Harga Kawasaki Ninja 250 2018, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Kawasaki Ninja 250 2018 dan Spesifikasi – Terungkap sudah, akhirnya Kawasaki Ninja 250 2018 pun resmi diluncurkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017 di Jepang. Model terbaru dari jajaran Ninja 250 Series tersebut hadir dengan membawa pembaruan yang lebih menarik sekaligus menjadi jawaban telak untuk menantang Honda CBR250RR yang mana terlebih dulu diperkenalkan setahun sebelumnya. Tak ayal jika kehadiran Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut pun menjadi sebuah kejutan tersendiri bagi para pecinta otomotif secara global. Bahkan, kemunculan motor sport terbaru buatan pabrik asal Jepang yang satu ini pun juga bakal menjadi pesaing berat bagi beberapa motor sport berfairing lain yang berada di segmen 250 cc. Maka, tak bisa dipungkiri dengan kedatangan Kawasaki Ninja 250 2018 ini menjadikan segmen motor sport 250 cc kini pun menjadi semakin ketat. Apalagi tiga pemain utama Jepang seperti Suzuki turut yang turut serta memperkenalkan versi GSX 250R 2018, sementara Yamaha R25 / R3 yang sudah mendapat pembaruan beberapa tahun lalu yang cukup menarik pula. Tentu saja, dengan begitu maka sangat wajar jika Kawasaki Ninja 250 2018 ini menjadi salah satu produk andalan yang sangat unggul dalam segala hal.

Kawasaki Ninja 250

Kawasaki Ninja 250

Di sisi lain, terkait dengan peluncuran Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut, tampaknya memang pabrikan asal Jepang tersebut telah memberikan sentuhan modern pada setiap sektor, termasuk desain fisiknya yang mengadopsi dari seri Ninja yang lebih senior. Tampilan baru dari motor sport ini pun bisa kita lihat pada setiap sisi bodinya di mana dari depan Kawasaki Ninja 250 2018 ini tampak disematkan headlamp yang lebih sporty dan tampak tajam layaknya seri ZX10R dan H2 Series. Dengan begitu maka sisi eksteriornya yang begitu menawan tersebut bakal menjadi daya tarik tersendiri. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Kawasaki Ninja 250 2018 ini pun juga diklaim memiliki performa yang lebih handal meskipun masih sama-sama menggunakan mesin yang sama dengan generasi Ninja 250 2017. Sedangkan untuk memberikan kenyamanan maka tak ketinggalan pula bahwa pabrikan asal Negeri Bunga Sakura tersebut telah melengkapi motor sport Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut dengan fitur-fitur unik nan canggih guna menunjang kebutuhan maupun kenyamanan atau keselamatan para penggunanya. Dengan keunggulannya tersebut maka sangat wajar harganya pun bakal cukup mahal. Terkait hal tersebut, agar kawan-kawan semakin mengenal motor sport ini maka pada ulasan kali ini Mas Sena  akan menguraikan secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 250 2018 yang dijelaskan pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Kawasaki Ninja 250

Review Kawasaki Ninja 250 2018

Desain

Desain Lebih Sporty dan Terkesan Premium dengan Lekukan Tegas Layaknya Ninja H2

Pada ulasan awal di segmen uraian mengenai spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 ini, Mas Sena akan mengawalinya dengan mengulas setiap sisi bodi eksterior yang dibawa motor sport berfairing ini. Memang, jika kita lihat secara keseluruhan motor sport garapan Kawasaki dari jajaran Ninja Series ini tampil lebih mapan. Kesan tersebut tampak dengan jelas dari setiap sisi bodinya. Lihat saja pada sisi depan, terlihat bagaimana Kawasaki Ninja 250 2018 ini mengusung lampu utama atau headlamp yang didesain dengan mengedepankan konsep bergaya sporty-modern yang semakin terkesan agresif. Belum lagi pada headlamp tersebut sudah mengandalkan teknologi lampu LED yang dipastikan bakal memberikan penerangan yang lebih baik, terutama ketika berkendara di waktu malam hari. Kemudian, masih pada bagian depan, tepatnya pada sisi bawah dari headlamp Kawasaki Ninja 250 2018 terbaru ini membentuk sebuah sirip yang mungkin bisa kita katakan sebagai sebuah winglet yang mana memiliki kemiripan dengan model milik saingan terberatnya dari Honda. Kemudian, lampu sein masih sama dengan versi lama, sedangkan windshield pada Kawasaki Ninja 250 2018 ini terlihat dibuat lebih tinggi yang diberikan smoke. Sementara itu, pada bagian fender depan motor ini dibuat lebih minimalis sehingga membuatnya kian tampak lebih elegan dan menarik. Lalu, pada bagian sisi samping dari bodi motor sport terbaru Kawasaki Ninja 250 2018 ini pun juga tampak begitu garang dengan desain fairing sporty dengan tarikan garis yang tegas plus adanya frame slider berwarna hitam. Tak ketinggalan pula, desain tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter yang dibawanya pun juga terlihat lebih tegas dengan beberapa tarikan garis yang tajam. Tentu saja, hal tersebut tak lepas dari beberapa detail terbaru yang terdapat di sisi samping Kawasaki Ninja 250 2018 ini, seperti crankcase yang terlihat berbeda dari model mesin lama, lalu knalpot yang mirip dengan model sebelumnya. Di sisi lain, bentuk jok pun tak beda jauh dengan varian lamanya dengan konsep meninggi dan meruncing ke belakang secara terpisah antara jok pengemudi dan jok penumpang, hanya saja pada jok belakang Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut dibuat lebih modern. Nah, menginjak pada bagian belakang dari motor sport Kawasaki terbaru ini, tampak lampu belakang yang dibuat dengan konsep yang terlihat mirip dengan milik Kawasaki Z1000 Sugomi. Sehingga kesan sporty dan garang pun seolah saling mengisi pada setiap sisi eksterior dari spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250

Speedometer

Berbekal Speedometer Canggih Tampilkan Informasi yang Lebih Akurat dan Informatif

Masih pada sisi luarnya, pada segmen selanjutnya ini kita akan bersama-sama mengulas spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 di sektor instrumen indikator atau speedometer. Sebagai motor premium kelas 250 cc, tentu saja pada instrumen indikator yang dibawanya akan dilengkapi dengan panel modern yang canggih. Dan benar saja, kali ini Kawasaki akan mengusung instrumen indikator yang mengkombinasikan panel digital-analog. Di mana kombinasi antar panel dari Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut disematkan dengan posisi yang begitu ideal dengan 3 bagian, yaitu tengah samping kiri dan kanan. Nah, untuk panel digital sendiri akan menampilkan informasi mengenai trip meter, kecepatan dalam Km/jam, indikator bahan bakar dan oli mesin, odometer, posisi gear dan jam digital. Sedangkan, pada bagian tengah dari panel Kawasaki Ninja 250 2018 ini akan menampilkan panel analog yang memperlihatkan informasi mengenai rpm kecepatan. Sementara itu, pada sisi kirinya akan menampilkan beberapa lampu indikator penting, seperti lampu tembak, lampu netral, dan indikator pengereman ABS. Selain itu, tak lupa juga bahwa pada instrumen indikator atau speedometer yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 ini juga dilengkapi indikator lampu sein yang terletak di bagian atas panel indikatornya.

Spesifikasi Motor Kawasaki Ninja 250

Dimensi

Membawa Dimensi Ergonomis dengan Rangka Teralis yang Kokoh

Selanjutnya, menginjak pada segmen ini Mas Sena bakal mengulas soal dimensi dan rangka yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018. Secara dimensi, motor sport fairing model terbaru buatan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memang sangat menarik di mana pihak Kawasaki mendesainnya dengan tingkat ergonomis demi memberikan kenyamanan saat berkendara. Upaya tersebut pun tampak dari bekalan rangka tipe teralis pada Kawasaki Ninja 250 2018 ini yang kokoh dan ringan dengan ukuran panjang 1990 mm, lebarnya 710 mm, tinggi 1120 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1405 mm. Di samping itu, hal yang cukup menarik dari sektor dimensinya ini yaitu pada bobotnya yang cukup ringan di mana hanya berbobot 167 Kg. Untuk sekelas motor sport berfairing, tentu saja bobot Kawasaki Ninja 250 2018 yang cukup minimalis tersebut dipastikan bakal memicu kemampuan akselerasinya menjadi semakin agresif dan mempermudah pengendaranya untuk bermanuver di jalanan perkotaan. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu kelebihan Kawasaki Ninja 250 2018 yang patut diacungi jempol. Apalagi, dari segi kenyamanan berkendara pun tak perlu diragukan lagi mengingat motor sport nan gagah garapan Kawasaki ini memiliki ukuran tinggi 785 mm yang Mas Sena rasa cukup pas untuk ukuran postur tinggi orang Asia, termasuk Indonesia. Sehingga, dipastikan para pengemudi Kawasaki Ninja 250 2018 ini tak kerepotan saat mengendalikannya saat mesin mati. Tak sampai di situ saja, bahkan ukuran ground clearance setinggi 140 mm pun dipastikan akan membuat berkendara menjadi lebih aman mengingat bagian bawah motor akan tetap terlindungi meski berjalan melewati banyak polisi tidur. Dengan begitu, secara keseluruhan bisa dipastikan bahwa dengan keunggulan pada sektor dimensi dan rangka pada spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut tergolong cukup dinamis, ergonomis, dan tentunya memberikan posisi riding yang nyaman.

Review Kawasaki Ninja 250

Suspensi

Berkendara Lebih Nyaman Berkat Disokong Suspensi Kokoh dengan Fitur Pengereman Canggih

Mengacu dari struktur rangka dan dimensinya, spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 ini pun juga telah dilengkapi dengan struktur kaki-kaki yang cukup kokoh. Di mana, pada sektor kaki-kaki tersebut sudah dilengkapi dengan fitur suspensi handal sebagai peredam goncangan ketika melewati jalan bergeronjal atau berlubang. Nah, terkait dengan suspensi, kali ini Kawasaki Ninja 250 2018 akan mengandalkan 2 jenis atau tipe suspensi berbeda, yaitu suspensi Telescopic Fork berukuran 41 mm untuk bagian depan, sedangkan pada suspensi di sektor belakang bakal mengandalkan tipe Uni-rak Single Shock System yang daya redamnya bisa diatur hingga 5 tingkat sesuai keinginan. Tentu saja, keberadaan kedua suspensi pada Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut dipastikan bakal memberikan kenyamanan kepada para pengendara maupun penumpangnya. Tak sampai di situ saja, sektor kaki-kaki pada motor sport berkapasitas 250 cc ini pun juga telah dilengkapi dengan velg racing berdiameter 17 inci dengan balutan ban berukuran 110/70R17 M/C 54H pada bagian depan. Sedangkan, untuk balutan ban di bagian belakang berukuran 150/60 R17 M/C 66H. Terlepas dari itu, Kawasaki Ninja 250 2018 ini pun juga akan dipersenjatai dengan rem handal berupa Single semi-floating 310 mm petal discs dan Single 220 mm petal disc yang siap memberikan sistem kendali laju motor secara optimal. Kaitannya dengan pengereman, pada spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 ini pun juga akan menampilkan varian rem berteknologi ABS dan Non ABS dengan harga yang pastinya berbeda.

Harga Motor Kawasaki Ninja 250

Mesin

Motor Sport Berfairing dengan Power Super Handal Berkat Mesin 2 Silinder Berkapasitas 249 cc

Beralih pada segmen selanjutnya ini, saatnya kita menilik sektor dapur mesin pada spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018. Sesuai dengan segmentasinya sebagai motor sport yang berperforma handal di kelasnya, tentu saja motor gagah buatan pabrik asal Jepang ini akan membekali seri Ninja Series tersebut dengan bekalan mesin tangguh. Tak tanggung-tanggung, kali ini diketahui bahwa Kawasaki Ninja 250 2018 akan dipersenjatai dengan mesin 2 silinder (Twin Inline) berteknologi DOHC yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 249 cc. Mesin yang diusung motor sport ini pun juga telah dilengkapi dengan pendingin cairan (Liquid Cooled) yang akan menjaga suhu mesin agar selalu stabil. Nah, kaitannya dengan power, mesin yang dibawa Kawasaki Ninja 250 2018 ini nantinya akan dikawinkan dengan sistem transmisi manul 6 percepatan tipe return shift + assist & slipper clutch. Di mana, sanggup menghasilkan tenaga super gahar hingga 39 PS pada putaran mesin 12.500 rpm dan torsi maksimal 23,5 Nm pada 10.000 rpm. Angka yang memang tak terlalu banyak melewati sang lawan, namun setidaknya tenaga Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut lebih agresif jika dibandingkan dari para pesaingnya tersebut. Bore x Stroke dari motor ini sendiri adalah 62mm x 41,2mm dengan sistem Fuel Injection yang dipastikan sanggup menekan konsumsi bahan bakar hingga mencapai kompresi 11.5:1. Dengan begitu, maka bisa Mas Sena pastikan bahwa sektor permesinan pada spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut terbilang sangat gahar dan handal namun juga tetap mengedepankan tingkat efisiensi yang tinggi.

Fitur

Berkendara Lebih Nyaman dan Aman Berkat Kelengkapan Fitur Canggih

Berbicara mengenai ketangguhan dan kecanggihan, tentu tak akan lepas dari beberapa fitur yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018. Pasalnya, sebagai motor sport kelas menengah tentu saja selain performa, sisi kenyamanan dan keselamatan menjadi bagian penting yang harus mendapat perhatian serius. Oleh sebab itu, maka kali ini Kawasaki akan melengkapi motor sport terbarunya ini dengan beberapa fitur, seperti dengan menawarkan varian Kawasaki Ninja 250 2018 yang membawa teknologi rem ABS sebagai fitur keselamatan. Bukan tanpa alasan mengingat fitur ini sangat handal dalam mencegah roda terkunci saat mengerem secara mendadak sehingga tingkat kecelakaan bisa dicegah. Selain itu, untuk menunjang kenyamanan, tak lupa juga Kawasaki Ninja 250 2018 ini pun akan dilengkapi pula dengan fitur kenyamanan berupa panel indikator digital-analog yang begitu informatif, suspensi handal, dan teknologi injeksi pada mesinnya sehingga akan membuat para penggunanya semakin merasa nyaman dalam mengendarai motor sport yang ramah lingkungan ini. Tentu saja, dengan segala fitur-fitur yang dibawa spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut bakal membuat harganya pun semakin mahal.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018

Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin, DOHC, 8 valves
Kapasitas 249 cc
Tenaga Maksimum 28.5 kw (39 PS) / 12,500 rpm
Torsi Maksimum 23.5 Nm / 10,000 rpm
Diameter x Langkah 62.0 mm × 41.2 mm
Rasio Kompresi 11.5: 1
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Starter Electric
Transmisi 6-speed, return shift + assist & slipper clutch
Dimensi
Panjang 1990 mm
Lebar 710 mm
Tinggi 1120 mm
Tinggi Jok 785 mm
Jarak Terendah 140 mm
Jarak Sumbu Roda 1405 mm
Kapasitas Tangki 14 Liter
Berat 167 kg
Kaki-kaki
Tipe Rangka Teralis
Suspensi Depan 41mm telescopic fork
Suspensi Belakang Uni-Trak® single-shock system with 5-way preload
Ban Depan 110 / 70R17 M / C 54H
Ban Belakang 150 / 60R17 M / C 66H
Rem Depan Single semi-floating 310 mm petal discs
Rem Belakang Single 220 mm petal disc

Harga Kawasaki Ninja 250 2018

Sebagaimana dengan kehandalan serta kecanggihan spesifikasi motor sport berkapasitas 250 cc ini, tentu saja harga Kawasaki Ninja 250 2018 ini memiliki banderol yang tak murah. Wajar, secara detail dari segi desain, performa, hingga fitur-fitur yang dibawanya memang terbilang sangat berkelas. Dari segi desain saja tampak jelas bagaimana motor sport Kawasaki ini dirancang dengan mengedepankan gaya desain sporty yang kian menampakkan kesan garangnya. Belum lagi dengan performa Kawasaki Ninja 250 2018 ini yang dipersenjatai mesin 2 silinder dengan kapasitas 249 cc bertransmisi manual 6 percepatan di mana sanggup memberikan hasil performa super gahar dan akselerasi yang begitu agresif. Pastinya, hal tersebut secara tak langsung bakal mempengaruhi harga Kawasaki Ninja 250 2018. Apalagi, beberapa fitur-fitur yang diusung oleh motor besutan Kawasaki ini pun juga sangat canggih dan handal dalam memberikan kenyamanan maupun keselamatan kepada para penggunanya. Dengan begitu, wajar jika banderol dari harga Kawasaki Ninja 250 2018 ini dipastikan akan dibanderol dengan angka yang cukup tinggi.

Harga Kawasaki Ninja 250

Harga Kawasaki Ninja 250 Terbaru

Nah, kaitannya dengan berapa harga Kawasaki Ninja 250 2018, sepertinya kawan-kawan harus bersabar. Sebab, saat ini pihak Kawasaki masih belum memberikan informasi terkait berapa banderol untuk memboyong motor sport berfairing tersebut mengingat pihak pabrikan baru memperkenalkannya kepada publik di Jepang saja. Namun, jika melihat dari varian terdahulunya, kemungkinan besar harga Kawasaki Ninja 250 2018 ini bakal dibanderol pada kisaran yang tak berbeda dengan pendahulunya, yakni antara Rp 60 jutaan sampai Rp 60 jutaan. Meskipun mahal, bukan hal yang mengagetkan mengingat segmentasinya sebagai motor sport kelas menengah yang pasaran harganya berada pada angka tersebut. Di sisi lain, jika melihat beberapa pesaing Kawasaki Ninja 250 2018 ini juga membawa banderol harga yang tidak beda jauh dengan harga tersebut. Tentunya, dengan prediksi harga tersebut, teman-teman sudah memiliki gambaran sendiri berapa nanti budget yang harus disiapkan untuk membelinya. Nah, apakah menurut kawan-kawan, perkiraan harga Kawasaki Ninja 250 2018 tersebut sudah cukup sesuai?

Harga Kawasaki Ninja 250 2018
Sekitar Rp 60.000.000,- (Perkiraan)

Catatan : 

  • Harga motor Kawasaki Ninja 250 2018 diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kawasaki Ninja 250 2018

Di satu sisi, perlu Mas Sena pertegas lagi bahwa informasi harga Kawasaki Ninja 250 2018 di atas baru sebatas prediksi atau perkiraan semata. Mengingat saat ini pihak produsen pembuatnya belum merilis harga resminya. Akan tetapi, prediksi di atas sudah disesuaikan atas pertimbangan beberapa hal sehingga bisa Mas Sena pastikan bahwa harga Kawasaki Ninja 250 2018 secara resmi nantinya tak akan terlalu terlampau jauh dengan kisaran yang telah disebutkan di atas. Di samping itu, dengan banderol yang dipastikan mahal maka pesaing berat CBR250RR ini pun hanya akan dibeli oleh beberapa konsumen yang berdompet tebal. Pasalnya, meskipun Kawasaki Ninja 250 2018 ini memang menyasar segmen menengah atas sebagai konsumennya. Sehingga memang tidak mengherankan jika dengan segala kelebihan dan kecanggihan teknologi yang dibaanya membuat harganya melambung. Sekian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 250 2018.

Baca juga:

Top