Hyundai Kona Electric

Harga Hyundai Kona Electric dan Spesifikasi – Memasuki tahun 2020, tampaknya isu mengenai era kendaraan listrik mulai menguat. Bahkan, hal itu dibuktikan dengan hadirnya beberapa kendaraan bertenaga listrik yang mulai dirilis, tak terkecuali di Indonesia.

Berkenaan dengan soal kendaraan listrik ini, tampaknya PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mulai memasuki ekosistem era elektrifikasi, yakni dengan mengumumkan kehadiran dua mobil listrik di Tanah Air.

Kedua mobil listrik tersebut adalah Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electic. Yang mana tak lain dan tak bukan merupakan mobil listrik murni alias battery electric vehicle (BEV) yang diumumkan pada 6 November 2020 lalu di Jakarta.

Tentu saja, diumumkannya dua mobil listrik tersebut merupakan komitmen pihak PT HMID dalam konsistensinya untuk mengawali ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan turut serta memberikan kontribusi pada kualitas hidup masyarakat sekaligus turut menjadi Game Changer dalam soal teknologi mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

Dengan begitu, tak heran bilamana kemunculan mobil listrik tersebut menjadikan publik semakin tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai kehandalan dua mobil tersebut.

Nah, terkait soal itu, jangan khawatir kawan. Untuk mengobati rasa penasaran, Mas Sena akan mengungkap review terkait bagaimana kunggulan mobil listrik terbaru buatan Hyundai tersebut.

Hanya saja, kali ini Mas Sena tidak akan membahas kdua-duanya melainkan akan terfokus untuk mengulas spesifikasi dan harga Hyundai Kona Electric yang hadir sebagai mobil listrik di kelas SUV.

Mobil listrik murni (BEV) bergaya SUV yang inovatif dan canggih sebagai kendaraan masa depan nan ramah lingkungan

Hyundai Kona Electric
  • Mobil Hyundai Kona ElectricJenis SUV
  • Kapasitas Mesin Hyundai Kona ElectricKapasitas Baterai Li-Po 39.2 kWh
  • Kecepatan Hyundai Kona Electric Tenaga 136 Ps (100 kw)
  • Torsi Hyundai Kona Electric Torsi 395 Nm (290.4 lb-ft)
  • Transmisi Hyundai Kona ElectricTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Hyundai Kona ElectricBahan Bakar Listrik
  • Berat Hyundai Kona ElectricBerat 1.535 Kg - 2.020 Kg
  • Kursi Hyundai Kona ElectricKursi 5 kursi

Harga Hyundai Kona Electric

Note - Harga Hyundai Kona Electric diatas untuk kisaran bulan November 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Selain soal spesifikasi dan fiturnya, informasi mengenai banderol atau harga Hyundai Kona Electric terbaru ini kabarnya juga sudah meruak di dunia maya.

Tentu, untuk harganya menyesuaikan dengan spesifikasi dan kehandalan serta kecanggihan yang dibawa mobil ini.

Dimana, hadir sebagai mobil listrik masa depan, kendaraan elektrik ini dibekali dengan penampilan menawan sebagai mobil SUV dengan gaya yang sangat sporty dan modern.

Fitur interiornya pun sangat lengkap dengan kecanggihan dan fungsionalitas tinggi disertai 5 kursi yang sebagai tempat duduk yang begitu nyaman.

Lalu, mesinnya mengandalkan baterai Lithium-Ion Polymer 39.2 kWh dengan tenaga sebesar 136 Ps dan torsi 395 Nm yang didistribukan ke roda depannya.

Menariknya, dengan dukungan daya baterai tersebut, mobil ini diklaim mampu mencapai jarak cukup jauh yakni hingga 345 Km. Tentu saja, ini sedikit banyak akan berpengaruh pada penentuan harga Hyundai Kona Electric.

Berkaitan erat dengan nominal banderolnya, menurut situs resmi Hyundai Motor Indonesia bahwa harga Hyundai Kona Electric ini dipatok senilai Rp 674.8 juta.

Dimana, informasi harga Hyundai Kona Electric tersebut berstatus On The Road untuk wilayah DKI Jakarta. Yang artinya bahwa ada kemungkinan nantinya ada sedikit perbedaan harga ketika dijual di luar wilayah OTR tersebut.

