Harga Mazda MX-5 RF, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Mazda MX-5 RF dan Spesifikasi – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai APM Mazda Indonesia resmi memperkenalkan Mazda MX-5 RF sebagai mobil roadster pada ajang GIIAS 2017 pada Agustus 2017 kemarin. Kini, beberapa waktu lalu atau tepatnya pada 21 Oktober 2017, akhirnya harga resmi dari mobil ini pun resmi diumumkan pada ajang Mazda Power Drive oleh pihak PT EMI dengan nominal yang cukup tinggi. Tentu saja, mahalnya harga dari Mazda MX-5 RF tersebut tak lepas dari kemampuan atau keunggulan pada spesifikasi yang ditawarkannya. Di sisi lain, mobil mewah generasi ke empat dari MX-5 Series ini pun juga dikategorikan sebagai mobil sport ringan yang memberikan kenyamanan berkendara tingkat tinggi. Sehingga, bisa dipastikan bahwa Mazda MX-5 RF ini bakal menjadi salah satu produk Mazda yang cukup diunggulkan dan diburu oleh para eksekutif muda yang berdompet tebal. Sampai di sini, tentu kawan-kawan penggemar Mazda Series semakin penasaran kan? Kira-kira apa saja sih kelebihan atau keunggulan yang dimiliki Mazda MX-5 RF ini?

Mazda MX 5 RF

Mazda MX-5 RF

Perlu kawan-kawan pahami bahwa Mazda MX-5 RF ini merupakan produk kelas premium yang pastinya dibanderol dengan harga super mahal. Tentu saja, mahalnya harga dari mobil roadster buatan Mazda ini tak akan lepas dari performanya yang diyakini sangat mumpuni dan berkelas dengan fitur-fitur canggih. Bahkan, dari segi desain saja bisa kita lihat bagaimana Mazda MX-5 RF ini dibuat begitu tampak sporty dengan hard top/Retractable Fastback atau atap yang bisa dibuka secara elektris dalam waktu 30 detik. Tentu saja, dengan teknologi canggih tersebut membuatnya kian terkesan futuristik dan bergengsi. Selain itu, Mazda MX-5 RF yang memiliki dua jok ini pun telah dilengkapi fitur-fitur canggih pada interiornya yang siap memanjakan para penggunanya. Sementara itu, untuk performanya dipastikan bakal mengandalkan mesin SkyActive-G 2.0 berkapasitas 2.0 liter yang dipastikan bakal memberikan hasil power maksimal. Nah, untuk mengenal secara lebih detail, kali ini Mas Sena akan menguraikan spesifikasi dan harga Mazda MX-5 RF secara terperinci pada beberapa segmen di bawah ini!

Mobil Mazda MX 5 RF

Review Mazda MX-5 RF

Eksterior

Mobil Sport Ringan Usung Filosofi “Mazda Jinba-ittai” Tampilkan Desain Super Mewah Ala Roadster Premium

Menyasar di segmen mobil sport ringan premium, tentu saja tampilan fisik atau eksterior pada spesifikasi Mazda MX-5 RF ini telah mendapatkan sentuhan super elegan. Bukan tanpa alasan mengingat pada setiap sisi tampilan fisik pada bodinya, kesan mewah tampak dengan begitu jelas. Hal itu tentu tak lepas dari filosofi desain Mazda Jinba-ittai yang mengedepankan kenyamanan dan kegaharan tenaga. Secara lebih detail, kita mulai dari depan di mana kali ini Mazda MX-5 RF akan mengusung headlamp sporty bergaya atletis dengan teknologi LED beserta lampu DRL yang mana sudah dilengkapi juga dengan fitur automatic leveling sehingga dipastikan bakal siap memancarkan pencahayaan secara lebih maksimal. Kemudian di sisi samping pada Mazda MX-5 RF ini dirancang dengan sentuhan sporty yang begitu kental. Hal itu tampak dari pintu tunggal pada sisi kanan dan kirinya yang menandakan bahwa mobil ini hanya menampung 2 penumpang saja. Sehingga, kesan roadster car pun kian tampak begitu jelas. Di samping itu, hal yang menarik yakni pada bagian atap dari Mazda MX-5 RF  ini atau disebut Retractable Fastback yang bisa dibuka tutup secara elektris dalam kurun waktu 30 detik. Tentu saja, fitur atap buka tutup elektris ini semakin membuat mobil sport ringan buatan Mazda ini semakin menunjukkan kemewahannya sebagai kendaraan premium. Tak sampai di situ saja, pada sektor belakang dari Mazda MX-5 RF ini pun tampak sporty dan elegan dengan stop lamp modern khas mobil Mazda Series dengan teknologi LED. Sehingga mampu memancarkan cahaya yang cukup terang namun tak membuat silau para pengemudi di belakangnya. Apalagi, pada bagian tengah terdapat logo Mazda yang semakin membuatnya tampak begitu bergengsi. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa secara keseluruhan, spesifikasi Mazda MX-5 RF pada sektor eksteriornya tersebut bisa dibilang sangat mewah dengan kesan sporty yang begitu kuat.

Spesifikasi Mazda MX 5 RF

Interior

Sajikan Interior Mewah dengan Ragam Fitur Kendali dan Entertainment Canggih

Beranjak ke sektor lain, kini waktunya Mas Sena untuk memasuki ruang kabin pada sektor interior yang diusung spesifikasi Mazda MX-5 RF. Nah, ketika memasuki bagian kabin pada mobil roadster garapan Mazda ini, kesan elegan dan mewah pun langsung tersaji dan terasa begitu kuat. Hal itu tak lepas dari keseluruhan detail interior yang disesuaikan untuk menarik penggemar mobil sport dengan tampilan, fungsi dan pengoperasiannya berciri khas modern. Di sisi lain, pada ruang kabin dari Mazda MX-5 RF ini terdapat dua seat atau jok berbahan material kulit yang sangat soft sehingga akan memberikan kenyamanan saat diduduki. Selain itu, kecanggihan dari mobil sport ringan ini pun juga tampak pada dashboardnya yang membawa beberapa fitur unggulan nan canggih. Sebut saja seperti layar sentuh seluas 7 inci dengan commander control pada Mazda MX-5 RF ini yang akan menampilkan beberapa menu atau fitur entertainment berupa Audio System seperti Radio AM/FM, CD Player, dan MP3. Bahkan, untuk menunjang konektivitas maka mobil roadster ini pun juga telah dilengkapi dengan AUX jack dan USB Port. Di bagian lain, pada tuas transmisi Mazda MX-5 RF ini pun dihadirkan dengan bentuk minimalis berbahan lapisan kulit yang akan memberikan sentuhan lembut saat mengontrol sistem transmisi. Tak sampai di situ saja, guna menunjang pemutaran musik maka Mazda pun juga telah melengkapi bagian interior pada mobil Mazda MX-5 RF ini dengan Bose Premium Sound System with 9 Speakers yang dipastikan bakal memberikan suara dengan dentuman bass yang sangat mantap dan memuaskan. Sementara itu di sisi lain, pada bagian pengemudinya, mobil ini telah menggunakan setir kemudi berbahan kulit dilengkapi beberapa tombol switch seperti Bluetooth Switches, Tilt Adjust, dan Audio Control Switches sehingga akan membuat fokus pengemudi mobil Mazda MX-5 RF ini tak terganggu. Dengan segala kecanggihan dan sajian dinding interior yang begitu elegan tersebut, tentu akan membuat pengemudi maupun penumpangnya merasa nyaman dan betah berlama-lama dalam mobil. Tak heran jika spesifikasi Mazda MX-5 RF pada bagian interiornya ini akan cukup mempengaruhi harganya menjadi mahal.

Spesifikasi Mobil Mazda MX 5 RF

Dimensi

Berkendara Lebih Nyaman Berkat Dimensi yang Pas Disokong Kaki-Kaki Super Tangguh

Selanjutnya, Mas Sena akan mengulas mengenai struktur dimensi beserta kaki-kaki yang dibawa spesifikasi Mazda MX-5 RF. Kaitannya dengan dimensi, tentu akan berhubungan dengan luas kabin dan bentuk bodinya mengingat hal tersebut tak bisa lepas dari dimensi pembentuknya. Di mana, Mazda merancang mobil ini dengan panjang dimensi 3915 mm, lebarnya 1735 mm, dan tinggi 1230 mm, dengan jarak sumbu rodanya 2310 mm. Tentu saja, dengan dimensi Mazda MX-5 RF tersebut yang cukup ideal untuk sekelas mobil roadster tersebut dipastikan akan berdampak pada desainnya yang lebih aerodinamis dengan luas kabin yang lebih lega. Tak sampai di situ saja, mobil yang berbobot 1138 Kg ini pun juga telah dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 45 liter sehingga Mas Sena rasa sudah cukup sebagai bekal saat akan bepergian jauh. Di sisi lain, Mazda MX-5 RF pun juga dibentuk dengan ukuran ground clearance setinggi 135 mm yang dirasa sudah cukup pas untuk sekelas mobil sport ringan. Sementara itu, menginjak pada bagian kaki-kakinya, Mazda sendiri telah mengandalkan tipe suspensi Double Wishbone dan Multi Link yang mana kedua suspensi pada Mazda MX-5 RF tersebut sangat handal dalam urusan menjaga tingkat keseimbangan mobil meski dikendarai dengan kecepatan super tinggi. Tak hanya itu, pada sektor kaki-kaki dari mobil ini pun juga telah dilengkapi dengan velg berbahan aluminium dengan diameter 17 inci di mana setiap velg yang terpasang pada Mazda MX-5 RF tersebut akan dibalut ban berukuran 205/45 R17. Sedangkan, tak ketinggalan pula bahwa pihak produsen pun juga tak lupa membekali mobil roadster garapannya ini dengan rem Ventilated Discs dan Solid Discs berteknologi ABS yang sangat handal dalam memberikan pengereman. Dengan begitu maka kelebihan pada sektor dimensi dan kaki-kaki dari spesifikasi Mazda MX-5 RF ini pun menjadi salah satu keunggulan yang memiliki daya tarik tersendiri.

Review Mazda MX 5 RF

Mesin

Mobil Roadster Berbekal Mesin 2.0 Liter Usung Teknologi SkyActive-G Hasilkan Performa Super Handal

Usai kita kenali beberapa sektor yang dibawa spesifikasi Mazda MX-5 RF, kini saatnya bagi Mas Sena untuk menilik secara lebih dalam pada sektor dapur pacunya. Berkenaan dengan dapur pacu, tentu tak akan lepas dengan beberapa komponen mesin yang dibenamkan pada mobil sport ringan buatan Mazda ini. Nah, secara lebih detail, diketahui bahwa Mazda MX-5 RF ini akan dipersenjatai mesin berkapasitas 1998 cc dengan 4 silinder bertipe DOHC dan dilengkapi teknologi mesin SkyActive-G. Selain itu, tenaga yang dihasilkan atau diproduksi mesin tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan Automatic with Manual Control. Di mana, power yang dihasilkan mesin pacu Mazda MX-5 RF ini sanggup mencapai titik tenaga maksimal hingga 160 Hp per 6000 rpm dan torsi puncaknya 200 Nm per 4600 rpm. Sangat tangguh bukan? Tak sampai di situ saja, bahkan dalam urusan konsumsi bahan bakar pun Mazda MX-5 RF ini telah mengandalkan teknologi Electrically Controlled Fuel Injection Type yang dipastikan sanggup membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien dengan perbandingan kompresi 13.0:1. Melihat keunggulan dan kegaharan pada sektor ruang pacunya tersebut maka bisa dipastikan bahwa spesifikasi Mazda MX-5 RF ini bakal sanggup memberikan performa super gahar namun tetap ramah lingkungan.

Harga Mobil Mazda MX 5 RF

Fitur

Dibekali Fitur Super Canggih dan Fungsional

Sementara itu, di sisi lain tak ketinggalan pula bahwa pada spesifikasi Mazda MX-5 RF ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur cukup canggih. Sebut saja, seperti Airbags yang dipastikan akan sanggup melindungi penumpang maupun pengemudi saat terjadi benturan atau kecelakaan. Selain itu, untuk mencegah terjadinya pencurian, maka Mazda MX-5 RF pun juga telah dilengkapi dengan Burglar Alarm yang sangat efektif. Di sisi lain, salah satu fitur yang paling menarik yakni Retractable Fastback atau atap yang bisa dibuka maupun ditutup secara elektris dalam 30 detik. Tentu saja, dengan adanya fitur yang canggih tersebut dipastikan akan membuat pengguna bisa mengoperasikannya kapan saja. Kemudian, tak ketinggalan juga bahwa Mazda MX-5 RF pun juga telah disematkan tombol Keyless Start/Stop Button yang akan membuat pengemudi lebih mudah ketika akan menghidupkan mesin. Di samping itu, fitur hiburan pun juga turut melengkapi pada sektor interiornya di mana pada ruang kabin telah disematkan beberapa fitur audio system dengan ragam pilihan menu serta konektivitas yang bakal semakin melengkapi kebutuhan pengguna. Nah, dengan kecanggihan yang ditawarkan pada spesifikasi Mazda MX-5 RF tersebut, pasti banderolnya pun akan sangat mahal.

Spesifikasi Mazda MX-5 RF

Mesin
Tipe Mesin SKYACTIV-G 2.0 In-Line, 4-Cylinder, 16 valve
Kapasitas 1998 cc
Diameter x Langkah 83,5 x 91,2 mm
Rasio Kompresi 13,0 : 1
Sistem Suplai Bahan Bakar Electrically Controlled Fuel Injection
Tenaga Maksimal 118 kW (160hp) / 6000 rpm
Torsi Maksimal 200 Nm (20.4kg-m) / 4600 rpm
Kapasitas Tangki 45 L
Transmisi 6-Speed Automatic with Manual Control
Dimensi
Panjang 3915 mm
Lebar 1735 mm
Tinggi 1230 mm
Jarak Sumbu Roda 2310 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat 1138 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Double-Wishbone
Suspensi Belakang Multi-Link
Rem Depan Ventillated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Roda 205/45R17 with 17 x 7 J alumunium wheels
Steering Rack and Pinion
Tipe Power Steering Electric Power Assist Steering
Fitur
Kenyamanan • Steering Wheel with Leather Materials, Bluetooth switches, Tilt Adjust, Audio Control switch, Automatic transmission shift switches fo AT models
• Audio System
• Power Windows
• Bluetooth Handsfree system
• External Device Connect Hub
• Full Automatic AC
• Bright Louvre Bezzel
• Vinyil Leather Matrerial for Instrument Panel Lower Part
• Side Door Trim
• Bright Door Inner Handle Finish
• Auto Inner Mirror Day/Night
• Vinyl Leather Rear Console Lid
Keamanan & Keselamatan • Dynamic Stability Control
• High Beam Control System
• Adaptive Front-Lighting System
• Lane Departure Warning
• Cruise control
• Frint and Side Airbags
• Burglar Alarm
• Seatbelt Warning Lamps
• Smart Keyless
• Keyless Start / Stop Ignition
• 4 Point Rear Parking Sensors

Harga Mazda MX-5 RF

Resmi dirilis di Indonesia sebagai mobil roadster premium, tentu saja harga Mazda MX-5 RF ini akan dibanderol dengan nominal yang sangat tinggi. Wajar, mengingat jika kita telisik pada spesifikasinya, mobil sport ringan garapan Mazda ini dibekali dengan ragam fitur canggih serta memiliki performa mumpuni. Bahkan, dari desain saja sudah tampak begitu elegan di mana Mazda MX-5 RF dilengkapi atap yang bisa dibuka maupun ditutup secara elektrik hanya dalam waktu 30 detik saja. Selain itu, pada sektor interiornya pun sudah dilengkapi beberapa fitur entertainment berupa Audio System yang sangat lengkap serta beberapa fitur konektivitas canggih. Tentu saja, kelengkapan fitur pada bagian interiornya tersebut akan berpengaruh besar dengan harga Mazda MX-5 RF. Tak hanya itu, dapur pacunya juga sangat handal berkat mesin SkyActive-G 2.0 liter yang sanggup memberikan power gahar dan torsi tinggi sehingga akan memberikan kesan berkendara yang lebih berkelas. Dengan demikian, tak heran jika kisaran banderol dari harga Mazda MX-5 RF ini pun pastinya bakal dibanderol dengan nominal angka yang sangat tinggi.

Harga Mazda MX 5 RF

Harga Mazda MX 5 RF Terbaru

Nah, untuk kawan-kawan yang sudah penasaran ingin mengetahui harga Mazda MX-5 RF, jangan khawatir. Sebab, Mas Sena telah mengantongi informasi mengenai banderol dari mobil gagah ini. Di mana, dari penelusuran yang Mas Sena lakukan, diketahui bahwa Mazda akan membanderol harga dari mobil barunya ini senilai Rp 779.8 juta. Angka yang sangat tinggi bukan? Bahkan, dengan banderol harga Mazda MX-5 RF tersebut, kawan-kawan bisa membeli 2 unit mobil SUV mid-range. Namun, Mas Sena rasa banderol tersebut terbilang cukup pas jika kita bandingkan dengan tangguh dan canggihnya spesifikasi maupun fitur yang ditawarkan mobil tersebut. Apalagi jika kita melihat desain Mazda MX-5 RF ini yang begitu sporty dengan atap yang dapat dibuka secara otomatis dalam 30 detik. Hal tersebut tentu membuatnya sangat cocok digunakan oleh eksekutif muda berkantong tebal. Nah, apakah dengan mahalnya harga Mazda MX-5 RF tersebut kawan-kawan tertarik memboyongnya ke garasi rumah kawan?

Harga Mazda MX-5 RF
Rp 779.800.000,-
Daftar Harga Mobil Mazda

Catatan : 

  • Harga mobil Lexus LC 500 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Mazda MX-5 RF

Apabila kawan tertarik memilikinya, perlu diketahui bahwa harga Mazda MX-5 RF di atas merupakan banderol yang masih berstatus OTR untuk kawasan ibukota DKI Jakarta. Dengan demikian maka banderol untuk memboyong mobil roadster ini pun akan berbeda ketika berada di dealer lain di luar wilayah OTR. Di samping itu, jika melihat harga Mazda MX-5 RF yang terbilang sangat mahal tersebut, sepertinya bukan hal yang aneh mengingat beberapa pesaingnya pun juga memiliki produk di segmen yang sama dan harganya pun relatif tak berbeda jauh. Maka bisa dipastikan bahwa banderol dari Mazda MX-5 RF tersebut merupakan harga pasaran untuk sekelas mobil roadster atau mobil sport ringan di Indonesia. Sampai di sini dulu ya kawan perjumpaan kita, semoga ulasan yang telah Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga Mazda MX-5 RF di atas bisa memberikan informasi secara jelas kepada kawan-kawan semua. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Mazda 6 Estate dan Lexus LC 500.

Top