Hyundai Ioniq Electric

Harga Hyundai Ioniq Electric dan Spesifikasi – Era kendaraan mobil listrik sebagai alat transportasi masa depan tampaknya menjadi isu yang saat ini berkembang pesat.

Bahkan, beberapa pabrikan pun mulai melakukan pengembangan dengan memproduksi kendaraan listrik. Hal ini sontak membuat isu terkait kendaraan bertenaga listrik menjadi sorotan yang kian meluas, termasuk di pasar otomotif Indonesia.

Salah satu yang menarik adalah kendaraan di segmen mobil listrik yang kini sudah menjadi rumor kuat di industri otomotif Tanah Air.

Dimana, belum lama ini atau tepatnya pada 6 November 2020 lalu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dikabarkan telah merilis satu mobil listrik perkotaan yang sangat canggih, yaitu Hyundai Ioniq Electric.

Kehadiran mobil elektrik buatan pabrik asal Korea Selatan ini sekaligus menemani hadirnya Kona Electric yang juga hadir sebagai mobil listrik nan ramah lingkungan.

Tentu saja, baik Hyundai Ioniq Electric maupun Kona Electric, keduanya sama-sama akan menjadi mobil bertenaga listrik yang sanggup mengalihkan pasar ke kendaraan elektrik.

Apalagi, harga dari dua mobil buatan Hyundai tersebut juga terbilang paling murah ketimbang beberapa mobil listrik lain. Mengingat, banderolnya tidak mencapai 1 Miliar melainkan berada di kisaran 600 jutaan saja. Menarik bukan?

Jika kawan-kawan tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai mobil listrik ini, Mas Sena akan berbagi informasi terkait dengan review dari beberapa fitur maupun keunggulannya.

Hanya saja, kali ini Mas Sena akan lebih terfokus untuk membahas ulasan mengenai spesifikasi dan harga Hyundai Ioniq Electric sebagai mobil listrik masa depan.

Mobil listrik canggih (BEV) dengan konsep futuristik dan ergonomis dilengkapi teknologi canggih serta disokong baterai Lithium 38.2kWh yang ramah lingkungan

Hyundai Ioniq Electric
  • Mobil Hyundai Ioniq ElectricJenis Sedan
  • Kapasitas Mesin Hyundai Ioniq ElectricKapasitas Baterai 38.3 kWh
  • Kecepatan Hyundai Ioniq Electric Tenaga 136 Ps
  • Torsi Hyundai Ioniq Electric Torsi 295 Nm
  • Transmisi Hyundai Ioniq ElectricTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Hyundai Ioniq ElectricBahan Bakar Listrik
  • Berat Hyundai Ioniq ElectricBerat - - -
  • Kursi Hyundai Ioniq ElectricKursi 5 kursi

Harga Hyundai Ioniq Electric

Note - Harga Hyundai Ioniq Electric diatas untuk kisaran bulan November 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Dalam review ini, tentu saja selain spesifikasi maupun teknologinya, Mas Sena juga akan turut serta membahas harga Hyundai Ioniq Electric terbaru.

Namun, sebelum mengenal soal nominal angkanya, perlu diketahui kembali bahwa mobil ini merupakan kendaraan bermesin listrik murni yang memiliki sejumlah fitur.

Dari tampilannya pun sudah sangat kentara bagaimana penggunaan lampu LED sebagai lampu depan dan belakang membuatnya semakin hemat daya.

Selain itu, ruang kabinnya cukup lega dengan dimensional yang ideal disertai ragam fitur interior nan canggih. Seperti pusat kendali audio display 8 inci dengan berbagai menu fungsional serta teknologi rem ABS, BA, dan EBD.

Di sisi lain, baterai Lithium Polymer 38.3 kWh pun menjadi sumber tenaga yang siap memberikan output hingga 165 Ps dan torsi 295 Nm untuk menempuh jarak maksimal hingga 373 Km. Lalu, kira-kira berapa sih banderol atau harga Hyundai Ioniq Electric ini?

Mengacu dari sumber yang kuat, yakni situs resmi Hyundai Motors Indonesia, diketahui bahwa harga Hyundai Ioniq Electric ini akan terbagi menjadi dua sesuai tipe atau variannya.

