Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra – Berbicara mengenai daya tarik dari beberapa MPV LCGC, tentu topik mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui. Bahkan, beberapa konsumen pun kini sudah secara kritis menelisik spesifikasi yang dibawa pada mobil LCGC yang resmi diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu bersamaan dengan Calya tersebut, termasuk juga dengan beberapa keunggulan maupun kelemahannya. Tentu saja, fakta mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra sangat dibutuhkan konsumen agar nantinya tak terkecoh dan menyesal. Sehingga, dengan adanya informasi kelebihan dan kekurangan pada mobil LCGC buatan Daihatsu tersebut maka konsumen pun bisa lebih mempertimbangkan matang-matang sebelum membeli. Apalagi, harga Daihatsu Sigra yang terbilang cukup murah dan terjangkau pun menjadikannya sangat menarik bagi para konsumen untuk membelinya. Namun, kualitas juga merupakan faktor yang sangat penting untuk diketahui. Sehingga, wajar jika para konsumen yang ingin membelinya berhak untuk mengenal kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra.

Kelebihan Dan Kekurangan Daihatsu Sigra

Nah, dalam pembahasan kali ini pun Mas Sena akan mengulas kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra. Namun, sebelumnya perlu untuk diketahui bahwa MPV LCGC yang merupakan hasil kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota ini memang sengaja dihadirkan dengan berbagai keunggulan yang cukup memikat. Namun, sayangnya kita juga perlu mengetahui kelemahannya pula. Apalagi, kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra sangat berpengaruh pada berbagai faktor yang mungkin tak cocok dengan selera beberapa pengguna. Maka dari itu, mengulas kelemahan atau keunggulannya bukan semata-mata untuk mencari kesalahan namun lebih kepada menyesuaikan apakah Daihatsu Sigra ini sesuai dengan keinginan atau selera konsumen atau tidak. Nah, tak perlu berlama-lama, kali ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk lebih kritis dengan mengulas berbagai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra. Berikut ulasan selengkapnya!

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Daihatsu Sigra

Kelebihan Daihatsu Sigra

Irit Bahan Bakar

Sebagai mobil LCGC, tentu kelebihan Daihatsu Sigra yang utama yakni pada keiritan dan efisiensi konsumsi bahan bakarnya. Di mana, dengan mengusung mesin berkapasitas kecil, yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter, tentunya akan membuat konsumsi bahan bakarnya akan semakin irit. Apalagi, pada sektor mesin yang diusung Daihatsu Sigra ini dilengkapi dengan teknologi VVT-I yang akan menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan kompresi akan meningkat dengan perbandingan 10.5:1. Dengan nilai perbandingan kompresi tersebut maka spesifikasi Daihatsu Sigra ini tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan 88 atau premium. Dengan demikian, kelebihan Daihatsu Sigra ini patut untuk diacungi jempol.

Harganya Relatif Lebih Terjangkau

Di sisi lain, kelebihan Daihatsu Sigra pun juga terletak pada harga jualnya. Bagaimana tidak? Dengan berbanderol di kisaran 100 jutaan sampai 140 jutaan, tentu saja membuatnya memiliki daya tarik tersendiri, khususnya para konsumen yang ingin membeli mobil murah namun memiliki fungsionalitas tinggi. Dengan demikian maka tak heran jika harganya yang murah namun tak murahan tersebut adalah salah satu senjata ampuh dari berbagai kelebihan Daihatsu Sigra.

Kelebihan Daihatsu Sigra

Memiliki Ruang Kabin Cukup Lega dan Luas

Disediakan ruang kabin luas yang sanggup menampung penumpang hingga 7 orang sekaligus, pastinya membuat kelebihan Daihatsu Sigra ini semakin komplit. Apalagi, kabin lega tersebut membuat ruang gerak penumpang menjadi lebih leluasa dan bebas. Tentu saja, keleluasaan yang ditawarkan ruang kabin pada MPV LCGC ini bakal membuat para penumpangnya kian merasa nyaman ketika berada di dalam mobil. Sebuah kelebihan Daihatsu Sigra yang cukup menarik dan memikat di kelas mobil keluarga murah.

Baca juga: Review Daihatsu Sigra

Memiliki Banyak Tipe

Kelebihan Daihatsu Sigra yang lain yakni adanya banyak tipe yang ditawarkan kepada para calon konsumen. Beberapa tipe tersebut terdiri dari dua varian, yakni 1.0 liter dengan 2 varian manual transmisi, sedangkan untuk tipe 1.2 liter terdiri dari varian X Manual/otomatis dan R Manual/Otomatis. Dengan banyaknya tipe Daihatsu Sigra tersebut maka konsumen akan memiliki lebih banyak pilihan varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun budget. Maka dari itu, tak heran jika dengan ragam tipe yang ditawarkannya tersebut membuat kelebihan Daihatsu Sigra menjadi lebih kompleks.

Kelebihan Mobil Daihatsu Sigra

Berbekal Fitur Entertainment dan Fitur Keselamatan Cukup Canggih

Sebagai mobil LCGC, tentunya keselamatan maupun kenyamanan penumpang tentunya menjadi sebuah hal pokok yang perlu untuk diperhatikan. Bahkan, keselamatan penumpang pun juga harus mendapatkan fokus perhatian utama. Oleh sebab itu, untuk menunjang akan kebutuhan tersebut maka pada kelebihan Daihatsu Sigra dilengkapi fitur keselamatan berupa rem ABS, Air Bags, Brake Assist, pelindung benturan samping dan crash sensor serta sabuk pengaman. Tak sampai di situ saja, bahkan untuk menunjang kenyamanan dalam kabin maka MPV murah buatan Daihatsu ini dilengkapi juga dengan ragam fitur hiburan yang di antaranya Audio-Visual, AC (Air Conditioner), Power Steering, Audio 2 DIN, dan beberapa fitur konektivitas seperti port soket USB serta Bluetooth. Melihat beberapa fitur pendukung tersebut, tampaknya bisa menjadi salah satu kelebihan Daihatsu Sigra yang layak untuk ditonjolkan guna menarik para konsumen.

Kekurangan Daihatsu Sigra

Kualitas Interior Masih Di Bawah Standar

Dengan harganya yang relatif murah, tentu ada kekurangan Daihatsu Sigra yang perlu untuk diketahui, salah satunya yakni pada interiornya. Walaupun memiliki beberapa fitur yang cukup unggul di kelasnya, namun tampilan atau sajian interior pada Daihatsu Sigra ini masih sangat minim. Di mana, sektor interiornya tersebut masih menggunakan material berkualitas di bawah standar. Sehingga, kesan elegan pun akan tampak hilang begitu saja ketika memasuki interior di ruang kabinnya. Dengan kekurangan Daihatsu Sigra tersebut, tentunya menjadi catatan sendiri bagi para konsumen yang mengedepankan kemewahan.

Tipe 1.0 Liter Tak Dilengkapi dengan Varian Matik

Kemudian dari segi performa mesin, kekurangan Daihatsu Sigra ini tampak pada varian matiknya. Di mana, sangat disayangkan bahwa pada tipe mesin berkapasitas 1.0 liter masih menggunakan varian manual transmisi. Padahal, sistem transmisi matik atau otomatis di era saat ini menjadi incaran para konsumen. Dengan demikian maka bagi para konsumen yang ingin mendapat transmisi matik, harus membeli pada tipe mesin 1.2 liter. Wajar jika hal tersebut menjadi kekurangan Daihatsu Sigra.

Kekurangan Daihatsu Sigra

Bobot Terlalu Ringan dan Bodinya Tipis

Selain itu, salah satu kekurangan Daihatsu Sigra yakni pada bodinya yang terlalu tipis sehingga dirasa kurang kokoh. Bahkan, dengan bodinya yang terlalu tipis tersebut membuat bobotnya lebih ringan. Hanya saja, dengan ringannya bobot tersebut maka ketika mobil LCGC buatan Daihatsu ini dipacu dengan kecepatan tinggi maka akan membuat kestabilannya menurun dan oleng. Dengan demikian tentu saja kekurangan Daihatsu Sigra di sektor ini patut mendapat perhatian khusus bagi para pengguna, apalagi para konsumen yang suka akan akselerasi dan kecepatan.

Harga Jual Bekas Turun Drastis

Kekurangan Daihatsu Sigra yang selanjutnya adalah harga jual bekas yang turun drastis. Meskipun memiliki harga jual yang sangat terjangkau namun perlu untuk dipahami bahwa harga jual second dari Daihatsu Sigra ini menurun drastis, bahkan nominalnya berada di bawah saudara kembarnya, Calya dan kakak kandungnya Xenia. Tentu saja, dengan hal tersebut maka orang akan berpikir dua kali mengingat mobil tak hanya sebagai kendaraan namun bisa juga dijadikan sebagai atau tabungan walaupun pada akhirnya harga jualnya turun seiring bertambah tahunnya. Maka dari itu, kekurangan Daihatsu Sigra pada harga jual bekas pun harus dipertimbangkan juga bagi para konsumen yang telah siap untuk membelinya.

Bahan Bakar Wajib Gunakan Pertamax

Nah, beranjak pada segmen berikutnya, kali ini kekurangan Daihatsu Sigra terletak pada penggunaan bahan bakar (BBM). Di mana, diketahui bahwa saudara kandung dari Toyota Calya ini juga direkomendasikan atau bahkan diwajibkan menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan di atas RON 92. Dengan kata lain, Daihatsu Sigra harus meminum BBM jenis Pertamax ke atas. Dengan fakta tersebut maka mau tak mau konsumen harus siap membeli bahan bakar Pertamax yang notabene memiliki harga jauh lebih mahal daripada Pertalite maupun Premium. Dengan begitu, tentu saja kekurangan Daihatsu Sigra ini menjadi topik yang harus menjadi perhatian para konsumen untuk dipertimbangkan kembali sebelum membelinya.

Kekurangan Mobil Daihatsu Sigra

Ragam kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra sudah Mas Sena uraikan secara terperinci di atas. Dengan begitu maka Mas Sena sangat berharap bahwa para konsumen lebih bijak dan pandai-pandai dalam memilah maupun memilih Daihatsu Sigra ini, apakah sudah sesuai kebutuhan, budget, atau mungkin sudah sesuai selera atau tidak? Selain itu, penilaian kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra pun akan sangat bermanfaat buat kawan-kawan supaya tak mudah terkagum-kagum pada keunggulannya saja melainkan juga mengenal kelemahannya. Nah, tampaknya sampai di sini dulu ya kawan pertemuan kita kali ini. Mas Sena berharap semoga saja kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra yang telah diuraikan atau dijelaskan di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk kawan-kawan.

Baca juga:

Top