BMW 3 Series Touring

Harga BMW 3 Series Touring dan Spesifikasi – Di tahun 2020 ini, BMW membuat sejarah di pasaran mobil Indonesia. Setelah sebelumnya berhasil dengan produk New BMW M5 Edition 35 Years, kali ini untuk pertama kalinya BMW meluncurkan mobil dengan seri touring.

Mobil yang termasuk dalam tipe mobil SUV ini adalah BMW 3 Series Touring. Mobil dengan tampilan gagah dan tangguh khas SUV ini diluncurkan pada tanggal 17 April 2020.

Peluncuran BMW 3 Series Touring tentunya menjadi ancaman bagi pesaing-pesaingnya. Apalagi mobil ini hadir dengan beberapa varian, diantaranya SE, Sport, dan M Sport.

Mobil yang pertama kali dipasarkan di Jerman ini dibekali beberapa perubahan secara tampilan maupun fungsionalitas daripada edisi sebelumnya. Secara nyata saja, dimensi dari BMW 3 Series Touring terlihat lebih besar dari mobil pendahulunya.

Lalu sebenarnya apa saja sih fitur – fitur BMW 3 Series Touring yang canggih dan berbeda dari edisi sebelumnya ini? Untuk itu, Mas Sena mengajak teman – teman mengulas spesifikasi dan harga BMW 3 Series Touring bersama – sama.

Mobil SUV yang tangguh dan gagah baik desain maupun mesin, serta dilengkapi dengan fitur canggih yang siap menggebrak pasaran SUV di Indonesia.

BMW 3 Series Touring
  • Mobil BMW 3 Series TouringJenis SUV
  • Kapasitas Mesin BMW 3 Series TouringKapasitas 1998 cc
  • Kecepatan BMW 3 Series TouringTenaga 184 hp
  • Torsi BMW 3 Series TouringTorsi 300 nm
  • Transmisi BMW 3 Series TouringTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar BMW 3 Series TouringBahan Bakar Bensin
  • Berat BMW 3 Series TouringBerat 1.565 kg
  • Kursi BMW 3 Series TouringKursi 5 Kursi

Harga BMW 3 Series Touring

Note - Harga BMW 3 Series Touring diatas untuk kisaran bulan Mei 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Bagaimana teman – teman? Sangat canggih dan mewah bukan mobil SUV BMW ini? Lalu dengan kualitas yang ditawarkan tadi, berapa sih harga BMW 3 Series Touring terbaru di pasaran?

Akan tetapi, sebelum menuju ke harga BMW 3 Series Touring, Mas Sena akan merangkum sedikit mengenai kecanggihan fitur – fitur mobil ini.

BMW 3 Series Touring dibekali dengan fitur yang sangat istimewa berupa BMW Operating System 7.0 dan Intelligent Personal Asisstant.

Selain itu, sisi pencahayaan yang menggunakan lampu LED baik lampu depan, foglamps, maupun lampu belakang menjadi nilai plus tersendiri.

Di samping itu, pengemudi yang memiliki fitur khusus berupa BMW Live Cockpit Professional menambah mewah mobil ini.

Maka, tak heran jika harga BMW 3 Series Touring terbaru tergolong mahal dengan rentang harga di atas 500 juta, yaitu mencapai sekitar 1.289 miliar. Akan tetapi, harga detail setiap varian dari mobil ini masih belum jelas informasinya.

Namun, harga BMW 3 Series Touring tersebut merupakan harga OTR (daerah Jakarta dan sekitarnya), sehingga untuk daerah – daerah lain tentunya terdapat perbedaan.

Mantab bukan harga BMW 3 Series Touring terbaru ini? Tetapi tenang, dengan harga yang tergolong mahal tersebut teman – teman pastinya akan mendapatkan spesifikasi canggih kelas premium seperti yang sudah Mas Sena utarakan di atas.

Gambar BMW 3 Series Touring

Spesifikasi BMW 3 Series Touring

Ringkasan:

Spesifikasi BMW 3 Series Touring menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek BMW 3 Series Touring yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1998 cc.

Warna BMW 3 Series Touring

Berikut ini adalah pilihan warna BMW 3 Series Touring yang dapat anda pilih:

Review BMW 3 Series Touring

Eksterior BMW 3 Series Touring

Mobil BMW 3 Series Touring

Mas Sena akan mulai mengulas spesifikasi BMW 3 Series Touring dilihat dari bagian yang terlihat dari luar. Ya, benar kita akan mengulas sisi eksterior terlebih dahulu.

Mobil SUV yang diproduksi oleh salah satu perusahaan otomotif di Jerman ini hadir dengan desain khas Eropa, sehingga terlihat garang dan tangguh.

Melihat dari dimensi mobil yang terlihat lebih besar dari edisi sebelumnya, BMW 3 Series Touring memiliki panjang 4.709 mm, lebar 1.827 mm, dan tinggi 1.470 mm.

Jarak sumbu roda yang dimiliki mobil ini sepanjang 2.851 mm dengan berat kosong 1.565 kg. Sayangnya, informasi mengenai ground clearance dari mobil ini masih belum ada.

Akan tetapi, karena mobil ini hadir dalam seri touring, ground clearance dari mobil ini tentunya tinggi.

Kenampakan dari depan BMW 3 Series Touring ini semakin terlihat garang dengan adanya kidney grille yang merupakan ciri khas dari BMW yang lebih meyatu dengan ukuran lebih besar.

Bumper yang disematkan juga telah mengalami penyempurnaan dengan detail yang lebih modern.

Tampilan yang semakin modern dari bumper ini dibuktikan dengan lekukan – lekukan tajam yang membuat mobil terlihat agresif.

Bagian depan ini semakin terlihat garang dengan disematkannya headlamp yang telah menggunakan lampu LED berupa BMW Laserlight.

Headlamp yang terpasang di mobil BMW 3 Series Touring dipadukan dengan LED foglamps yang melengkapi pencahayaan mobil ini di bagian depan.

Dilihat dari sisi samping, semakin tampak perbedaan dimensi BMW 3 Series Touring dengan edisi sebelumnya. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari jarak antar sumbu roda, front track, dan rear track yang lebih panjang.

Secara desain, bagian samping dari mobil ini tidak kalah menawan dibandingkan bagian depan. Hal ini dikarenakan disematkannya garis body yang terlihat dari bumper depan hingga lampu belakang.

Berjalan lebih ke belakang lagi, di sisi belakang BMW 3 Series Touring tak kalah garang dari bagian – bagian di depannya. Adanya overfender dan twin-pipe exhaust system di bagian ini mengisyaratkan ketangguhan akan mobil ini.

Secara desain, bagian belakang BMW 3 Series Touring terlihat menarik dengan adanya Hoffmeister Kink di kaca belakang yang merupakan ciri khas dari mobil BMW. Kaca belakang ini sendiri lebih besar 20 mm dibandingkan dengan pendahulunya.

Mobil yang memang dirakit untuk touring ini tentunya dilengkapi fasiltias yang mendukung. Salah satunya adanya roof tail di bagian atas dari mobil ini.

Tentunya dengan adanya roof tail ini digunakan sebagai dudukan roofbox yang membantu para pengguna untuk menaruh barang bawaan.

Beralih ke spek BMW 3 Series Touring berikutnya, yaitu velg dan ban. Velg dari BMW 3 Series Touring berbeda – beda dari setiap varian. Velg 17 inch untuk varian SE, 18 inch untuk varian Sport, dan 19 untuk varian M Sport.

Sedangkan ban yang digunakan oleh mobil ini adalah Pirelli P-Zero dengan ukuran 225/40 R19 yang hadir dengan warna orbit grey matt.

Interior BMW 3 Series Touring

Harga BMW 3 Series Touring

Setelah puas menjamah bagian luar, Mas Sena mengajak melihat spesifikasi BMW 3 Series Touring dari bagian dalamnya, atau sisi interior.

Sisi interior dari mobil ini menawarkan desain yang indah dan menarik, serta dilengkapi beberapa fitur yang membuat penumpang menjadi nyaman berada di dalamnya.

Hal yang membuat sisi interior mobil BMW ini terasa istimewa adalah dihadirkannya BMW Operating System 7.0 dan Intelligent Personal Assistant.

Dimulai dari bagian dashboard, BMW 3 Series Touring dilengkapi dengan adanya fitur hiburan berupa layar sentuh. Layar sentuh dari setiap varian berbeda, yaitu 9 inch untuk varian SE dan 10 inch untuk varian Sport serta M Sport.

Pengemudi BMW 3 Series Touring dibekali dengan sistem kemudi power steering dan dimanjakan dengan adanya iDrive Controller, gesture control, kontrol suara, dan tombol roda kemudi.

Fitur yang membuat BMW 3 Series Touring terasa istimewa adalah adanya BMW Live Cockpit Professional yang dapat dijadikan co-driver dengan merespon ucapan ‘Hey BMW’ dan menanggapi perintah suara yang diberikan.

Fitur hiburan lain yang ditawarkan mobil ini dengan adanya Apple CarPlay dan sistem suara surround Harman Kardon.

Mobil BMW ini menyediakan 5 kursi penumpang berbahan kulit Nappa yang dilengkapi dengan bagasi yang luas di belakangnya. Penumpang akan merasa lapang di dalam mobil ini dengan adanya panoramic glass roff.

Sedangkan, bagasi mobil ini mampu mengangkut barang bawaan dengan kapasitas 500 liter. Akan tetapi, apabila kita melipat tiga kursi bagian tengah, kapasitas bagasi akan menjadi 1.510 liter.

Selain itu, spek BMW 3 Series Touring bagian interior ini juga dibekali sistem pendingin udara 3-zona otomatis yang membuat penumpang semakin nyaman.

Keamanan & Kenyamanan BMW 3 Series Touring

Spesifikasi BMW 3 Series Touring

Setelah puas mengulik spesifikasi BMW 3 Series Touring dari sisi interior dan eksterior. Mas Sena akan mengajak teman – teman melihat fitur keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan mobil ini.

BMW 3 Series Touring dibekali dengan suspensi yang unggul, yaitu Double-joint spring-strut axle untuk suspensi depan dan Fixe-link axle untuk suspense belakang.

Dengan adanya kedua suspensi tersebut tentunya mendukung mobil ini digunakan untuk touring, karena akan memberikan rasa nyaman ketika melewati jalanan yang tidak rata.

Selain itu, adanya rem depan berupa M-Sport bakes 4-piston calipers dan rem belakang berupa 2-piston calipers membuat rasa aman ketika melewati jalanan di alam yang berkelak kelok.

Kedua rem yang ditawarkan BMW 3 Series Touring dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EBD, sehingga mengurangi goncangan ketika mobil dihentikan atau dikurangi kecepatannya.

Bagian depan dan samping di dalam mobil ini dibekali dengan adanya airbag untuk mengurangi risiko benturan penumpang di dalamnya ketika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan, fitur keamanan lain yang ada dalam BMW 3 Series Touring berupa Vehicle Stability Control System, Child Safety Locks, Engine Check Warning, dan Crash Sensor.

Beralih ke spek BMW 3 Series Touring sisi kenyamanannya, dimana mobil ini dibekali fitur Comfort Access 2.0 yang dapat melakukan buka tutup pintu bagasi otomatis saat pengemudi mendekati dan menjauhi mobil.

Mesin BMW 3 Series Touring

Spek BMW 3 Series Touring

Selanjutnya, Mas Sena akan mengajak teman – teman melihat spesifikasi BMW 3 Series Touring dari bagian dapur pacunya.

BMW 3 Series Touring dibekali dengan mesin berkapasitas 1.998 cc dengan tipe BMW B48B20 Inline-4 Turbocharged. Mesin ini terdiri atas 4 silinder.

Sedangkan, untuk tenaga yang mampu dihasilkan mobil ini mencapai 184 hp dengan torsi maksimal mencapai 300 nm.

BMW 3 Series Touring menggunakan sistem transmisi otomatis dengan 8 kecepatan. Akselerasi yang mampu ditempuh mobil ini adalah 0 – 100 kpj dalam waktu 7.5 detik.

Sedangkan konsumsi bahan bakar dari mobil ini adalah 14.9km/l Ketika dikendarai sesuai dengan akselerasi di atas.

Selain itu, di setiap varian mobil ini baik SE, Sport, maupun M Sport dapat dibagi lagi menjadi enam varian. Hal ini dikarenakan spek BMW 3 Series Touring tersedia dalam bahan bakar bensin maupun diesel.

Sayangnya, untuk kapasitas bahan bakar dari mobil ini Mas Sena belum mendapatkan informasinya.

Kelebihan BMW 3 Series Touring

Kekurangan BMW 3 Series Touring

Mesin

  • Tipe Mesin
  • BMW B48B20 Inline-4 Turbocharged
  • Kapasitas Mesin
  • 1.998 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 8 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 184 hp
  • Torsi Maksimal
  • 300 nm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.709 mm
  • Lebar
  • 1.827 mm
  • Tinggi
  • 1.470 mm
  • Berat
  • 1.565 kg
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.851 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Double-joint spring-strut axle
  • Suspensi Belakang
  • Fixe-link axle
  • Rem Depan
  • M-Sport bakes 4-piston calipers
  • Rem Belakang
  • 2-piston calipers
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Pirelli P-Zero 225/40 R17
  • Velg
  • Alloy 17 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED BMW Laserlight
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit Nappa
  • Audio
  • Harman Kardon
  • Layar
  • Layar sentuh 9 inch
  • Sistem Pendinginan
  • 3-zona otomatis
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • BMW B48B20 Inline-4 Turbocharged
  • Kapasitas Mesin
  • 1.998 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 8 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 184 hp
  • Torsi Maksimal
  • 300 nm
  • Bahan Bakar
  • Solar

