Harga Mazda CX-3, Review & Spesifikasi April 2017

Harga Mazda CX-3 dan Spesifikasi – Melalui PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Mazda Indonesia akhirnya memperkenalkan SUV terbarunya yang mengusung nama Mazda CX-3. Crossover atau SUV terbaru buatan pabrik yang bermarkas di Hiroshima tersebut sebelumnya sudah diperkenalkan pada ajang GIIAS 2016 lalu. Hanya saja, untuk peluncuran resminya, pihak PT EMI selaku distributor resmi untuk penjualan mobil Mazda di Indonesia akan meluncurkan Mazda CX-3 secara resmi pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 mendatang. Terkait dengan peluncurannya tersebut, mobil ini pun tampaknya memang mendapat sambutan dan respon yang cukup positif dari konsumen di Indonesia. Oleh karena itu maka tak heran jika peluncuran Mazda CX-3 pun kian ditunggu-tunggu publik pecinta SUV premium di Tanah Air. Hal itu juga tak lepas dari bekalan spesifikasi super mumpuni dan segudang ragam fitur canggih yang siap dihadirkan untuk para konsumennya. Sehingga, sebagai SUV kelas premium mobil mewah buatan pabrik asal Jepang ini pun tampil begitu meyakinkan. Lalu, apa saja sih yang menarik dari Mazda CX-3 ini?

Mazda CX-3

Mazda CX-3

Melihat dari segi keunggulannya, seperti yang sudah Mas Sena akatakan di atas bahwa spesifikasi dari Mazda CX-3 ini akan dipersenjatai dengan beragam komponen, fitur, dan teknologi canggih yang berkelas tinggi. Bahkan, dari segi desain tampilannya pun sudah tampak meyakinkan dan mampu mewakili keunggulan spesifikasi yang dibawa mobil SUV ini. Pasalnya, jika kita menelisik lebih jauh pada bagian tampilan fisiknya, desain yang diusung Mazda CX-3 ini menggunakan konsep KODO-Soul of Motion yang mampu menampilkan kesan mobil premium yang begitu gagah dan berwibawa. Selain itu, pada sisi dapur pacunya pun juga berbekal mesin super canggih di mana mobil ini mengandalkan tipe DOHC yang berkapasoitas 2.000 cc dengan bekalan teknologi Sky Active-G. Sehingga, berbekal mesin tersebut tentunya akan membuat Mazda CX-3 ini mampu memiliki tenaga mesin yang super gahar. Di sisi lain, beragam fitur canggih pun juga siap dihadirkan sebagai pelengkap kecanggihan pada mobil ini untuk bersaing di segmen SUV kelas premium. Nah, masih banyak lagi keunggulan lain yang dimiliki crossover premium asal Jepang ini. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Mazda CX-3 yang akan Mas Sena sajikan pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Mazda CX-3

Review Mazda CX-3

Eksterior

Mengusung Desain Super Elegan dan Gagah dengan Konsep “KODO – Soul of Motion”

Sebelum kita jauh mengulas segmen lain, di awal pembahasan ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan untuk berkenalan lebih dekat dengan mengulas sisi eksterior dari spesifikasi Mazda CX-3. Pada bagian desain fisiknya sendiri, mobil ini memang memiliki bentuk bodi yang sangat menarik dan tampak begitu gagah jika dilihat dari sisi mana pun, baik dari sisi depan, samping, atau belakang. Kemewahan pada bagian eksteriornya ini memang dihadirkan pada Mazda CX-3 sebagai bentuk bukti atau tanda bahwa SUV garapan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memang bakal menyasar di kelas premium. Nah, jika diraba secara lebih detail lagi, dari sisi depan tampak terpasang sepasang lampu utama Mazda CX-3 yang sudah mengusung teknologi LED with daytime running lamp and automatic levelling Automatic On/Off function yang bakal mampu memberikan pencahayaan cukup terang kepada pengemudi ketika berkendara di malam hari. Bahkan, bentuk desain dari head lamp yang diusung Mazda CX-3 pun dibuat dengan bentuk menyipit layaknya tatapan mata yang tajam ke depan sehingga mampu memberikan kesan yang bisa dibilang sangat menarik dan tampak begitu sporty. Tak cukup sampai di situ saja, pada bagian depan dari bodinya tersebut, tampak grille depan terbalut chrome berbahan material color silver yang membuat Mazda CX-3 terlihat lebih mewah dan sporty. Tak ketinggalan juga sepasang fog lamp berteknologi LED pun juga turut dipasangkan pada bagian depan mobil sehingga akan membantu pencahayaan ketika berkendara di cuaca yang berkabut tebal atau hujan lebat. Nah, beralih pada bagian sampingnya tampak garis body yang dibuat minimalis namun begitu atraktif yang membuat Mazda CX-3 ini tampak mulus dan sporty. Selain itu, terlihat juga garis body yang membentang dari bagian atas fender depan hingga pada bagian tengah pintu belakang menjadikan tampilannya mampu memberi efek dinamis yang begitu kuat. Sementara itu, pada bagian belakangnya juga tak kalah menarik. Pasalnya, Mazda CX-3 ini mengusung bentuk desain khas Mazda yang menampilkan lekukan cukup yang diimbangi lampu belakang atau rear lamp bersudut tajam berteknologi LED. Dengan bekalan lampu belakang tersebut maka diyakini mampu memberikan pencahayaan maksimal namun tak membuat menyilaukan para pengemudi di bekalangnya. Selain itu, yang tak kalah menarik, pada bumper belakang dari spesifikasi Mazda CX-3 ini terlihat Dual Tail Pipe yang begitu atraktif dan kian memperkuat kesan sporty.

Spesifikasi Mazda CX-3

Interior

Interior Super Mewah dengan Ragam Fitur Canggih Memberikan Pengalaman Berkendara yang Atraktif

Setelah kita tahu kemewahan pada sektor eksteriornya, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas lebih dalam pada sektor interior atau ruang kabin dari spesifikasi Mazda CX-3. Tampaknya, kesan elegan dan mewah tak hanya tampak pad sisi luar fisiknya saja melainkan juga pada ruang kabin pada SUV buatan Mazda ini. Bagaimana tidak? Ketika memasuki bagian kabinnya, tampak ruang yang cukup lega sehingga akan membuat setiap penumpang merasa nyaman dan memiliki ruang gerak yang lebih luas di dalam Mazda CX-3 ini. Di sisi lain, pada bagian dashboard pun dibuat dengan desain modern khas SUV premium. Di mana pada dashboard tersebut akan tersedia beberapa fitur canggih yang siap menghibur setiap penggunanya. Sebut saja seperti dengan disematkannya layar sentuh seluas 7 inci dengan kontrol utama yang dilengkapi dengan sistem audio berupa AM/FM Radio, CD Player, MP3 dan DVD pada konsol tengah. Fitur pada Mazda CX-3 ini bisa digunakan untuk memainkan musik kesukaan untuk memberikan rasa nyaman kepada setiap penumpang. Bahkan, sistem audio tersebut pun juga akan didukung Bose System with 7 Speakers yang siap menghasilkan suara yang begitu menakjubkan layaknya berada di dalam diskotik mini. Tak ketinggalan juga fitur konektivitas untuk menunjang transfer data pada Mazda CX-3, seperti Bluetooth hands-free system, AUX jack dan USB port yang bisa digunakan untuk memainkan musik melalui ponsel pintar maupun flash disk. Sedangkan pada bagian dashboard di sektor pengendara akan ditampilkan Active Driving Dsiplay berupa Head Up Display (HUD) yang akan menampilkan kombinasi panel digital-analog. Sehingga, pengemudi dari Mazda CX-3 ini akan lebih mudah dalam mengetahui kondisi mobil yang dikendarainya. Tak hanya itu saja, kemudi berbahan material kulit pun juga sudah dilengkapi dengan beberapa tombol panel navigasi yang sudah terintegrasi pada sistem audio sistem dan konektivitas di dashboard tengah. Di mana tombol pada Mazda CX-3 tersebut berupa kontrol audio, Bluetooth, dan Auto cruise control switches yang akan mempermudah pengemudi dalam mengatur sistem panel tanpa mengganggu ketika sedang berkendara. Menginjak pada bagian jok, kenyamanan pengguna pun akan kian terasa berkat jok yang berbahan material kulit kualitas tinggi. Sehingga, akan terasa empuk ketika diduduki. Selain itu, ruang bagasi pada sektor interior dari spesifikasi Mazda CX-3 ini juga patut diacungi jempol karena luasnya cukup untuk menampung barang bawaan yang cukup banyak.

