Harga Kawasaki Ninja 400, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Kawasaki Ninja 400 dan Spesifikasi – Sebagai model edisi khusus yang meluncur perdana untuk pasar Jepang, Kawasaki Ninja 400 belum lama ini resmi diluncurkan di ajang Tokyo Motor Show 2017. Peluncuran produk terbaru besutan pabrik asal Jepang tersebut juga bersamaan dengan diluncurkannya varian Ninja 250. Selain itu, kabarnya motor sport ini memang dipersiapkan khusus untuk bersaing dengan para kompetitornya di tahun 2018 mendatang. Di mana, Kawasaki Ninja 400 dihadirkan dengan membawa gaya baru yang lebih tajam dan sporty serta berbekal performa yang dinilai lebih baik dibandingkan Ninja 300. Dengan demikian maka secara otomatis motor tersebut akan menggantikan posisi Ninja 300 sebagai model baru yang mana di Indonesia sendiri sudah dipasarkan dengan banderol yang hampir mencapai 90 jutaan. Tentunya, harga motor sport Kawasaki Ninja 400 ini akan lebih mahal dari harga varian terdahulunya tersebut, karena mengusung spesifikasi mesin lebih bertenaga dan desain lebih sporty serta agresif. Dengan demikian maka tak heran jika banyak publik yang bertanya-tanya mengenai spesifikasi Kawasaki Ninja 400 ini beserta harganya.

Kawasaki Ninja 400

Kawasaki Ninja 400

Sebelumnya, perlu untuk kawan ketahui bahwa Kawasaki Ninja 400 ini merupakan versi limited edition yang hanya akan disediakan oleh pabrik sebanyak 300 unit saja. Selain itu, hal yang menarik dari motor sport berafiring layaknya MotoGP ini pun akan membawa rangka yang lebih ringan untuk menunjang performanya. Di samping itu, Kawasaki Ninja 400 ini pun juga bakal dihadirkan dengan menawarkan ragam fitur canggih, seperti pengereman ABS yang dipastikan bakal mencegah terjadinya penguncian roda. Selain itu, mesinnya sendiri akan mengusung tipe Parallel Twin DOHC 8 katup dengan kapasitas 399 cc yang dipastikan bakal memberikan hasil performa super handal pada Kawasaki Ninja 400 ini. Pastinya, kecanggihan mesin yang diusung motor sport tersebut bakal membuat para pecinta motor sport pun kian terpikat. Nah, untuk memahami secara lebih mendalam, kawan-kawan akan Mas Sena ajak untuk mengulas secara detail mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 400 yang diuraikan pada segmen di bawah ini!

Motor Kawasaki Ninja 400

Review Kawasaki Ninja 400

Desain

Motor Sport Berfairing Usung Gaya Desain Sporty dan Agresif Layaknya MotoGP

Seperti kebanyakan desain yang diusung Ninja Series, pada sisi eksterior dari spesifikasi Kawasaki Ninja 400 ini pun juga bakal membawa konsep desain eksterior yang mengedepankan kesan sporty dan elegan. Apalagi, segmentasinya sebagai motor sport berfairing yang menyasar di segmen kelas premium menengah sehingga pihak Kawasaki pun membawa motor ini dengan gaya eksterior yang menampilkan kesan elegan. Gaya desain pada Kawasaki Ninja 400 tersebut pun juga bisa ditelisik dari setiap sisi bodi fisiknya. Dari depan, terlihat Kawasaki telah mengusung gaya desain headlamp menyipit tajam yang mengesankan tampilan sporty. Apalagi, lampu utama yang diusung motor sport tersebut juga telah menggunakan teknologi LED yang dipastikan bakal memberikan pencahayaan maksimal saat Kawasaki Ninja 400 ini digunakan untuk berkendara di malam hari. Sementara itu, dari bagian samping bodinya pun juga terlihat fairing dengan lekukan tegas dan lubang angin yang begitu tampak elegan sehingga semakin memperkuat kesan kegarangannya. Belum lagi dengan tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 14 liter dengan konsep desain begitu elegan berkat lekukan kaku di sekujur tangki Kawasaki Ninja 400 ini sehingga memberikan kesan motor sport yang berotot. Selain itu, sedikit mundur ke belakang tampak motor ini mengusung konsep desain jok dibuat terpisah dengan bentuk meruncing meninggi ke belakang khas motor sport sehingga akan memberikan posisi riding yang begitu nyaman. Nah, selanjutnya, menginjak pada sektor belakang dari Kawasaki Ninja 400, tampak juga sebuah stop lamp berteknologi LED yang siap memberikan pancaran cahaya lampu belakang tanpa membuat pengemudi lain merasa silau. Dengan demikian maka bisa dipastikan bahwa sektor eksterior yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 400 tersebut terbilang sangat elegan, sporty, dan tentunya menerangkan ketegasan serta kegagahannya.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 400

Speedometer

Speedometer Elegan Usung Layar LCD Panel Meter dan Panel Analog

Sementara itu tak ketinggalan pula bahwa pada spesifikasi Kawasaki Ninja 400 ini akan dilengkapi pula dengan speedometer elegan yang kental akan nuansa motor sport modern. Kesan yang ditampilkan tersebut memang merupakan upaya pihak pabrikan guna mempertegas bahwa motor sport ini merupakan motor sport masa depan yang layak pilih. Kaitannya dengan speedometer, kali ini produsen asal Negeri Bunga Sakura tersebut akan melengkapi Kawasaki Ninja 400 ini dengan mengusung kombinasi panel digital-analog yang begitu modern. Untuk panel digital sendiri, akan mengusung LCD Panel Meter dengan background berwarna biru tua yang menampilkan informasi terkait odometer, trip meter, kecepatan Km/jam, jarak Km, indikator bahan bakar dan oli serta posisi gear maupun jam digital yang tampak begitu elegan dan modern. Sementara itu, untuk panel analog pada speedometer Kawasaki Ninja 400 ini pun jug akan menampilkan rpm x1000r/min melalui penunjuk jarum dengan konsep yang cukup futuristik. Tak hanya itu saja, bahkan pihak Kawasaki juga telah melengkapi sektor instrumen indikator dari Kawasaki Ninja 400 ini dengan menampilkan beberapa panel lampu indikator, seperti lampu netral, lampu tembak/jarak jauh, pengaturan rem ABS, dan kapasitas oli. Tentu saja, dengan melihat secara detail mengenai sektor speedometer tersebut pastinya bakal mempermudah pengendaranya dalam memahami segala informasi yang ditampilkan speedometer dari spesifikasi Kawasaki Ninja 400 tersebut.

Spesifikasi Motor Kawasaki Ninja 400

Dimensi

Motor Gagah dan Kokoh Berkat Rangka Trellis (High-Tensile Steel) dengan Struktur Dimensi Ergonomis

Setelah kita mengenal sektor speedometernya kini saatnya Mas Sena memperkenalkan sektor dimensi yang dibawa spesifikasi Kawasaki Ninja 400 ini kepada kawan-kawan semua. Langsung saja bahwa motor sport garapan Kawasaki ini hadir dengan membawa rangka Trellis (Hugh-Tensile Steel) yang tak hanya kuat namun berkarakter lentur dan ringan. Maka dari itu, wajar saja jika secara berat yang diusung oleh Kawasaki Ninja 400 ini memiliki bobot 172 Kg atau 174 Kg (ABS). Nah, kaitannya dengan dimensi, perlu diketahui bahwa motor sport bergaya MotoGP ini dibangun atas dimensi dengan ukuran panjang 1990 mm, lebarnya 710 mm, tinggi 1120 mm, wheelbase 1405 mm sehingga membuat tampilan bodi motor sport Kawasaki Ninja 400 ini membentuk struktur yang lebih ideal dan pas sesuai dengan segmentasinya sebagai motor kelas 400 cc. Di samping itu, motor sport buatan pabrik asal Negeri Matahari ini pun juga memiliki ketinggian jok 785 mm yang dirasa sudah cukup pas dan ideal untuk para pengendara. Hanya saja, mungkin bagi pengendara dengan postur tubuh agak pendek, tampaknya akan sedikit kesulitan mengendalikan motor ini. Di sisi lain, Kawasaki Ninja 400 ini pun juga dibangun dengan ukuran ground clearance setinggi 140 mm. Melihat ukuran ground clearance tersebut maka bisa dipastikan akan membuat aktivitas pengendaraan menjadi lebih aman dan mudah, terutama ketika diajak bermanuver di medan perkotaan. Tentu saja, dimensi dan rangka yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 400 tersebut bisa dibilang sangar ergonomis dan dinamis.

Review Kawasaki Ninja 400

Suspensi

Diperkuat Kaki-Kaki Kokoh dan Dilengkapi Fitur Pengereman Canggih

Masih berkaitan dengan struktur dimensi, selanjutnya kita akan menelisik sektor kaki-kaki pada spesifikasi Kawasaki Ninja 400. Keberadaan kaki-kaki pada motor sport ini sangat penting sebagai sektor yang siap memberikan keseimbangan saat berkendara. Oleh sebab alasan itulah maka pada sektor kaki-kaki tersebut, Kawasaki akan membekalinya dengan suspensi handal berupa Telescopic Fork 37 mm yang terpasang di bagian depan. Nah, sementara itu untuk suspensi pada bagian belakang Kawasaki Ninja 400 ini akan mengandalkan tipe Bottom-Link Uni-Trak with gas-charged shock and 5-way adjustable preload yang tingkat peredamannya bisa diatur sedemikian rupa. Dengan adanya suspensi tersebut maka bisa dipastikan akan membuat pengemudi dan penumpang Ninja 400 ini merasa nyaman serta tingkat keseimbangan pun menjadi lebih optimal serta lebih terjaga. Di samping itu, tak ketinggalan pula bahwa kali ini, pihak Kawasaki akan menyematkan velg 17 inci yang mana nantinya akan terbalut ban berukuran 110/70 R17 M/C 54H dan 150/60 R17 M/C 66H. Selain itu, tak ketinggalan pula bahwa untuk sektor pengereman, Kawasaki Ninja 400 memiliki teknologi ABS yang berpadu dengan rem depan Semi Floating Disk berukuran 310 mm. Rem cakram yang dibawa motor sport tersebut dioptimalkan oleh kaliper Single balanced actuation dual piston yang membuat kemampuan pengereman dari motor bernama Kawasaki Ninja 400 tersebut semakin maksimal dan pastinya sangat pakem saat menghentikan laju kendaraan pada kecepatan tinggi. Sedangkan untuk rem belakangnya memiliki rem cakram berukuran 220 mm dengan kaliper dual piston. Sementara itu, untuk semakin melengkapi sektor pengereman ini, spesifikasi Kawasaki Ninja 400 pun diketahui akan membawa teknologi pengereman ABS yang siap mencegah terjadinya ban terselip.

Harga Motor Kawasaki Ninja 400

Mesin

Dipersenjatai Mesin Tangguh Berupa Parallel Twin 4 Langkah DOHC Berkapasitas 399 cc

Kini, menginjak pada segmen yang satu ini, tampaknya saat yang tepat bagi Mas Sena untuk menilik secara detail mengenai sektor dapur pacu pada spesifikasi Kawasaki Ninja 400. Mengacu segmentasinya sebagai motor sport kelas menengah maka Kawasaki pun membekali produk barunya ini dengan mesin tangguh. Di mana, dalam hal ini Kawasaki diketahui bakal mempersenjatai motor sportnya ini dengan mesin 4 Langkah Twin Parallel DOHC 8 katup dan memiliki volume silinder 399 cc. Mesin yang diusung motor Kawasaki Ninja 400 tersebut pun juga diketahui akan dikawinkan dengan sistem transmisi 6 percepatan Wet Multi-Disc. Sehingga, bisa dipastikan bahwa sektor kinerja dapur pacu pada motor sport ini sanggup menyemburkan power maksimal hingga 45 Ps per 10.000 rpm dan torsi maksimum yang sanggup mencapai titik 33 Nm per 8.000 rpm. Tentu, melihat besaran tenaga dan torsi tersebut maka bisa dipastikan bahwa Kawasaki Ninja 400 ini memiliki performa yang sangat handal dan gahar di kelasnya. Apalagi, sektor ruang pacu pada motor ini juga sudah menggunakan teknologi Fuel injection: Ø 32 mm x 2 with dual throttle valves yang dipastikan bakal mencapai perbandingan kompresi 11.5:1. Dengan kata lain, sektor mesin pacu pada spesifikasi Kawasaki Ninja 400 ini memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi namun tetap berperforma handal.

Fitur

Dibekali Fitur Canggih Jamin Keselamatan Pengendara

Tak cukup hanya performa saja melainkan fitur-fitur pun juga turut serta disematkan pada spesifikasi Kawasaki Ninja 400 ini. Bagaimana tidak? Dari segi keselamatan, Kawasaki telah melengkapi motor sport berfairing ini dengan fitur keselamatan yang berupa teknologi ABS pada sektor pengereman. Di mana, dengan adanya teknologi tersebut maka bisa mencegah ban terselip saat rem mendadak sehingga kecelakaan atau tabrakan pun bisa dicegah secara maksimal. Selain itu, konsep jok yang dirancang ideal dengan stang depan pun juga menjadikan posisi riding menjadi lebih nyaman. Bahkan, Kawasaki Ninja 400 ini juga sudah menggunakan fitur suspensi handal berupa Telescopic Fork dan Bottom Link Uni Trak yang memiliki kemampuan daya redam cukup handal sehingga pengguna tetap merasa nyaman meski melewati jalan berlubang maupun bergeronjal. Selain itu, motor yang bertajuk Kawasaki Ninja 400 ini pun juga sudah dilengkapi fitur speedometer modern berupa kombinasi panel analog dan panel digital yang menampilkan layar LCD sehingga dipastikan akan memberikan tampilan informasi yang lebih informatif. Tak sampai di situ saja, bahkan pada sektor mesin pacu pada Kawasaki Ninja 400 ini pun sudah menggunakan teknologi Fuel Injection Dual Throttle Valves yang siap membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit. Tentu saja, adanya fitur-fitur tersebut merupakan salah satu keunggulan pada spesifikasi Kawasaki Ninja 400 yang dipastikan bakal membuat harganya mahal.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 400

Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin, DOHC, 8 valves
Kapasitas 399 cc
Tenaga Maksimum 33.4 kW {45 PS} / 10,000 rpm
Torsi Maksimum 38 Nm {3.9 kgfm} / 8,000 rpm
Diameter x Langkah 70 x 51.8 mm
Rasio Kompresi 11.5:1
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel injection: Ø 32 mm x 2 with dual throttle valves
Starter Electric
Lubrikasi Forced lubrication, wet sump
Transmisi 6-speed
Kopling Wet multi-disc, manual
Dimensi
Panjang 1990 mm
Lebar 710 mm
Tinggi 1120 mm
Tinggi Jok 785 mm
Jarak Terendah 140 mm
Jarak Sumbu Roda 1405 mm
Kapasitas Tangki 14 Liter
Berat 172 / 174 kg (ABS)
Kaki-kaki
Tipe Rangka Trellis, high-tensile steel
Suspensi Depan 37 mm telescopic fork
Suspensi Belakang Bottom-Link Uni-Trak with gas-charged shock and 5-way adjustable preload
Ban Depan 110/70R17 M/C 54H
Ban Belakang 150/60R17 M/C 66H
Rem Depan Single 290 mm petal disc. Caliper: Single balanced actuation dual piston
Rem Belakang Single 220 mm petal disc. Caliper: Dual piston

Harga Kawasaki Ninja 400

Berkaca atas segala keunggulan pada spesifikasinya, tentu saja harga Kawasaki Ninja 400 ini tak akan dibanderol dengan harga yang murah. Lihat saja dari segi desainnya saja sudah menampakkan bagaimana motor sport besutan Kawasaki ini menampilkan kesan premium yang begitu elegan. Belum lagi dengan performa dapur pacu Kawasaki Ninja 400 ini yang mengusung mesin Parallel Twin dengan teknologi DOHC berkapasitas 339 cc. Tentu saja dipastikan akan memberikan power yang sangat maksimal dan mempengaruhi harga jualnya menjadi lebih mahal. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan, dengan banderol harga Kawasaki Ninja 400 yang mahal ini pihak produsen pun juga telah melengkapinya dengan berbagai macam fitur menarik dan fungsional di mana setiap fitur tersebut dihadirkan guna menunjang keselamatan maupun kenyamanan pengguna dalam berkendara. Dengan kecanggihan yang ditawarkannya tersebut, maka tak heran jika harga Kawasaki Ninja 400 ini akan dipatok dengan nominal yang cukup tinggi.

Harga Kawasaki Ninja 400

Harga Kawasaki Ninja 400 Terbaru

Berbincang mengenai harga Kawasaki Ninja 400, Mas Sena pastikan tak akan terlepas dari spesifikasinya yang begitu canggih dan handal. Tentu, sebuah kewajaran jika pihak pabrikan memberikan patokan harga yang tinggi. Namun, hanya saja saat ini informasi mengenai harga Kawasaki Ninja 400 masih belum diketahui secara resmi sebagaimana varian Ninja 250. Akan tetapi, jika boleh meraba-raba, atas dasar berbagai pertimbangan Mas Sena memprediksi bahwa nantinya harga jual dari motor sport bernama Kawasaki Ninja 400 ini bakal dibanderol pada kisaran Rp 90 jutaan. Sebuah perkiraan yang Mas Sena rasa cukup logis dengan berbagai pertimbangan. Pasalnya, jika mempertimbangkan spesifikasi, fitur serta dessainnya harga tersebut sangatlah layak tersemat padanya. Nah, dengan prediksi kisaran harga Kawasaki Ninja 400 tersebut, tentunya kawan-kawan sudah tahu berapa budget yang perlu untuk dipersiapkan.

Harga Kawasaki Ninja 400
Sekitar Rp 90.000.000,- (Perkiraan)

Catatan : 

  • Harga motor Kawasaki Ninja 400 diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kawasaki Ninja 400

Namun, sekali lagi Mas Sena tegaskan kembali bahwa harga Kawasaki Ninja 400 tersebut merupakan informasi banderol yang masih berupa perkiraan semata. Maka, akan sangat wajar jika nantinya saat harganya diumumkan secara resmi tak akan berbeda jauh dengan prediksi tersebut. Di sisi lain, jika melihat segmentasinya pun banderol dari harga Kawasaki Ninja 400 memang dirasa sangat mahal namun jika membandingkannya dengan spesifikasi yang dibawanya, pastinya nominal tersebut dirasa sudah cukup bersesuaian dan cocok. Dengan begitu, hanya sebagian golongan saja yang akan mampu membayar mahar untuk memboyong Kawasaki Ninja 400 tersebut. Namun hal tersebut bukan lah hal yang mengherankan, mengingat seperti yang kita ketahui target yang disasar oleh motor sport ini memang kalangan atas, sehingga wajar harganya pun mahal. Nah, sampai di sini dulu ya kawan ulas mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 400.

Baca juga:

Top