8 Mobil Listrik Terbaik yang Ada di Dunia

Mobil Listrik Terbaik – Saat ini, setidaknya ada 8 mobil listrik terbaik yang penting untuk diketahui. Bukan tanpa alasan mengingat mobil bertenaga listrik memang diprediksi kuat bakal menjadi kendaraan masa depan yang siap mendominasi pasar otomotif global. Selain itu, prediksi tersebut juga tak hanya sekedar alibi semata. Pasalnya, jika ditelisik kembali, sebenarnya teknologi listrik sebagai sumber power untuk kendaraan masa depan ini memang sudah dicanangkan jauh-jauh hari oleh banyak negara di dunia sebagai salah program penghematan energi, terutama untuk bahan-bahan yang bersifat habis dan tidak bisa diciptakan kembali ataupun didaur ulang seperti bahan bakar minyak yang saat ini masih digunakan untuk berbagai macam kendaraan, baik motor maupun mobil. Oleh sebab itu, tak heran jika sekarang banyak produsen yang memproduksi mobil listrik terbaik mereka guna menunjang program penghematan energi, termasuk juga dengan pemerintah Indonesia. Bahkan, beberapa produsen pun juga sudah mulai mencanangkan untuk memproduksi kendaraan listrik buatan mereka dengan spesifikasi maupun fitur canggih yang tak kalah saing dengan beberapa kendaraan konvensional. Oleh karena itu, tak salah jika kawan-kawan mengenal 8 mobil listrik terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Mobil Listrik Terbaik

Mobil Listrik Terbaik

Di samping itu, jika dikaitkan dengan 8 mobil listrik terbaik yang akan Mas Sena ulas kali ini, tentu saja tak lepas dari beberapa merk ternama di dunia. Sebut saja, seperti Tesla, Ford, Mitsubishi, Toyota, Renault, Nissan, dan beberapa lainnya yang telah memproduksi bahkan merilis beberapa produk mereka di pasaran. Dengan perilisan kendaraan bermesin listrik dari beberapa produsen di akhir-akhir tahun ini pastinya sudah bisa ditebak bahwa era mobil listrik sudah dimulai. Namun, sayangnya masih banyak juga konsumen yang belum mengenal beberapa mobil listrik yang saat ini sudah mulai bertebaran di pasar global, khususnya para konsumen di Indonesia. Maka dari itu, 8 mobil listrik terbaik yang akan Mas Sena sajikan kali ini tentu sedikit banyak akan membantu kawan-kawan semua guna mengenal lebih jauh beberapa mobil bermesin listrik yang tidak kalah dengan mobil biasa yang ada di dunia. Tentu saja hal ini sangat penting mengingat mobil listrik ini diklaim kuat akan menjadi kendaraan masa depan sebagai pengganti mobil konvensional yang berbahan bakar minyak. Nah, tak perlu berlama-lama, mari kita simak saja bersama-sama 8 mobil listrik terbaik di dunia yang akan Mas Sena sajikan pada segmen-segmen di bawah ini!

 

Daftar Mobil Listrik Terbaik

Berikut di bawah ini beberapa daftar mobil listrik terbaik yang bisa kawan jadikan sebagai referensi. Beberapa di antaranya antara lain sebagai berikut :

Chevrolet Volt

Mobil Listrik Terbaik Chevrolet Volt

Pertama yaitu Chevrolet Volt yang merupakan salah satu mobil listrik terbaik di dunia buatan pabrik yang bermarkas di Amerika Serikat. Tak diragukan lagi bahwa merk kenamaan asal Negeri Paman Sam ini memang dikenal sangat ahli dalam mengembangkan inovasi canggih khususnya di segmen teknologi kendaraan roda empat. Sehingga, Chevrolet Volt pun menjadi salah satu kategori mobil listrik yang cukup diperhitungkan.

Di samping itu, mobil listrik terbaik dari Chevrolet yang sebelumnya sudah resmi dirilis pada tahun 2010 silam ini memang membawa sejumlah fitur-fitur menarik nan canggih serta kemampuan spesifikasi yang tak kalah saing. Dari sisi desain eksteriornya saja sudah tampak bagaimana Chevrolet menampilkan kesan kemewahan dan kecanggihannya pada setiap sisik bodi fisiknya serta interior super elegan dengan ragam fitur terkini yang siap menemani maupun memanjakan setiap penumpangnya. Belum lagi dengan dapur pacu dari mobil listrik terbaik yang satu ini yang mengandalkan motor berdaya listrik dengan asupan daya baterai 24 kwh lithium ion yang diklaim sanggup menempuh perjalanan maksimal 117 km. Menariknya, mobil ini juga dibekali mesin bensin sebagai bakal memberikan tenaga dorong bagi kendaraan ini hingga daya yang dibutuhkan benar-benar cukup untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Sementara itu, untuk soal banderol, harga mobil listrik terbaik Chevrolet Volt ini akan dijual seharga 33.395 pounds atau setara Rp 660 jutaan.

Tesla Roadster

Mobil Listrik Terbaik Tesla Roadster

Tesla Motors yang digadang-gadang sebagai produsen mobil listrik terbaik pun juga menelurkan produk barunya yang bertajuk Tesla Roadster. Pabrik canggih yang berasal dari Amerika Serikat ini memang menjadi salah satu produsen yang memang khusus memproduksi mobil listrik yang siap dipasarkan secara global. Bahkan, diketahui juga bahwa penjualannya sendiri pun diperkirakan bahwa Tesla telah berhasil menjual 2000 unit lebih dari awal mulai diciptakannya Tesla Roadster ini pada tahun 2008 hingga di akhir tahun 2011. Tentu saja, hal itu merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan.

Di sisi lain, keberhasilan Tesla Roadster yang dinobatkan sebagai salah satu mobil listrik terbaik di dunia tersebut tak lepas dari teknologi maupun kehandalannya. Dari segi desain, konsep mobil listrik modern pun tampak disematkan pada setiap sisi bodi fisiknya yang mengesankan sebagai mobil masa depan. Bahkan, interiornya pun dirancang dengan mengusung tema yang begitu futuristik dan human friendly sebagai penunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Sementara itu, mesin yang diusung mobil listrik terbaik buatan Tesla ini pun juga mengandalkan sebuah baterai jenis Li-Ion yang diklaim sanggup menyemburkan power 53 kWh pada ke empat motor penggeraknya pada setiap kaki-kakinya. Menariknya, dengan baterai yang diusungnya tersebut, Tesla Roadster ini pun diklaim mampu dioperasikan hingga 393 Km dengan kondisi baterai dalam keadaan berdaya full. Maka, dengan kemampuan dan kecanggihannya yang super modern dan inovatif tersebut, tak heran jika harga mobil listrik terbaik Tesla Roadster ini dibanderol seharga 1.1 Miliar Rupiah.

Fisker Karma

Mobil Listrik Terbaik Fisker Karma

Mungkin, nama Fisker Karma tampaknya masih terdengar asing di telinga sebagian konsumen di dunia, termasuk di Indonesia. Nah, perlu diketahui dulu bahwa mobil listrik terbaik Fisker Karma ini merupakan produsen asal Finlandia yang bernama Fisker Automotive dan Valmet Automotive. Kesan mewah pun juga turut disematkan pada setiap sektor, baik eksterior, interior maupun fitur-fitur yang dibawanya. Maka dari itu, sangat cocok jika Fisker Karma ini menjadi salah satu mobil listrik berkualitas yang ada di dunia.

Bukan alibi semata mengingat spesifikasi yang dibawanya memang juga tak kalah saing dengan beberapa produsen lain. Untuk tampilannya sendiri pun mobil listrik terbaik yang satu ini bisa dilihat kesan modern dan futuristik dengan gaya sporty pun kian tampak begitu jelas dan tegas. Sehingga, dipastikan bakal sanggup menghipnotis para konsumen. Sementara itu, untuk sektor interiornya pun juga sangat canggih dengan fitur-fitur penunjang keselamatan tingkat tinggi. Bahkan, kenyamanan pun juga akan dirasakan oleh para penumpang mengingat mobil listrik terbaik buatan pabrik asal Finlandia ini memiliki ukuran ruang kabin yang tak sempit sehingga akan membuat ruang gerak menjadi lebih leluasa. Belum lagi dengan dapur pacunya yang diketahui menggunakan teknologi hybrid plug-in dengan memadukan dua unsur bahan bakar, yakni listrik dan bahan bakar minyak. Sedangkan, untuk baterainya sendiri menggunakan tipe Lithium Ion dengan besaran kapasitas daya 20.1 kWh di mana sanggup bertahan untuk menempuh jarak hingga 51 Km. Di sisi lain, terkait dengan harganya, Fisker Karma ini diketahui bakal dibanderol seharga 80.000 Pounds atau setara dengan Rp 1.5 Miliar. Angka yang Mas Sena kira sepadan sebagai mobil listrik terbaik di dunia.

Ford Focus Electric

Mobil Listrik Terbaik Ford Focus Electric

Tak ketinggalan juga bahwa Ford Focus Electric pun menjadi salah satu mobil listrik terbaik yang dipasarkan di dunia dengan bekalan teknologi super canggih. Memang, belum lama ini, tepatnya pada awal tahun 2016 lalu, merk mobil asal Amerika Serikat yang diproduksi sejak tahun 2011 silam tersebut, kini tak dijual lagi di Indonesia. Namun, meskipun demikian, Ford Focus Electric tetap masuk dalam kategori mobil listrik terbaik di dunia.