Terlepas dari itu, menurut informasi yang beredar bahwa keberadaan mobil listrik ini kemungkinan akan diimpor dulu dari luar negeri. Bukan tanpa alasan mengingat untuk sementara ini, pabrik perakitan baru Hyundai di kawasan industri Deltamas, Bekasi, Jawa Barat akan selesai pada tahun 2021.

Nah, demikian ulasan mengenai beberapa kecanggihan dan keunggulan yang ditawarkan mobil listrik tipe SUV Hyundai Kona Electric yang bisa teman-teman jadikan sumber referensi untuk mengenal lebih jauh mobil ini.

Gambar Hyundai Kona Electric

Spesifikasi Hyundai Kona Electric

Ringkasan:

Spesifikasi Hyundai Kona Electric menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Listrik. Spek Hyundai Kona Electric yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar Baterai Li-Po 39.2 kWh.

Warna Hyundai Kona Electric

Berikut ini adalah pilihan warna Hyundai Kona Electric yang dapat anda pilih:

Review Hyundai Kona Electric

Eksterior Hyundai Kona Electric

Mobil Hyundai Kona Electric

Berbicara mengenai spesifikasi Hyundai Kona Electric, di sini Mas Sena akan menerangkan sisi eksterior atau desain fisik yang diusung oleh mobil bertenaga elektrik ini.

Perlu untuk diketahui bahwa mobil listrik ini merupakan model SUV yang dirancang begitu gagah dan berkesan modern.

Hal tersebut bisa dilihat dari konsep desain pada spek Hyundai Kona Electric ini yang mana mengusung gaya desain modern dan futuristik dengan lekukan bodi yang penuh dengan gaya. Sehingga, tampak terkesan sangat ekspresif jika dilihat dari setiap sudutnya.

Bukan tanpa alasan, dari setiap sisi tampilan bodinya, selalu dihias dengan lekukan yang kuat begitu memikat mata.

Dimensionalnya cukup ideal untuk sekelas mobil SUV. Mengingat, mobil listrik ini dirancang dengan ukuran 4.180 x 1.800 x 1.570 mm dan memiliki jarak sumbu roda 2.600 mm.

Sementara itu, jika melihat tampilannya dari sisi depan, mobil listrik Hyundai Kona Electric ini menggunakan lampu LED yang dibentuk begitu ramping dan unik dengan sudut presisi nan tajam menegaskan kehadiran DNA SUV khas Hyundai Series.

Selain lebih modern, tentu saja penggunaan lampu LED Headlight dengan Auto Light Control + DRL pada mobil elektrik buatan Hyjndai ini dipastikan sebagai salah satu fitur yang memiliki peran penting dalam pencahayaan.

Karena, adanya lampu LED tersebut dipastikan bakal memberikan pecahayaan yang jauh lebih terang guna membantu penerangan serta visibilitas pengemudi secara lebih jelas ketika berkendara, terutama pada saat malam hari.

Kemudian dari samping, terlihat begitu jelas bagaimana lekukan desain bodi pada Hyundai Kona Electric ini yang cukup tegas mengisyaratkan gaya sporty. Selain itu, spionnya juga sudah menggunakan mekanisme elektrik yang mudah diatur untuk membantu pengemudi melihat arah belakang.

Masih di bagian sisi samping, mobil elektrik bertenaga listrik ini juga telah menggunakan velg 17 inci Alloy Wheel dengan desain modern dan dilapisi ban berukuran 215/55 R17.

Menariknya, velg tersebut memiliki struktur yang terbilang cukup kokoh untuk mendukung kenyamanan berkendara. Dengan begitu maka bakal sangat cocok untukmenunjang rutinitas sehari-hari maupun perjalanan jarak jauh.

Kemudian, di bagian belakangnya, mobil elektrik Hyundai Kona Electric tersebut juga sama-sama mengusung konsep desain ala SUV modern dengan beberapa penempatan fitur yang sangat futuristik.

Seperti penggunaan stoplamp LED yang memiliki desain menyipit serta wiper pada kaca belakang untuk memaksimalkan visibilitas ke arah belakang mobil, terutama saat kondisi hujan lebat dan berkabut.

Wind shark yang begitu anggun pun turut disematkan di bagian atas pada sisi belakang mobil yang memperkuat kesan sporty-nya sebagai mobil SUV.

Tak sampai di situ, pada bagian atasnya juga terdapat spoiler hitam sebagai salah satu fitur penghias dari Hyundai Kona Electric ini untuk memikat konsumen.

Nah, dengan konsep tampilan modern dan futuristik pada desain yang diusung oleh Hyundai Kona Electric tersebut, sudah barang tentu akan membuat mobil ini menjadi salah satu kendaraan listrik yang berpotensi memikat konsumen sebagai kendaraan masa depan.

Interior Hyundai Kona Electric

Harga Hyundai Kona Electric

Berlanjut pada sektor lain, interior pada spesifikasi Hyundai Kona Electric pun bakal menjadi topik atau segmen pembahasan yang akan Mas Sena ulas mendalam.

Secara desain, konsep interior yang diusung mobil listrik ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan kebanyakan mobil SUV bermesin konvensional.

Hal itu bisa dilihat dari beberapa sektor di dalam kabin dari spek Hyundai Kona Electric tersebut.

Di antaranya soal ukuran kabinnya yang dibuat cukup lega berkapasitas 332 liter (untuk penumpang dan barang). Luasnya kabin tersebut tentu karena dimensi bodinya dirancang berukuran besar sehingga ruang kabin pada mobil ini pun menjadi terasa lapang.

Menariknya, bila kursi belakang dilipat, maka kapasitas bagasi menjadi 1.114 liter. Tentu saja, dengan kelegaan kabin yang fleksibel dan fungsional tersebut, mobil ini bisa digunakan untuk membawa barang yang cukup banyak ketika digunakan untuk berlibur atau mudik.

Sementara itu, untuk jumlah kursi atau tempat duduk yang ditawarkan Hyundai Kona Electric sendiri kabarnya telah terseda 5 kursi, yakni dua di depan dan 3 di belakang.

Ketiga kursi tersebut memiliki ruang kaki yang juga cukup lega sehingga akan memberikan keleluasaan gerak kaki ketika menempuh perjalanan jauh.

Nah, di bagian dashboard, kecanggihan dari mobil ini sangat tampak sekali. Bukan tanpa alasan mengingat pada posisi tengah dashboard yang berbalut warna hitam dop tersebut, telah disematkan HUD (Heads Up Display) Combiner.

Dimana, teknologi pada Hyundai Kona Electric ini hadir sebagai wujud akan kecanggihan teknologi hiburan dalam menjamin berkendara yang semakin menyenangkan.

Sebab, dengan adanya layar HUD yang dibuat sangat simple namun begitu inovatif ini, dipastikan mampu memproyeksikan gambar virtual ke panel transparan yang pemasangannya berada di belakang panel instrumen sehingga membantu pengemudi untuk tetap memperhatikan jalan.

Lalu, ada pula sistem pengaturan AC Digital, sistem infotainment, dan fitur penunjang konektivitas yang sudah terintegrasi dengan smartphone.

Di sisi lain, pada ruang kemudinya sendiri telah disematkan Digital Instrumen Cluster yang sangat inovatif untuk memberikan informasi kepada pengemudi.

Antara lain seperti informasi mengenai mode berkendara, pantauan aliran daya saat mobil digunakan, dan ketersediaan daya baterai.

Selain itu, tentu beberapa informasi umum juga disematkan pada sistem instrumen ini. Seperti jarak tempuh, kecepatan, indikator beberapa lampu, dan juga mode pengisian daya.

Tak sampai di situ saja, bahkan di bagian konsol tengah, pada Hyundai Kona Electric ini telah disematkan empat tombol drive-by-wire transmisi otomatis sebagai pengganti dari tuas kemudi.

Di sisi lain, pada bagian ini juga tampaknya tersedia ruang penyimpanan ekstra untuk menaruh beberapa barang pribadi yang terletak di bawah konsol tengah.

Tentu saja, hal ini merupakan wujud dari inovasi terbesar pada mobil Hyundai Kona Electris ini dibandingkan dengan KONA konvensional.

Keamanan & Kenyamanan Hyundai Kona Electric

Spesifikasi Hyundai Kona Electric

Bergerak ke sektor lain, kini waktunya Mas Sena mengulas sisi keamanan sekaligus kenyamanan pada spesifikasi Hyundai Kona Electric.

Dimana, dalam aspek ini, mobil elektrik buatan pabrik asal Korea Selatan ini dibenamkan beberapa fitur yang handal serta cukup untuk menjamin rasa nyaman dan aman.

Di antara fitur pada spek Hyundai Kona Electric yang diunggulkan yakni penggunaan suspensi. Hyundai sendiri sepertinya masih mengusung tipe suspensi yang sama dengan beberapa mobil konvensional lain.

Yakni suspensi tipe McPherson Strut untuk bagian depan dan suspensi tipe Multi-Link di bagian belakangnya.

Hadirnya suspensi tersebut tentu menjadikan Hyundai Kona Electric ini semakin nyaman ketika dikendarai karena kemampuannya dalam menjaga keseimbangan dan menahan gelombang getaran saat melewati jalan bergeronjal sangat mumpuni.

Sementara itu, untuk pengeremannya sendiri masih menggunakan model rem Disc (cakram) di bagian depan dan Ventilated Discs pada sisi belakangnya. Keduanya cukup handal dalam mengendalikan laju mobil listrik ini.

Apalagi, sistem pengereman pada mobil elektrik Hyundai Kona Electric tersebut telah disokong oleh teknologi pengereman ABS dan EBD yang begitu canggih dalam mengendalikan laju mobil secara lebih berkualitas untuk mencegah terjadinya ban selip saat dilakukan pengereman mendadak.

Di satu sisi, tak lupa juga bahwa Hyundai telah menyematkan sistem 6 titik Airbag. Dimana, lokasinya ada 2 tepat di dashboard depan, 2 di samping jok depan dan 2 di kedua sisi kaca sebagai tirai airbag.

Adanya 6 titik airbag tersebut tentu akan memberikan perlindungan yang lebih tinggi kepada penumpang ketika terjadi benturan atau kecelakaan.

Kemudian, tak lupa bahwa Hyundai Kona Electric ini pun telah membawa fitur HSA guna menjaga posisi mobil dalam keadaan stabil, terkhusus ketika dalam kondisi menanjak selama beberapa detik.

Selain itu, ada pula digital instrument cluster seluas 7 inci pada sisi ruang kemudi sebagai penampil informasi terkait bagaimana kondisi mobil sesuai indikator yang ada. Seperti mode kemudi (drive mode, aliran baterai, kapasitas baterai, lampu indikator, kecepatan, dan beberapa informasi lain.

Berikutnya, setir kemudi pada mobil listrik Hyundai ini juga turut mendapat tambahan tombol sistematis yang sudah terintergasi dengan sektor infotainment untuk memudahkan pengemudi dalam mengatur menu hiburan tanpa mengganggu fokus menyetir.

Di sisi lain, kecanggihan dari Hyundai Kona Electric ini pun semakin lengkap dengan tambahan fitur fungsional berupa Wireless charging yang terletak di konsol tengah.

Tentu saja, dengan adanya fitur wireless charging pad (standar Qi) ini maka akan memungkinkan para pengguna dalam mengisi baterai smartphone secara mudah mengingat sudah kompatibel dengan Qi tanpa menggunakan kabel.

Nah, satu yang sangat menarik dan penting dari bekalan fitur pada mobil elektrik ini adalah adanya Portbale Charger sebagai mekanisme dalam mengisi daya baterai mobil.

Karena, portable pengisi tenaga ini memiliki cukup tinggi, yakni di kisaran antara daya 1200W – 220V untuk 2 pilihan pengisian baterai.

Pengisian standar yang menggunakan listrik rumah untuk mengisi daya di rumah, dan pengisian cepat yang dapat mengisi daya dari 0-80% dalam waktu sekitar 57 menit.

So, dengan kelengkapan semua fitur canggih tersebut maka akan membuat mobil listrik Hyundai Kona Electric ini semakin nyaman, aman, dan tentunya memiliki fungsional yang tinggi.

Mesin Hyundai Kona Electric

Review Hyundai Kona Electric

Saatnya bagi Mas Sena untuk mengulas sektor permesinan yang diusung spesifikasi Hyundai Kona Electric ini.

Mengacu atas beberapa informasi yang beredar, sebagai mobil elektrik tentu saja kendaraan ini akan disokong oleh beberapa komponen yang berbeda dengan tipe mobil konvensional.

Dimana, sektor ruang pacu dari spek Hyundai Kona Electric ini akan mengandalkan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan baterai Lithium-Ion Polymer yang memiliki daya maksimal sebesar 39.2 kWh.

Berbekal daya tersebut, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 345 km (berdasarkan NEDC3 ) dan 289 km (berdasarkan WLTP4 ) dalam sekali pengisian daya, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan aktivitas pengguna.

Sementara itu, untuk waktu pengisian daya sampai penuh kabarnya sanggup dicapai dalam waktu yang cukup singkat, yakni 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

Lalu, untuk performa mesinnya sendiri, mobil Hyundai Kona Electric ini diklaim sangat responsif dalam menjamin kecepatan dan tenaganya.

Karena, dengan menggunakan sistem transmisi otomatis dan sistem kemudi 2WD, mobil listrik futuristik ini diklaim mampu mendapatkan tenaga besar hingga 136 Ps (100kW) dan torsi puncak 395 Nm (290.4 lb-ft).

Bahkan, maksimal speed yang dicapai pun cukup tinggi, yakni hingga mencapai 155 kph dengan akselerasi 9.7 per detik dalam jarak 0-100 kph.

Tentu saja, dengan tenaga sebesar itu, Hyundai Kona Electric ini dipastikan mampu melaju dengan kecepatan yang tak kalah dengan mobil konvensional lain.

Kelebihan Hyundai Kona Electric

Kekurangan Hyundai Kona Electric

Pertanyaan Seputar Hyundai Kona Electric

Berapa harga Hyundai Kona Electric di Indonesia?
Harga Hyundai Kona Electric dibedakan berdasarkan tipenya. Hyundai Kona Electric sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Hyundai Kona Electric
  • Rp 674.800.000
Hyundai Kona Electric tersedia dalam warna apa saja?
Hyundai Kona Electric tersedia dalam 4 warna, diantaranya adalah Abu Hitam (Galactic Gray), Merah (Pulse Red), Hitam (Dark Knight), Putih (Chalk White).
Bagaimana performa mesin Hyundai Kona Electric?
Performa mesin Hyundai Kona Electric didukung oleh mesin dengan tipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang memiliki kapasitas mesin sebesar 39.2 kWh yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 136 Ps (100 kw) dengan torsi maksimal sebesar 395 Nm (290.4 lb-ft).
Berapa jumlah kursi Hyundai Kona Electric?
Jumlah kursi Hyundai Kona Electric yaitu sejumlah 5 kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Hyundai Kona Electric?
Hyundai Kona Electric menyediakan transmisi Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Permanent Magnet Synchronous Motor
  • Kapasitas Mesin
  • 39.2 kWh
  • Silinder
  • - - -
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • Otomatis
  • Tenaga Maksimal
  • 136 Ps (100 kw)
  • Torsi Maksimal
  • 395 Nm (290.4 lb-ft)
  • Bahan Bakar
  • Elektrik Lithium-Ion Polymer

Dimensi

  • Panjang
  • 4.180 mm
  • Lebar
  • 1.800 mm
  • Tinggi
  • 1.570 mm
  • Berat
  • 1.535 Kg - 2.020 Kg
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.600 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Multi-Link
  • Rem Depan
  • Disc
  • Rem Belakang
  • Ventilated Discs
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Radial 215/55 R17
  • Velg
  • Alloy Wheels 17 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Elektrik
  • Side Skirt
  • - - -
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • 6-Point Airbags
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • 2DIN
  • Layar
  • HUD (Heads Up Display) Combiner
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital
  • Sistem Kemudi
  • 2WD
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada