Harga Kymco Downtown 250i, Review dan Spesifikasi Mei 2017

Harga Kymco Downtown 250i dan Spesifikasi – Sobat pasti kaget bahwa pada ajang IIMS 2017, ada satu penantang kuat bagi Yamaha XMax, yaitu skutik premium yang bernama Kymco Downtown 250i. Siapa sangka, skutik buatan pabrik asal Taiwan yang namanya memang kurang familiar ini dihadirkan dan diperkenalkan pada ajang bergengsi seperti IIMS 2017 kemarin dengan membawa desain yang begitu menarik. Bahkan, meski skutik mewah Kymco Downtown 250i ini masih belum diketahui peluncurannya secara pasti namun sempat mencuri perhatian para konsumen, terutama para pengunjung yang hadir di ajang IIMS 2017 kemarin. Selain itu, skutik ini pun juga akan hadir dengan bekalan spesifikasi handal dan tak kalah saing dengan beberapa produk buatan pabrik lain di segmen yang sama. Menariknya, harga untuk memboyong skutik Kymco Downtown 250i ini pun juga diketahui bakal dibanderol cukup mahal. Sehingga, dengan banderolnya yang tinggi tersebut, tentu semakin memperkuat keyakinan kita bahwa skutik ini yang mengusung konsep sporty-touring-comfortable ini tak akan dibekali dengan spesifikasi yang sembarangan. Semakin penasaran kan sob dengan Kymco Downtown 250i ini?

Kymco Downtown 250i

Kymco Downtown 250i

Skutik bongsor buatan pabrik Taiwan yang mengusung nama Kymco Downtown 250i ini memang telah menunjukkan dirinya di Indonesia pertanda siap berkompetisi di pasar otomotif nasional. Untuk bersaing di pasar Indonesia yang notabene untuk segmen skutik premium sudah banyak didominasi oleh Yamaha maka Kymco Downtown 250i pun juga akan hadir dengan bekalan spesifikasi unggul. Jika dilihat secara fisik maka bisa dilihat bagaimana bentuk bodinya yang bongsor dengan balutan desain berkesan sporty pun tampak terlihat dengan jelas pada setiap sisinya. Maka, tak heran jika produk baru bernama Kymco Downtown 250i ini mampu mencuri perhatian para konsumen di Indonesia. Bahkan, dengan bekalan mesin tangguh berkapasitas 250 cc dengan teknologi DOHC yang dibawanya pun juga dipastikan akan membuatnya mampu menghasilkan tenaga yang cukup powerful. Selain itu, tak ketinggalan juga bahwa skutik yang membawa nama Kymco Downtown 250i ini pun juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung yang siap menjadi media dalam menunjang keselamatan maupun kenyamanan penggunanya. Sampai di sini, tampaknya masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki skutik bongsor ini. Nah, untuk mengetahui secara lebih jelas, kali ini Mas Sena akan mengungkap spesifikasi dan harga Kymco Downtown 250i yang diuraikan pada beberapa segmen berikut!

Motor Kymco Downtown 250i

Review Kymco Downtown 250i

Desain

Skutik Premium Tampilkan Kombinasi Desain Sporty-Elegan

Pada pijakan pembahasan awal ini, Mas Sena akan menyajikan ulasan mengenai sektor eksterior pada spesifikasi Kymco Downtown 250i. Tak berbeda jauh dengan cuplikan di atas bahwa memang skutik mewah garapan pabrik asal Taiwan ini memiliki gaya desain yang cukup menarik dan memukau. Bagaimana tidak? Pasalnya, setiap sisi bodinya tampak begitu atraktif dengan perawakan bongsornya yang begitu premium. Dari sektor depan, Kymco Downtown 250i sudah menggunakan dual headlamp tajam berteknologi LED yang akan membuatnya mampu memancarkan cahaya cukup terang sehingga akan membantu pengemudi dalam melihat jalanan ketika berkendara di lokasi yang minim pencahayaan atau di waktu malam hari. Belum lagi dengan visor atau shield screen depan yang dibuat sedemikian rupa sehingga akan melindungi pengemudi Kymco Downtown 250i ini dari terpaan angin yang menyingsing dari depan. Kemudian, pada bagian sampingnya pun juga tak kalah menawannya mengingat tampak dengan jelas balutan striping dan kombinasi warna seimbang yang membuatnya kian menarik. Lalu, pada bagian jok Kymco Downtown 250i dibuat lebih dinamis dengan lekukan tegas dan didesain menyatu memanjang sepanjang 835 mm antara jok pengemudi dan jok penumpang. Tak ketinggalan juga bahwa di bawah jok tersebut terdapat sebuah bagasi yang sangat lega sehingga Kymco Downtown 250i ini mampu memuat berbagai barang bawaan dengan banyak, termasuk helm. Nah, beranjak pada sektor belakang, terdapat pula lampu belakang (stoplamp) modern yang sudah menggunakan teknologi LED sehingga mampu memberikan pencahayaan yang lebih terang pada bagian belakang dari spesifikasi Kymco Downtown 250i ini tanpa membuat pengendara dibelakangnya silau.

Spesifikasi Kymco Downtown 250i

Speedometer

Dilengkapi Panel Instrumen Digital-Analog yang Begitu Sporty dan Stylish

Beranjak pada pembahasan berikutnya, di segmen kali ini kita akan bersama-sama menilik panel indikator yang diusung spesifikasi Kymco Downtown 250i. Hadir dengan menyandang sebagai skutik premium yang bakal bersaing dengan Yamaha XMax, tentu saja Kymco tak ingin sedikit pun salah satu bagian atau sektor yang dibawa skutik premium ini kalah dengan pesaingnya. Salah satunya yakni pada sektor panel indikator. Terkait dengan instrumen indikator ini, skutik mewah Kymco Downtown 250i ini memang akan mengandalkan kombinasi panel digital-analog dengan background warn biru menyala yang begitu elegan. Pada panel digital, akan ditampilkan informasi berupa kecepatan yang dihitung dalam Km/L, odo meter, penunjuk waktu/jam digital, indikator bahan bakar, dan indikator suhu maupun sistem oli. Di sisi lain, panel digital dari Kymco Downtown 250i ini akan diapit oleh kedua panel analog yang terletak di kedua sisi panel digital, yakni kanan dan kiri. Nah, untuk panel analog sebelah kanan, akan menampilkan informasi terkait dengan rpm, notifikasi empty gasoline, lampu tembak (lampu jarak jauh), lampu sein kanan dan notifikasi penggantian oli. Sedangkan di sisi kiri panel indikator dari Kymco Downtown 250i ini akan memberikan informasi mengenai kecepatan analog dalam km/jam, kecepatan mph, dan lampu sein kiri. Tak hanya itu saja, di bawah panel digital pun juga akan dilengkapi tiga tombol fungsional yang berupa mode, func, dan reset sebagai tombol untuk mengatur ulang instrumen indiaktornya. Nah, dengan melihat kelengkapan informasi dan kelengkapan pada panel indikator dari spesifikasi Kymco Downtown 250i tersebut, tentunya akan membuat pengemudinya lebih mudah dalam memahami setiap informasi yang ditampilkannya.

Spesifikasi Motor Kymco Downtown 250i

Dimensi

Dimensi Bongsor dengan Rangka yang Kokoh dan Kuat

Tak hanya dari segi desainnya saja yang begitu sporty dan menarik, tampaknya sektor dimensi pada spesifikasi Kymco Downtown 250i ini pun juga mengusung bentuk bodi yang bongsor namun ideal. Hal tersebut bisa diketahui dari bentuk bodinya yang memang memiliki perawakan yang cukup besar. Nah, perawakan yang cukup bongsor namun ideal tersebut disebabkan karena skutik premium yang bernama Kymco Downtown 250i ini dirancang dengan dimensi yang memiliki panjang 2.250 mm, lebarnya 780 m, dan tingginya 1.310 mm serta memiliki jarak sumbu roda yang mencapai 1.553 mm. Maka, tak heran dengan dimensi yang dibuatnya tersebut, lantas membuat bentuk bodinya pun tampak begitu bongsor. Selain itu, skutik bongsor ini juga memiliki jarak terendah dengan tanah yang cukup ideal, yakni setinggi 135 mm. Sehingga, Kymco Downtown 250i ini memang sangat cocok untuk berkendara di medan perkotaan namun harus berhati-hati di jalan yang penuh bebatuan. Di sisi lain, tak ketinggalan juga bahwa motor ini pun juga memiliki ketinggian jok berukuran 810 mm. Maka, dengan ketinggian jok tersebut otomatis akan membuat posisi riding pun menjadi lebih nyaman. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki spesifikasi Kymco Downtown 250i.

Review Kymco Downtown 250i

Suspensi

Disokong Sektor Kaki-Kaki Kokoh dan Didukung Pengereman Canggih

Nah, setelah kita tahu bagaimana dimensi yang diusung skutik premium ini, pad segmen berikutnya Mas Sena akan mengulas bagian kaki-kaki pada spesifikasi Kymco Downtown 250i. Jika melihat dimensinya yang cukup besar dan bongsor dengan bobot 178 Kg tersebut, tentu saja membuat skutik ini akan semakin berat. Namun, hal itu tampaknya akan diminimalisir dengan dibekalinya suspensi handal pada sektor kaki-kakinya. Di mana, Kymco Downtown 250i akan menggunakan suspensi Telescopic Fork yang disematkan pada bagian depan. Sedangkan, pada bagian belakang akan mengusung jenis suspensi Double Swing. Dengan adanya kedua suspensi handal tersebut maka keseimbangan dalam berkendara pun akan begitu nikmat dan nyaman. Tak cukup hanya suspensi saja, sektor kaki-kaki pada Kymco Downtown 250i ini juga akan dilengkapi dengan velg Racing yang akan terbalut ban Tubeless berbahan Nillon dengan ukuran 120/80-14 58S di sektor depan. Sementara itu, pada bagian belakang kan menggunakan ban yang sama namun ukuran yang berbeda, yakni 150/70-13 64S. Di sisi lain, untuk membantu pengemudi dalam mengontrol laju Kymco Downtown 250i ini maka skuter matik bongsor ini pun juga akan dilengkapi dengan rem depan yang berupa Dual Cakram berdiameter 260 mm. Di sisi lain, rem belakang akan menggunakan Single Cakram dengan ukuran 240 mm. Dengan disematkannya kedua pengereman pada spesifikasi Kymco Downtown 250i tersebut maka keselamatan pengguna pun akan lebih terjamin.

Harga Motor Kymco Downtown 250i

Mesin

Ruang Pacu Andalkan Mesin SOHC Berkapasitas 246.3 cc Hasilkan Performa Super Gahar

Kini, berada pada segmen berikutnya, Mas Sena akan mengupas tuntas sektor dapur pacu dari spesifikasi Kymco Downtown 250i. Jika dilihat dari segmentasinya sebagai salah satu skutik premium maka tak heran jika pada bagian ruang pacunya pun akan dilengkapi dengan ragam komponen mesin pacu handal. Pasalnya, bisa kita ketahui bagaimana Kymco dengan segala inovasi dan kecanggihan teknologi yang dimilikinya akan membenamkan mesin 4 langkah dengan tipe SOHC 4 katup silinder tunggal di mana memiliki kapasitas 246.3 cc pada Kymco Downtown 250i ini. Mesin tangguh ini pun diyakini akan mampu memberikan dorongan tenaga super yang mampu dikeluarkan hingga 22.9 Ps per putaran 7.750 rpm dan mampu mencapai titik torsi hingga 2.36 Kg.m setiap menginjak putaran ke 6.000 rpm. Nah, tenaga yang dihasilkan dari semburan mesin tangguh Kymco Downtown 250i tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi CVT otomatis dengan sistem start electric. Tentu saja, dengan hasilkan tenaga yang begitu powerful tersebut dipastikan akan membuatnya mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Tak lupa juga bahwa bagian mesin pada Kymco Downtown 250i ini pun akan menggunakan sistem pendingin cairan yang akan membantu menjaga suhu pada mesin. Tak hanya itu saja, pada bagian permesinannya ini, skutik ini juga sudah dilengkapi dengan sistem injeksi FI yang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan irit dengan perbandingan kompresi 10.8 : 1. Sehingga dapat dipastikan spesifikasi Kymco Downtown 250i pada permesinannya menjadi ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi Segudang Fitur yang Fungsional

Beralih pada pembahasan berikutnya, kali ini kita akan mengulas fitur-fitur yang ada pada spesifikasi Kymco Downtown 250i. Tampaknya, pihak Kymco pun juga tak ingin hanya membuat skutik buatannya ini handal dalam performa maupun desainnya. Pasalnya, diketahui juga bahwa skutik ini akan dilengkapi dengan ragam fitur-fitur canggih yang sangat fungsional untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan para penggunanya. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Kymco Downtown 250i pun menghadirkan fitur pengereman handal yang berupa dual cakram dan cakram tunggal yang akan membuat kualitas pengereman menjadi lebih sempurna. Di sisi lain, untuk memberikan kenyamanan maka tak ketinggalan juga suspensi kokoh nan handal pun juga disematkan sebagai media peredam getaran ketika Kymco Downtown 250i melewati jalanan berlubang atau bergeronjal, sepetti Telescopic Fork dan Double Swing. Tak hanya itu saja, pada panel indikatornya pun juga dibuat dengan desain modern di mana mengandalkan kombinasi panel digital-analog yang saling terintegrasi sehingga kian informatif. Tentu saja, dengan bekalan kemampuan pada spesifikasi Kymco Downtown 250i tersebut, harga skutik ini tak akan dibanderol dengan nominal yang terjangkau.

Spesifikasi Kymco Downtown 250i

Mesin
Tipe Mesin 4 Stroke, 4 Valve, SOHC, FI
Kapasitas Silinder 246,3 cc
Jumlah Silinder Silinder tunggal
Sistem Pendingin Pendingin Cairan ( liquid cooled )
Rasio Kompresi 10,8 : 1
Diameter x Langkah φ66 × 72 mm
Tenaga Maksimal 22.9 ps / 7750 rpm
Torsi Maksimal 2.36 kg.m / 6000 rpm
Kapasitas Oli Mesin 1,5 liter
Kapasitas Oli Transmisi / Tipe 0.23 liter / #90
Sistem Starter Electric starter
Transmisi CVT Otomatis
Dimensi
Panjang 2250 mm
Lebar 780 mm
Tinggi 1310 mm
Jarak Sumbu Roda 1553 mm
Jarak Terendah 135 mm
Tinggi Jok 810 / 835 mm
Berat Bersih 178 kg
Kapasitas Tangki 12,5 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Double Swing
Rem Depan Dual Cakram @260mm
Rem Belakang Single Cakram @240mm
Ban Depan Tubeless 120/80-14 58S
Ban Belakang Tubeless 150/70-13 64S

Harga Kymco Downtown 250i

Jika sebelumnya kita telah lulus menguraikan spesifikasinya maka menginjak pada segmen paling akhir ini Mas Sena akan membahas harga Kymco Downtown 250i. Namun, sebelum jauh membahas banderol, sedikit banyak sudah Mas Sena sampaikan di atas juga bahwa skutik premium garapan Kymci ini memang cukup menarik dan mampu memikat hati para calon konsumen. Hal itu tak lepas dari gaya desain Kymco Downtown 250i yang begitu sporty-elegan dengan barutan striping yang begitu memukau pada sisi sampingnya dan bekalan headlamp maupun stoplamp berteknologi LED. Tentu saja hal tersebut merupakan salah satu daya tariknya. Belum lagi pada sektor dapur pacunya yang menggendong mesin 250 cc SOHC di mana sektor permesinan ini diyakini mampu memberikan tenaga performa yang sangat powerful. Tak heran harga Kymco Downtown 250i ini memang dibanderol cukup mahal. Tak hanya itu, beberapa fitur andalan pun juga turut disematkan sebagai penunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Jika melihat keunggulan pada spesifikasinya tersebut, apakah kawan-kawan sudah tahu berapa harga Kymco Downtown 250i?

Harga Kymco Downtown 250i

Harga Kymco Downtown 250i Terbaru

Berkenaan dengan harga Kymco Downtown 250i, sepertinya memang skutik mewah buatan pabrik Taiwan ini tak akan dibanderol dengan angka yang murah. Bukan tanpa alasan mengingat sejak diperkenalkannya di ajang IIMS 2017, pihak pabrik pun juga telah mengumumkan banderolnya. Di mana diketahui bahwa harga Kymco Downtown 250i ini akan dipatok seharga Rp 68 juta. Wow, cukup mahal bukan untuk sebuah skutik? Tentu saja dengan banderol yang begitu mahal itu, sudah disesuaikan dengan pasar dan segmentasi yang ditujunya. Harganya yang berada diatas Rp 50 jutaan tersebut, tak heran Kymco Downtown 250i nantinya akan menjadi salah satu pilihan bagi orang berduit untuk menjadi kendaraan pilihan. Namun demikian sebagai brand yang tidak terlalu mencuat dipermukaan, motor harus bersaing dengan produk serupa dari Yamaha yakni Yamaha XMAX 250 yang baru diluncurkan namun belum mengaspal dijalanan Indonesia. Nah, mengetahui harga Kymco Downtown 250i yang sangat mahal tersebut, siapkah sobat untuk membelinya?

Harga Kymco Downtown 250i
Sekitar Rp. 68.000.000,-

 

Catatan : 

  • Harga Motor Kymco Downtown 250i diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kymco Downtown 250i

Di samping itu, tak lupa juga bahwa perlu untuk kawan-kawan ketahui bahwa harga Kymco Downtown 250i di atas merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta saja. Tentu saja di luar wilayah OTR tersebut maka harganya pun akan berbeda dan sedikit lebih mahal. Di sisi lain, dengan harga Kymco Downtown 250i yang dinilai cukup mahal dan tinggi tersebut juga dinilai sudah sepadan jika membandingkannya dengan spesifikasi maupun segmentasi yang diusungnya. Oleh sebab itu, tak heran apabila skutik buatan dari Kymco ini kemungkinan besar hanya beberapa kalangan saja yang sanggup membeli skutik asal Taiwan ini. Namun, yang jelas bahwa kehadiran Kymco Downtown 250i ini pun diyakini akan menjadi nominasi terberat bagi Yamaha XMax. Tetapi, semuanya sangat bergantung atas pilihan dan selera konsumen masing-masing. Nah, sampai di sini dulu dan semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Kymco Downtown 250i ini bisa jadi referensi yang bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Jangan lupa baca juga mengenai Yamaha X-MAX 250 dan Yamaha Xmax 125.

Top