Dimensi

  • Panjang
  • 4.709 mm
  • Lebar
  • 1.827 mm
  • Tinggi
  • 1.470 mm
  • Berat
  • 1.565 kg
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.851 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Double-joint spring-strut axle
  • Suspensi Belakang
  • Fixe-link axle
  • Rem Depan
  • M-Sport bakes 4-piston calipers
  • Rem Belakang
  • 2-piston calipers
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Pirelli P-Zero 225/40 R17
  • Velg
  • Alloy 17 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED BMW Laserlight
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit Nappa
  • Audio
  • Harman Kardon
  • Layar
  • Layar sentuh 9 inch
  • Sistem Pendinginan
  • 3-zona otomatis
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • BMW B48B20 Inline-4 Turbocharged
  • Kapasitas Mesin
  • 1.998 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 8 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 184 hp
  • Torsi Maksimal
  • 300 nm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.709 mm
  • Lebar
  • 1.827 mm
  • Tinggi
  • 1.470 mm
  • Berat
  • 1.565 kg
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.851 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Double-joint spring-strut axle
  • Suspensi Belakang
  • Fixe-link axle
  • Rem Depan
  • M-Sport bakes 4-piston calipers
  • Rem Belakang
  • 2-piston calipers
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Pirelli P-Zero 225/40 R18
  • Velg
  • Alloy 18 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED BMW Laserlight
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit Nappa
  • Audio
  • Harman Kardon
  • Layar
  • Layar sentuh 10 inch
  • Sistem Pendinginan
  • 3-zona otomatis
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • BMW B48B20 Inline-4 Turbocharged
  • Kapasitas Mesin
  • 1.998 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 8 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 184 hp
  • Torsi Maksimal
  • 300 nm
  • Bahan Bakar
  • Solar

Dimensi

  • Panjang
  • 4.709 mm
  • Lebar
  • 1.827 mm
  • Tinggi
  • 1.470 mm
  • Berat
  • 1.565 kg
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.851 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Double-joint spring-strut axle
  • Suspensi Belakang
  • Fixe-link axle
  • Rem Depan
  • M-Sport bakes 4-piston calipers
  • Rem Belakang
  • 2-piston calipers
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Pirelli P-Zero 225/40 R18
  • Velg
  • Alloy 18 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED BMW Laserlight
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit Nappa
  • Audio
  • Harman Kardon
  • Layar
  • Layar sentuh 10 inch
  • Sistem Pendinginan
  • 3-zona otomatis
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • BMW B48B20 Inline-4 Turbocharged
  • Kapasitas Mesin
  • 1.998 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 8 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 184 hp
  • Torsi Maksimal
  • 300 nm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.709 mm
  • Lebar
  • 1.827 mm
  • Tinggi
  • 1.470 mm
  • Berat
  • 1.565 kg
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.851 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Double-joint spring-strut axle
  • Suspensi Belakang
  • Fixe-link axle
  • Rem Depan
  • M-Sport bakes 4-piston calipers
  • Rem Belakang
  • 2-piston calipers
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Pirelli P-Zero 225/40 R19
  • Velg
  • Alloy 19 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED BMW Laserlight
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit Nappa
  • Audio
  • Harman Kardon
  • Layar
  • Layar sentuh 10 inch
  • Sistem Pendinginan
  • 3-zona otomatis
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • BMW B48B20 Inline-4 Turbocharged
  • Kapasitas Mesin
  • 1.998 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 8 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 184 hp
  • Torsi Maksimal
  • 300 nm
  • Bahan Bakar
  • Solar

Dimensi

  • Panjang
  • 4.709 mm
  • Lebar
  • 1.827 mm
  • Tinggi
  • 1.470 mm
  • Berat
  • 1.565 kg
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.851 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Double-joint spring-strut axle
  • Suspensi Belakang
  • Fixe-link axle
  • Rem Depan
  • M-Sport bakes 4-piston calipers
  • Rem Belakang
  • 2-piston calipers
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Pirelli P-Zero 225/40 R19
  • Velg
  • Alloy 19 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED BMW Laserlight
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit Nappa
  • Audio
  • Harman Kardon
  • Layar
  • Layar sentuh 10 inch
  • Sistem Pendinginan
  • 3-zona otomatis
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada