Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya – Setelah mengetahui spesifikasinya, tentu para konsumen pun penasaran ingin mengenal lebih jauh, khususnya apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Calya. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa mobil LCGC buatan Toyota ini dihadirkan sebagai hasil kerjasama antara Toyota dan Daihatsu. Selain itu, Toyota Calya yang diperkenalkan pedana pada ajang GIIAS 2016 lalu ini juga merupakan generasi terbaru yang diluncurkan untuk menyasar di segmen MPV murah sekaligus merupakan adik kandung dari Avanza. Tentu, meski harga dari MPV ini terbilang terjangkau namun tetap dibekali spesifikasi dan beragam fitur menarik. Akan tetapi, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Calya yang mungkin menjadi topik menarik untuk diketahui. Bukan tanpa alasan bahwa dengan kita mengenal apa saja keunggulan maupun kelemahan dari mobil LCGC buatan Toyota ini maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi konsumen sebelum membelinya. Bahkan, dengan kita memahami beberapa keunggulan dan kekurangan pada MPV tersebut, tentunya kawan-kawan juga bisa membandingkannya dengan LCGC lain, apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Lantas, kira-kira apa saja sih kelebihan dan kekurangan Toyota Calya itu?

Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Calya

Memang, jika kita menelisik mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Calya maka akan sangat berkaitan erat dengan spesifikasi yang dibawanya. Salah satu sektor yang cukup menonjol dari mobil LCGC ini yaitu terletak pada kecanggihan fitur-fitur maupun mesinnya serta fungsionalitas pada ruang kabinnya yang sanggup menampung 7 penumpang. Tentu, hal tersebut merupakan salah satu bagian dari kelebihan Toyota Calya yang menjadi andalan. Selain itu, berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan Toyota Calya, pastinya juga kawan-kawan ingin tahu beberapa kelemahan yang dimiliki mobil LCGC ini. Wajar, sebagai konsumen tentu kelebihan dan kekurangan dari Toyota Calya menjadi hal yang membuat para konsumen penasaran. Sehingga, para konsumen pun tak terkecoh hanya pada keunggulan yang dibawanya saja melainkan juga memahami atau setidaknya sedikit mengenal kelemahan yang dimilikinya. Maka dari itu, tak salah jika kali ini Mas Sena pun ingin berbagai ulasan terkait dengan beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Calya. Mau tahu? Simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Toyota Calya

Kelebihan Toyota Calya

Memiliki Ruang Kabin yang Lega

Kelebihan Toyota Calya yang pertama yakni terletak pada ruang kabinnya. Di mana, mobil LCGC tipe MPV ini menawarkan kapasitas ruang kabin yang cukup luas sehingga sanggup menampung 7 penumpang sekaligus. Bahkan, jika kita bandingkan dengan pesaingnya, Datsun Go+ Panca, Toyota Calya memiliki kabin yang luas di kelasnya sehingga akan memberikan ruang gerak yang lebih leluasa kepada para penumpang. Maka, dengan kelebihan Toyota Calya tersebut, tentunya akan membuat para penumpang merasa lebih nyaman.

Mobil Murah Namun Dilengkapi Fitur Entertainment

Meski harganya terbilang sangat terjangkau namun mobil LCGC ini dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap sebagai kelebihan Toyota Calya. Beberapa fitur tersebut lebih tertuju pada dashboard di sektor interior dari mobil LCGC buatan Toyota ini. Hal itu tak lepas dari disematkannya berbagai fitur menarik, seperti audio video system, electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, dan Eco Mode. Selain itu, kelebihan mobil Toyota Calya juga tampak pada power window di keempat pintunya yang mana bisa dikendalikan melalui pintu pengemudi. Nah, dengan segala kecanggihan tersebut maka tak heran jika kelebihan Toyota Calya tersebut menjadi salah satu sektor yang diandalkan untuk bersaing dengan para kompetitornya.

Kelebihan Toyota Calya

Harganya Terjangkau

Salah satu kelebihan Toyota Calya yakni pada harganya yang terbilang sangat terjangkau. Pasalnya, dengan banderol 130 jutaan sampai 149 jutaan saja, para konsumen sudah bisa mendapatkan sebuah mobil dengan fitur-fitur dan spesifikasi yang tak terlalu berbeda jauh dengan MPV Series, seperti Avanza atau Xenia. Dengan begitu maka harga Toyota Calya yang sangat bersahabat tersebut menjadikannya sebagai salah satu kelebihan Toyota Calya mengingat bakal menjadi incaran para konsumen, terutama yang menginginkan mobil berfungsionalitas tinggi namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Baca juga: Review Toyota Calya

Dilengkapi Fitur Keselamatan Canggih

Nah, selain memiliki beragam fitur entertainment, kelebihan Toyota Calya ini terletak pada fitur keselamatannya. Pasalnya, mobil MPV LCGC ini sudah memiliki dua buah airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi ISOFIX, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt. Hanya kalah 1 buah airbags saja dibanding Fortuner yang harganya 3-4 kali lipat Calya.

Kelebihan Mobil Toyota Calya

Memiliki Ruang Bagasi Luas

Meski dimensinya tak sebesar dengan Avanza Cs, namun mobil LCGC ini menyediakan ruang bagasi yang cukup luas. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu kelebihan Toyota Calya yang cukup menarik. Bahkan, ruang bagasi yang dibawanya tersebut diketahui bisa menampung 3 buah galon dan 1 tas kecil sekaligus. Belum lagi jika kursi dilipat, dipastikan bakal bisa menjadi sangat lega. Di sisi lain, yang paling menarik yaitu pada door handle pintu belakang yang biasa absen pada mobil-mobil murah.

Kekurangan Toyota Calya

Bahan Bakarnya Mahal

Jika kita melihat keunggulannya yang cukup menarik, tentu kawan-kawan juga tak bisa meninggalkan beberapa kekurangan Toyota Calya. Pertama, kelemahan mobil LCGC ini yaitu terletak pada tipe atau jenis BBM yang digunakan. Perlu diketahui bahwa mesin yang diusung Toyota Calya harus harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Di mana, dalam hal ini setiap mobil LCGC harus dirancang untuk menggunakan BBM dengan nilai oktan di atas RON 92, seperti Pertamax ke atas yang harganya mahal. Saat ini BBM dengan RON di bawah 92 hanya ada 2 jenis mulai dari Pertamina Premium dan Pertalite. Meskipun lebih murah, ia harus anda isi dengan BBM yang lebih mahal. Tentunya, kekurangan Toyota Calya yang satu ini perlu menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen yang akan membelinya.

Posisi Duduk Kurang Nyaman

Selain itu, kekurangan Toyota Calya juga bisa kita lihat pada joknya. Di mana, jok di ruang kabin pada Calya ini dinilai kurang nyaman dan membuat pengemudi cepat lelah, apalagi ketika mengemudi untuk perjalanan jauh. Pasalnya, secara detail diketahui bahwa jok atau tempat duduknya kurang suportif, head restnya masih menyambung dan terlalu rendah. Bahkan, posisi duduk tidak dapat ditinggikan begitu pula posisi stir dan seatbeltnya. Dengan begitu maka buat kawan-kawan yang menginginkan kenyamanan posisi duduk tentunya kekurangan Toyota Calya yang satu ini sangat perlu untuk dipertimbangkan kembali.

Kekurangan Toyota Calya

Interior Minimalis dan Kurang Berkualitas

Meski memiliki segudang fitur interior canggih, namun jika kita telisik kembali tampaknya ada kekurangan Toyota Calya yang terletak di sektor interior. Pasalnya, apabila kita teliti lagi, sektor interior pada mobil LCGC ini didesain dengan material bahan yang masih standar, bahkan dinilai kurang berkualitas. Pasalnya, pada ruang interior Toyota Calya ini dipenuhi dengan bahan plastik murah dan tipis, desain seadanya, door trim yang mudah tergores serta beberapa komponen yang goyang ketika ditekan, terutama pada dashboard yang membuat konsumen pun sedikit kecewa, Untung saja built quality dan matching interiornya cukup rapi dibandingkan LCGC sekelasnya. Pastinya, kekurangan Toyota Calya di sektor interior ini menjadi bagian yang cukup dipertimbangkan oleh konsumen.

Tenaga Mesin Kecil

Berharap memiliki power maksimal, tampaknya hal itu merupakan suatu harapan kosong mengingat mobil MPV LCGC yang merupakan adik dari Avanza ini hanya dibekali dengan mesin kecil. Tentu saja, hal tersebut menjadi kekurangan Toyota Calya yang cukup menonjol. Perlu untuk diketahui bahwa Toyota Calya dibekali dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Dengan mesin yang berkapasitas kecil tersebut pun seakan menjadi PR bagi Toyota untuk memperbaiki segala kelemahan tersebut. Apalagi torsi puncaknya diraih di angka yang sangat tinggi sehingga pada saat dikendarai di jarak pendek tentunya akan terasa lemot di tarikan bawahnya. Namun demikian kekurangan Toyota Calya yang satu ini dirasa wajar, mengingat harganya yang murah.

Bodi Tipis dan Bobotnya Minimalis

Nah, kekurangan Toyota Calya yang terakhir, yaitu pada bodinya yang terbilang sangat tipis dan bobotnya yang cukup ringan untuk mobil sekelasnya. Tentu saja, dengan bodinya yang tipis tersebut akan membuat bobotnya terlalu ringan sehingga ketika dikendarai pada kecepatan tinggi maka akan membuat pengemudiannya menjadi mudah goyah dan tak stabil. Dengan kekurangan Toyota Calya tersebut maka tak heran jika hal ini menjadi bahan pertimbangan buat kawan-kawan semua.

Kekurangan Mobil Toyota Calya

Setelah kita tahu dan mengenal kelebihan dan kekurangan Toyota Calya tersebut, tentunya teman-teman pasti bisa memutuskan sendiri, apakah dengan keunggulan yang dibawanya tersebut sanggup menutupi beberapa kelemahan yang dimilikinya. Di sisi lain, dari berbagai kelebihan maupun kekurangannya tersebut, pastinya bisa dijadikan sebuah sinyal bahwa ada harga, ada rupa. Dengan beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Calya ini tak heran banyak yang membandingkannya dengan Wuling Confero S yang notabene merupakan MPV baru dengan harga yang berapa pada kisaran harga dari Calya ini. Harganya murah pun memang terbilang sebanding dengan kualitasnya yang tak secanggih dengan mobil yang dibanderol mahal. Nah, demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Calya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Baca juga:

Top