Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina

Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina – Topik mengenai kelebihan dan kekurangan Grand Livina, sepertinya menjadi hal yang jarang diulas namun informasinya cukup dibutuhkan oleh banyak orang, terutama bagi para konsumen yang akan membelinya. Memang, mobil yang resmi diluncurkan oleh PT NMI (Nissan Motor Indonesia) pada Mei 2013 silam dengan membawa nama Grand Livina ini tampaknya menjadi salah satu MPV yang berhasil menjadi kendaraan idaman keluarga Indonesia. Namun, tak salah jika ada beberapa kelebihan dan kekurangan Grand Livina yang patut untuk kita pahami secara detail dan rinci. Bahkan, dengan menilik beberapa keunggulan maupun sisi kekurangan dari MPV buatan Nissan ini maka konsumen pun tak akan salah pilih, terutama bagi kawan-kawan yang ingin membeli mobil buatan pabrik asal Korea Selatan ini. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Grand Livina?

Kelebihan Dan Kekurangan Grand Livina

Namun, sebelum membahas jauh terkait kelebihan dan kekurangan Grand Livina, perlu untuk Mas Sena sampaikan kembali bahwa Nissan Grand Livina ini hadir dengan 4 varian, yakni 1.5 sv, 1.5 xv, 1.8 xv, DAN 1.8 Ultimate. Tentu saja, dengan banyaknya varian mesin yang digunakannya juga berpengaruh banyaknya varian harga dari mobil ini. Meski berbeda varian, namun kelebihan dan kekurangan Grand Livina agaknya memiliki kesamaan. Bahkan, pada versi facelift pun Nissan Grand Livina ini sudah mendapatkan pembaruan dengan varian baru seperti tipe HWS CVT dan HWS CVT Autech yang semuanya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter. Sementara itu, di pasar nasional sendiri, Nissan Grand Livina ini akan bersaing ketat dengan Avanza, Xenia, dan Mobilio. Nah, untuk memahami secara lebih jelas dan terperinci, berikut Mas Sena sajikan daftar kelebihan dan kekurangan Grand Livina yang baiknya untuk kawan kenali. Yuk, kita simak bersama.

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Grand Livina

Kelebihan Grand Livina

Memiliki Lapisan Bodi yang Cukup Tebal

Kelebihan Grand Livina ini tampaknya bisa kita kenali dari struktur desain dan dimensinya. Di mana, mobil ini mempunyai dimensi 4485 x 1700 x 1650 mm dengan bobot mencapai 1250 kg serta berbahan material bodi yang cukup tebal. Sehingga, membuat MPV mewah buatan Nissan ini tampak terkesan lebih kokoh dan menawan. Tentu, hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak kelebihan Grand Livina yang memiliki daya pikat tersendiri bagi para konsumennya.

Material Interior Elegan dan Berkualitas dengan Kelengkapan Fitur Canggih

Di sisi lain, kelebihan Grand Livina pun bisa ditilik dari ruang interiornya. Sebab, ketika kita memasuki bagian kabin pada Nissan Grand Livina ini maka akan disajikan konsep tampilan yang membawa aura kemewahan dengan ragam fitur yang canggih. Sebut saja, seperti tombol panel pengatur audio, Display Wide 6 inci touch screen, DVD, AM/FM, USB, dan iPhone/iPod connectivity. Dengan kemewahan dan kecanggihan fitur-fitur interior yang dibawanya tersebut, tentunya semakin melengkapi catatan kelebihan Grand Livina.

Kelebihan Grand Livina

Kualitas Handling Nyaman dan Mantap

Selain itu, salah satu kelebihan Grand Livina yakni terletak pada kualitas handling yang dimilikinya. Di mana, kali Nissan Grand Livina ini memiliki kemampuan handling yang begitu nyaman sehingga mudah untuk dikendalikan, terutama ketika melewati jalanan yang berkelok-kelok. Kesempurnaan handling pada Grand Livina tersebut juga tak lepas dari suspensi yang berkualitas, yakni tipe McPherson strut, dan torsion beam. Bahkan, kualitas bantingan dari kedua suspensi tersebut terbilang cukup empuk. Dengan kemampuan handling yang begitu luar biasa mantapnya tersebut, maka kelebihan Grand Livina ini patut menjadi ancaman bagi para pesaingnya.

Baca juga: Review Grand Livina

Bahan Bakar Irit

Di samping itu, salah satu bagian yang menjadi kelebihan Grand Livina ini yaitu pada performanya yang handal dengan tingkat keiritan bahan bakar yang begitu optimal. Pasalnya, diketahui untuk menempuh jarak 9-12 km (dalam kota) mobil MPV mewah garapan Nissan yang satu ini hanya membutuhkan konsumsi BBM 1 liter saja. Sementara itu di sisi lain, untuk perjalanan luar kota konsumsi bahan bakar 1 liter sendiri diklaim mampu digunakan untuk menempuh jarak 14-16 km. Pastinya dengan penggunaan bahan bakar yang irit pada mobil ini, tent termasuk salah satu kelebihan Grand Livina yang menjadi nilai positif untuk menarik para konsumen.

Kelebihan Mobil Grand Livina

Transmisi Manual Sudah 6 Percepatan dengan Perpindahan yang Terasa Lebih Lembut

Kelebihan Grand Livina berikutnya yakni terletak pada transmisi manual yang sudah 6 percepatan. Dengan transmisi tersebut maka akselerasi yang didapat pun akan lebih galak dan agresif. Bahkan, perpindahan gigi pada transmisinya pun terasa begitu lembut dan halus sehingga akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih mengena kepada pengemudinya. Dengan demikian, wajar jika sektor transmisi ini menjadi bagian dari keunggulan atau kelebihan Grand Livina.

Kekurangan Grand Livina

Ukuran Ground Clearance Terlalu Rendah atau Ceper

Salah satu kekurangan Grand Livina yang cukup membuat konsumen sedikit kecewa yaitu pada sektor ground clearance atau jarak terendahnya dengan tanah. Di mana, MPV elegan dan mewah garapan Nissan ini dibangun dengan ground clearance 175 mm yang dirasa terlalu rendah untuk sekelas mobil MPV. Sehingga, nantinya akan cukup merepotkan ketika membawa barang atau beban cukup berat mengingat mobil akan cenderung lebih pendek. Tentu saja hal ini menjadi kekurangan Grand Livina yang tak bisa kita pungkiri.

Keharusan Menggunakan BBM Pertamax

Bahan bakar Grand Livina ini diharuskan menggunakan minimal Pertamax. Meski tak terlalu signifikan namun hal tersebut bisa menjadi kekurangan Grand Livina. Pasalnya, jika diisi bahan bakar dengan kadar oktan di bawah Pertamax maka akan mengalami knocking pada saat dikendarai. Oleh sebab itu, mau tak mau untuk mencegah hal tersebut terjadi maka konsumen harus selalu mengisi bahan bakarnya dengan tipe Pertamax atau di atasnya. Tentunya, kenyataan tersebut adalah salah satu kekurangan Grand Livina yang cukup memberatkan bagi sebagian penggunanya.

Kekurangan Grand Livina

Peredaman Kabin Masih Belum Sempurna

Di sisi lain, kekurangan Grand Livina pun juga terletak pada kualitas daya redam di ruang kabinnya. Di mana, peredaman pada sektor kabin interiornya masih dirasa kurang maksimal mengingat tak jarang suara mesin masih terdengar berisik ketika di dalam kabin. Tentu saja, hal ini akan sedikit mengganggu kenyamanan para penumpangnya. Dengan begitu, tampaknya kekurangan Grand Livina ini wajib mendapat perhatian yang cukup serius dari pihak produsen mengingat berkaitan langsung dengan kenyamanan penumpang.

Kabin Di Bangku Baris Ke Tiga Masih Terasa Sempit

Sementara itu, tak ketinggalan pula bahwa kekurangan Grand Livina pun bisa dilihat dari sempitnya bangku pada baris ke tiga. Di mana, bangku di sektor baris ke tiga ini terasa sedikit sesak sehingga bagi penumpang yang duduk di sektor kursi baris ke tiga ini sedikit banyak akan merasa kurang nyaman mengingat ruang gerak menjadi lebih terbatas. Pastinya, hal tersebut menjadi salah satu bentuk kekurangan Grand Livina yang tak terbantahkan.

Kekurangan Mobil Grand Livina

Nah, sekiranya kelebihan dan kekurangan Grand Livina yang telah Mas Sena sebutkan di atas agaknya bisa menjadi gambaran umum mengenai mobil MPV buatan Nissan ini. Di samping itu, dengan adanya beberapa ragam keunggulan maupun kelemahan di atas maka secara tak langsung akan mempermudah pengguna dalam membandingkan dengan tipe MPV buatan pabrik lain sebelum membelinya. Bagaimana kawan? Sepetinya sampai di sini dulu saja ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Grand Livina yang telah Mas Sena uraikan. Semoga saja uraian atau penjelasan ini bisa bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Sekian dan sampai jumpa.

Baca juga:

Top