Harga Kawasaki Ninja 125, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2018

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 125 – Diumumkan pada ajang EICMA 2017 lalu, Kawasaki Ninja 125 pun siap diluncurkan untuk tahun 2019 mendatang. Motor sport full fairing buatan pabrik asal Jepang ini pun juga akan kembali diperkenalkan kepada publik pada awal Desember 2018, tepatnya di ajang pameran Intermot 2018 yang diselenggarakan di Colegne, Jerman. Perlu untuk diketahui bahwa Kawasaki Ninja 125 ini dihadirkan guna mengisi segmen sportbike entry level dengan mesin yang berkapasitas lebih kecil namun memiliki bodi yang terkesan gambot. Di sisi lain, rumor mengenai peluncuran motor sport ini semakin kuat semenjak spesifikasi dan video teasernya meruak di situs resmi Kawasaki Italia. Tentu saja, hal itu semakin memperkuat bahwa sportbike berkapasitas kecil buatan Kawasaki ini semakin mendekati hari peluncurannya. Namun, kira-kira apa saja ya keunggulan dari Kawasaki Ninja 125 ini?

Kawasaki Ninja 125

Secara tampilan, desain Kawasaki Ninja 125 mirip dengan model Ninja 250 SL. Bukan tanpa alasan mengingat sport bike full-fairing ini hadir dengan bentuk bodi yang ramping dan headlamp tunggal. Bahkan, bentuk knalpotnya pun dirancang sama persis. Di sisi lain, meski mengisi segmen sportbike entry-level dan mesinnya memiliki kapasitas kecil, yaitu 125 cc bertenaga 14,7 Tk. Dapur pacu tersebut ditopang oleh sasis teralis tubular yang terlihat dari lubang-lubang pada cover body dan swingarm kotak. Di samping itu, dimensi pada Kawasaki Ninja 125 ini tetap gambot dengan mengedepankan nuansa motor gede (moge) sport. Tak sampai di situ saja, bahkan Kawasaki Ninja 125 dibekali ban depan berukuran 100/80-17 dan 130/70-17 di belakang. Keduanya dikawal single disc-brake ABS sebagai fitur keamanan standar. Sementara itu, suspensi depan mengandalkan shockbreaker teleskopik dan di belakang terpasang monoshock. Nah, untuk mengenal secara lebih detail, berikut di bawah ini Mas Sena akan menjelaskan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 125.

Motor Kawasaki Ninja 125

Review Kawasaki Ninja 125

Desain

Sportbike Full Fairing dengan Bodi Ramping Namun Tetap Sporty

Meraba di sektor tampilan eksteriornya dari spesifikasi Kawasaki Ninja 125 ini, tampaknya menjadi salah satu segmen yang terbilang cukup menarik untuk kita ulas. Pasalnya, di bagian ini, kawan-kawan bisa melihat bagaimana motor sport ini dirancang begitu unik dan terkesan modern. Bahkan, bisa dikatakan jika tampilan dari Kawasaki Ninja 125 ini sangat mirip dengan varian Ninja 250 SL. Dari bagian depan, tampak headlamp tunggal yang kemungkinan mengandalkan LED Headlight dengan bentuk menyerupai huruf “V”. Sementara itu, setang depan dibuat lebih proporsional dengan gaya Clip On Under Yoke layaknya motor sport full fairing premium guna memberikan kesan berkendara yang lebih merunduk dan kental dengan nuansa balap. Di samping itu, panel instrumennya juga sangat fungsional dengan tampilan full digital. Tak sampai di situ, fairing pada Kawasaki Ninja 125 ini pun dibuat begitu mirip dengan Ninja 250 SL yang mana membuatnya tampak begitu ideal dan terkesan ramping jika dilihat dari depan. Apalagi, dengan beberapa lubang cover bodunya yang semakin memperkuat nuansa sporty. Lalu, tangki bahan bakarnya pun dirancang dengan lekukan yang cukup tegas khas Ninja Series yang diikuti jok terpisah bertingkat untuk memberikan posisi riding yang nyaman dan proporsional. Sementara itu, knalpotnya tampak sama persis dengan Ninja 250 SL yang terlihat begitu modern. Sedangkan di bagian belakang, diduga Kawasaki telah mengusung stop lamp dengan lampu bohlam yang terbilang sudah cukup bagus untuk sekelas motor sport entry level. Maka dari itu, secara keseluruhan bisa dikatakan jika sektor tampilan eksterior pada spesifikasi Kawasaki Ninja 125 ini sangat elegan dan sporty serta bisa dikatakan merupakan adik kembar dari Ninja 250 SL dikarenakan memiliki kemiripan desain yang cukup signifikan.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 125

Speedometer

Instrumen Indikator Andalkan Panel Full Digital yang Informatif

Berkutat pada sektor speedometer atau instrumen indikator dari spesifikasi Kawasaki Ninja 125, tampak bahwa moge ini memang mengandalkan panel modern khas sportbike masa kini. Hal itu bisa dilihat dari konsep desain pada panel indikatornya yang memang mengusung panel full digital yang begitu modern dan fungsional. Dalam panel full digital dari Kawasaki Ninja 125 tersebut, akan ditampilkan beberapa informasi penting. Antara lain seperti Trip meter, kecepatan rpm, kecepatan Km/jam, digital clock (jam digital, jarak tempuh, dan yang terakhir indikator bahan bakar. Semua komponen yang ditampilkan tersebut sangat penting untuk diketahui oleh pengemudinya saat mengendarai motor ini. Tak hanya itu, beberapa lampu indikator pun juga turut disertakan. Sebut saja seperti lampu netral, lampu utama/jarak jauh, lampu sein, indikator kerusakan, dan indikator bahan bakar atau indikator oli mesin. Maka dari itu, secara keseluruhan bisa dikatakan jika speedometer atau panel indikator yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 125 ini terbilang sangat informatif dan terkesan begitu modern.

Spesifikasi Motor Kawasaki Ninja 125

Dimensi

Dimensi Bongsor Namun Ideal dengan Rangka Kokoh dan Ringan

Sementara itu, berbicara soal dimensi pada spesifikasi Kawasaki Ninja 125 ini, tampak begitu tak ada perbedaan dengan sang kakak, yakni Ninja 250 SL. Bukan tanpa alasan mengingat dilihat dari bodinya sendiri, tampak jika model moge sport ini dirancang begitu ramping namun tetap memberikan kesan gambot. Hal itu tak lepas dari penggunaan rangka ukuran teralis tubular yang terlihat dari lubang-lubang pada cover body dan swingarm kotak. Sehingga, membuat tampilan dari sportbike garapan Kawasaki ini semakin terlihat sporty dan garang. Tak hanya itu, dimensi dari Kawasaki Ninja 125 sendiri juga terbilang sangat ideal. Dimana, memiliki panjang bodi 1935 meter, lebar 685 meter dan tinggi 1075 meter. Hanya saja, yang disayangkan bahwa untuk ground clearance dan jarak sumbu roda (wheelbase) masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, untuk ketinggian joknya sendiri diketahui telah mencapai 785 mm. Dari situ, bisa dikatakan jika posisi riding saat mengemudikan moge ini akan lebih terasa nyaman dan pas. Nah, dengan proporsional dan ukuran yang begitu ideal pada dimensi maupun rangka pada spesifikasi Kawasaki Ninja 125 tersebut maka sudah barang tentu akan membuat tampilan bodinya lebih slim namun tetap terkesan gambot dan sesuai dengan postur/ketinggian tubuh dari sang pengendara.

Review Kawasaki Ninja 125

Suspensi

Berbekal Suspensi Handal dengan Fleksibilitas Tinggi dan Dilengkapi Rem Fungsional Berteknologi ABS

Masih berkaitan dengan dimensi, kini Mas Sena akan menguraikan keunggulan sektor kaki-kaki pada spesifikasi Kawasaki Ninja 125. Berbodi ramping namun terkesan gambot, memang menjadi ciri khas dari sportbike entry level buatan Kawasaki ini. Bukan tanpa alasan mengingat hal tersebut menyesuaikan segmentasi dan kapasitas mesinnya yang terbilang kecil. Nah, berkenaan dengan kaki-kaki, kali ini Kawasaki Ninja 125 diketahui akan mengandalkan tipe suspensi Shock Breaker Telescopic pada bagian depan. Sedangkan, untuk bagian belakangnya, pabrikan asal Jepang tersebut akan mengusung suspensi tipe Monoshock. Dengan begitu maka ketahanan dan keseimbangan dalam berkendara pun menjadi terasa lebih maksimal dan akan membuat pengemudinya merasa nyaman. Sementara itu, untuk velg yang digunakan, motor sport full fairing ini akan menggunakan velg berukuran 17 inci. Dimana, dibekali ban depan berukuran 100/80-17 dan 130/70-17 di belakang. Tak sampai di situ saja, satu yang menarik bahwa pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Kawasaki Ninja 125 ini akan dipersenjatai dengan Single Disc Brake atau cakram tunggal berteknologi ABS.

Harga Motor Kawasaki Ninja 125

Mesin

Berbekal Mesin Silinder Tunggal dengan Kapasitas 125 cc Hasilkan Performa Cukup Agresif

Sementara itu, menginjak pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki Ninja 125, sepertinya menjadi satu segmen review yang menarik untuk kita tengok. Sebab, pada bagian ini, kita akan mengetahui bagaimana kehandalan performa dari moge sport ini. Oke langsung saja bahwa sebagaimana dari beberapa laporan, diketahui bahwa Kawasaki Ninja 125 ini akan dibekali mesin silinder tunggal DOHC 4 langkah dengan sistem radiator yang mana memiliki kapasitas 125 cc. Namun, belum diketahui gearbox pada sistem transmisi yang akan digunakan Kawasaki. Meski demikian, satu hal yang jelas bahwa nantinya mesin yang digunakan Kawasaki tersebut diklaim mampu memberikan semburan power hingga 11 kW atau 14.7 Hp (15 dk). Sayangnya, untuk titik puncak torsi yang dicapai juga masih menjadi tanda tanya. Hanya saja, satu hal yang jelas dan pasti bahwa susunan mesin blok mesin pada sporbike buatan pabrik asal Jepang ini akan ditopang sasis kokoh Tubular dengan cover bodi dan swing arm berbentuk kotak. Dengan mengetahui komponen dapur pacu pada spesifikasi Kawasaki Ninja 125 tersebut maka sangat dimungkinkan sekali jika moge ini mampu berakselerasi dengan kecepatan yang cukup handal.

Fitur

Fitur Simple Namun Memiliki Fungsionalitas Mumpuni

Beranjak pada segmen selanjutnya, kini aspek terkait fitur-fitur yang dibawa spesifikasi Kawasaki Ninja 125 tampaknya menjadi satu hal yang tak bisa kita tinggalkan begitu saja. Walaupun segmentasi pasarnya berada di level entry level, bukan kelas premium, moge sport full fairing ini tetap ditengarai dengan ragam fitur yang memiliki kecanggihan berkualitas. Seperti pengereman pada Kawasaki Ninja 125 yang sudah mengandalkan teknologi rem ABS. Sehingga, akan mampu mencegah terjadinya ban selip saat terjadi pengereman dadakan. Dengan begitu tingkat kecelakaan menjadi bisa ditekan. Selain itu, Kawasaki juga telah mengandalkan panel full digital pada bagian speedometernya dengan ragam panel yang begitu informatif. Tentu saja, hal tersebut akan semakin mempermudah para pengendara dalam memahami kondisi motor saat dikemudikan. Di sisi lain, ada juga suspensi shockbreaker telescopic dan monoshock yang cukup mumpuni dalam menjaga keseimbangan maupun meredam getaran saat melalui jalanan berlubang. So, dengan bekalan fitur-fitur tersebut maka semakin melengkapi kecanggihan pada spesifikasi Kawasaki Ninja 125 ini.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 125

Mesin
Tipe Mesin Mesin 1 Silinder DOHC 4 langkah
Kapasitas 125 cc
Tenaga Maksimal 14.7 Hp (15 dk)
Torsi Maksimal – – –
Jumlah Silinder 1
Kecepatan Maksimal 120 kmph
Sistem Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar Elektronik
Jenis Bahan Bakar Bensin
Starter Elektrik & Kick Starter
Jumlah Transmisi 6 Percepatan
Dimensi
Panjang 1,935 mm
Lebar 685 mm
Tinggi 1,075 mm
Jarak Antar Roda 1,593 mm
Berat Kosong – – –
Ketinggian Kursi 785 mm
Kapasitas Bahan Bakar – – –
Kaki-kaki
Tipe Rangka Teralis tubular
Rem Depan Disc Tunggal, ABS
Rem Belakang Disc Tunggal, ABS
Ban Depan 100/80-17M/C 52S
Ban Belakang 130/70-17M/C 62S
Suspensi Depan Teleskoptik
Suspensi Belakang Mono-shock

Harga Kawasaki Ninja 125

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan mengenai harga Kawasaki Ninja 125. Hanya saja, sebelum jauh melangkah pada soal banderol, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai keunggulan utama dari moge sport ini. Pertama, dari segi tampilan desainnya sendiri, sportbike entry level ini mengusung konsep desain yang mirip dengan Ninja 250 SL. Yang mana, mengusung gaya fulkl fairing dengan bentuk bodi yang ramping namun tetap proporsional. Selain itu, Kawasaki Ninja 125 ini juga telah dibekali mesin silinder tunggal 125 cc yang siap memberikan tenaga pacu up to 11 kW atau 15 dk. Sehingga, akan memberikan tingkat akselerasi lebih galak. Tak hanya itu, fitur rem ABS maupun fitur panel indikator full digital pun juga turut disertakan pada motor sport ini. Tentu saja, dengan segala kelengkapan yang tersematkan pada sportbike tersebut, secara tak langsung akan berpengaruh pada harga Kawasaki Ninja 125.

Harga Kawasaki Ninja 125

Harga Kawasaki Ninja 125 Terbaru

Oke, berkenaan dengan banderol atau harga Kawasaki Ninja 125, sepertinya teman-teman harus bersabar. Pasalnya, sampai detik ini belum ada informasi secara jelas berapa harga untuk memboyong sport bike asal negeri Samurai ini. Namun, jika mendasarkan atas segmentasi pasar maupun spesifikasi yang dibawanya, Mas Sena punya prediksi sendiri. Diperkirakan bahwa nantinya harga Kawasaki Ninja 125 ini akan dibanderol sekitar Rp 25-30 jutaan. Sebuah banderol yang menurut Mas Sena sudah cukup realistis dan sepadan, apalagi segmentasinya sebagai sport bike entry level dengan mesin 125 cc. Tentu saja, dengan perkiraan harga Kawasaki Ninja 125 tersebut, jika model ini hadir di Indonesia bakal banyak diburu oleh konsumen.

Harga Kawasaki Ninja 125
Rp. 25.000.000,- s/d Rp 30.000.000,- (Prediksi)
Daftar Harga Motor Kawasaki

Catatan : 

  • Harga motor Kawasaki Ninja 125 diatas merupakan harga perkiraan
  • Harga Kawasaki Ninja 125 mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Akan tetapi, meski prediksi harga Kawasaki Ninja 125 sangat bersahabat, sepertinya dari pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) berkata lain. Bukan tanpa alasan mengingat model motor sport full fairing kelas 125 cc di ditegaskan tak akan dijual di Indonesia. Dimana, PT KMI mempertegas bahwa pihaknya hanya akan bermain untuk segmen motor sport kelas premium atau dengan kata lain menjual produk motor berkapasitas di atas 150 cc. Walaupun demikian, tak menutup kemungkinan jika PT KMI berubah pikiran dan berniat menjual motor sport 125 cc ke pasar Tanah Air. Sampai di sini dulu ya kawan ulasan mengenai review spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 125. Baca juga review motor lainnya dari Mas Sena seperti Kawasaki Ninja 250 SL dan Kawasaki Ninja 250 FI.

Top