Di samping itu, yang cukup menarik bahwa Ford Focus Electric sendiri pernah mendapat penghargaan sebagai “Green Vision Car Award”. Maka, sangat layak jika dengan apa yang pernah diraihnya tersebut menjadi salah satu alasan kenapa mobil ini menjadi mobil listrik terbaik di dunia. Selain itu, sebagai kendaraan bermesin listrik terbaik, tentu tak lepas dari spesifikasinya di mana Ford Focus Electric sendiri dibekali baterai jenis Li-Ion (Lithium Ion) dengan daya sebesar 23 kWh yang mana pada saat uji coba secara nyata oleh pihak Ford, mobil listrik terbaik yang dibuatnya tersebut diklaim dapat menempuh jarak hingga 122 Km.

Nissan Leaf

Mobil Listrik Terbaik Nissan LEAF

Salah satu mobil listrik terbaik yang cukup diperhitungkan yaitu Nissan Leaf. Di mana, mobil mewah garapan pabrik asal Jepang ini hadir dengan mengusung konsep city car yang dibentuk dalam desain unik tapi dengan tidak menanggalkan fungsionalitas yang dimiliki mobil tersebut. Hal tersebut juga tak lepas dari kenyamanan yang ditawarkannya layaknya mobil yang hanya menggunakan bahan bakar bensin. Lalu, apa saja kelebihan atau keunggulan yang dimiliki mobil listrik bernama Nissan Leaf ini?

Berbicara mengenai keunggulan, tentu saja akan berkaitan erat dengan spesifikasi yang dibawanya. Bahkan, sejak awal diluncurkan Nissan Leaf ini telah berhasil dinobatkan sebagai mobil listrik terbaik dengan meraih penghargaan “Green Car Vision” di tahun 2010 yang lalu dan penghargaan European Car of The Year di tahun 2011 serta Car of The Year antara 2011 sampai 2012 hingga World Car of The Year di tahun 2011. Tentu saja, banyaknya penghargaan yang disabetnya tersebut tak lepas dari spesifikasi yang dibawanya di mana mobil listrik terbaik buatan Nissan ini dipersenjatai dengan baterai tangguh jenis Li-Ion yang memiliki kapasitas daya sebesar 80 kWh. Di mana, dengan bekalan baterai tersebut, Nissan Leaf ini sanggup berakselerasi  dengan jarak tempuh yang mencapai angka 117 Km. Nah, terkait dengan banderol, harga Nissan Leaf di Indonesia pada tahun 2016 lalu ini diketahui berkisar di angka Rp 625 jutaan yang didatangkan langsung secara utuh dari Jepang (CBU). Dengan statusnya sebagai salah satu mobil listrik terbaik yang ada di dunia, tentu harga tersebut cukup sebanding.

Mitsubishi i-MiEV

Mobil Listrik Terbaik Mitsubishi I MiEV

Tak hanya Nissan saja, Mitsubishi i-MiEV pun juga hadir sebagai mobil listrik terbaik asal Jepang. Meski memiliki bentuk yang simpel dan sedikit mungil serta terkesan minimalis namun mobil yang dijual pertama kali pada pertengahan tahun 2009 silam ini diklaim cukup mendapat respon yang positif dari masyarakat di dunia. Di sisi lain, mobil listrik buatan Mitsubishi ini pun juga memiliki nama lain C-Zero untuk produk yang dipasarkan di Eropa. Lantas, kira-kira teknologi apa saja yang ditawarkan mobil listrik terbaik garapan pabrik asal Negeri Samurai ini?

Jika melihat dari segi desain fisiknya yang tampak simpel dan minimalis tampaknya Mitsubishi i-MiEV ini memang hanya akan mengandalkan sektor dapur pacu yang tak sebesar beberapa mobil listrik buatan Amerika Serikat. Dengan menyesuaikan bentuk desainnya yang super minimalis tersebut, Mitsubishi akan membekali mobil listrik terbaik buatannya itu dengan baterai dari jenis Li-Ion yang sanggup menampung daya hingga kapasitas 16 kWh dengan hasilkan power 47 kW dan torsi 180 Nm. Dengan bekalan baterai tersebut, mobil mungil ini sanggup menempuh jarak antara 100 Km sampai 160 Km. Sedangkan untuk harganya sendiri, Mitsubishi i-MiEC akan dibanderol seharga Rp 295 jutaan. Harga tersebut memang terbilang cukup murah sebagai salah satu mobil listrik terbaik yang ada di dunia.

Renault Fluence Z.E

Mobil Listrik Terbaik Renault Fluence Z.E

Selain itu, mobil listrik terbaik yang perlu kawan pertimbangkan yaitu Renault Fluence Z.E. Bukan tanpa alasan mengingat mobil ini merupakan versi elektrik dari sedan kompak eksekutif Renault Fluence. Kendaraan bermesin listrik buatan Renault ini resmi diperkenalkan pada tahun 2009 lalu pada ajang Frankfurt Motor Show dan baru bisa dipesan di pasar global pada April 2010 lalu.

Terkait dengan spesifikasinya, Renault Fluence Z.E ini akan mengusung konsep mobil sedan kompak premium 4 pintu dengan desain yang cukup elegan dan mewah. Sementara itu, untuk interiornya pun juga tak kalah menariknya dengan beberapa mobil listrik terbaik buatan pabrik lain. Pasalnya, produsen otomotif asal Korea Selatan tersebut telah melengkapi sisi interiornya dengan ragam fitur canggih serta ruang kabin yang cukup ideal sehingga kenyamanan dalam berkendara pun kian terasa. Selai itu, tak ketinggalan pula bahwa mobil listrik terbaik yang satu ini juga akan mengandalkan baterai Li-Ion berkapasitas 22kWh dengan semburan power maksimal hingga 70 kW dan torsinya 226 Nm serta mampu menempuh jarak hingga 160 Km. Sedangkan untuk harganya sendiri, mobil listrik ini akan dibanderol dengan nominal yang cukup mahal yaitu Rp 1.1 Milyar. Waw, nominal harga yang tidak murah tentunya. Namun hal tersebut akan sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh mobil listrik terbaik dari Renault ini.

Toyota Prius Plug-in Hybrid

Mobil Listrik Terbaik Toyota Prius Plug In Hybrid

Mobil listrik terbaik yang terakhir yaitu datang dari pabrik Jepang yang bernama Toyota Prius Plug-in Hybrid. Mobil sedan bertenaga listrik garapan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini diluncurkan untuk pertama kalinya di tahun 2012 dan diperbarui kembali pada tahun 2016. Menariknya, angka penjualan mobil listrik yang satu ini cukup membanggakan. Pasalnya, hanya butuh satu tahun sejak peluncurannya sudah mencatat angka penjualan hingga lebih dari 24.700 unit yang dijual ke seluruh dunia, termasuk didalamnya adalah indonesia. Tentu saja, penjualan mobil listrik terbaik ini yang fantastis tersebut tak lepas dari keunggulan spesifikasi yang dibawanya.

Sementara itu, berbicara mengenai keunggulan, untuk spesifikasi Toyota Prius Plug-in Hybrid sendiri memang tak bisa dipandang sebelah mata. Selain nama brand yang sudah dikenal sebagai merk ternama yang bergengsi, tentu saja mobil listrik ini akan membawa sejumlah fitur canggih. Hanya saja, untuk sektor permesinannya, Toyota hanya membekali baterai pada mobil listrik terbaik  ini dengan kapasitas kecil yaitu 4.4 kWh Lithium Ion dan bahan bakar minyak berupa bensin. Sehingga, wajar jika mobil listrik ini hanya sanggup menempuh jarak hingga 18 Km saja. Nah, untuk harganya sendiri, Toyota Prius Plug-in Hybrid akan dibanderol seharga Rp 449 jutaan. Tak mengherankan memang banyak pengguna yang antusias untuk memiliki mobil listrik terbaik yang satu ini karena harganya terbilang cukup terjangkau untuk sebuah mobil listrik.

Nah, itulah tadi daftar dari 8 mobil listrik terbaik yang ada di dunia. Tentu saja, dari kedelapan daftar mobil listrik di atas, teman-teman sudah memiliki gambaran kira-kira merek mana yang cocok untuk dijadikan pilihan. Dari informasi tersebut kawan-kawan juga sekarang mengetahui bahwa mobil listrik tidak selalu dibanderol dengan harga selangit. Pasalnya, dari ke 8 mobil listrik terbaik yang Mas Sena ulas di atas, beberapa diantaranya bahkan dibanderol cukup murah dan lebih murah dari mobil konvensional bermesin bensin. Selain itu, dari beberapa pilihan tersebut, tidak semuanya dijual di Indonesia, seperti Ford Focus Electric yang saat ini sudah tidak dijual di Tanah Air dan beberapa merek mobil listrik lain yang harus didatangkan secara utuh (CBU). Nah, tampaknya sampai di sini dulu ya kawan pertemuan kita. Semoga informasi mengenai 8 mobil listrik terbaik di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga informasi menarik lainnya mengenai Mobil SUV Murah dan Oli Mobil Terbaik.

Top