Untuk tipe Prime, harganya berada di angka Rp624.8 Juta. Sedangkan di sisi lain, untuk harga Hyundai Ioniq Electric tipe Signature dibanderol lebih mahal, yakni Rp664.8 Juta

Tentu saja, perbedaan nominal harga dari kedua varian tersebut tak lepas dari beberapa faktor, seperti soal penggunaan teknologi yang disematkan dari tiap masing-masing tipe.

Di sisi lain, satu yang perlu diketahui selain soal harga Hyundai Ioniq Electric tersebut adalah bahwa untuk saat ini, mobil listrik ini baru bisa dipesan mengingat harus import terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan pabrik Hyundai di Indonesia masih belum siap untuk memproduksinya. Rencananya, pabrik lokal baru akan memproduksi secara mandiri pada awal tahun 2021 mendatang.

Namun, satu yang pasti bahwa informasi mengenai harga Hyundai Ioniq Electric tersebut merupakan banderol yang berstatus On The Road untuk wilayah DKI Jakarta saja.

Gambar Hyundai Ioniq Electric

Spesifikasi Hyundai Ioniq Electric

Ringkasan:

Spesifikasi Hyundai Ioniq Electric menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Listrik. Spek Hyundai Ioniq Electric yang berjenis mobil Sedan ini memiliki kapasitas mesin sebesar Baterai 38.3 kWh.

Warna Hyundai Ioniq Electric

Berikut ini adalah pilihan warna Hyundai Ioniq Electric yang dapat anda pilih:

Review Hyundai Ioniq Electric

Eksterior Hyundai Ioniq Electric

Mobil Hyundai Ioniq Electric

Hadir sebagai kendaraan modern, tentu saja tampilan yang diusung oleh spesifikasi Hyundai Ioniq Electric ini dirancang dengan konsep yang sangat kental akan nuansa futuristik dan memiliki kesan elegan.

Bukan tanpa alasan, mengingat mobil elektrik perkotaan ini dibuat berdasarkan atas kebutuhan akan imajinasi masa depan maka Hyundai pun menerapkan gaya desain yang ergonomis dan tentunya sangat modern sekali.

Ini tampak dari konsep dimensional bodinya yang dirancang dengan ukuran 4470 x 1.820 x 1.475 mm dengan sumbu roda 2.700 mm serta ground clearance atau jarak terendahnya setinggi 150 mm.

Selain daripada itu, jika melihat dari setiap sisi tampilan pada sektor eksterior dari spek Hyundai Ioniq Electric ini, tentu saja memiliki daya tarik sendiri.

Seperti pada bagian depannya, terlihat dirancang begitu modern berbentuk mennyipit bak tatapan mata tajam yang sedang memandang pada satu arah.

Menariknya, lampu pada mobil buatan Hyundai ini akan menawarkan dua pilihan tergantung tipenya.

Untuk tipe Prime masih menggunakan lampu halogen dengan proyektor. Sedangkan, tipe Signature sudah dilengkapi teknologi LED yang dipastikan akan jauh lebih hemat daya dan memungkinkan visibilitas jauh lebih jelas ketika berkendara di malam hari.

Akan tetapi, untuk sistem pencahayaan lain dari Hyundai Ioniq Electric sendiri, pada kedua tipenya tak banyak berbeda. Karena, dua-duanya sudah dilengkapi dengan LED DRL.

Sementara itu, untuk soal tampilan lainnya, mobil listrik ini pada bagian depan juga telah menggunakan gaya deasin grille modern berupa floating grill dengan lampu khas yang begitu unik. Sehingga, semakin mempertegas penampilannya yang lebih futuristik nan modern.

Di bagian samping, tampilan bodi dari Hyundai Ioniq Electric juga tak kalah menarik. Pasalnya, terlihat lekukan dasar horisontal melewati handle door modern yang kian memperanggun tampilannya.

Bahkan, tampak juga di sisi sampingnya berupa pijakan kaki krom serta lis kaca di pilar C yang terlihat sangat elegan.

Begitu juga dengan rodanya yang menggunakan tipe Alloy Wheel berdiameter 16 inci berlapis krom yang terbungkus oleh ban 205/60 R16.

Di bagian atasnya, tampak bahwa mobil listrik ini telah dilengkapi sunroof anti-pinck (khusus varian Signature). Alhasil penumpang di dalam kabin pun bisa melihat keindahan alam dengan lebih leluasa.

Kemudian menginjak pada sektor bodi belakang, tampilan desain yang modern dari Hyundai Ioniq Electric ini semakin terlihat begitu kentara.

Karena, tampak kombinasi lampu LED pada stop lamp dengan pola Chevron sehingga memberikan kesan secara lebih mewah dan berciri khas.

Logo ikonik Hyundai dengan letter “IONIQ” pun terpampang cukup jelas di bagian tengah dari bagasi belakang yang menunjukkan identitasnya secara lebih jelas.

Bersamaan dengan itu, tak lupa bahwa Hyundai juga turut menyertakan wind shark di bagian atas atau atap sisi belakang. Dengan demikian, tampilan ergonomis pun semakin terlihat begitu kompleks.

Dengan demikian maka sudah jelas dan tak perlu diragukan lagi aura modern dan kemewahan area eksterior dari Hyundai Ioniq Electric ini.

Interior Hyundai Ioniq Electric

Harga Hyundai Ioniq Electric

Lanjut pada ruang kabinnya, tampaknya interior dari spesifikasi Hyundai Ioniq Electric ini juga turut melengkapi nilai plus atas kecanggihan yang dibawanya.

Secara keseluruhan, konsep interior yang dirancang pada mobil elektrik ini memang dibuat luas dengan gaya yang lebih simple namun rapi. Tentu saja, hal ini ditujukan guna memaksimalkan kenyamanan bagi para penumpangnya.

Salah satu yang menarik dari interior pada spek Hyundai Ioniq Electric ini terletak di bagian dashboard yang telah mendapat beberapa fitur canggih.

Seperti Supervision klaster dengan layar LCD berwarna seluas 7 inci pada bagian ruang kemudinya. Melalui fitur ini maka seluruh informasi penting yang berkenaan dengan sistem mobil akan diperlihatkan secara akurat dalam format grafis penuh warna yang hanya dapat diwujudkan dengan teknologi Supervision.

Bahkan, tak lupa juga Hyundai pun telah menyematkan pusat kendali fitur hiburan maupun infotainment melalui Audio Display seluas 8 inci. Dimana, melalui layar tersebut akan ditampilkan kinerja komponen listrik, pengaturan berbagai fungsi kendaraan hingga koneksi Bluetooth dan USB dari ponsel melalui layar sentuh 8″.

Di sisi lain, pada pusat kendali tersebut, juga akan diperlihatkan beberapa menu, seperti radio, pandora, maps, navigator, pengaturan ponsel, dan sistem EV.

Di bawahnya, terdapat dua lubang AC Digital yang sangat fungsional untuk mengatur kesejukan suhu dalam ruang kabinnya.

Khusus untuk Hyundai Ioniq Electric varian Signature, akan disematkan juga smartphone wireless charger sebagai media untuk mengisi daya smartphone secara lebih fungsional.

Lalu, untuk soal kemudahan dalam berkendara, tampaknya mobil ini menawarkan fitur transmisi dengan mekanisme Shift by Wire. Sehingga, pengemudi pun akan lebih mudah ketika memindah transmisi dengan satu sentuhan jari.

Nah, untuk soal lain, tak lupa bahwa mobil elektrik modern ini juga menyematkan kursi yang mampu menampung pengumpan sebanyak 4- 5 orang dengan bahan material kulit berwarna abu-abu yang sangat memikat.

Ini tentu akan semakin menambah rasa nyaman kepada para penumpang sehingga merasa betah berlama-lama dalam kabin.

Dengan berbagai kelengkapan fitur kabinnya yang luas tersebut maka interior dari mobil Hyundai Ioniq Electric ini pun akan menjadi salah satu sektor yang begitu diunggulkan sebagai kelengkapan atas kecanggihannya dalam menjamin kenyamanan.

