Harga Mitsubishi Xpander 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Mitsubishi Xpander dan Spesifikasi – Setelah sebelumnya memperkenalkan versi konsepnya, kini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales resmi meluncurkan Mitsubishi Xpander versi produksi sebagai Small MPV terbarunya di ajang GIIAS 2017 yang berlokasi di ICE, Tangerang Selatan. Tentu saja, seperti dengan yang sudah diprediksi oleh banyak pihak, Small MPV bergaya SUV bernama Mitsubishi Xpander yang sebelumnya secara resmi telah diperkenalkan secara global kepada publik pada Senin (24/7/2017) tersebut bakal menjadi pesaing paling berat bagi beberapa MPV lain, sebut saja seperti Avanza, Xenia, Ertiga maupun Mobilio yang sudah dikenal sebagai salah satu MPV terlaris sejuta umat. Selain itu, pada peluncurannya, Mitsubishi Xpander terlihat dengan jelas bagaimana bentuk utuh yang begitu sempurna di mana kontur bodi eksterior yang tampil dengan begitu menawan dan memukau. Bukan tanpa alasan mengingat mobil masa depan buatan Mitsubishi ini memang mengusung gaya desain yang menggabungkan antara Pajero Sport dan Outlander. Di sisi lain, yang cukup menarik bahwa MPV Mitsubishi Xpander ini bakal diproduksi secara masal di pabrik lokal, yaitu berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Tentu saja, hal tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi PT MMKSI mengingat telah dipercaya sebagai pabrik pertama untuk memproduksi Small MPV bertajuk Mitsubishi Xpander ini.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander

Tak cukup sampai di situ saja, jika berbicara mengenai keunggulan yang diandalkan Mitsubishi Xpander, pastinya akan sangat terkait dengan spesifikasi yang dibawanya. Hal itu bisa dilihat dari berbagai sektor yang mana tiap-tiap sektor pada Small MPV garapan Mitsubishi ini memang dibuat untuk memikat hati para pengguna MPV yang menginginkan mobil keluarga masa depan nan gagah, baik itu dari sisi sektor eksterior, interior, dimensi, ruang pacu, maupun fitur-fitur yang dibawa oleh Mitsubishi Xpander ini. Pertama, jika dilihat dari segi desain eksteriornya saja sudah tampak begitu menarik dan tampak begitu gagah mengingat mobil ini memang dibuat dengan gaya desain elegan yang merupakan hasil kombinasi antara desain SUV dan MPV. Selain itu, dari segi interiornya sendiri, Mitsubishi Xpander ini juga menawarkan ruang kabin yang cukup lega dan beberapa fitur canggih yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpang ketika berkendara jauh. Sementara itu, untuk urusan dapur pacunya sendiri, MPV bernama Mitsubishi Xpander akan mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter 16 katup berteknologi MIVEC DOHC yang siap dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Maka, tak heran jika nantinya mobil bergaya SUV ini dipastikan bakal dibanjiri oleh para pembeli. Sedangkan di sisi lain, masih ada lagi fitur-fitur canggih lain yang dibenamkan pada mobil bernama Mitsubishi Xpander ini sebagai pelengkap guna menunjang kenyamanan maupun keselamatan penumpang. Nah, untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai mobil ini, pada kesempatan kali ini Mas Sena akan berbagi informasi kepada kawan-kawan semua mengenai detail spesifikasi dan harga Mitsubishi Xpander yang tersaji pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Mitsubishi Xpander

Review Mitsubishi Xpander

Eksterior

Mobil Masa Depan Membawa Kombinasi Desain MPV-SUV Bertema Attractive and Dynamic Design Tampilkan Aura Eksterior Menawan nan Gagah 

Sebagai awal pembahasan, ada baiknya kita awali ulasan kali ini dengan membahas sektor eksterior atau tampilan fisik dari spesifikasi Mitsubishi Xpander. Jika kita lihat secara sekilas memang tampak bahwa desain MPV masa depan yang begitu futuristik terlihat dari di sekujur bodinya. Sebagaimana saat perkenalan konsepnya, mobil MPV ini akan mengusung gaya desain yang mengusung tema Attractive Dynamic Design yang merupakan hasil dari penggabungan antara konsep MPV dan SUV. Sehingga, akan tampak dengan jelas gaya dinamis dan ekspresi visual serta sebagai desain untuk menunjang perlindungan penumpang maupun pejalan kaki. Dari depan bisa dilihat Mitsubishi Xpander ini dibekali dengan gaya desain headlamp yang futuristik dan sangat berbeda dari MPV buatan pabrik lain sehingga memberikan gaya desain yang sangat berciri khas tersendiri. Selain itu, headlamp tersebut pun juga tersusun atas tiga tingkat pencahayaan di mana posisi lampu LED dipasang dengan peletakan yang lebih tinggi pada sisi kap mesin. Sementara itu, untuk lampu depan dipasang rendah dan lampu kabut. Tak hanya itu saja, bersanding dengan headlamp, bisa kita lihat bagaimana grille hitam pada Mitsubishi Xpander yang dibuat memang tampak berukuran besar sehingga semakin membuat tampilannya kian terkesan gagah dan kokoh. Kemudian, menginjak pada sisi sampingnya, gagahnya mobil ini pun kian menguat mengingat pada bagian samping ini terdapat fender padat yang didesain berbentuk kotak dan garis memanjang, mulai dari pintu depan Mitsubishi Xpander sampai pada buritannya. Kemudian, menginjak pada sektor belakang, bisa dilihat bagaimana tampilan elegan dengan gaya stoplamp berteknologi LED sehingga membuatnya semakin tampil sporty dan menawan. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor eksterior dari spesifikasi Mitsubishi Xpander ini memang tampil begitu sangat menawan dan terkesan lebih sporty yang merupakan gabungan antara gaya SUV dan MPV.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander

Interior

Interior Menawan dengan Ragam Fitur Canggih Siap Memberi Kepuasan kepada Para Penumpang

Selain sisi eksteriornya, tak kalah menarik juga bahwa spesifikasi Mitsubishi Xpander ini juga memiliki bagian interior yang cukup mewah dengan ruang kabin yang begitu luas. Kemewahan pada sektor interiornya ini pun semakin terasa berkat bagian dashboard yang dikemas begitu rapi dan dipadukan dengan warna putih kontras berhias aksen perak sehingga membuat kesan elegan pada Mitsubishi Xpander ini pun kian begitu memukau. Secara lebih detail, bisa kita mulai pada dashboard depan yang tampak jelas didesain dengan mengusung warna Beige and Black (varian tertentu) yang dilengkapi beberapa fitur canggih dan fungsional seperti sebuah layar sentuh yang cukup lebar dengan tampilan menu pilihan navigasi yang jelas. Selain itu, fitur-fitur lain pun juga turut disematkan pada Mitsubishi Xpander ini untuk mendukung aktivitas pengguna, sebut saja seperti Bluetooth untuk menunjang koneksi jarak dekat, sistem navigasi peta lokasi, dan konsol kendali musik yang bisa digunakan untuk mengendalikan atau mengatur menu musik kesukaan. Sementara itu di lain sisi, pada bagian layar sentuh mobil Mitsubishi Xpander ini kemungkinan akan dilengkapi dengan menu berupa Apple Car Play dan Android. Tak sampai di situ saja, soket USB dan audio sistem yang bisa digunakan untuk memutar musik pun juga turut serta melengkapi kecanggihannya. Di samping itu, pada bagian lingkar kemudinya pun dibuat menarik dan senyaman mungkin di mana Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi dengan beberapa tombol yang sudah terintegrasi dengan sistem navigasi pada head unit dan menu-menu pada layar sentuh tersebut. Tak cukup sampai di situ saja, untuk mengetahui informasi soal kondisi mobil yang dikendarainya maka Mitsubishi pun melengkapi MPV Mitsubishi Xpander ini dengan layar MID yang tampil begitu elegan dan informatif dengan bentuk desain bulat layaknya panel indikator pada motor sport. Selain itu, MPV dengan ruang kabin luas dengan kursi 3 baris yang sanggup menampung hingga 7 penumpang ini juga sudah dibekali dengan jok yang terbuat dari bahan material berkualitas tinggi untuk menunjang kenyamanan kepada para penumpang. Sehingga, bisa dipastikan bahwa sektor interior pada spesifikasi Mitsubishi Xpander ini terbilang sangat mewah dan fungsional.

Spesifikasi Mobil Mitsubishi Xpander

Dimensi

MPV Bergaya SUV yang Kokoh dengan Ukuran Dimensi Pas

Salah satu sektor yang tak kalah menarik dan penting untuk dibahas yakni pada sektor dimensi dari spesifikasi Mitsubishi Xpander. Layaknya mobil MPV modern saat ini, tentu saja tak hanya cukup tampilannya saja yang tampak menggoda. Pasalnya, kali ini Mitsubishi pun juga telah membekali MPV terbarunya ini dengan rangka kokoh dan ukuran dimensi yang luas. Di mana, mobil ini dibangun dengan ukuran panjang 4.475 milimeter dan lebar 1.750 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2275 mm. Sedangkan, tinggi dan ground clearance Mitsubishi Xpander ini terbagi menjadi dua pilihan dengan varian berbeda. Untuk varian bertransmisi otomatis memiliki tinggi 1.700 mm dengan ground clearance 205 mm. Sementara itu, untuk tipe manual, memiliki ukuran tinggi 1695 mm dan ground clearance 200 mm yang dinilai sudah cukup ideal dan pas untuk sekelas Small MPV. Dengan ukuran tersebut maka pantas jika Mitsubishi Xpander ini memiliki bentuk bodi yang cukup besar dan ruang kabin yang lebih lega dari beberapa MPV lain. Tak cukup sampai di situ saja, menuju pada bagian kaki-kakinya, mobil ini diketahui akan mengandalkan suspensi tangguh, yaitu berupa Mac Pherson Strut Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakangnya. Kedua suspensi Mitsubishi Xpander tersebut diklaim cukup tangguh dalam meredam setiap getaran ketika melewati jalanan berkontur tak rata dan sanggup menjaga tingkat keseimbangan secara maksimal. Sehingga, penumpang pun akan selalu merasa nyaman meski melewati jalan yang kurang rata atau bergeronjal. Sedangkan di sisi lain, pada bagian kaki-kaki dari Mitsubishi Xpander ini pun juga akan dilengkapi dengan velg berdiameter 16 inci (tipe otomatis) dan 15 inci (tipe manual) dengan balutan ban berukuran 205/55 R16 untuk varian otomatis dan ban yang berukuran 185/65 R15 untuk tipe Mitsubishi Xpander manual. Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kemudahan dalam mengendalikan laju kecepatan dari MPV ini, Mitsubishi akan melengkapinya dengan rem Disc atau cakram pada bagian depan dan Drum Brake pada bagian belakang. Menariknya, sektor pengereman pada spesifikasi Mitsubishi Xpander ini sudah dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD, dan BA yang siap memberikan hasil pengereman yang berkualitas tinggi dan lebih sempurna.

Review Mitsubishi Xpander

Mesin

Small MPV Berbekal Mesin Tipe MIVEC dengan Kapasitas 1.5 Liter 16 Katup

Menginjak pada bagian performa, tampaknya spesifikasi Mitsubishi Xpander ini akan dibekali dengan komponen ruang pacu yang oke punya. Tak hanya sebuah alibi semata mengingat kali ini pabrik berlogo tiga berlian asal Jepang ini akan membekali Small MPV buatannya ini dengan mesin berteknologi tinggi. Di mana, Mitsubishi Xpander ini akan dipersenjatai mesin tipe Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) berteknologi 4A91 DOHC yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.5 liter dengan 16 katup. Tentu saja, dengan bekalan teknologi dan kapasitas mesin yang dibawanya tersebut dipastikan akan menjadikan Mitsubishi Xpander ini memiliki performa yang kian mumpuni. Tak hanya itu saja, sektor dapur pacu yang diusung mobil keluarga yang begitu futuristik ini juga akan dibekali dengan teknologi Front Wheel Drive System yang akan membuatnya lebih bertenaga. Terkait dengan semburan power yang diproduksi, tenaga powerful yang disemburkan dari hasil kinerja mesin Mitsubishi Xpander tersebut nantinya akan disalurkan melalui dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual dengan 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Menariknya, hasilkan dari kinerja tersebut membuat Small MPV buatan Mitsubishi ini sanggup memberikan tenaga maksimal hingga 104 Ps pada putaran ke 6000 rpm dan mampu mencapai titik torsi maksimal hingga 141 Nm setiap putaran ke 4000 rpm. Tentu saja sudah bisa dipastikan bahwa sektor dapur pacu pada Mitsubishi Xpander ini dipastikan bakal sanggup memberikan power yang begitu maksimal. Apalagi, dengan bekalan tangki bahan bakarnya yang cukup besar di mana sanggup menampung bahan bakar hingga 45 liter sehingga siap menunjang sebagai bekal ketika dikendarai untuk menempuh perjalanan jauh. Tentu saja, dengan mengetahui keunggulan dan keistimewaan pada sektor ruang pacunya tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa sektor dapur pacu pada spesifikasi Mitsubishi Xpander ini dipastikan bakal sanggup memberikan power yang begitu maksimal.

Harga Mobil Mitsubishi Xpander

Fitur

Gunakan Fitur Andalan untuk Memberikan Kenyamanan dan Keselamatan dalam Berkendara

Untuk menunjang kemewahan dan kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara maka spesifikasi Mitsubishi Xpander pun akan dibekali dengan fitur-fitur canggih nan modern. Salah satu di antaranya yaitu fitur hiburan pada head unit di sektor interior yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh lebar, sistem navigasi yang saling terintegrasi, koneksi jarak dekat serta fitur hiburan lain seperti player musik yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpang ketika berada pada ruang kabin. Tak cukup sampai di situ, untuk memberikan kualitas pengereman Mitsubishi Xpander yang handal, Mitsubishi pun juga akan melengkapinya dengan rem berteknologi ABS, EBD, dan BA yang siap menunjang kebutuhan pengemudi dalam mengendalikan laju mobil secara maksimal dan mudah serta mencegah terjadinya ban terselip sehingga tingkat kecelakaan pun dapat ditekan. Selain itu, Mitsubishi Xpander ini juga akan dilengkapi dengan fitur berupa keyless operation di mana fitur ini berfungsi bagi si pengemudi untuk membuka pintu dan menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci. Tak cukup sampai di situ, dari beberapa informasi yang Mas Sena dapatkan juga mengungkapkan Mitsubishi Xpander ini akan dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa Front SRS Airbags pada ruang interiornya sebagai perlindungan kepada pengemudi dan penumpang depan ketika terjadi kecelakaan. Dengan demikian dipastikan bahwa fitur-fitur yang akan dibawa spesifikasi Mitsubishi Xpander ini siap melengkapi kecanggihannya dalam bersaing dengan para kompetitornya.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander

Tipe ULTIMATE A/T SPORT A/T EXCEED A/T EXCEED M/T GLS M/T GLX M/T
Mesin
Tipe Mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve
Kapasitas 1499 cc
Tenaga Maksimal 77KW(104 PS)/6000 rpm
Torsi Maksimal 141 nm /4000 rpm
Kapasitas Tangki 45 L
Transmisi 4 Speed A/T 5 Speed M/T
Dimensi
Panjang 4475 mm
Lebar 1750 mm
Tinggi 1700 mm 1695 mm
Jarak Sumbu Roda 2275 mm
Jarak Terendah 205 mm 200 mm
Berat 1780 kg
Kaki-kaki
Suspensi depan Macpherson Strut Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam
Rem Depan Disk Brake
Rem Belakang Drum Brake
Ukuran Ban 205/55 R16 185/65 R15
Fitur
Kenayamanan • Glove Box
• Instrument Panel Tray
• Kotak Penyimpanan Tertutup
• Coin Box
• Door Pocket
• Cup Holder Depan
• Side Bottle Holder
• Laci Bawah Kursi Serbaguna
• Seat back Pocket Multifungsi
• Tempat Penyimpanan Alat Cuci Mobil
• Rear Bottle Holder
• Power Outlet Depan
• Power Outlet Tengah
• Power Outlet Baris Ketiga
• Rear Camera
• Keyless Operating System
• Welcome Light & Coming Home Light
• Tilt& Telescopic Steering
• Smart System Etacs
• Glove Box
• Instrument Panel Tray
• Kotak Penyimpanan Tertutup
• Coin Box
• Door Pocket
• Cup Holder Depan
• Side Bottle Holder
• Laci Bawah Kursi Serbaguna
• Seat back Pocket Multifungsi
• Tempat Penyimpanan Alat Cuci Mobil
• Rear Bottle Holder
• Power Outlet Depan
• Power Outlet Tengah
• Rear Camera
• Keyless Operating System
• Welcome Light & Coming Home Light
• Tilt& Telescopic Steering
• Smart System Etacs
Keselamatan • RISE Body (Reinforced Impact Safety Evolution)
• ABS (Anti-Lock Braking System)
• Radius Putar 52M
• HAS (Hill Start Assist)
• BA (Brake Assist)
• Pedestrian Protection
• ASC (Active Stability Control)
• Dual SRS Airbag
• ESS (Emergency Stop Signal)
• RISE Body (Reinforced Impact Safety Evolution)
• ABS (Anti-Lock Braking System)
• Radius Putar 52M
• Pedestrian Protection
• ASC (Active Stability Control)
• Dual SRS Airbag
• ESS (Emergency Stop Signal)

Harga Mitsubishi Xpander

Dengan selesainya pembahasan mengenai keunggulan yang ditawarkan pada sektor spesifikasinya, kini waktunya Mas Sena untuk mencari tahu soal harga Mitsubishi Xpander. Berkaitan dengan banderol, sebelumnya Mas Sena ingin sedikit memberikan kesimpulan sedikit mengenai spesifikasi yang diusung mobil ini. Dari segi tampilan, mobil MPV Masa depan buatan Mitsubishi ini memang dibangun dengan mengusung konsep desain unik dan berbeda dari yang lain di mana tampilan bodi pada Mitsubishi Xpander ini merupakan hasil kolaborasi antara gaya SUV dan MPV. Sementara itu untuk urusan dapur pacunya sendiri, Mitsubishi akan mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter berbekal teknologi MIVEC DOHC dengan dua pilihan transmisi yang akan mempengaruhi harga Mitsubishi Xpander ini, yaitu manual dengan 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Selain itu, ada fitur-fitur lain yang juga cukup handal dan canggih sebagai pelengkap akan kecanggihannya yang tentunya juga akan mempengaruhi harga jualnya. Nah, dengan keunggulan yang ditawarkannya tersebut, berapa sih harga Mitsubishi Xpander ini?

Harga Mitsubishi Xpander

Harga Mitsubishi Xpander Terbaru

Menarik dari beberapa informasi yang telah tersebar di media, tampaknya harga Mitsubishi Xpander ini terbilang cukup standar, tak terlalu mahal dan tak murah juga. Pasalnya, menurut keterangan pihak PT MMKYS selaku vendor dari mobil MPV ini pada ajang GIIAS 2017 kemarin, diketahui bahwa harga jual Mitsubishi Xpander yang merupakan calon MPV Sejuta Umat ini kabarnya akan dibanderol dengan 6 varian berbeda dengan rentang banderol antara Rp 189 jutaan sampai Rp 246 jutaan. Secara lebih rinci, terdiri dari beberapa tipe, yaitu tipe GLX M/T yang dijual pada harga Rp 189 juta, tipe GLS M/T pada harga Rp 208.550 juta, tipe Exceed pada harga Rp214.550 juta Exceed M/T. Sementara itu, untuk beberapa tipe bertransmisi otomatis, harga Mitsubishi Xpander akan dibanderol Rp 224.950 juta untuk tipe Exceed A/T, tipe Sport A/T di harga Rp 237.150 juta dan tipe Ultimate A/T di harga Rp 245.350 juta. Tampaknya, beberapa varian di atas cukup menarik untuk dipilih serta dirasa cukup kompetitif. Nah, apakan dnegan kisaran harga Mitsubishi Xpander di atas, sobat sudah siap untuk memesannya?

Harga Mitsubishi Xpander
Tipe Harga
Mitsubishi Xpander GLX M/T  Rp 189.000.000,-
Mitsubishi Xpander GLS M/T  Rp 208.550.000,-
Mitsubishi Xpander Exceed M/T  Rp 214.550.000,-
Mitsubishi Xpander Exceed A/T  Rp 224.950.000,-
Mitsubishi Xpander Sport A/T  Rp 237.150.000,-
Mitsubishi Xpander Ultimate A/T  Rp 245.350.000,-

Catatan :

  • Harga mobil Mitsubishi Xpander diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Mitsubishi Xpander

Selain itu, perlu untuk sobat pahami bahwa harga Mitsubishi Xpander tersebut merupakan banderol yang berstatus OTR untuk wilayah DKI Jakarta saja. Sehingga, beberapa daerah lain dipastikan akan mengalami perubahan harga MPV bergaya SUV ini meski tak terpaut terlalu jauh. Di sisi lain, jika kita bandingkan secara lebih spesifik, harga Mitsubishi Xpander ini cukup sesuai dengan keunggulan spesifikasi yang dibawanya. Bahkan, bisa juga dikatakan bahwa banderol untuk memboyong MPV buatan Mitsubishi ini terbilang cukup terjangkau. Maka, tak heran jika saat ini sangat banyak sekali konsumen di Indonesia yang saling berebut dan siap-siap memesan Mitsubishi Xpander ini. Apakah kawan-kawan juga termasuk salah satu yang mengantri untuk dapat membawa pulan mobil terbaru Mitsubishi ini? Nah, tampaknya sampai di sini dulu ya kawan, semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Mitsubishi Xpander. Jangan lupa baca juga mengenai Honda Mobilio dan Toyota Avanza.

  • Erap manik

    Boleh juga… tp kynya mitsubishi agak menyimpan infonya ttg hrga & speknya, saya ucapkan selamat dtg mitsubishi exspander semoga suksus…..

    • Agung Nanank

      Mantap Mitsubishi lanjutkan..mudah2an dengan adanya expander makin di depan.

      • Ono Sableng

        Kalau harga setara Avanza pastilah Expander ini dapat melaju kencang menyalip pesaingnya sesama 1500cc

        • Erick Tjandrawinata

          Semoga saja bisa. karena hanya 103 hp.

          • rick

            Ps bos
            Bkn hp
            Cb d konversi dl

          • Gocar Elite

            Pferdestärke PS (German translation of horsepower)

            sama aja antara PS dengan HP
            PS bahasa Jerman
            HP bahasa Inggris
            sumber Wikipedia

          • Aldy Tan

            Bakal ganti klo bisa lewatin aerio gw..

  • Fivry Welda

    Mudah-mudahan bukan cuma sesaat, bisa produksi terus menerus, seperti simbahnya L300, tp sulit untuk menandingi duo Avanza-Xenia

  • Fivry Welda

    Beberapa kali Mitsubishi gagal dalam misi dominasi mobil penumpang, ada Mitsubishi Kuda, ada Mitsubishi delicia dan ada Mitsubishi Grandis, sebenarnya mobil-mobil tersebut mobil yang berkualitas. Tapi lagi-lagi​ pasar di Indonesia belum berpihak pada Mitsubishi semuanya kendaraan tersebut tumbang satu persatu. Adanya Mitsubishi Pajero sport yang mengisi segmen SUV premium membuahkan kabar gembira sebagai pemain di SUV premium, untuk bersaing dengan Toyota Fortuner, sebagai Raja pemain tunggal di segmen SUV Premium. Pada ajang GAIKINDO, Pajero Sport sempat membukukan penjualan tidak kurang 1000 unit dalam​ 10 hari pameran. Untuk itu Toyota harus mengubah strategi untuk mempertahankan sebagai Raja SUV Premium. Walaupun akhirnya Pajero Sport sempat memimpin angka penjualan tapi pada akhir-akhir ini Toyota Fortuner memimpin kembali klasemen penjualan SUV Premium. Bukan tidak mungkin jika pihak Mitsubishi tidak berbenah Pajero Sport akan seperti mobil-mobil sebelumnya, discontinue.
    Melihat sosok Small MPV Mitsubishi Expander ini memberikan suasana segar di segmen Small MPV. Desain yang menggabungkan antara MPV dan SUV ini memperlihatkan karakter sporty. Dengan beberapa fasilitas yang tidak dimiliki kompetitornya membuat publik penasaran. Amino masyarakat Indonesia tinggi sekali untuk mengetahui bahkan sampai memilikinya. Tapi awal ini apakah awal yang baik untuk Mitsubishi untuk memimpin pada pasar low MPV?, Bisakah Mitsubishi menumbangkan duo maut Avanza-Xenia?. Saya fikir masih perlu dipelajari lagi untuk mengetahui pasar di Indonesia, karena duo maut Avanza-Xenia mengetahui sekali karakter orang Indonesia khususnya bagi masyarakat yang menginginkan mobil pada segmen low MPV. Harapan saya mudah-mudahan Mitsubishi tidak seperti kendaraan-kendaraan sebelumnya yang berakhir dengan discontinue product. Mudah-mudahan awal ini ada awal yang baik untuk Mitsubishi khususnya pada segmen Small MPV.

    • Adhitia Suprapto

      Very good analytical Mas Fivry Welda and also this may become a good feedback for improvement for Mitsubishi team!

    • Kardi

      klo menurut saya itu tidak hanya masalah spesifikasi dari mobilnya ataupun harganya bray, tetapi layanan aftersales mitsubishi juga harus di perbaiki dan saran saya contohlah bagaimana after selels dari Toyota untuk menggait konsumen bray

  • Rachel Nayunda

    semurah-murahnya Mitsubishi pasti harganya di atas rata2 dari kelas Honda dan Toyota yang merajai pasar konsumen Indonesia. Namun dari segi kualitas Mitsubishi buat saya recomended banget.

  • hileud hejo

    Doain saya bisa belinya guys.. hehehhe

  • aav sahap

    klo harganya dibawah 200juta, ku ganti mobil avanzaku dgn mobil ini…boleh dicoba kyaknya.

    • Agus Cima

      Belum tentu harga jualnya sama dgn harga jual avanza yg anda jual bung, ya cuma saran aja sih…

      • yudi hardiwan

        Paradigma tersebut adalah keberhasilan brand mobil tertentu dalam memasarkan produknya di negri kita ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar orang (termasuk saya) adalah orang yang terpengaruhi oleh metoda marketing-nya, sehingga saya selalu berfikir bagaimana nilai jual ketimbang bagaimana cara menikmatinya.
        Tidak ada yang salah dalam pemasaran; Dalam hal ini Toy**a telah berhasil meyakinkan sebagian besar orang di negri ini untuk menjadi loyal terhadap brand tersebut.
        +/- sebuah produk akan selalu ada ketika dibandingkan dengan produk lainnya yang sekelas.
        Saya mengucapkan selamat kepada pengguna produk mobil dari brand manapun, karena anda telah berhasil menemukan sisi positif dari produk yang anda yakini dapat anda nikmati.
        Salam hormat,

    • Warnadinata

      tipe paling murah 189 jt

  • Ismail Ismail

    Expander Mantap jiwa

  • Pak Bos

    Dari segi tampilan emang sangat memukau untuk mobil baru ini. Entah itu eksterior atau interior. Dapur pacu juga sudah mantap. Tapi, sangat di sayangkan. Kenapa untuk desain lampu ada yg berubah di konsep (XM). Seandai untuk lampu utama, Sein, Rem di bekali dengan LED jelas lebih garang untuk tampilannya. Apa lagi dengan disain sewaktu di konsep kemarin (XM). Selanjutnya untuk roda penggerak kenapa harus dengan roda penggerak depan. Hal ini yang membuat saya yang awal menjadi pingin beli dan akhirnya ragu. Seperti yang dikeluhkan oleh pencinta mobil. Untuk roda penggerak depan sangat menjadi pertimbangan ketika digunakan untuk perjalanan naik terjal dan berkrikil. Karena kebanyakan yang belum ahli menggunakan penggerak roda depan. Akhirnya mereka akan sulit menahlukkan tanjakan tersebut. Seandainya XPANDER mau memperbaiki lagi dengan doubel gardan atau hanya penggerak belakang. Karena mobil ini di desain untuk tangguh. Untuk beli XPANDER yg sekarang pikir pikir dulu. Semoga sebentar lagi ada yg sesuai dengan harapan. Sudah dari awal jatuh cinta pada mobil XPANDER tapi sekarang sedikit kecewa. Salam 3 berlian 😊

    • Erick Tjandrawinata

      boss. kan target nya untuk menaklukan avanza, ertiga dan mobilio. kalau ingin 4×4 beli pajero sport 4×4 saja boss. kan varian tsb sudah ada.

      • Pak Bos

        Setidaknya walau tidak 4X4, memakai roda penggerak belakang pasti lebih enak. Driver pemula biar tidak terlalu kesusahan saat harus berkendara di tanjakan terjal dan licin. Dengan tampilan gagah tapi saat tikungan tanjakan curam rodanya muter doang kan gak lucu. Apa lagi mobil nya baru masuk pasar indonesia.

        • Asan

          justru tidak pak. krn bobit mesin didepan. saya pernah lihat Avs mau masuk loby hotel yg agak nanjak ban belakang muter doang . krn belakang kosong

          • Pak Bos

            Tapi kalo penumpang full beban kayak e berada di belakang. Bukannya malah muter doang rodanya.

          • Bowo Mb

            Mesinya kan de depan. Masa muter doang!

          • Pak Bos

            Cobak lihat di vidio youtube.. (Mobil tidak kuat nanjak saat ada tumpahan semen di tanjakan sitinjau) mesin emang d depan, tapi kalo umpama penumpang full. Jelas berat d belakang. Itu kelemahan roda penggerak depan. Kelebihannya emang irit.

          • shindongsilenk Jr

            boss,,
            kebanyakan syarat dan perumpamaan entee . .
            intinya entee penyuka RWD, dah itu doang…

          • Dhipin Tiwie

            coba ne mobil pake pnggerak belakang/rwd.saya juga beli ne mobil.

          • Dodo Adi

            BELAJAR MENGHARGAI PENDAPAT ORANG MEMANG PERLU BELAJAR YA. GAK USAH EMOSI

        • Hotma Utama

          Honda CRV sukses SUV terlaris di dunia dengan FWD…hebat kan FWD..

          • Pak Bos

            Tapi kalo tenaga saya lebih suka mitsubishi dan toyota 😃

    • helmi syarief

      setau ane udah dibekali led bos depan belakang, liat review2 di youtube

      • Pak Bos

        Untuk lampu utama, sein, dan rem masih lambu bohlam. Kalo bisa seperti waktu konsep XM jelas makin banyak yang jatuh cinta. Hehe

    • Asan

      RWD cenderung ada bunyi gardan dan gearbox karena posisi di bawah kita . gak enak Pak. kayak mobil murah he he just opini sih . sekarang saya pakai INnv

      • Pak Bos

        Tpi kalo meliht riviuw sasis dan peredamnya kayak e aman dengan sistem peredaman yg lebih baik di kelasnya.

      • tiyo

        Ndak pernah punya BMW ya, mas. BMW murahan tah dibanding Mobilio, wa ka ka. Semua ada plus minusnya. Coba lu pikir bus pake fwd, bakal banyak tumbal berjatuhan di jalan. Mau yg berat dan nyaman ya tiru model rwd nya VW kodok, bus mercy, dll. Dijamin nyaman jauh dibandingkan minibus pake basis Fuso atau Dyna. Ada harga ada rupa, aman dan nyaman itu mahal, kan.

    • Hotma Utama

      Honda CRV sukses SUV terlaris di dunia dengan FWD…hebat kan FWD..

    • Kardi

      Wah masih aja rame bahas fwd & rwd. Kalo yg demen rwd y uda beli
      mobil rwd, sebaliknya jg begitu. G usa banyak teori berpikir simple
      saja,bray, Setiap mobil ada + – nya, kaga ada yg sempurna. Ada yg suka suspensi
      empuk, ada jg yg suka kaku. Org bilang terbaik belum tentu yg lain jg
      sependapat. bray

      • bagio

        ini bukan hanya tentang fwd & rwd.kakak, ini masukan dari para konsumen supaya dapat memproduksi mobil harapan konsumen!!! agar makin laku keras hehe

    • jou rieg

      Klo saya pilih RWD. Mudah perawatannya. .simple…ter uji tahan banting…

    • M. KHOLIL (Wonderful Indonesia

      Memang kalau gardan depan itu kurang maksimal…kalu sdh agak berumur tinggal suara nya doank…mengaung…..

  • burhan

    RWD avanza, FWD xpander. Sayang sekali wuling blom ada di kota ane.

  • burhan

    RWD avanza, FWD xpander. Sayang sekali wuling (tiga permata) blom ada dealer resmi di kota ane

  • Ismail Is

    Avanza dan xenia tetap jadi mobil sejuta umat kuncinya ada pada sistim penggerak, coba expander sistim penggerak belakang avanza dan benua bakal tertinggal

    • Hotma Utama

      Honda CRV sukses SUV terlaris di dunia dengan FWD…hebat kan FWD..Avanza msh kls indonesia tok..

    • maqbool

      Giias 2017,spk xpander sukses melibas avx, tinggal liat konsistensinya aja

  • Akhmad Rifai

    Utk Performa jd pingin cepet punya ni, biar bs gantiin Xenia ku, jd mewah bs punya Pajero KW, tp knapa penggerak roda depan?

  • Wawan Sumarwan

    Saya hanya bisa berdoa semoga awal tahun 2018 bisa membeli dan memiliki mobil X Pander yang selama ini saya nantikan

  • Wijaya Wong

    Msh blm jelas apakah konsumsi bbm nya sama dg avanza atau lebih boros? Dilihat dr brosurnya yg dibuat dg tulisan super imut ( sy sdh pakai kaca mata pun sulit terbaca) seperti mitsubishi msh menyimpan keraguan dg produk xpander. Sy mah tunggu testimoni dr pemakai awal aja deh!

    • Andi Awan

      sabar gan biasanya dalam jangka kurang lebih 1 bulan sudah mulai ada testimoni dari pembeli awal gan!!! klo itu baru tahu kenyataanya gan bukan sekedar kata kata manis gan

  • Ismu Adam

    Kalo saya sih lebih cocok penggerak depan. Selama saya pakai mobil yg berpenggerak depan gak pernah ada masalah.walau di tanjakan² extrim. Dan rasanya handlingnya jg lebih mantep.

    • bagio

      kok beda ya Dengan yang saya rasakan sistem penggerak roda depan ini sayarasakan berat kendaraan terdapat di bagian
      depan. Hal ini membuat pengendalian mobil di kecepatan tinggi saat mobil
      berisi penuh penumpang, lebih susah dikendalikan. Dibandingkan dengan
      mobil dengan sistem penggerak roda belakang kan bahaya seandainya mobil ini terisi penuh dan tak dapat di kendalikan bro!!!

  • taufan nj

    Xpander ini rakitan rakitan indonesia apa thailand ?

  • RDP

    Kenapa yang M/T nggk ada yg type ultimate seenggaknya type sport deh soalnya kalo yang M/T Exceed fi turnya jauh banget dibanding ultimate sama sport

  • yoyok

    sebaiknya pahami kelebihan masing2 penggerak roda,…

    dengan harga yang di tawarkan sangat jauh saya rasa dengan tampilan dan fasilitas yg di berikan oleh pesaingan nya yg lebih dulu ada,… mitsubisi memberikan banyak sekali keunggulan dari pesaingnya,… itu menurut saya,… tapi dengan segala kelebihan pasti mitsubisi harus merelakan sesuatu untuk bisa menekan harga jual supaya bisa bersaing dengan pesaingnya,… salah satunya dengan pengerak depan,… ini bisa sangat memtong banyak sekali anggaran produksi,… karena dengan menggunakan penggerak roda depan maka produksi bisa lebih murah,… kemudian penggerak depan membuat mobil jd lebih irit, kenyamanan di perhatikan dengan menggunakan penggerak roda depan gangguan di dalam kabin jadi jauh berkurang,….mobil jd lebih gesit dan responsif,… mari liat kualitas bahan yang di gunakan,…. saya rasa akan lebih baik mitsubisi,…. karena pesaingnya selama ini saya liat bodi yang sangat wow ini mobil apa kaleng krupuk,… hehe,… ingat ini mobil yang lebih di utamakan untuk kota bukan untuk perjalanan luar kota,… jd penggerak depan memang yang terbaik untuk kondisi ini,…

  • Rasidin eko

    IMHO, paling tidak, masyarakat punya pilihan dan jelas punya benefit lebih dengan uang yang dikeluarkan, masuk akal atau tidak, kembali ke masyarakat itu sendiri. karna, gak mungkin juga semua pabrik bisa akomodir semua harapan msyrakat, mereka semua berbisnis, cuma siapa yg ambil untung kegedean? harga mahal cuma dengan fitur standar? kita terima ga? ga terima ya sudah jgn beli… menurut saya, xpander dgn harga segitu dapat fitur berlimpah, rasanya udah jauh lebih untung lah kita beli daripada rival2nya. Dua minggu lalu sudah saya jual kaleng krupuk avanza G 2016 saya, habis test drive, ga pake mikir lagi (bego aja mikir lagi, jelas mobil cakep kok) langsung tembak SPK xpander sport, moga mitsu tambah sukses dan laris xpandernya… Aamiin….

    • Kardi

      Saya masih heran kenapa banyak yang melihat mobil yang di jadikan taksi seperti avanza. klo menurut pandangan ane Mana mungkin perusahaan taksi asal pilih mobil ??
      Bukan pilih yg penting murah, tp yg bandel dan perawatannya murah.
      bagaimana menurut suhu-suhu???

    • Aan Subastian

      ga pake mikir lagi (jelas mobil cakep kok) langsung tembak SPG xpander sport,

      hahahaahahahaha

  • Warnadinata

    Aura Mitsubishi Xpander terus menggoda para pengincar small MPV di Indonesia. Hanya dalam 14 hari sejak meluncur resmi 10 Agustus 2017 lalu, penantang serius Avanza Cs itu sudah dipesan 11.521 unit!

    • Andi Awan

      wow hanya 14 hari sudah segitu ya min, penantang serius avanza nih ya!! tapi yang saya pikir klo seandainya ada beberapa kerusakan problem dari mobil itu dan untuk mencari spearpatnya yg harus indent 2 bulan itu gimana min kan kelamaan, klo pun spearpatnya di pasar loak ada pasti sudah beli saya min hehehe

  • Maleosx

    Dimana2 SUV kelas Premium seperti Mercedes, BMW, Honda CRV, Mazda CX5 yah FWD. Karena handdling mirip sedan

    Lihat tuh Ertiga, Spin FWD handling jauh lebih supperior ketimbang avanza yang RWD, menang naik tanjakan doang.

    RWD mah bawaan Truk, Angkot dan L300

  • Whendy Fibrianto

    delman penggerak depan,…becak penggerak belakang

    • shindongsilenk Jr

      sama sama ber bahan bakar alami ya broe,,,,

    • Ekek Ekek

      Apa ya seh kalau si.Jabodetabek itu nanjak terus jalannya, trus jalan kerikil kerikil, mungkin kalau di kalkulasi jalan di Jabodetabek ini cuma sekian persen yang kerikil kerikil dan nanjak nanjak. RWD atau pun FWD itu pilihan. Kalau secara teknikal seh kurang lebih saja. Kecuali kita di hutan , di Papua, Halmahera, Sulawesi, Kalimantan , Sumatera yang infrastruktur nya belum sebaik di pulau Jawa ini.

  • Ihsan Fajri

    FWD / RWD .
    ada yg bilang didunia terlaris FWD, RWD cuma di indonesia tok, dia mikir gak yaa bagaimana perbandingan track di berbagai negara .
    jelas kalau FWD, disaat muatan penuh untuk tanjakan curam berbatu jelas sulit. TAPI jika bermuatan standart tidak penuh dibelakang, masih cukup bisa mengatasi tanjakan berbatu/berkerikil/berpasir.

    SEBALIKNYA untuk RWD, jika muatan hanya supir dan1 atau 2 penumpang (tidak berat) maka tanjakan berpasir roda blakang sering berputar lebih cepat, TAPI jika muatan penuh RWD akan lebih tangguh dibanding FWD.

    gausah repot debat ini itu ada plus minus nya.

    INTINYA KALAU BELI UNTUK DI JAKARTA, HANYA AKA MENAMBAH KEMACETAN !!!
    MACET COYY JAKARTA,, MANA AHOK BAKAL BIKIN GAK MACET.
    KEMACETAN DIJAKARTA PENYEBAB INTINYA KARNA TERUS BERTAMBAHNYA JUMLAH KENDARAAN.

    INGAT NEGARA HEBAT GAK NORAK MAKE MOBIL KSANA KSINI KCUALI JAUH.
    LEBIH MEMILIH ANGKUTAN UMUM/BERJALAN KAKI.

  • aan

    seandainya xpander rwd dan ada yg diesel kayak ertiga. lebih mahal dikit gpp. pasti sangat mantab

Top