikenal memiliki kemampuan dalam meredam setiap goncangan ketika melalui jalanan yang berlubang. Di sisi lain, untuk menopang dan mendukung kekokohan pada kaki-kakinya maka Kawasaki KLR 650 akan dilengkapi dengan velg berdiameter 21 inci yang terbalut ban berukuran 90/90. Sementara itu di sisi lain, pada bagian belakang akan digunakan velg yang memiliki ukuran diameter 17 inci yang akan dibalut ban berukuran 130/80. Lalu, guna menunjang keselamatan atau menghindari kecelakaan ketika melaju dengan kecepatan tinggi maka Kawasaki KLR 650 ini dibekali rem single berdiameter 280 mm petal-type disc, 2-piston caliper pada bagian depan dan tipe single berdiameter 240 mm petal-type disc, 2-piston caliper untuk bagian belakang. Sehingga dengan beberapa komponen tersebut sektor kaki-kaki dari spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini memang akan sangat membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman dan aman.

Harga Motor Kawasaki KLR 650

Mesin

Dibekali Mesin Super Handal Berkat Mesin DOHC Berkapasitas 651 cc

Nah, menginjak pada segmen ini, saatnya Mas Sena untuk menilik sektor dapur pacu pada spesifikasi Kawasaki KLR 650. Dihadirkan sebagai motor adventure traveling maka bekalan mesin pacu yang dibenamkan pada motor ini pun juga tak sembarangan. Hal itu terbukti dengan dibekalinya sektor dapur pacu pada motor traveling buatan pabrik asal Negeri Sakura ini dengan komponen mesin tangguh di mana teknologi DOHC dengan silinder tunggal 4 langkahnya siap menjadi andalan Kawasaki KLR 650 dalam memberikan tenaga besar. Bahkan, dengan kapasitas mesin yang mencapai 651 cc maka akan mampu memberikan performa mesin yang super handal dan mumpuni. Tak lupa juga, sistem water cooled pun juga disematkan untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Sayangnya, untuk tenaga maksimum dan titik puncak torsi yang dihasilkan mesin dari Kawasaki KLR 650 tersebut sementara ini belum diketahui. Akan tetapi, yang jelas bahwa mesin yang diusung motor ini akan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan return shift. Di sisi lain, yang cukup menarik dari motor traveling Kawasaki KLR 650 ini yaitu meski memiliki bekalan mesin gahar namun tetap irit dan efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. Pasalnya, motor ini telah dilengkapi dengan teknologi fuel injection Keihin CVK40 yang memiliki rasio kompresi hingga 9.8 : 1. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini terbilang sangat handal dan tangguh namun tetap irit serta efisien dalam konsumsi bahan bakarnya.

Fitur

Memiliki Bekalan Fitur Sederhana Namun Fungsional

Selain memiliki desain yang menarik, dimensi yang pas, dan performa mesin yang begitu handal, tak ketinggalan juga bahwa spesifikasi Kawasaki KLR 650 ini juga dilengkapi dengan beragam fitur pilihan yang sederhana namun cukup berguna. Pertama, seperti yang sudah disebutkan pada segmen di atas, di bagian belakang sudah memiliki sebuah tempat atau rak tambahan yang cukup luas sehingga bisa difungsikan untuk membawa barang bawaan ketika pengemudi Kawasaki KLR 650 ini akan melakukan perjalanan touring jarak jauh. Selain itu, untuk mempermudah pengendara dalam mengontrol laju kecepatan dari motor ini maka Kawasaki membekali dengan pengereman cakram berdiameter cukup besar. Meski pengereman pada Kawasaki KLR 650 ini belum berteknologi ABS namun dengan pengereman tersebut dinilai sudah cukup handal dalam mencegah kecelakaan. Di sisi lain, windscreen pada bagian depan pun juga akan menjadi pelindung pengemudi dari terpaan angin kencang yang besar dari depan ketika berkendara dengan kecepatan tinggi. Dengan keunggulan yang tersemat pada spesifikasi Kawasaki KLR 650 tersebut, berapa ya harga untuk memboyongnya?

Video Kawasaki KLR 650

Berikut ini adalah official video Kawasaki KLR 650 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Kawasaki ini:

Spesifikasi Kawasaki KLR 650

Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, 1-cylinder, DOHC, water-cooled
Kapasitas Mesin 651cc
Diameter x Langkah 100.0 x 83.0mm
Rasio Kompresi 9.8:1
Suplai Bahan Bakar Keihin CVK40
Sistem Pembakaran Electric CDI
Transmisi 5-speed, return shift
Dimensi
Panjang 2296 mm
Lebar 960 mm
Tinggi 1348 mm
Jarak Sumbu Roda 1480 mm
Jarak Terendah 210 mm
Tinggi Jok 889 mm
Kapasitas Tangki 23 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan 41mm telescopic fork
Suspensi Belakang Uni-Trak® single-shock system with 5-way preload and stepless rebound damping
Rem Depan Single 280mm petal-type disc, 2-piston caliper
Rem Belakang Single 240mm petal-type disc, 2-piston caliper
Roda Depan 90/90×21
Roda Belakang 130/80×17

Harga Kawasaki KLR 650

Dari sekian banyak penjelasan mengenai ketangguhan spesifikasinya yang telah diuraikan pada beberapa segmen di atas, tentu harga Kawasaki KLR 650 ini akan dibanderol dengan nominal yang tak murah. Pasalnya, motor besutan Kawasaki ini memiliki keunggulan yang cukup mumpuni di kelasnya. Dari segi tampilannya saja sudah tampak begitu di mana kesan gagah dan elegan pun tampak pada setiap sisi bodinya. Apalagi pada sektor dapur pacu dari Kawasaki KLR 650 yang dipersenjatai mesin DOHC berkapasitas 651 cc dan berteknologi Injeksi Keihin CVK40 sehingga selain mampu menghasilkan tenaga super, tingkat konsumsi bahan bakarnya pun irit dan tahan lama. Tak hanya itu saja, dengan harga Kawasaki KLR 650 yang cukup mahal, beberapa fitur andalan pun juga turut disematkan pada motor traveling ini sebagai penunjang kebutuhan pengguna akan kenyamanan dan keselamatan. Nah, dengan keunggulan spesifikasi yang dibawanya tersebut, lalu kira-kira berapa ya harga Kawasaki KLR 650 ini?

Harga Kawasaki KLR 650

Harga Kawasaki KLR 650 Terbaru

Tak berbeda jauh dengan yang sudah diutarakan sebelumnya, harga Kawasaki KLR 650 ini tergolong akan dibanderol dengan angka yang cukup mahal. Pasalnya, jika mendasarkan atas informasi yang telah Mas Sena kutip dari situs resmi Kawasaki Amerika, harga Kawasaki KLR 650 ini akan dibanderol pada kisaran angka $6.699 atau jika dikonversikan ke nilai tukar rupiah maka akan setara dengan Rp 89.5 juta. Tentu, sebuah banderol yang cukup tinggi untuk sekelas motor traveling. Di sisi lain, Kawasaki KLR 650 akan hadir dengan 2 varian warna yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu Metallic Matte Carbon Gray dan Candy Persimmon Red yang tentunya akan semakin menambah cantik tampilan motor ini. Kedua pilihan warna tersebut diketahui tak akan mempengaruhi fluktuasi pada perubahan harga Kawasaki KLR 650 tersebut.

Harga Kawasaki KLR 650
Rp. 89.500.000,- (Amerika)
Daftar Harga Motor Kawasaki

Catatan :

  • Harga motor Kawasaki KLR 650 diatas merupakan harga jual di Amerika
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kawasaki KLR 650

Sekali lagi bahwa harga Kawasaki KLR 650 tersebut merupakan harga jual untuk pasar Amerika Serikat. Sehingga, sangat dimungkinkan manakala setelah dirilis dan diluncurkan resmi di Indonesia maka harga Kawasaki KLR 650 pun akan berubah dan cenderung sedikit lebih mahal. Namun, meski nominal angka untuk memboyong motor ini sangat tinggi namun dinilai sudah sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sehingga, mahalnya harga tersebut pun bisa terbayarkan dengan yang akan didapatkan konsumen. Di sisi lain, Kawasaki KLR 650 ini pun nantinya akan menjadi salah satu pesaing berat bagi Honda XR650L di segmen yang sama. Namun, semuanya tergantung pada pilihan dan selera konsumen. Nah, itulah tadi penjelasan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KLR 650 yang telah Mas Sena uraikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Honda CB500X dan Kawasaki Versys-X 250 Tourer.

Top