Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta – Apakah kawan-kawan tengah mencari kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta? Jika memang demikian, jangan khawatir. Sebab, pertemuan kali ini Mas Sena akan mengulas secara lengkap dan detail mengenai beberapa keunggulan maupun kelemahan yang dimiliki Toyota Sienta. Namun sebelum kita jauh berbicara mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta, perlu diketahui bahwa Sienta sendiri merupakan salah satu produk MPV yang resmi diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor di ajang IIMS yang diselenggarakan pada April 2016 lalu. Kehadirannya diklaim bakal berhadapan langsung dengan kompetitornya, yaitu Honda Freed yang sama-sama memiliki keunggulan yang tak kalah saing dengan Sienta. Tentu saja, kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta ini maupun kelebihan dan kekurangan Honda freed senidiri perlu diketahui untuk dapat membandingkan antara mobil toyota dan Honda tersebut. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pada topik kali ini Mas Sena Akan lebih fokus untuk mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta.

Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Sienta

Sebagai salah satu mobil MPV yang memiliki pasar cukup baik di Indonesia, tentu saja kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta menjadi salah satu hal yang cukup banyak menjadi topik yang banyak dicari oleh kebanyakan konsumen di Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari statement atau prediksi bahwa Toyota Sienta ini merupakan MPV yang bisa mengganggu pasar Avanza maupun Innova Series mengingat harga jualnya berada di celah kedua mobil tersebut. Bahkan, rasa penasaran publik akan kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta pun juga tak lepas dari kehadirannya yang memang belum teruji di kancah Asia Tenggara dan dikhawatirkan bakal seperti Toyota Nav1 di mana memiliki rekor penjualan yang sangat buruk. Nah, dengan fakta tersebut maka merupakan hal wajar jika kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta ini dicari-cari oleh para konsumen sebagai bahan pertimbangan mereka sebelum membeli. Lalu, apa saja sih kelemahan maupun keunggulan mobil MPV buatan Toyota ini? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta yang akan Mas Sena uraikan di bawah ini!

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Toyota Sienta

Kelebihan Toyota Sienta

Memiliki Gaya Desain yang Lebih Atraktif dan Modern

Salah satu kelebihan Toyota Sienta ini terletak pada desain fisik pada sektor eskteriornya. Di mana, memiliki model yang dirancang begitu modern dan futuristik dengan balutan konsep sporty yang sangat menawan. Sehingga membuatnya mampu memperlihatkan tampilan eksterior yang sangat atraktif sekaligus menarik. Kaitannya dengan kelebihan Toyota Sienta ini, bisa kita lihat dari beberapa sektor, mulai dari depan tampak headlamp LED dengan levelling, foglamp yang saling berkombinasi dengan bumper depan dan front grille. Apalagi, pintu model Second Row yang dibawa pada sektor sampingnya pun sudah menggunakan teknologi Sliding Doors atau pintu geser berteknologi Dual Power. Tentunya, dengan segala kecanggihan maupun kemegahan sisi eksterior yang begitu atraktif tersebut membuat kelebihan Toyota Sienta di sektor ini sanggup memikat hati para konsumen.

Memiliki Ragam Tipe dan Transmisi

Berbicara mengenai kelebihan Toyota Sienta, tentu tak hanya pada modelnya yang tampak atraktif melainkan juga banyaknya tipe atau pilihan yang ditawarkan. Di mana, Toyota Sienta ini diklaim memiliki 8 tipe yaitu tipe E, G, V, Q, dan New Q yang mana masing-masing tipe tersebut ditawarkan pula dalam dua varian transmisi yaitu manual maupun otomatis CVT. Dengan banyaknya ragam pilihan atau tipe yang ditawarkan tersebut tentu saja menjadi salah satu kelebihan Toyota Sienta mengingat akan mempermudah konsumen dalam memilih tipe mobil sesuai budget maupun kebutuhannya.

Kelebihan Toyota Sienta

Memiliki Kabin Luas dengan Jok Modern

Sebagai salah satu jenis MPV, tentunya kelebihan Toyota Sienta terletak pada ruang kabinnya di mana mobil ini dinilai memiliki ruang kabin yang cukup lega sehingga sanggup menampung hingga 7 penumpang sekaligus. Selain itu, pada kapasitas bagasinya yang luas dan kabin penumpang maupun pengemudi yang memiliki banyak ruang simpan berupa glove box hingga laci penyimpanan juga menjadi hal lain dari kelebihan Toyota Sienta ini. Bahkan, pada ruang bagasinya pun bisa diperluas kembali dengan memanfaatkan jok modern yang telah dilengkapi fitur Dive-in Seat di mana dengan teknologi tersebut maka jok penumpang paling belakang bisa dilipat dan dimasukkan ke bagian bawah kursi penumpang di baris kedua. Sehingga, Kapasitas bagasi yang telah diperluas ini dapat menampung lebih banyak barang bawaan. Mulai dari koper-koper berisi keperluan liburan hingga sepeda lipat. Tentu saja, hal tersebut merupakan kelebihan Toyota Sienta yang cukup memikat hati para konsumen yang menginginkan MPV dengan tingkat fungsionalitas tinggi.

Baca juga: Review Toyota Sienta

Performa Handal Namun Tetap Irit Bahan Bakar

Nah, tak ketinggalan pula bahwa salah satu hal yang menjadi kelebihan Toyota Sienta juga terletak di sektor permesinannya. Pasalnya, dengan dipersenjatai dengan mesin 2NR-FE In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I yang berkapasitas silinder mencapai 1.496 cc, tentunya MPV buatan Toyota ini memiliki performa yang mampu memuntahkan tenaga yang dinilai sangat optimal. Satu dari kelebihan Toyota Sienta yang cukup memikat hati para konsumen dengan tenaganya yang terbilang sangat handal di kelas MPV tersebut. Apalagi, dengan teknologi mesin tersebut, tentunya konsumsi bahan bakarnya pun menjadi lebih irit dan efisien. Dengan begitu maka tak heran jika kelebihan Toyota Sienta yang satu ini digadang-gadang menjadi senjata unggulan mobil ini untuk bersaing dengan para kompetitornya.

Kelebihan Mobil Toyota Sienta

Dilengkapi Fitur Canggih

Kelebihan Toyota Sienta yang terakhir yakni terletak pada fitur-fitur yang dibawanya. Sebab, jika kita telisik secara lebih detail, Toyota Sienta ini sudah dibekali dengan berbagai macam fitur menarik yang siap menunjang kenyamanan maupun keselamatan penumpang. Seperti 2 buah Airbag yang akan menjamin keselamatan pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan atau pun benturan. Tak hanya itu, kelebihan Toyota Sienta juga tampak dengan adanya fitur Pre-Collision System (PCS) yang digunakan untuk mengatur sistem pengereman dan fitur Lane Departur Alert (LDA) serta Automatic High Beam (AHB). Selain itu, pada fitur hiburan atau entertainment yang berupa dudukan head unit yang mana juga telah dilengkapi dengan touch screen seluas 4,2 inci dan tampilan MID modern berupa layar TFT juga menjadi salah satu kelebihan Toyota Sienta. Di samping itu, fitur lain yang cukup canggih yakni berupa panel instrument berupa sistem audio visual dan tombol start-stop engine (V dan Q). Selain itu, pada untuk urusan kemudi menggunakan sistem steering switch control yang dipastikan akan menjadi kelebihan Toyota Sienta yang menjadikannya kian canggih.

Kekurangan Toyota Sienta

Segmentasi Pasarnya Kurang Jelas

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, salah satu kekurangan Toyota Sienta ini terletak pada segmentasi pasarnya yang dianggap masih abu-abu atau kurang jelas. Pasalnya, MPV yang dihadirkan pada IIMS 2016 lalu di Tanah Air ini memiliki harga jual yang letaknya berada di antara Avanza Series dan Innova Series. Sehingga, hal ini menjadi kekurangan Toyota Sienta yang cukup membuat konsumen harus berpikir berulang kali sebelum membeli.

Head Unit Belum Dilengkapi GPS

Selain segmennya kurang jelas, kekurangan Toyota Sienta ini juga terletak pada tidak dilengkapinya fitur GPS pada head unit. Padahal, kita tahu ketersediaan fitur GPS ini sangat penting dan diperlukan sebagai penunjang penentuan lokasi saat pengemudi tak tahu jalan menuju target lokasi. Dengan tak adanya fitur GPS tersebut maka menjadi kekurangan Toyota Sienta yang patut dipertimbangkan para konsumen.

Kekurangan Toyota Sienta

Mesin hanya Ditawarkan dalam 1 Jenis dan Transmisi CVT Masih Dirasa Lemot

Memang, dengan membawa mesin 1.5 liter tentunya memberikan performa yang lebih handal di kelas MPV. Namun, siapa sangka hal tersebut justru menjadi kekurangan Toyota Sienta di mana pihak produsen hanya menawarkan satu tipe mesin berkapasitas 1.5 liter saja. Dengan begitu, pilihan konsumen mau tak mau hanya berkutat pada 1 varian kapasitas mesin. Selain itu, kekurangan lain dari Toyota Sienta juga ada pada sistem transmisinya di mana khusus untuk tipe CVT dirasa membuat akselerasinya lemot. Dengan kekurangan Toyota Sienta tersebut maka tak heran jika banyak konsumen yang beripikir dua kali sebelum membelinya.

Desainnya Unik Tapi Aneh

Siapa sangka, ternyata dengan desainnya yang unik dan atraktif tersebut justru menjadi salah satu kekurangan Toyota Sienta. Bukan tanpa alasan dengan gaya desain yang berbeda tersebut, justru tak semua orang menyukainya. Sebab, jika melihat pasar yang saat ini berkembang, konsumen di Tanah Air lebih suka MPV berdesain seperti Avanza Series, Kijang Series, atau pun yang seperti Mitsubishi Xpander. Oleh sebab itu, untuk soal desain, tampaknya menjadi salah satu kekurangan Toyota Sienta yang membuatnya tak bisa berharap banyak untuk bisa bersaing dengan para kompetitornya.

Kekurangan Mobil Toyota Sienta

Kawan-kawan, jika menelisik kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta di atas, pastinya kawan-kawan sudah bisa mempertimbangkan segala hal sebelum membelinya bukan? Oleh sebab itu, mengetahui segala keunggulan maupun kekurangan yang dimiliki MPV garapan Toyota ini bukan lah hal yang tabu mengingat sangat bermanfaat bagi konsumen sebagai bahan pertimbangan mereka sebelum memboyongnya ke garasi para pembeli. Nah, sampai di sini dulu ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga:

Top