Keamanan & Kenyamanan Hyundai Ioniq Electric

Spesifikasi Hyundai Ioniq Electric

Selain itu, keamanan dan kenyamanan pada spesifikasi Hyundai Ioniq Electric pun juga menjadi salah satu topik yang perlu untuk kita bahas.

Karena, dalam sistem mobil listrik ini, telah disematkan beberapa fitur canggih yang begitu fungsional dalam menjamin rasa nyaman maupun keselamatan para penumpang.

Di antaranya yakni sistem 7 titik Airbags guna memberikan perlindungan maksimal jika terjadi hal yang tak terduga.

Secara rinci, pada sisi baris depan, terdapat sepasang airbag depan yang dikombinasikan bersama sepasang airbag samping guna melindungi toraks

Sedangkan di sisi lain, pada bagian ruang kemudi dari spek Hyundai Ioniq Electric ini pun juga telah mendapat perlindungan tambahan dari airbag sebagai proteksi pada bagian lutut.

Tak hanya itu, guna melindungi jika terjadi tabrakan dari arah samping maka mobil ini telah dilengkapi dengan airbag tirai yang memanjang melindungi kepala penumpang yang duduk di baris depan dan baris kedua.

Di sisi lain, pada mobil Hyundai Ioniq Electric ini pun juga sudah dilengkapi fitur tambahan berupa Safety Power Window Control sebagai sensor yang secara otomatis akan menurunkan jendela kaca selebar 150 mm jika terdeteksi ada penghalang pada bagian kerangka.

Untuk soal kenyamanan, tentu saja pihak pabrikan telah menyematkan fitur canggih dan fungsional. Seperti layar sentuh audio seluas 8 inci sebagai pusat kendali yang menawarkan berbagai menu hiburan serta menyediakan koneksi total smartphone melalui layar sentuh yang mudah digunakan.

Selain itu, ada juga fitur rem parkir elektronik, sistem pengisian daya smartphone, AC di kabin belakang yang akan semakin menambah kenyamanan dalam kabin.

Tak hanya itu, bahkan Audio System dengan 6 speaker aktif pun turut dihadirkan untuk memberikan dentuman suara yang begitu menggelegar saat memutar musik.

Nah, untuk soal keselamatan, Hyundai Ioniq Electric ini telah dibekali suspensi handal berupa Mcpherson Strut dengan sistem pengereman Ventilated Disc di bagian depan.

Lalu, untuk suspensi belakangnya menggunakan tipe Multi-link yang dilengkapi rem Solid Disc. Sehingga kestabilan dalam berkendara pun menjadi lebih terasa maksimal.

Di sisi lain, teknologi keselamatan aktif seperti rem ABS, Brake Assist (BA), dan EBD pun turut dihadirkan untuk memberikan kendali laju mobil secara lebih optimal tanpa membuat ban selip, khususnya ketika terjadi pengereman mendadak.

Tentu saja, dengan semua fitur canggih dalam sistem Hyundai Ioniq Electric tersebut dipastikan akan sanggup memaksimalkan kenyamanan ekstra dan tentunya keselamatan yang lebih terjamin.

Mesin Hyundai Ioniq Electric

Review Hyundai Ioniq Electric

Selanjutnya, review mengenai spesifikasi Hyundai Ioniq Electric kali ini akan kita ulas pada sektor ruang mesinnya.

Dimana, sebagai mobil listrik murni, tentu saja Hyundai sama sekali tidak menggunakan mesin yang terkait dengan bahan bakar seperti bensin melainkan menggunakan daya baterai.

Mengenai daya baterainya sendiri, pada spek Hyundai Ioniq Electric ini akan mengandalkan konfigurasi Permanent Magnet Synchronour Motor dengan baterai Li-ion Plymer berkapasitas 38.3 kWh.

Yang mana, mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi otomatis bermekanisme Direct (Single Speed Reduction Gear). Sehingga, mampu memberikan dorongan daya hingga 100kW (134 Hp/136Ps0 dan torsi maksimum mencapai 295 Nm.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin listrik tersebut akan disalurkan ke bagian roda depan sebagai sistem penggeraknya dengan akselerasi 0-100 Km dalam waktu 9.9 detik.

Bahkan, untuk kecepatan maksimum yang mampu diraihnya pun terbilang sangat tinggi, yakni hingga 165 kph. Ini tentu menjadi sebuah kelebihan tersendiri bagi mobil ini.

Di sisi lain, berbekal kapasitas daya dan mekanisme mesin elektrik tersebut, mobil listrik Hyundai Ioniq Electric ini mampu mencapai jarak 373 km (berdasarkan NEDC1 ) dan 311 km (berdasarkan WLTP2 ) dalam sekali pengisian daya.

Nah, berkenaan dengan soal charging, untuk sistem pengisian daya penuh pada mobil lsitrik ini diklaim mampu dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80% dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Tentu saja, dengan bekalan mekanisme mesin listrik tersebut maka mobil Hyundai Ioniq Electric ini diklaim bakal sanggup dijadikan kendaraan yang cukup fungsional sebagai alat transportasi untuk menunjang aktivitas pengguna.

Kelebihan Hyundai Ioniq Electric

Kekurangan Hyundai Ioniq Electric

Pertanyaan Seputar Hyundai Ioniq Electric

Berapa harga Hyundai Ioniq Electric di Indonesia?
Harga Hyundai Ioniq Electric dibedakan berdasarkan tipenya. Hyundai Ioniq Electric sendiri memiliki 2 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Hyundai Ioniq Electric Prime
  • Rp624.8 Juta
  • Hyundai Ioniq Electric Signature
  • Rp664.8 Juta
Hyundai Ioniq Electric tersedia dalam warna apa saja?
Hyundai Ioniq Electric tersedia dalam 4 warna, diantaranya adalah Phantom Black (Hitam), Polar White (Putih), Firy Red (Merah), Fluidic Metal (Abu-abu).
Bagaimana performa mesin Hyundai Ioniq Electric?
Performa mesin Hyundai Ioniq Electric didukung oleh mesin dengan tipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang memiliki kapasitas mesin sebesar 38.3 kWh yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 136 Ps dengan torsi maksimal sebesar 295 Nm.
Berapa jumlah kursi Hyundai Ioniq Electric?
Jumlah kursi Hyundai Ioniq Electric yaitu sejumlah 5 kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Hyundai Ioniq Electric?
Hyundai Ioniq Electric menyediakan transmisi Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Permanent Magnet Synchronous Motor
  • Kapasitas Mesin
  • 38.3 kWh
  • Silinder
  • - - -
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • Direct (Single Speed Reduction Gear)
  • Tenaga Maksimal
  • 136 Ps
  • Torsi Maksimal
  • 295 Nm
  • Bahan Bakar
  • Elektrik Lithium-Ion Polymer

Dimensi

  • Panjang
  • 4.470 mm
  • Lebar
  • 1.820 mm
  • Tinggi
  • 1.475 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 150 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2.700 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Multi-Link
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Solid disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 205/60 R16
  • Velg
  • Alloy wheel 16 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Halogen Projector
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED daytime running light (DRL)
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • - - -

Interior

  • Airbag
  • 7 titik airbags
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • 2DIN
  • Layar
  • Audio Display 7 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital
  • Sistem Kemudi
  • 2WD
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Permanent Magnet Synchronous Motor
  • Kapasitas Mesin
  • 38.3 kWh
  • Silinder
  • - - -
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • Direct (Single Speed Reduction Gear)
  • Tenaga Maksimal
  • 136 Ps
  • Torsi Maksimal
  • 295 Nm
  • Bahan Bakar
  • Elektrik Lithium-Ion Polymer

Dimensi

  • Panjang
  • 4.470 mm
  • Lebar
  • 1.820 mm
  • Tinggi
  • 1.475 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 150 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2.700 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Multi-Link
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Solid disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 205/60 R16
  • Velg
  • Alloy wheel 16 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • LED daytime running light (DRL)
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • - - -

Interior

  • Airbag
  • 7 titik airbags
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • 2DIN
  • Layar
  • Audio Display 7 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital
  • Sistem Kemudi
  • 2WD
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada