Harga Kawasaki Z 900RS, Review, Spesifikasi & Gambar Januari 2019

Harga Kawasaki Z 900RS dan Spesifikasi – Pekan lalu, tepatnya pada 19 November 2017, Kawasaki Z 900RS resmi diperkenalkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia. Peluncuran produk baru yang menyasar di segmen big bike tersebut bersamaan dengan diperkenalkannya 2 produk lain, yaitu tipe Kawasaki W175 dan Ninja 250Fi terbaru. Tentu saja, kehadiran Kawasaki Z 900RS yang resmi diluncurkan di ajang kumpul komunitas Kawasaki Bike Week 2017 di Ancol tersebut sangat diharapkan mampu mendongkrak penjualan produk Kawasaki di tahun fiskal mendatang. Di sisi lain, motor yang dihadirkan sebagai big bike bergaya retro-modern ini pun juga kabarnya diperkenalkan sebagai salah satu perwujudan penghormatan untuk Kawasaki tipe Z1 dengan membawa tema True Spirit. Yang mana, kali ini Kawasaki Z 900RS muncul di pasar otomotif nasional dengan tampang yang sangat kompak dan seimbang antara gaya klasik dan modern. Sehingga, tak heran jika Kawasaki menjadikan motor ini sebagai salah satu produk unggulan pabrikan asal Jepang dalam mencuri hati para konsumen di Indonesia. Semakin penasaran dengan Kawasaki Z 900RS ini bukan?

Kawasaki Z 900RS

Berkenaan dengan tema True Sprit yang dibawa Kawasaki Z 900RS tersebut, tentunya motor klasik bergaya retro yang diperkenalkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia ini bakal membawa sejumlah keunggulan tersendiri yang begitu khas. Sekilas, jelas terlihat bahwa tampilan desain yang dibawa oleh Kawasaki Z 900RS ini sangat begitu menawan dan tampak kompak khas motor retro klasik namun tetap berkesan modern. Apalagi, struktur mesin yang tersusun rapi di bagian bawah tangkinya pun menunjukkan bagaimana motor ini memiliki performa yang sangat mumpuni di kelasnya. Bahkan, untuk sistem dapur pacunya sendiri, pihak pabrikan telah membekali Kawasaki Z 900RS ini dengan mesin DOHC 16 katup berkapasitas 948 cc yang mana sudah pasti sanggup menyemburkan power super dahsyat namun tetap ramah lingkungan mengingat sektor mesin ini sudah dibekali sistem injeksi Fuel Injection with Sub-Throttle sehingga bakal membuat Kawasaki Z 900RS ini kian ramah lingkungan. Sedangkan di sisi lain, motor retro bergaya modern ini pun juga bakal dilengkapi beberapa fitur canggih yang sangat menarik dengan teknologi yang cukup tinggi. Semakin penasaran kan? Tak perlu bingung, untuk mengenal lebih jelas, simak saja spesifikasi dan harga Kawasaki Z 900RS yang akan Mas Sena uraikan pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Kawasaki Z 900RS

Review Kawasaki Z 900RS

Desain

Motor Sport Bergaya Retro-Modern Tampilkan Kesan Klasik yang Begitu Elegan

Secara tampilan, memang sisi eksterior atau fisik dari spesifikasi Kawasaki Z 900RS ini terlihat begitu menarik dan unik. Di mana, kali ini pihak pabrikan telah mengusung tema True Spirit yang memang sengaja dirancang dengan mengedepankan gaya klasik-modern dalam balutan motor bergaya retro. Di samping itu, jika kita telisik mendalam, bahwa Kawasaki Z 900RS ini mengusung headlamp berbentuk bulat khas moge klasik yang mengadopsi dari varian Z1 dengan teknologi LED headlamp yang mana sudah dipastikan bakal sanggup memberikan pencahayaan cukup terang dan maksimal ketika dikendarai di malam hari. Selain itu, pada bagian tangki bahan bakar, Kawasaki Z 900RS telah mengusung desain bergaya Iconic Teardrop Tank berkelir merah dengan tulisan “Kawasaki” pada sisi samping kanan-kirinya yang semakin membuatnya tampil begitu elegan dan terkesan gagah. Selain itu, pada sisi jok dari motor Kawasaki Z 900RS pun dibuat dengan rancangan dari konstruksi material berbahan kualitas memanjang dengan konsep ERGO-FIT yang menjadikannya lebih mudah saat dikendarai berboncengan. Kemudian, knalpot yang dibawa motor ini pun juga tak kalah menariknya di mana kali ini pihak pabrik pembuatnya telah melengkapi Kawasaki Z 900RS ini dengan knalpot Kawasaki’s First Tuned Exhaust Note yang tampak begitu stylish dan sporty. Kemudian, tak ketinggalan juga bahwa pada bagian belakang dari motor ini sudah dibekali dengan lampu belakang yang sudah mengandalkan teknologi LED yang tentunya dipastikan akan menghemat tenaga kelistrikan pada motor ini. Nah, tentu saja dengan tampilan sektor desain eksterior pada spesifikasi Kawasaki Z 900RS tersebut memang terbilang sangat gagah dan terkesan begitu unik.

Spesifikasi Kawasaki Z 900RS

Speedometer

Panel Instrumen Usung Layar LCD Multifungsi yang Informatif

Selain bodi fisiknya yang unik pada sektor panel instrumen dari spesifikasi Kawasaki Z 900RS pun juga tak kalah menariknya. Di mana, sektor pemberi informasi mengenai kondisi motor pada naked bike retro modern buatan Kawasaki ini akan mengusung panel analog-digital yang begitu kompak yang saling berpadu menampilkan gaya desain elegan. Untuk panel analog dari Kawasaki Z 900RS ini, akan terpasang pada sisi kanan dan kiri yang siap memberikan informasi mengenai kecepatan Km/jam, panel meter rpm, indikator ABS, indikator oli dan beberapa lampu indikator lain. Sedangkan untuk panel digital dari Kawasaki Z 900RS ini akan diletakkan di bagian tengah diapit dua panel analog bulat. Di mana, pada panel digital tersebut akan menampilkan beberapa informasi dengan background biru menyala, antara lain seperti trip meter, KTRC, posisi gear atau gigi, indikator bahan bakar, jam digital, jarak yang sudah ditempuh, dan suhu mesin. Selain itu, di bawah panel digital dari Kawasaki Z 900RS tersebut juga telah dilengkapi dengan indikator lampu sein kanan kiri. Nah, dengan kelengkapan pada instrumen indikator tersebut, tentunya pengemudi akan mudah dalam memahami setiap kondisi motor yang ditampilkan dari speedometer tersebut. Tentu saja, secara keseluruhan bisa kita simpulkan bahwa sektor indikator dari spesifikasi Kawasaki Z 900RS tersebut terbilang canggih dan informatif.

Spesifikasi Motor Kawasaki Z 900RS

Dimensi

Moge Klasik dengan Dimensi dan Rangka Trellis Kokoh

Beranjak ke segmen berikutnya, kita akan bersama-sama mengulas sektor rangka dimensi dari spesifikasi Kawasaki Z 900RS. Memang, secara desain terlihat jelas bahwa moge buatan pabrik asal Jepang ini hadir dengan mengusung desain berkonsep modern-klasik. Namun, perlu diketahui bahwa konsep desain tersebut tak lepas dari struktur rangka yang dibawa oleh motor ini, yaitu mengandalkan rangka Lightweight Trellis Frame. Di mana, dengan rangka tersebut maka bodi dari Kawasaki Z 900RS ini menjadi lebih kokoh namun tetap nyaman ketika handling maupun untuk diajak bermanuver di jalanan. Selain itu, motor klasik ini pun juga dibangun dengan ukuran dimensi yang cukup besar dan ideal memiliki panjang 2100 mm, lebar 865 mm, tinggi 1150 mm, dengan jarak sumbu roda 1470 mm. Selain itu, Kawasaki Z 900RS ini juga memiliki bobot 215 Kg dan kapasitas tangki bahan bakar 17 liter yang mana bisa menampung bahan bakar lebih banyak sebagai bekalan yang cukup ketika akan berkendara menempuh jarak jauh. Tak sampai di situ saja, struktur dimensi dari Kawasaki Z 900RS ini pun juga dibangun dengan ketinggian tempat duduk 835 mm yang mana dengan ukuran seat height atau tinggi tempat duduk tersebut dirasa cukup pas namun akan membuat pengemudi yang berpostur tubuh kurang tinggi merasa kesulitan. Di sisi lain, ground clearance dari Kawasaki Z 900RS pun juga dibuat cukup tinggi untuk moge klasik sekelasnya, yaitu berukuran 130 mm sehingga akan membuat motor gagah garapan Kawasaki ini luwes dikendarai di medan mana saja, baik medan off road maupun jalanan perkotaan. Tentu saja, dengan struktur rangka kokoh dan dimensi secara keseluruhan yang cukup ideal dari spesifikasi Kawasaki Z 900RS tersebut dipastikan bakal memberikan pengalaman berkendara yang begitu nyaman dan menyenangkan.

Review Kawasaki Z 900RS

Suspensi

Dibekali Kaki Kuat dan Kokoh serta Pengereman ABS yang Begitu Handal

Masih terkait dengan rangka maupun dimensi, kali ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas sektor kaki-kaki pada spesifikasi Kawasaki Z 900RS. Sebagai bagian yang berfungsi menjadi sokongan untuk menopang beban berat moge ini maka Kawasaki pun akan membekali sektor kaki-kakinya ini dengan beberapa fitur mumpuni. Pertama, yakni suspensi handal yang pada motor Kawasaki Z 900RS tersebut telah menggunakan tipe suspensi inverted fork with compression and rebound damping and spring preload adjustability berukuran 41 mm untuk bagian depan. Sedangkan, untuk tipe suspensi bagian belakang, motor ini akan mengandalkan tipe Horizontal Back-link, gas-charged shock with rebound damping and spring preload adjustability yang kelenturannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Dengan begitu maka tak heran jika Kawasaki Z 900RS ini akan terasa enak dikendarai di berbagai medan mengingat kemampuan suspensinya yang begitu handal. Tak sampai di situ saja, bahkan naked bike klasik buatan Kawasaki ini pun juga bakal dibekali dengan velg sporty 17 inci yang mana velg tersebut akan dibalut ban 120/70 ZR17 di bagian depan dan ban 180/55 ZR17 untuk ban bagian belakang. Sedangkan di sisi lain, Kawasaki Z 900RS juga akan dilengkapi rem handal berupa Dual Semi-Float berukuran 300 mm discs dengan kaliper terdiri dari Dual radial-mount, monobloc, opposed 4-piston yang terpasang di bagian depan. Sementara, untuk rem belakang, Kawasaki akan menggunakan jenis rem Single 250 mm disc. Caliper: Single-piston. Menariknya, rem pada Kawasaki Z 900RS ini sudah dilengkapi teknologi ABS yang akan membantu pengemudi lebih mudah dalam mengendalikan laju motor serta mencegah terjadinya ban terkunci saat terjadi rem dadakan. Pastinya, sektor ini menjadi salah satu keunggulan dari spesifikasi Kawasaki Z 900RS yang cukup diunggulkan.

Harga Motor Kawasaki Z 900RS

Mesin

Dibekali Mesin Tangguh Tipe DOHC berkapasitas 948 cc Hasilkan Tenaga Super Mumpuni

Nah, beranjak ke segmen berikutnya, kini waktunya Mas Sena menilik sektor dapur pacu pada spesifikasi Kawasaki Z 900RS. Sebagai salah satu naked bike tangguh tentu saja sektor dapur pacunya pun tak bisa dianggap sepele. Pasalnya, Kawasaki diketahui akan mempersenjatai motornya ini dengan mesin DOHC 16 katup dengan 4 silinder dan berkapasitas kubikasi 948 cc. Di mana, mesin tersebut dipastikan sanggup memberikan tenaga maksimum pada Kawasaki Z 900RS ini hingga 109 Ps per putaran 8500 rpm dan torsi maksimal pada titik 95 Nm per putaran 6500 rpm. Tentu saja, tenaga yang disemburkan mesin tersebut terbilang sangat gahar untuk sekelas naked bike. Apalagi, motor klasik buatan pabrik asal Negeri Samurai ini juga akan membawa sistem transmisi 6 percepatan manual yang sudah barang tentu akan menghasilkan akselerasi cukup agresif. Tak sampai di situ saja, bahkan sektor mesin Kawasaki Z 900RS ini pun juga kini sudah dilengkapi dengan teknologi Fuel Injection dengan Sub-throttle yang mana dipastikan bakal membuat konsumsi bahan bakar menjadi sangat irit dan efisien dengan perbandingan 10/8:1. Jikalau melihat secara keseluruhan, tentu saja dengan kecanggihan dan kehandalan pada sektor mesin dari spesifikasi Kawasaki Z 900RS tersebut memang terbilang sangat handal dan gahar namun tetap ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi dengan Fitur Canggih nan Handal

Selain itu, tak ketinggalan pula beberapa fitur pun turut disematkan pada spesifikasi Kawasaki Z 900RS. Antara lain yang cukup menonjol yaitu fitur pengereman yang sudah mengandalkan teknologi ABS. Di mana, dengan teknologi tersebut maka dipastikan bakal membuat sistem pengereman yang tersemat pada Kawasaki Z 900RS ini pun menjadi lebih sempurna dan laju motor pun lebih mudah dikendalikan. Selain itu, Kawasaki juga bakal melengkapi naked bike buatannya ini dengan panel indikator digital-analog yang asling berkolaborasi untuk menampilkan informasi mengenai kondisi motor yang tengah ditungganginya secara informatif. Di samping itu, pada sektor mesin pacu dari Kawasaki Z 900RS pun juga sudah dilengkapi fitur canggih berupa Fuel Injection with Sub-Throttle yang dipastikan bakal membuat bahan bakarnya menjadi irit dan memberikan hasil performa yang cukup handal nan tangguh. Di samping itu, pada sistem berkendara dari Kawasaki Z 900RS ini juga bisa diatur melalui 2 mode berkendara KTRC yang bisa dipilih sesuai kondisi jalan maupun kebutuhan pengendaraan. Dengan kelengkapan fitur dari di atas, tentunya akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Selain itu, dengan berbagai keunggulan pada spesifikasi Kawasaki Z 900RS tersebut dipastikan juga akan membuat harganya dibanderol tidak murah.

Spesifikasi Kawasaki Z900RS

Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
Kapasitas 948 cm³
Tenaga Maksimal 82 kW {111 PS} / 8,500 rpm
Torsi Maksimal 98.5 N•m {10 kgf•m} / 6,500 rpm
Diameter x Langkah 73.4 x 56 mm
Rasio Kompresi 10.8:1
Valve System DOHC, 16 valves
Suplai Bahan Bakar Fuel injection: Ø 36 mm x 4 with sub-throttle
Starter Electric
Lubrikasi Forced lubrication, wet sump
Transmisi 6-speed
Dimensi
Panjang 2100 mm
Lebar 865 mm
Tinggi 1150 mm
Jarak Sumbu Roda 1470 mm
Jarak Terendah 130 mm
Tinggi Jok 835 mm
Berat 215 kg
Kapasitas Tangki 17 liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Trellis, high-tensile steel
Suspensi Depan 41 mm inverted fork with compression and rebound damping and spring preload adjustability
Suspensi Belakang Horizontal Back-link, gas-charged shock with rebound damping and spring preload adjustability
Rem Depan Dual semi-floating 300 mm discs. Caliper: Dual radial-mount, monobloc, opposed 4-piston
Rem Belakang Single 250 mm disc. Caliper: Single-piston

Harga Kawasaki Z 900RS

Spesifikasinya telah kita bahas dan kini waktu yang tepat untuk mengulas soal harga Kawasaki Z 900RS. Namun, sebelumnya perlu dipahami kembali bahwa moge buatan Kawasaki ini akan menyasar sebagai naked bike yang unik mengingat motor ini mengusung konsep retro-modern yang begitu elegan. Selain itu, performa yang dihasilkan oleh motor bernama Kawasaki Z 900RS ini pun juga sangat mumpuni berkat mesin DOHC 948 cc yang dikawinkan transmisi 6 percepatan manual. Tentu, selain akan membuat performanya handal dan bertenaga, hal tersebut juga dipastikan akan membuat kisaran banderol harga Kawasaki Z 900RS ini cukup mahal. Belum lagi dengan beberapa fitur yang tersematkan, seperti rem ABS, teknologi Fuel Injeksi pada ruang pacunya, dan panel indikator digital-analog informatif yang akan menambah keamanan dan kenyamanan pengendara maupun penumpangnya. Lantas, dengan ragam keunggulan yang diusung pada spesifikasinya tersebut, berapa sih banderol harga Kawasaki Z 900RS ini?

Harga Kawasaki Z 900RS

Harga Kawasaki Z 900RS Terbaru

Sebagai moge kelas premium, tentu saja harga Kawasaki Z 900RS akan dipatok dengan angka yang tak murah. Wajar, mengingat segmentasi yang dituju memang difokuskan bagi para konsumen penghobi moge naked bike kelas menengah atas. Di mana, kaitannya dengan kisaran dari banderol harganya, diketahui bahwa motor gagah bernama Kawasaki Z 900RS ini akan dibanderol seharga Rp 279 juta. Tentu saja, nominal yang mencapai ratusan juta tersebut dirasa sangat mahal bagi sebagian konsumen di Indonesia. Maka, tak heran jika motor ini hanya akan mampu diboyong oleh beberapa konglomerat yang berdompet tebal. Selain itu, harga Kawasaki Z 900RS yang dianggap sama dengan mobil hatchback tersebut, pastinya bakal mengharuskan para calon konsumen untuk merogoh kocek dalam-dalam. Namun tentunya mahalnya harga tersebut sudah sangat disesuaikan dengan spesifikasi, desain dan tenaga serta target konsumen yang disasarnya. Nah, apakah dengan harga Kawasaki Z 900RS yang mahal tersebut kawan-kawan tertarik memilikinya?

Harga Kawasaki Z 900RS
Rp 279.000.000,-
 Daftar Harga Motor Kawasaki

Catatan : 

  • Harga motor Kawasaki Z 900RS diatas merupakan harga OTR JADETABEKSER
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kawasaki Z 900RS

Di sisi lain, sebelumnya juga Mas Sena informasikan bahwa harga Kawasaki Z 900RS di atas masih berstatus OTR untuk wilayah JADETABEKSER. Maka jelas sudah untuk daerah lain, banderol dari moge buatan Kawasaki ini akan sedikit atau cenderung lebih mahal dari harga OTR di atas. Meskipun banderol harga Kawasaki Z 900RS di luar OTR tersebut tentunya tidak akan terpaut jauh dari harga OTR tersebut. Namun, meski memiliki banderol tinggi, tentunya bukan suatu kendala bagi para pecinta motor kelas menengah atas untuk membelinya. Apalagi, jika membandingkannya dengan beberapa motor lain di segmen yang sama, tentu saja Kawasaki Z 900RS ini menjadi salah satu pilihan utama bagi para konsumen. pasalnya, jika melihat beberapa pabrikan lain khususnya asal benua Biru dengan spesifikasi yang serupa mungkin harganya akan lebih mahal sedikit. Nah, demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Z 900RS. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai Triumph Bonneville T100 dan Triumph Rocket 3.

Top