Spesifikasi Mobil Mazda CX-3

Dimensi

Bodi Kokoh dengan Sokongan Kaki-Kaki Handal Beserta Pengereman Berkelas

Selanjutnya, pada segmen kali ini Mas Sena akan menilik mengenai sektor dimensi dan kaki-kaki pada spesifikasi Mazda CX-3. Apabila kita berbicara mengenai sektor interior yang luas pada segmen sebelumnya, tampaknya tak bisa lepas dari dimensi bodi. Pasalnya, mobil SUV ini akan menggunakan rangka tipe ultra-high-tensile steel yang akan mampu memberikan kekuatan dengan bobot ringan namun kerangka Mazda CX-3 tersebut mampu menyerap dan mengarahkan energi menjauh dari kabin. Selain itu, ukuran dimensi merupakan sektor penentu yang cukup penting yang berpengaruh pada luasnya sisi interior atau ruang kabin. Nah, terkait dengan hal tersebut, dimensi dari SUV ini memiliki panjang 4.275 mm, lebarnya 1.765 mm, dan memiliki tinggi 1.535 mm. Jika melihat ukuran tersebut maka sangat wajar apabila Mazda CX-3 ini memiliki ruang interior yang cukup lega dengan bagasi luas. Di sisi lain, mobil ini pun juga memiliki kapasitas tangki yang cukup besar, yaitu bervolume 48 Liter sehingga siap menjadi bekal bahan bakar ketika berkendara jauh. Tak hanya itu saja, sebagai produk yang menyasar pada segmen crossover, Mazda CX-3 ini memiliki ukuran ground clearance setinggi 160 mm. Dengan ukuran ground clearance tersebut maka berkendara pun dipastikan akan lebih nyaman, bahkan ketika melewati lintasan yang tak banyak bebatuan sekalipun. Dengan begitu, pastinya hal tersebut menjadi nilai lebih. Sementara itu, untuk bagian kaki-kakinya sendiri, SUV yang bernama Mazda CX-3 ini tentu akan dibekali dengan suspensi handal, antara lain saja untuk bagian depan akan mengandalkan suspensi MacPherson Struts dan untuk bagian belakang akan menggunakan suspensi Independent Multi Link. Kedua suspensi yang diusung mobil ini dikenal mampu meredam getaran dan menjaga kestabilan mobil sehingga akan membuat berkendara terasa lebih nyaman. Sedangkan untuk bagian roda, Mazda CX-3 ini akan mengandalkan dua varian velg aluminium wheels dengan ukuran ban 215/60 berdiameter 16 inci dan ban berukuran 215/50R18 yang memiliki diameter 18 inci. Meski memiliki ukuran velg dan ban berbeda namun keduanya sama-sama kokoh dalam menjaga keseimbangan dan memperlancar jalannya mobil. Selain itu, tak ketinggalan pula fitur pengereman yang berupa ABS System sebagai teknologi keselamatan pada bagian pengereman dari spesifikasi Mazda CX-3 untuk memberikan kemudahan kepada pengemudi dalam mengontrol laju kecepatan maupun ketika mengerem mendadak.

Review Mazda CX 3

Mesin

Dibekali Komponen Dapur Pacu Bermesin SKYACTIVE-G dengan Kapasitas 1.998 cc

Selain memiliki dimensi dan sokongan kaki-kaki yang kokoh, spesifikasi Mazda CX-3 ini juga ternyata dibekali dapur pacu super handal. Pasalnya, beragam komponen pada sektor permesinannya ini dinilai sangat canggih dalam beroperasi. Sebut saja teknologi SkyActive-G yang dijadikan sebagai teknologi pada mesin Mazda CX-3 ini. Bahkan, kecanggihan teknologi yang dibawanya tersebut pun juga akan didukung dengan tipe mesin DOHC 4 silinder yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.998 cc. Nah, melihat bekalan mesin yang begitu mumpuni tersebut maka dipastikan tenaga yang dihasilkannya pun juga mampu menembus titik power super tinggi yang bisa membawa mobil ini melaju dengan begitu gesit. Apalagi mesin yang dibawa Mazda CX-3 ini akan mampu memberikan semburan maksimal power hingga 148.2 Ps pada putaran ke 6000 rpm dan mampu mencapai titik torsi hingga 192 Nm di putaran ke 2.800 rpm. Dengan begitu, tak mengherankan apabila SUV ini bakal mampu menerjang segala medan tanpa ada beban mengingat kemampuan power yang dihasilkannya begitu tinggi. Selain itu, mesin yang disemburkan Mazda CX-3 tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi otomatis 6 percepatan. Di sisi lain, pada sektor mesin dari mobil SUV ini juga memiliki rasio kompresi sampai 13:1 yang membuat mesin menjadi cenderung lebih awet dan irit. Nah, dengan bekalan spesifikasi Mazda CX-3 di atas tentunya dipastikan akan mampu memberikan performa mesin yang super handal.

Harga Mobil Mazda CX 3

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih Untuk Kenyamanan dan Keselamatan Pengguna

Beranjak pada segmen berikutnya, di sesi ini Mas Sena akan lebih fokus membahas tentang fitur-fitur pada spesifikasi Mazda CX-3. Tak perlu lama-lama, langsung saja bahwa yang pertama, untuk menunjang keselamatan dan mencegah terjadinya benturan dari depan akibat kecelakaan maka SUV premium ini sudah dibekali fitur keselamatan berupa Airbags di bagian depan dan samping pada kursi depan. Selain itu, Mazda CX-3 juga dilengkapi fitur keamanan berupa pengereman yang berteknologi ABS yang siap memberikan kualitas pengereman handal dan mampu mencegah ban terselip sehingga kecelakaan pun bisa terhindari. Di sisi lain, untuk menunjang hiburan maka pada sektor interior sudah dilengkapi dengan beberapa panel canggih Mazda CX-3 yang dibenamkan pada bagian tengah atau console, antara lain seperti audio sistem canggih, konektivitas nirkabel, dan Bose System with 7 Speakers yang siap memberikan rasa nyaman dan tenang di dalam ruang kabin dengan sajian musik yang menggelegar. Tentu, dengan bekalan spesifikasi Mazda CX-3 pada fitur-fiturnya ini, sudah kah kawan-kawan sudah tahu harganya?

Video Mazda CX-3

Berikut ini adalah official video Mazda CX-3 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Mazda ini:

