Harga KTM 790 DUKE, Review, Spesifikasi & Gambar Maret 2019

Harga KTM 790 DUKE dan Spesifikasi – Sejak diperkenalkan dalam bentuk prototipe di tahun 2016, akhirnya melalui ajang EICMA 2017 lalu generasi baru KTM 790 DUKE versi produksi pun resmi dirilis dan siap diperjualbelikan pada taun 2018 mendatang. Kehadiran motor gagah asal Austria tersebut semakin menguat sejak kepergok tengah diuji di Spanyol pada 20 Maret 2017 kemarin, apalagi dikabarkan pula bahwa saat ini KTM 790 DUKE tersebut telah memasuki tahap akhir sebelum akhirnya diproduksi pada akhir tahun 2017 ini. Selain itu, motor gagah yang diklaim bakal menjadi penantang Triumph 765 Street Triple ini pun juga dipastikan juga bakal dipersenjatai dengan bekalan spesifikasi mumpuni, terutama pada sektor dapur pacunya. Bahkan, tak ketinggalan pula fitur-fitur baru nan canggih pun juga bakal ditanamkan pada KTM 790 DUKE. Sehingga, tak heran jika naked bike buatan pabrik asal Austria ini siap menjadi penantang para kompetitornya di segmen kelas menengah. Dengan demikian maka tak heran pula jika harganya pun bakal dibanderol cukup mahal. Lantas, apa saja sih keunggulan yang ditawarkan KTM 790 DUKE ini?

KTM 790 DUKE

Mengenai keunggulan, perlu untuk kawan pahami dan kenali bahwa KTM 790 DUKE sendiri merupakan naked bike yang membawa tampilan gagah khas motor adventure bergaya Eropa. Hal itu tampak dengan jelas dari struktur bodinya yang begitu apik nan terkesan agresif dari setiap sisinya. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan yang cukup menarik yakni bahwa KTM 790 DUKE akan mengandalkan mesin baru berkode LC8C tipe DOHC dengan kapasitas 799 cc yang sudah dipastikan bakal memberikan tenaga output yang sangat gahar dan mumpuni di kelasnya. Tentu, sektor mesin tersebut menjadi salah satu bagian yang diunggulkan. Di sisi lain, KTM 790 DUKE pun juga bakal dilengkapi beberapa fitur canggih dan modern untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan pengendaranya. Dengan begitu, tak heran jika motor ini bakal menjadi produk naked bike yang difavoritkan. Nah, selain itu, ada beberapa keunggulan lain yang perlu untuk kawan ketahui. Lebih lengkapnya, simak saja ulasan spesifikasi dan harga KTM 790 DUKE di bawah ini!

Motor KTM 790 DUKE

Review KTM 790 DUKE

Desain

Bodi Kompak dengan Gaya Sporty dan Gagah Khas Naked Bike Eropa

Di awal permulaan pembahasan ini, Mas Sena bakal meraba terlebih dahulu sisi eksterior atau tampilan fisik pada spesifikasi KTM 790 DUKE. Hadir sebagai salah satu naked bike premium, tentu saja motor gagah buatan pabrik asal Austria ini ditampilkan dengan memperlihatkan gaya desain yang lebih sporty dan modern. Di mana, hal itu bisa kita lihat dari beberapa sektor, seperti pada headlamp di bagian depan dengan dibentuk dengan konsep unik dan berbeda dari baked bike buatan pabrik lain. Apalagi, kali ini KTM 790 DUKE sudah menggunakan teknologi lampu LED yang dipastikan bakal memberikan penerangan secara lebih maksimal saat dikendarai di tengah malam. Sementara itu, jika kita menelisik lebih jauh pada bagian samping bodinya, tampak tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter dibuat dengan lekukan tajam. Apalagi, di bagian bawah tangki tersebut terlihat susunan blok mesin yang membuat tampilan KTM 790 DUKE semakin terkesan garang dan gagah. Di sisi lain, masih pada bagian samping, tampak knalpot Akrapovic yang begitu unik dan terkesan sangat sporty yang dipastikan bakal sanggup mengelurakan hasil emisi pembakaran mesin secara lebih sempurna dengan suara dentuman yang begitu sporty. Sementara itu, jok pada KTM 790 DUKE pun dibuat bertingkat antara jok pengemudi dan penumpang dengan posisi sedikit meninggi dan condong ke belakang layaknya motor sport berfairing masa kini. Nah, tak ketinggalan juga pada sektor belakangnya pun juga dibuat begitu dengan desain meruncing dan sangar disertai stop lamp modern yang siap mempertegas kegagahannya sebagai naked bike modern khas Eropa. Nah, dengan desain eksterior yang begitu sporty dan gagah pada spesifikasi KTM 790 DUKE tersebut tentu dipastikan bakal sanggup memikat hati para konsumennya.

Spesifikasi KTM 790 DUKE

Speedometer

Instrumen Indikator Andalkan Panel Digital dengan Layar TFT

Menginjak pada sektor berikutnya, kita akan mencoba mengulas bagian speedometer atau instrumen indikator dari spesifikasi KTM 790 DUKE. Nah, pada bagian speedometer yang diusung naked bike ini, terlihat jelas sisi modern yang ditampilkannya. Pasalnya, kali ini pihak KTM sendiri akan mengusung panel full digital dengan layar TFT Multicolor Combination. Pembekalan panel digital pada speedometer yang diusung KTM 790 DUKE tersebut tentu tak lepas dari tema konsep naked bike premium yang dibawanya. Nah, kaitannya dengan instrumen indikatornya tersebut, diketahui bahwa panel digital pada layar TFT tersebut pun juga akan menampilkan berbagai macam informasi yang sangat penting, khususnya terkait dengan kondisi motor saat dikendarai. Beberapa informasi yang ditampilkan pada panel KTM 790 DUKE  ini antara lain seperti kecepatan Km/jam, rpm, indikator bahan bakar, indikator oli, suhu mesin, jam digital, posisi gear, jarak tempun/range, odometer, dan juga pilihan mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, instrumen indikator yang dibawa KTM 790 DUKE ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator penting, seperti lampu netral dan indikator lampu sein. Tentu saja, dengan kombinasi beberapa informasi dan indikator pada panel digital yang diusung pada spesifikasi KTM 790 DUKE tersebut dipastikan akan membuat pengendara lebih mudah dalam memahami kondisi motor saat dikendarai.

Spesifikasi Motor KTM 790 DUKE

Dimensi

Bodi Besar Usung Rangka Kokoh

Beranjak ke sektor berikutnya, pembahasan akan kita fokuskan pada sektor dimensi dari spesifikasi KTM 790 DUKE. Kaitannya dengan dimensi, cukup disayangkan bahwa informasi mengenai ukuran bodi (panjang x lebar x tinggi) dari motor ini belum diketahui secara pasti. Namun, yang jelas bahwa KTM akan mengandalkan rangka berupa ChroMo (Chromium Molybdenum) Steel yang memiliki ketangguhan dan kekokohan namun sangat lentur untuk menopang bobot dari KTM 790 DUKE ini sehingga berkendara pun menjadi terasa lebih nyaman. Selain itu, motor ini pun dibangun dengan Sub-Frame Cast Aluminium yang tampak membalut blok mesin hingga knalpotnya yang membuatnya terkesan garang dan gagah. Tak sampai di situ, naked bike bertajuk KTM 790 DUKE ini pun juga dibuat dengan ketinggian tempat duduknya setinggi 825 mm serta jarak sumbu roda 1475 mm. Dengan demikian tentu dipastikan akan membuat posisi riding pun kian pas dan nyaman, hanya saja bagi pengendara dengan postur tubuh agak pendek, dimungkinkan bakal kesulitan saat mengemudikan moge ini. Selain itu, KTM 790 DUKE juga memiliki ground clearance 186 mm dan berbobot 169 Kg yang dirasa sudah sangat ideal untuk sekelas naked bike premium. Nah, dengan struktur rangka bodi dari spesifikasi KTM 790 DUKE tersebut, pastinya akan memberikan posisi riding yang pas serta nyaman dikendarai.

Review KTM 790 DUKE

Suspensi

Berbekal Suspensi dan Rem yang Canggih

Masih berkaitan dengan struktur rangka dan dimensi, pada spesifikasi KTM 790 DUKE ini pun juga telah dibekali dengan kaki-kaki yang terbilang sangat kokoh dan handal. Di mana, kali ini pihak KTM pun akan membekali motor sport gagahnya ini dengan suspensi Stressed Element-Powder Coated yang terpasang di bagian depan, sedangkan untuk suspensi bagian belakang akan menggunakan tipe Wp Shock Absorber with Preload-Adjuster. Kedua suspensi canggih yang diusung KTM 790 DUKE tersebut tetnunya akan membuat naked bike ini memiliki tingkat keseimbangan yang sangat tinggi sehingga akan memberikan kenyamanan saat berkendara di berbagai medan. Selain itu, motor ini pun juga akan dibekali rem 4-Piston Radial dengan Caliper untuk bagian depan. Nah, pada rem di sektor belakang, KTM 790 DUKE akan menggunakan tipe rem cakram standar yang dilengkapi 2-Piston Caliper. Kehandalan dari kedua rem yang dibawa motor tersebut pun juga akan semakin sempurna berkat bekalan teknologi pengereman ABS yang mana dipastikan bakal sanggup memberikan kemudahan dalam mengendalikan ganasnya laju KTM 790 DUKE ini serta mencegah terjadinya ban terkunci. Sementara itu, velg yang akan digunakan motor naked ini pun menggunakan tipe Light Alloy Wheels dengan balutan ban Tubeless jenis Maxxis Supermaxx ST yang sangat berkualitas. Tentu, hal tersebut merupakan salah satu keunggulan dari spesifikasi KTM 790 DUKE yang diunggulkan.

Harga Motor KTM 790 DUKE

Mesin

Dibekali Mesin DOHC Bertipe LC8C dengan Kubikasi 799 cc

Setelah kita mengenali sektor eksterior dan dimensinya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk menelisik lebih dalam pada bagian ruang pacu dari spesifikasi KTM 790 DUKE. Mengusung sebagai naked bike kelas premium dengan tampilan gagah, tentu pihak KTM tak hanya ingin menjadikannya sebagai pencitraan semata. Sehingga, untuk membuktikan ketangguhannya yang terpancar dari sisi eksteriornya maka motor bernama KTM 790 DUKE ini pun akan dipersenjatai mesin tangguh berkode LC8C tipe DOHC 8 katup dengan kapasitas mesin mencapai 779 cc. Mesin canggih yang dibawa oleh motor tersebut pun diklaim bakal sanggup memproduksi power output hingga 103.5 hp (77 kW) pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 8.000 rpm. Selain itu, mesin yang diusung KTM 790 DUKE ini pun juga akan dikolaborasikan bersama transmisi 6 percepatan dengan kopling PASC Antithopping clutch, mechanical opertated. Tak hanya itu saja, hal yang menarik pada sektor mesin pacu dari naked bike premium bernama KTM 790 DUKE ini pun terletak pada sistem pembakaran berteknologi modern yang sanggup menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan yang begitu optimal. Sehingga, tak heran jika sektor dapur pacu yang diusung pada spesifikasi KTM 790 DUKE tersebut membuatnya menjadi naked bike garang yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Fitur

Mengusung Fitur-Fitur Modern dengan Kemampuan Fungsional yang Handal

Tak hanya performanya saja yang sangat mumpuni, bahkan spesifikasi KTM 790 DUKE ini pun juga akan dilengkapi dengan ragam fitur-fitur menarik. Bekalan fitur-fitur yang disematkan pada moge ini pun tak lepas dari kebutuhan konsumen akan jaminan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Oleh sebab alasan itulah maka KTM 790 DUKE pun akan dilengkapi fitur canggih, yang salah satunya yaitu rem canggih yang sudah dilengkapi dengan teknologi ABS. Di mana, dengan pengereman tersebut, tentu pengendara akan lebih mudah dalam mengendalikan kecepatan dari motor ini. Bahkan, dengan teknologi rem tersebut, ban pun akan sanggup berhenti tanpa terselip atau terkunci sehingga kecelakaan pun bisa dihindari. Selain itu, fitur canggih lain dari KTM 790 DUKE pun juga akan dilengkapi panel digital pada instrumen indikatornya yang akan menampilkan informasi mengenai kondisi motor saat dikendarai melalui layar TFT. Tentu, dengan keberadaan speedometer tersebut maka pengendara akan mudah memahami kondisi motornya. Di sisi lain, KTM 790 DUKE pun juga diketahui bakal membawa suspensi handal sebagai penjaga kestabilan kendaraan saat melintas di berbagai medan sehingga akan memberikan posisi riding yang begitu nyaman. Tentu saja, dengan kehandalan fitur kenyamanan dan keamanan dari spesifikasi KTM 790 DUKE tersebut maka tak heran jika harganya pun bakal dibanderol dengan nominal yang cukup tinggi.

Spesifikasi KTM 790 Duke

Mesin
Tipe Mesin 2-cylinder, 4-stroke, parallel twin
Kapasitas 799 cm³
Tenaga Maksimal 77 kW
Diameter x Langkah 88 x 65.7 mm
Starter Electric starter
Lubrikasi Forced oil lubrication with 2 oil pumps
Kopling PASC™ antihopping clutch, mechanically operated
Transmisi 6-speed
Dimensi
Panjang  –
Lebar  –
Tinggi  –
Tinggi Jok 825 mm
Jarak Sumbu Roda 1475 ± 15 mm
Jarak Terendah 186 mm
Berat 169 kg
Kapasitas Tangki 14 L
Kaki-kaki
Tipe Rangka Chromium-Molybdenum-Steel frame using the engine as stressed element, powder coated
Suspensi Depan WP upside-down Ø 43 mm
Suspensi Belakang WP shock absorber with preload adjuster
Rem Depan Four-piston radial fixed calliper
Rem Belakang 2 piston caliper, brake disc

Harga KTM 790 DUKE

Ulasan mengenai keunggulan spesifikasinya pun sudah selesai dan akhirnya kini saatnya kita ulas harga KTM 790 DUKE. Memang, jika kita lihat dari segmentasinya sebagai naked bike modern kelas premium, tampak jelas bahwa motor ini mengusung desain yang lebih modern dengan kesan sporty dan gagah pada setiap sisi bodi fisiknya. Selain itu, KTM 790 DUKE pun juga telah dibangun dari struktur rangka bodi yang sangat kokoh disertai kaki-kaki handal untuk menjaga keseimbangan. Apalagi, pada sektor ruang pacunya, naked bike ini bakal membawa mesin DOHC 779 cc yang sangat handal dan sanggup memberikan hasil output yang begitu gahar. Pastinya, hal tersebut akan membuat harga KTM 790 DUKE. Belum lagi dengan fitur-fiturnya yang dirasa sangat canggih dan modern sebagai pelengkap atas kehandalannya dalam memberikan jaminan kenyamanan kepada para pengemudinya. Sampai di sini, sudah tahukah kawan-kawan, berapa harga KTM 790 DUKE ini?

Harga KTM 790 DUKE

Harga KTM 790 DUKE Terbaru

Jika belum tahu mengenai berapa banderol harga KTM 790 DUKE ini, maka hal itu wajar saja. Bukan tak ada alasan, mengingat untuk sementara ini, setidaknya sampai awal tahun 2018 mendatang, banderol dari harga KTM 790 DUKE memang belum dirilis secara resmi oleh pabrikan. Namun, banyak yang memprediksi, termasuk juga Mas Sena bahwa diperkirakan motor ini akan dibanderol di kisaran Rp 122 jutaan. Sebuah angka prediksi yang menurut Mas Sena sudah cukup sesuai jika melihat segmentasinya dan spesifikasi yang ditawarkan oleh KTM 790 DUKE ini. Meskipun seperti yang kita tahun angka yang mencapai Rp 122 jutaan tersebut memang bukan angka yang murah. Bahkan banderol tersebut sudah setara dengan banderol mobil MPV pemula. Nah, jika memang benar harga KTM 790 DUKE akan dibanderol semahal itu, apakah teman-teman sudah siap untuk membelinya?

Harga KTM 790 DUKE
Rp 122.000.000,- (prediksi)

Catatan : 

  • Harga motor KTM 790 DUKE diatas merupakan harga prediksi
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga KTM 790 DUKE

Untuk mempertegas kembali terkait informasi harga KTM 790 DUKE di atas, perlu Mas Sena sampaikan bahwa info banderol tersebut masih sebatas prediksi semata. Sehingga, tak menutup kemungkinan bahwa nantinya saat perilisan resminya, harga KTM 790 DUKE bisa lebih tinggi atau lebih murah dari perkiraan yang disebutkan di atas. Di samping itu, jikalau memang sudah dirilis nanti, kemungkinan masuk ke pasar Indonesia pun juga tak sekaligus saat perilisan harganya. Sehingga, kawan-kawan yang ingin membeli KTM 790 DUKE ini harus ekstra bersabar ya. Pasalnya, seperti yang sudah Mas Sena ungkapkan tadi, belum diketahui kapan motor ini akan dapat mengaspal di Tanah Air. Nah, semoga ulasan dari Mas Sena terkait spesifikasi dan harga KTM 790 DUKE di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai Kawasaki Z 900RS dan Honda CB500X.

Top