Spesifikasi Mazda CX-3

Tipe Sport Touring Grand Touring
Mesin
Tipe Mesin SKYACTIV®18-G 2.0L DOHC 16-valve 4-cylinder with VVT
Tenaga Maksimal 146 hp @ 6,000 rpm
Torsi Maksimal 146 lb-ft @ 2,800 rpm
Kapasitas 1998 cc
Diameter x Langkah 83.5 x 91.2 mm
Fuel Sistem Advanced Direct Injection
Valvetrain Chain-driven dual overhead cams, 4 valves per cylinder with variable intake valve timing (VVT)
Rasio Kompresi 13 : 1
Dimensi
Panjang 4274 mm
Lebar 1767 mm
Tinggi 1541 mm 1546 mm
Jarak Sumbu Roda 2570 mm
Jarak terendah 154 mm 157 mm
Kapasitas Tangki 48 L
Kaki-kaki
Ukuran Ban P215/60 R16 all-season tires P215/50 R18 all-season tires
Velg 16-inch aluminum-alloy wheels 18-inch aluminum alloy wheels
Fitur
Kenyamanan • Air conditioning with pollen filter
• Power windows with driver’s one-touch down/up feature
• Power door locks with 2-stage unlocking
• Push button start
• Cruise control with steering wheel mounted controls
• Front and rear overhead lights
• Rear heater ducts
• Rear window defogger with timer
• Manual day/night rearview mirror
• Remote fuel door releas
• Remote keyless illuminated entry system with “answer back” feature
• Tilt and telescopic steering column
• Dual covered visor vanity mirrors
• 12-volt power outlet
• Air conditioning with pollen filter
• Power windows with driver’s one-touch down/up feature
• Power door locks with 2-stage unlocking
• Push button start
• Cruise control with steering wheel mounted controls
• Front and rear overhead lights
• Overhead console with sunglass holder
• Rear seat headrests
• Rear heater ducts
• Rear window defogger with timer
• Remote fuel door release
• Manual day/night rearview mirror
• Mazda Advanced Keyless Entry System
• Tilt and telescopic steering column
• Remote rear hatch release
• Steering-wheel-mounted audio, cruise and Bluetooth® controls
• Dual covered visor vanity mirrors
• 12-volt power outlet
• Active Driving Display
• Automatic climate control with pollen filter
• Power windows with driver’s one-touch down/up feature
• Power sliding-glass moonroof with one-touch-open feature and interior sunshade
• Power door locks with 2-stage unlocking
• Push button start
• Cruise control with steering wheel mounted controls
• Front and rear overhead lights
• Heater/defroster with rear heater ducts
• Rear window defogger with timer
• Remote fuel door release
• Manual day/night rearview mirror
• Mazda Advanced Keyless Entry System
• Remote rear hatch release
• Steering-wheel-mounted paddle shifters
• Tilt and telescopic steering column
• Dual covered visor vanity mirrors
• 12-volt power outlet
Keamanan & Keselamatan • 3-point safety belts for all seating positions
• Front safety-belt pretensioners with force limiters
• Advanced front air bags 5 with seat belt-use, passenger-weight sensors
• Front seat-mounted side-impact air bags and side-impact air curtains with
rollover  protection5
• Rearview camera
• LATCH child-safety-seat anchors & upper tether anchors
• Side-impact door beams
• Fold-away brake pedal assembly
• Engine immobilizer anti-theft system
• Keyless remote panic button (on key fob)
• Tire-Pressure Monitoring System (TPMS)
• Child-safety rear door locks
• 3-point safety belts for all seating positions
• Front safety-belt pretensioners with force limiters
• Advanced front air bags5 with seat belt-use, passenger-weight sensors
• Front seat-mounted side-impact air bags and side-impact air curtains with rollover protection5
• Advanced Blind Spot Monitoring with Rear Cross Traffic Alert6
• Rearview camera
• LATCH child-safety-seat anchors & upper tether anchors
• Side-impact door beams
• Fold-away brake pedal assembly
• Engine immobilizer anti-theft system
• Keyless remote panic button (on key fob)
• Tire-Pressure Monitoring System (TPMS)
• Child-safety rear door locks
• 3-point safety belts for all seating positions
• Front safety-belt pretensioners with force limiters
• Advanced front air bags5 with seat belt-use, passenger-weight sensors
• Front seat-mounted side-impact air bags and side-impact air curtains with rollover protection21
• Advanced Blind Spot Monitoring with Rear Cross Traffic Alert
• Rearview camera
• LATCH child-safety-seat anchors & upper tether anchors
• Side-impact door beams
• Fold-away brake pedal assembly
• Engine immobilizer anti-theft system
• Keyless remote panic button (on key fob)
• Tire-Pressure Monitoring System (TPMS)
• Child-safety rear door locks

Harga Mazda CX-3

Jika keunggulan spesifikasi yang diusung SUV ini sudah kita jejaki pada segmen-segmen di atas, menginjak segmen terakhir ini kita akan mengulas harga Mazda CX-3. Berkaitan dengan banderol, tentu saja tak salah jika kita mengetahui terlebih dahulu spesifikasinya. Sedikit ringkasan dari pembahasan mengenai spesifikasi yang telah diulas pada beberapa segmen di atas, tampaknya mobil SUV Mazda CX-3 ini memang diluncurkan sebagai crossover premium dengan tampilan desain yang begitu ciamik dan memikat hati. Sebab, dari berbagai sisi bodinya, kesan elegan dan sporty tampak sangat begitu kentara, baik dari sisi bodi depan, samping maupun belakang. Bahkan, raung kabin yang lega dengan fitur canggih pada interiornya pun juga semakin melengkapi kecanggihan Mazda CX-3 ini sebagai SUV kelas premium. Tak hanya itu saja, mesin Sky Active-G berkapasitas 1.998 cc pun juga menjadi bagian yang patut diacungi jempol dari ragam keunggulan yang dimiliki mobil ini. Pastinya, keunggulan yang begitu canggih tersebut akan berpengaruh besar pada harga Mazda CX-3 yang tak mungkin dibanderol murah. Apalagi, segudang fitur penunjang kenyamanan dan keselamatan pun juga turut disematkan pada mobil mewah buatan Mazda ini. Nah, dengan keunggulan pada spesifikasi yang dibawanya tersebut, coba tebak sob, kira-kira berapakah harga Mazda CX-3?

Harga Mazda CX 3

Harga Mazda CX 3 Terbaru

Berkaitan dengan harga Mazda CX-3 ini, tampaknya memang akan dibanderol dengan nominal angka yang cukup tinggi. Pasalnya, sebelum diluncurkan resmi pada ajang IIMS 2017 mendatang, pihak PT EMI sendiri diketahui telah merilis harga mobil SUV ini. Di mana, dalam situs resmi Mazda Indonesia, diketahui bahwa harga Mazda CX-3 ini akan dipatok mulai Rp 399 juta. Cukup mahal kan sob? Selain itu, diketahui juga bahwa SUV mewah garapan Mazda ini akan menawarkan lima varian warna menarik, yakni Soul Red Metallic, Jet Black Mica, Jet White Mica, Titanium Flash Mica, dan Machine Grey. Varian warna dari Mazda CX-3 tersebut disebut-sebut tidak akan berpengaruh banyak terhadap fluktuasi harganya. Hal ini tentu cukup menarik karena akan semakin menambah kemenawanan dari mobil SUV ini. Nah, setelah tahu harga Mazda CX-3 tersebut, apakah sobat masih berminat untuk meminangnya?

Harga Mazda CX-3
Mulai Rp 339.000.000,- (OTR Jakarta)

Catatan : 

  • Harga mobil Mazda CX-3 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda daerah, kemungkinan beda pula harga Mazda CX-3

Perlu diketahui juga bahwa harga Mazda CX-3 di atas merupakan banderol OTR untuk wilayah Jakarta saja. Maka, akan sangat wajar jika di daerah lain atau di luar wilayah OTR tersebut, harga ini berbeda dan cenderung sedikit lebih mahal. Namun, yang jelas bahwa meski menginjak nominal yang tinggi, tetapi jika membandingkan antara harga Mazda CX-3 dan spesifikasi, tampaknya angka yang hampir menginjak angka empat ratus jutaan tersebut dirasa sudah sesuai dan sepadan dengan keunggulan yang ditawarkan. Terlepas dari hal tersebut, secara pasar diketahui bahwa crossover ini akan bersaing langsung dengan Mitsubishi Outlander Sport. Namun sayang, Mazda CX-3 ini memiliki harga yang terpaut cukup jauh walaupun mengusung mesin yang sama dengan kapasitas 2.000 cc. Sehingga tak sedikit yang mencibir bahwa ini akan membuat posisi Mazda sedikit sulit melakukan penetrasi lebih luas di pasar nasional. Semoga review atau ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Mazda CX-3 ini bisa memberikan referensi yang jelas bagi sobat semua. Jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai Chevrolet Trailblazer dan Honda WR-V.

Top